Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam?

Beberapa orang mengatakan bahwa keputusan Iblis untuk tidak sujud kepada Adam adalah sebuah refleksi keilmuan Iblis yang sangat tinggi. Mereka mengatakan,"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!" Nah hebat bukan? Benarkah demikian? Ternyata Allah menjelaskan semuanya dalam Quran surat Al A'raf ayat 12. Marilah kita simak, apa masalah sebenarnya : Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam? 


Dalam Quran surat Al a'raf ayat 11 disebutkan demikian,

"Dan sungguh telah Kami ciptakan kalian (manusia) kemudian Kami sempurnakan bentuk kalian, Kemudian (saat itu) Kami berfirman kepada para malaikat,"sujudlah kalian semua kepada Adam!" Maka mereka semua bersujud kecuali Iblis. Tidaklah dia termasuk orang yang tunduk bersujud."
Dari peristiwa itu sebagian orang mengatakan bahwa
"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!" 
Pernyataan ini sekilas menjelaskan hakikat kebenaran Iblis. Padahal pendapat ini sangat berbahaya. Sekali membenarkan pendapat Iblis maka runutan berikutnya pasti akan terlihat seolah olah kesalahan itu ada pada Adam, Malaikat yang bersujud dan Allah yang memerintahkan bersujud. Coba perhatikan, pernyataan diatas akan berlanjut pada perntanyaan berikut,
"Bukankan Allah sendiri memerintahkan makhluknya untuk tidak menyembah selain Allah? Lalu kenapa pula Allah memerintahkan malaikat untuk bersujud pada Adam?


Bedanya "sujud" dan "menyembah"

Ada dua penyebab utama kenapa orang berpendapat demikian: tidak paham bahasa Quran dan tidak pernah baca Quran. Yang dilarang oleh Allah adalah menyembah selain Allah  bukan bersujud. Kalimat dalam qurannya juga berbeda :
yang benar adalah ,"La ta'buda illa Allah"  (jangan menyembah (ibadah) pada selain Allah)
bukan "La tasjuda illa Allah" (jangan bersujud pada selain Allah)
Ta'abudi (penyembahan, pengabdian, ketaatan) hanya untuk Allah saja, sementara sujud (penghormatan, pengakuan, penghargaan) merupakan sesuatu yang memang seharusnya diberikan kepada orang yang dimuliakan. Coba perhatikan beberapa ayat Quran lain yang menceritakan tentang sujudnya gunung gunung kepada nabi Daud. atau kedua orang tua Nabi Yusuf dan sudaranya bersujud kepada Nabi Yusuf.

Sebab Sebenarnya Iblis Tak Mau Sujud

Kalau pendapat sesat diatas tidak didasarkan pada petunjuk dan kitab yang menerangi (la hudan wa la kitabin munir), maka sebenarnya penyebab pembangkangan Iblis itu terungkap dalam Quran surat Al A'raf ayat 12,
"Dan Allah berfirman,"Apa yang menyebabkan kamu tidak mau bersujud kepada Adam, ketika Aku perintahkan?"  Iblis menjawab,"Aku lebih baik daripada dia (Adam); engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah"


Nah inilah hakikat sesungguhnya Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam. Iblis merasa lebih baik daripada Adam. Konsekuensinya kalau memang harus ada perintah sujud mestinya Adam yang harus sujud pada dia, bukan sebaliknya. Begitu kira kira cara pikir Iblis.

Jadi tidak benar bahwa Iblis menolak permasalahan sujud kepada sesama makhluk. Dan sebenarnya yang dilakukan Iblis dan kelompoknya (hizbus syaithon) sampai sekarang ini adalan berusaha agar manusia mau bersujud kepada Iblis. Bahkan bukan cuma bersujud, Iblis telah sampai pada hasutan paling jahat yaitu penyembahan(ketundukan) dan ketaatan kepada Iblis.

Mudah mudahan bermanfaat (by adil muhammadisa)

Related Post / Artikel Terkait:



8 komentar:

  1. thanks penjelasannya. mohon ijin disebarkan ke para ustad yang suka ceramah. biar gak pada ngawur menerangkat hakikat iblis dan setan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Alasan sebenarnya iblis karena dengki bahwa penciptaan manusia bukan sekedar jasmaniah ketanahan tetapi yang lebih penting ditiupkanNYA Ruh(milik)-KU yg menyempurnakan kejadian manusia. Karenanya manusia suci, yg berhasil membebaskan diri dr gravitasi nafsu ketanahan, bisa “menyerupai” Sang Pemilik Ruh.

    BalasHapus
  4. artikel yang menarik,bagi pendapat saya pula,sebab utama iblis tidak mahu sujud kepada adam ialah:
    1-Allah menciptakan adam sebagai khalifah(PENGGANTI).
    2-Iblis pasti dihapuskan setelah Adam menjadi pengganti.
    3-Bermakna mahluk iblis sudah pasti tidak akan wujud selepas adam ada.
    (pengganti bukan bermakna ketua)
    4-Jesteru itu,semasa iblis dan adam dihalau dari syurga,iblis dengan pantas berpatah balik dan memohon kepada Allah agar dia tidak dimatikan dan terus menyesatkan manusia.......jika soalannya mengapa Allah izinkan?...jawapannya ada pada sifat Tuhan....Maha pengasih dan maha penyayang.

    kesimpulannya:iblis marah dan teramat marah kerna dia tidak boleh lagi dilihat berkeliaran dimana2 seperti sebelumnya....

    BalasHapus
  5. Malaikat dan iblis dulu adalah mahkluk yg ahli sujud (taat pd Allah) dan manusia diciptakan ragel (terakhir) ketiganya tinggal di surga, hak preogratif Allah dalam menguji keimanan hamba2nya maka diperintahka malaikat dan iblis utk bersujud (hormat) pada adam (manusia)...malaikat ada perintah tsb (sujud/hormat) tdk goncang imanya, sbb yg dilihat malaikat adl Allah yg maha Suci (suci perbuatanya dan suci perkataannya) adam merupakan soal/ujian dari Allah sedangkan iblis membangkang perintah Allah imanya goncang karena yg dilihat dia adalah adam (soal/ujian Allah) maka dia durhaka pada tuhannya dan terusir samp waktu yg dijanjikan, dia dendam pada adam beserta keturunannya samp kiamat (dulu dia mahluk mulia yg tinggal di surga penuh dg kenikmatan dan punya Tuhan menjadi terusir karena adam),....lihat "Quran 17 : 61-65"

    BalasHapus
  6. kalimat ;
    IBLIS ADA APANYA???

    ini jg termasuk sombong....

    BalasHapus
  7. Sebelum semua tercipta, Allah menciptakan nur ahmad yg kita yakini ada pd Nabi Muhammad. Apakah hnya karna iblis tdk mau tunduk kpd Adam, shngga iblis menggoda Adam lantas Allah menurunkannya ke dunia, menciptakan segalanya yg di langit dan di bumi sampai2 Siti Hawa diciptakan utk menemaninya shngga terlahirlah keturunan sampai dg Nabi Muhammad dan segalanya yg ada di alam semesta ini. Apakah hnya karna alasan iblis tdk tunduk pd saat itu? Artinya apabila iblis mau tunduk kpd Adam maka kehidupan ini tdk pernah ada termasuk Nabi Muhammad dan qta? Begitu pentingnya kputusan iblis pd saat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan krn keputusan iblis ttp itu mrpkn ketetapan Allah SWT krn bila Allah SWT berkehendak maka kehendaknya pasti terjadi (kun fayakun) tdk akan ada yg bisa menentang-Nya. Soal pendapat iblis ia lebih baik dari Adam krn ia diciptakan dari api sedangkan Adam dari tanah. Itu hanya sbg alasan saja atas apa yg dilakukan iblis. Jadi Allah SWT telah membuat hukum sunatullah atau disebut causalitas (hub. Sebab akibat). Krn Allah SWT telah menciptakan dunia bagi manusia dg konsekuensi surga dan neraka yg telah dibuat Allah SWT. Pertanyaannya bisa dibalik apakah iblis mau sujud dalam arti penghormatan kepada Adam bila Adam diciptakan dari api sedangkan iblis dari tanah. Wallahu alam. Jadi semua itu sudah khendak dan ketetapan Allah SWT.

      Hapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here