BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam?

Beberapa orang mengatakan bahwa keputusan Iblis untuk tidak sujud kepada Adam adalah sebuah refleksi keilmuan Iblis yang sangat tinggi. Mereka mengatakan,"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!" Nah hebat bukan? Benarkah demikian? Ternyata Allah menjelaskan semuanya dalam Quran surat Al A'raf ayat 12. Marilah kita simak, apa masalah sebenarnya : Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam? 


Dalam Quran surat Al a'raf ayat 11 disebutkan demikian,

"Dan sungguh telah Kami ciptakan kalian (manusia) kemudian Kami sempurnakan bentuk kalian, Kemudian (saat itu) Kami berfirman kepada para malaikat,"sujudlah kalian semua kepada Adam!" Maka mereka semua bersujud kecuali Iblis. Tidaklah dia termasuk orang yang tunduk bersujud."
Dari peristiwa itu sebagian orang mengatakan bahwa
"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!" 
Pernyataan ini sekilas menjelaskan hakikat kebenaran Iblis. Padahal pendapat ini sangat berbahaya. Sekali membenarkan pendapat Iblis maka runutan berikutnya pasti akan terlihat seolah olah kesalahan itu ada pada Adam, Malaikat yang bersujud dan Allah yang memerintahkan bersujud. Coba perhatikan, pernyataan diatas akan berlanjut pada perntanyaan berikut,
"Bukankan Allah sendiri memerintahkan makhluknya untuk tidak menyembah selain Allah? Lalu kenapa pula Allah memerintahkan malaikat untuk bersujud pada Adam?


Bedanya "sujud" dan "menyembah"

Ada dua penyebab utama kenapa orang berpendapat demikian: tidak paham bahasa Quran dan tidak pernah baca Quran. Yang dilarang oleh Allah adalah menyembah selain Allah  bukan bersujud. Kalimat dalam qurannya juga berbeda :
yang benar adalah ,"La ta'buda illa Allah"  (jangan menyembah (ibadah) pada selain Allah)
bukan "La tasjuda illa Allah" (jangan bersujud pada selain Allah)
Ta'abudi (penyembahan, pengabdian, ketaatan) hanya untuk Allah saja, sementara sujud (penghormatan, pengakuan, penghargaan) merupakan sesuatu yang memang seharusnya diberikan kepada orang yang dimuliakan. Coba perhatikan beberapa ayat Quran lain yang menceritakan tentang sujudnya gunung gunung kepada nabi Daud. atau kedua orang tua Nabi Yusuf dan sudaranya bersujud kepada Nabi Yusuf.

Sebab Sebenarnya Iblis Tak Mau Sujud

Kalau pendapat sesat diatas tidak didasarkan pada petunjuk dan kitab yang menerangi (la hudan wa la kitabin munir), maka sebenarnya penyebab pembangkangan Iblis itu terungkap dalam Quran surat Al A'raf ayat 12,
"Dan Allah berfirman,"Apa yang menyebabkan kamu tidak mau bersujud kepada Adam, ketika Aku perintahkan?"  Iblis menjawab,"Aku lebih baik daripada dia (Adam); engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah"


Nah inilah hakikat sesungguhnya Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam. Iblis merasa lebih baik daripada Adam. Konsekuensinya kalau memang harus ada perintah sujud mestinya Adam yang harus sujud pada dia, bukan sebaliknya. Begitu kira kira cara pikir Iblis.

Jadi tidak benar bahwa Iblis menolak permasalahan sujud kepada sesama makhluk. Dan sebenarnya yang dilakukan Iblis dan kelompoknya (hizbus syaithon) sampai sekarang ini adalan berusaha agar manusia mau bersujud kepada Iblis. Bahkan bukan cuma bersujud, Iblis telah sampai pada hasutan paling jahat yaitu penyembahan(ketundukan) dan ketaatan kepada Iblis.

Mudah mudahan bermanfaat (by adil muhammadisa)

Related Post / Artikel Terkait:



16 komentar:

  1. thanks penjelasannya. mohon ijin disebarkan ke para ustad yang suka ceramah. biar gak pada ngawur menerangkat hakikat iblis dan setan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Alasan sebenarnya iblis karena dengki bahwa penciptaan manusia bukan sekedar jasmaniah ketanahan tetapi yang lebih penting ditiupkanNYA Ruh(milik)-KU yg menyempurnakan kejadian manusia. Karenanya manusia suci, yg berhasil membebaskan diri dr gravitasi nafsu ketanahan, bisa “menyerupai” Sang Pemilik Ruh.

    BalasHapus
  4. artikel yang menarik,bagi pendapat saya pula,sebab utama iblis tidak mahu sujud kepada adam ialah:
    1-Allah menciptakan adam sebagai khalifah(PENGGANTI).
    2-Iblis pasti dihapuskan setelah Adam menjadi pengganti.
    3-Bermakna mahluk iblis sudah pasti tidak akan wujud selepas adam ada.
    (pengganti bukan bermakna ketua)
    4-Jesteru itu,semasa iblis dan adam dihalau dari syurga,iblis dengan pantas berpatah balik dan memohon kepada Allah agar dia tidak dimatikan dan terus menyesatkan manusia.......jika soalannya mengapa Allah izinkan?...jawapannya ada pada sifat Tuhan....Maha pengasih dan maha penyayang.

    kesimpulannya:iblis marah dan teramat marah kerna dia tidak boleh lagi dilihat berkeliaran dimana2 seperti sebelumnya....

    BalasHapus
  5. Malaikat dan iblis dulu adalah mahkluk yg ahli sujud (taat pd Allah) dan manusia diciptakan ragel (terakhir) ketiganya tinggal di surga, hak preogratif Allah dalam menguji keimanan hamba2nya maka diperintahka malaikat dan iblis utk bersujud (hormat) pada adam (manusia)...malaikat ada perintah tsb (sujud/hormat) tdk goncang imanya, sbb yg dilihat malaikat adl Allah yg maha Suci (suci perbuatanya dan suci perkataannya) adam merupakan soal/ujian dari Allah sedangkan iblis membangkang perintah Allah imanya goncang karena yg dilihat dia adalah adam (soal/ujian Allah) maka dia durhaka pada tuhannya dan terusir samp waktu yg dijanjikan, dia dendam pada adam beserta keturunannya samp kiamat (dulu dia mahluk mulia yg tinggal di surga penuh dg kenikmatan dan punya Tuhan menjadi terusir karena adam),....lihat "Quran 17 : 61-65"

    BalasHapus
  6. kalimat ;
    IBLIS ADA APANYA???

    ini jg termasuk sombong....

    BalasHapus
  7. Sebelum semua tercipta, Allah menciptakan nur ahmad yg kita yakini ada pd Nabi Muhammad. Apakah hnya karna iblis tdk mau tunduk kpd Adam, shngga iblis menggoda Adam lantas Allah menurunkannya ke dunia, menciptakan segalanya yg di langit dan di bumi sampai2 Siti Hawa diciptakan utk menemaninya shngga terlahirlah keturunan sampai dg Nabi Muhammad dan segalanya yg ada di alam semesta ini. Apakah hnya karna alasan iblis tdk tunduk pd saat itu? Artinya apabila iblis mau tunduk kpd Adam maka kehidupan ini tdk pernah ada termasuk Nabi Muhammad dan qta? Begitu pentingnya kputusan iblis pd saat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan krn keputusan iblis ttp itu mrpkn ketetapan Allah SWT krn bila Allah SWT berkehendak maka kehendaknya pasti terjadi (kun fayakun) tdk akan ada yg bisa menentang-Nya. Soal pendapat iblis ia lebih baik dari Adam krn ia diciptakan dari api sedangkan Adam dari tanah. Itu hanya sbg alasan saja atas apa yg dilakukan iblis. Jadi Allah SWT telah membuat hukum sunatullah atau disebut causalitas (hub. Sebab akibat). Krn Allah SWT telah menciptakan dunia bagi manusia dg konsekuensi surga dan neraka yg telah dibuat Allah SWT. Pertanyaannya bisa dibalik apakah iblis mau sujud dalam arti penghormatan kepada Adam bila Adam diciptakan dari api sedangkan iblis dari tanah. Wallahu alam. Jadi semua itu sudah khendak dan ketetapan Allah SWT.

      Hapus
  8. sebenarnya dlm penciptaan manusia, malaikat sempat bertanya kpd Allah swt..." mengapa Kau ciptakan makhluk yg selalu membuat kerusakan di muka bumi dan senang menumpahkan darah". Dan jika kalimat diatas disambung dengan perkataperkataan iblis..."maka dari itu aku tidak mau sujud kepada manusia".
    jika kata sujud diartikan penghormatan, penghargaan, maka tidaklah berlebihan jika iblis menolaknya.. toh pada kenyataannya iblis hanya SEKALI tidak patuh pd perintah Allah...sementara kita manusia sudah berapa kali membangkang perintah Allah..??? mana sebenarnya yg lbh pantas menyandang gelar laknatullah..???

    BalasHapus
  9. sebenarnya dlm penciptaan manusia, malaikat sempat bertanya kpd Allah swt..." mengapa Kau ciptakan makhluk yg selalu membuat kerusakan di muka bumi dan senang menumpahkan darah". Dan jika kalimat diatas disambung dengan perkataperkataan iblis..."maka dari itu aku tidak mau sujud kepada manusia".
    jika kata sujud diartikan penghormatan, penghargaan, maka tidaklah berlebihan jika iblis menolaknya.. toh pada kenyataannya iblis hanya SEKALI tidak patuh pd perintah Allah...sementara kita manusia sudah berapa kali membangkang perintah Allah..??? mana sebenarnya yg lbh pantas menyandang gelar laknatullah..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adam ketika memakan buah kholdi ia telah melakukan kesalahan, adam telah berdosa karena melanggar perintah Allah.

      ketika iblis tidak mau bersujud kepada adam, ia pun telah melakukan kesalahan,iblis telah berdosa karena melanggar perintah Allah SWT.

      Pertanyaannya :
      1. Kenapa Adam di ampuni oleh Allah, sedangkan iblis tidak..?
      Jawaban :

      Karena adam meminta ampunan dan iblis tidak meminta ampunan.
      Allah SWT maha pengampun, sehingga setiap manusia memiliki kesempatan untuk mendapatkan ampunan Allah SWT.
      WALLOOHU A'LAM

      Hapus
  10. Sekali Tidak patuh? Setelah iblis dibuang dr surga, apakah dy tdk mmbwt pelanggaran lagi dengan menyesatkan manusia yg lemah iman? Menggoda adam u/ memakan buah terlarang bukan pelanggaran? Tidak usah jauh2, tiap ad kejahatan terencana disekeliling qt maka hukuman terberat adalah kepada Otak drpd kejahatan itu sendiri

    BalasHapus
  11. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    BalasHapus
  12. Masalahnya bukan itu, api atau tanah tapi perintahNya yg di ditolak sama iblis..., api sama tanah..sama2 mahluk/benda ciptaanNya..masalahnya perintahnya yg ditolak iblis,( maaf klu salah tafsir)

    BalasHapus
  13. Yang Jelas Iblis Tidak Ingin Sujud Kepada Manusia Karena Mereka Termasuk Makhluk Yang Berakal,Yang Otomatis Memiliki Hati Nurani,
    Apakah Kalian Mau Sujud Kepada Adik Kalian Yang Baru Saja Dilahirkan?
    Ingat.. Jin Pun Tidak Sujud Karena Merekapun Berakal,Beda Halnya Dengan Malaikat

    Simpelnyasih Begitu.

    BalasHapus
  14. Allah sengaja menciptakan kebaikan dan keburukan agar alam semesta ini menjadi seimbang, seandainya semua makhluk baik maka makhluk tidak mendapatkan ilmu baru, oleh karena itu perlu keburukan agar mendapat hikmah dari keburukan tersebut, dan oleh karena itu allah sengaja menciptakan iblis menjadi pembangkang agar alam ini seimbang, sperti film perlu adanya peran antagonis, klo seandainya semua berperan baik, maka film tersebut membosankan. Intinya allah menciptakan semuanya ada hikmahnya..., dinikmati dan disyukuri saja

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here