BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

"Kelemahan" Shahih Bukhori Shahih Muslim

Cukup banyak yang sudah mengkaji dua kitab hadits "paling shahih" ini. Beberapa orang berhasil keluar dari "kacamata kuda" ketaklidan yang mengatakan bahwa kalau sudah Bukhori Muslim berarti "sempurna" kekuatan dalilnya, sehingga tak seorangpun berani mengatakan salah. Namun sebagian besar orang terperangkap dalam "kesempurnaan" Bukhori Muslim. Bagi mereka ini Bukhori Muslim menjadi "dewa yang tanpa salah" bahkan ketika ada ayat Quran yang bertentangan dengan apa yang ditulis dua orang ini,...mereka tak berani "menyingkirkan" tulisan itu. malahan mereka berjuang keras membikin penjelasan bertele tele untuk memperlihatkan bahwa pertentangan itu tak ada. Padahal sebenarnya akurasi kitab Bukhori Muslim ini tidaklah sekuat yang diyakini oleh banyak orang. Kenapa demikian?




Amat riskan jika dikatakan bahwa Bukhari Muslim pasti benar karena faktor faktor  sbb:

  1. Bukhori maupun Muslim, keduanya bukan Nabi,… artinya kalau salah, itu wajar saja
  2. Bukhori maupun Muslim, keduanya menuliskan hadits sekitar tahun 200 Hijriyah. Berarti mereka tak pernah ketemu Nabi. Minimal ada 3-4 perawi beda generasi yang menjembatani antara Nabi dan mereka berdua. Jikapun mereka berdua menuliskan hadits dengan benar, maka sesungguhnya masih ada 3- 4 orang beda generasi yang juga harus “dikonfirmasi” kebenaran perkataannya. Tulisan Bukhori dikatakan benar sama dengan perkataan Nabi hanya jika perawi-antara ini mengatakan secara benar pula. Jika satu saja diantara mereka mengatakan secara salah maka Bukhori juga dipastikan salah. Jika kita bertanya tukang statistik berapa probabilitasnya, jawabannya adalah 12,5 % kemungkinan benarnya. Jika perawi-antara nya 4 orang maka tingkat akurasinya lebih kecil lagi hanya sebesar 6,25%. Itu artinya dari 100 hadits yang dituliskan Bukhari atau Muslim hanya ada 6-12 hadits yang benar-benar merupakan perkataan Nabi. Sisanya merupakan perkataan orang lain, interpretasi orang lain, atau perkataan Nabi yang mengalami distorsi, baik penambahan maupun pengurangan.
  3. Kotradiksi antara antara hadits baik yang berupa inkoherensi maupun yang bertentangan secara diametral, benar benar termuat dalam kitab Hadits. Namun selalu muncul “usaha” sinkronisasi untuk mendapatkan kesimpulan akhir bahwa keduanya tidak bertentangan. Tentu saja upaya semacam ini tidak bermafaat atau malahan bisa menimbulkan dampak buruk bagi banyak orang.
  4. Kontradiski antara beberapa hadits dengan Quran juga mudah ditemui dalam kitab kitab hadits Bukhori maupun Muslim.

Related Post / Artikel Terkait:



62 komentar:

  1. Bad ,,, cikal bakal perpecahan islam nee (provokator) >_< ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga brather,,,bahaya nie,,,,,

      Hapus
    2. imama bukhori disalahain...

      eh lo yang nulis blog ini...lo tinggal dimana


      apa dasar ilmu agama lo .....
      baru ngaji pesantren kilat ...belagu...

      imam bukhori secara ilmu ...iman //akhlaq dah mumpuni bro......
      nah lo sholat aja masih kagak khsuyu belagu......

      Hapus
    3. Hebat bisa mengkritik imam bukhori dan imam muslim yg sudah di akui para ulama sunnah di dlm islam.....hati hati dengan postingan anda..apakah anda tau bagaimna imam bukhori mengumpulkan 1 hadits....dari segi sanad dan perawi?

      Hapus
  2. Abu Muhammad Nur31 Juli 2013 08.39

    Subhanallah, Alhamdulillah.

    Anda telah menjawab keraguan anda sendiri tentang ke"shahih"an hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

    Logika statistik Anda memang bagus, tapi logika sampling Anda kurang valid -kalau tidak mau dikatakan konyol-.

    Coba Anda cari tahu berapa jumlah total hadits yang terkumpul? Dalam kitab-kitab musnad sajalah.

    100 kah, 1.000 kah, 10.000 kah? Tidak! Semuanya mencapai ratusan ribu bahkan sampai 500an ribu.

    Anda kira Bukhari dan Muslim itu kurang pintar, cerdas, dan rajin?

    Beliaunya menyeleksi satu per satu hadits tersebut dengan kriteria yang sangat-sangat ketat, beliau pelajari sanad periwayatnya dan matan riwayatnya dari generasi ke generasi.

    Beliau sangat semangat dan rajin, tidak seperti "tukang statistik" yang hanya berdasarkan sampling, sampling, dan sampling, sebagai pengalihan karena tidak mau dikatakan "pemalas".

    Hingga terkumpul hadits shahih yang tidak lebih dari 10.000, Anda kira itu mencapai 6-12 % dari total semua hadits. Tidak! Wahai yang merasa benar dan cerdas, Anda kurang tepat, 100 itu ngambil samplingnya bukan dari kitab shahih Bukhari dan Muslim tapi dari total semua hadits yang terkumpul, sedang 6-12 itu jumlah maksimal probabilitas hadits yang shahih, sebagai syarat dari Anda dan "tukang statistik" Anda.

    Padahal, Jauh! Jauh! dibawah prosentase itu, hadits yang terseleksi oleh Bukhari dan Muslim.

    Coba anda asah dan tajamkan lagi logika Anda, sayang dan kasihan kalau harus menjadi bahan tertawaan orang.

    Anda sadar atau tidak itu urusan Anda, Anda sendiri yang akan mempertanggungjawabkannya.
    Tidak ada paksaan dalam agama ini.

    Namun bagaimanapun, terima kasih Anda telah menambah keyakinan kami tentang ke"shahih"an hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud nya dari 10 000 hadits yang sudah disortir bukhari,.... yang benar benar dari rasulullah maksimal 6-12% saja,,... alias cuma 600 sd 1200 saja.... coba anda baca lagi ciar pintas

      Hapus
    2. sya yakin anda ini tidak hafal satupun hadits shohih beserta sanadnya,asal bacot aja,coba sebutkan satu saja hadits shahih beserta sanadnya kalau anda benar paham hadits dan bahasa arab!!

      Hapus
  3. O... BEGITU
    Mohon Bantuan dan hadist mana yang menurut anda "Shahih" dan Tolong Jelaskan Riwayat hadist yang menurut anda Shahih tersebut....

    BalasHapus
  4. Maaf ya sodaraku yang berniat baik tapi miskin ilmu; Imam Bukhori dan Muslim mendapat predikat hebat dari para ulama besar yang jelas hidup mereka diperuntukan demi kemajuan dan keabsahan agama Alloh SWT. Sementara anda? sanggup mengkiritisi karya mereka atas dasar ap? berapa banyak ilmu yang anda dapat tentang Islam? Siapa anda? Imam Bukhori shalat dua rakaat sebelum beliau menulis hadits pada Kitab Shahihnya..., lalu anda?
    Yang saya tahu setiap tulisan anda pasti kontropersial dengan, saya malah berfikir mungkin tujuan bukanlah mencerahkan ummat, namun tujuan anda adalah merauh pengunjung sebanyak-banyaknya demi mendapatkan incom.
    Sah-sah saja ko dalam dunia maya!
    Namun MOHON DI INGAT!
    Anda mungkin bisa mendapatkan uang banyak !
    Tapi Saya yakin setiap apa yang anda lakukan takkan luput dari pengetahuan Alloh SWT.
    terimakasih!

    BalasHapus
  5. Pagi brother. Untuk kebaikan kita semua ada bagusnya kalau setiap artikel yang ditulis tidak keluar dari ranah pengetahuan dan wawasan penulisnya. Tulisan ini menjadi bukti bahwa amal apapun yang tidal dilandasi ilmu hanya akan menjadi bahan tertawaan orang. Siapa anda wahai penulis ? Adakah anda pernah kuliah di salah satu fak. ulumul hadits? Berapa banyak hadits yang pernah anda tarjikh? Seberapa dalam pengetahuan anda mengenai isnad? jawabannya anda yang tahu sendiri ( tidal akan jauh dari asumsi umum ). Lalu anda membuat argument asal-asalan berkenaan 2 tokoh hadits paling terkemuka. Sekali lagi SIAPA ANDA ?

    BalasHapus
  6. rasanya lebih lega kalau belajar lebih baik, agar tak galau hingga sangsi pada kebenaran. undang-undang buatan pak er te yang jelas bukan nabi juga kita hargai kan? wallahu a'lam

    BalasHapus
  7. rasanya lebih lega kalau belajar lebih baik, agar tak galau hingga sangsi pada kebenaran. undang-undang buatan pak er te yang jelas bukan nabi juga kita hargai kan? wallahu a'lam

    BalasHapus
  8. rasanya lebih lega kalau belajar lebih baik, agar tak galau hingga sangsi pada kebenaran. undang-undang buatan pak er te yang jelas bukan nabi juga kita hargai kan? wallahu a'lam

    BalasHapus
  9. Saya rasa Artikel di Blog ini gak ada yang bermutu,
    Semua artikel yang di tulis kayaknya cuma memecah belah keyakinan umat islam saja,,
    Saya sarankan mendingan tinggalkan blog ini,
    Kayaknya yang punya blog bukan orang Islam neh,,

    BalasHapus
  10. Tampaknya penulis blog ini cukup cerdas, banyak pernyataan yang dianggap kontoversial tetapi sejatinya benar. Jika dikatakan akurasi Bukhori dalam menyitir perkataan Nabi yang diucapkan 200th sebelumnya adalah sangat lemah,..tentu tidak salah. Tinggal kita berusaha lebih jeli memberikan tafsir dan rekonstruksi hadits agar lebih mendekati kebenaran

    BalasHapus
  11. anda sendiri belajar ilmu agamanya sudah setinggi apa?harus ada rujukan juga kalo bicara...jngan bicara tanpa ilmu,biar ga nyesatin orang,semakin tinggi ilmu seorang ulama semakin tawaduk dan hati hati,jangan ASBUN.....

    BalasHapus
  12. udah...udah ...pada ribut aja sih...Betul kok kata sang penulis blog ini. Intinya kita jangan terjebak dengan mengkultus individukan Ulama. Kita boleh kok mengkoreksi sahih tidaknya hadis yang ditulis (dgn ilmu yg cukup pastinya) yg gk bolehkan mengkoreksi Al-Quran. bila dari ribuan hadits yang ditulis bukhori dan muslim ada beberapa yg kurang akurat....wajar ajalah toh itu tidak mengurangi penghormatan kita (bahkan Allah lho...) kpd mereka sbg Ulama besar ya kan? bahkan akan semakin membuka pintu ijtihad bagi para Ahli Hadits yg hidup di zaman setelah mereka. Bukhori dan Muslim adalah Ulama besar yang tidak luput dari kesalahan, hanya Allah dan RasulNya yang paling benar..

    BalasHapus
  13. kayaknya yang nulis artikel bukan orang islam. ato orang islam yang gak tau dan gak pernah belajar hadits tapi sok tau....
    nampak dari tulisannya asal... yang bela penulis artikel ini sama bodohnya....
    geblekkkkkk..... geblekkkkkk

    BalasHapus
  14. kayaknya yang nulis artikel bukan orang islam. ato orang islam yang gak tau dan gak pernah belajar hadits tapi sok tau....
    nampak dari tulisannya asal... yang bela penulis artikel ini sama bodohnya....
    geblekkkkkk..... geblekkkkkk

    BalasHapus
  15. kayaknya yang nulis artikel bukan orang islam. ato orang islam yang gak tau dan gak pernah belajar hadits tapi sok tau....
    nampak dari tulisannya asal... yang bela penulis artikel ini sama bodohnya....
    geblekkkkkk..... geblekkkkkk

    BalasHapus
  16. kayaknya yang nulis artikel bukan orang islam. ato orang islam yang gak tau dan gak pernah belajar hadits tapi sok tau....
    nampak dari tulisannya asal... yang bela penulis artikel ini sama bodohnya....
    geblekkkkkk..... geblekkkkkk

    BalasHapus
  17. nyampah banget ini blog

    BalasHapus
  18. saya sudah tahu hal ini dari tahun 60 an mas !

    BalasHapus
  19. Dasar orang Yahudi/Nasrani sok-sok Islam

    BalasHapus
  20. Nabi dan Rasul itu ya Muhammad ibni Abdillah,bukan Umar ibnu khattab,bukan bukhory atau bukan Muslim,kalo ada yng meragukan selain Muhammad SAW,itu sah-sah saja,karena yng digaransi kebenarannya kan cuma Rasulullah sbg pembawa risalah,sedang selain beliau hanyalah pengikut2nya yng tdk menutup kemungkinan berbuat keliru dan tdk digaransi oleh Allah tentang pasti benarnya.

    BalasHapus
  21. saya bukan manusia yang pintar, tapi saya tahu kalau admin blog ini orang bodoh yang bicara tanpa ilmu.

    BalasHapus
  22. Quran itu kalam Allah. Cukup untuk Islam. Hadiths merumit kan Islam dan sesama Islam. Empat mazahab kerana berlainan pendapat...berlainan pendapat kerana Hadiths. Islam tidak begitu mudah dan Indah kerana hadiths.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda tau tata cara sholat...?
      apakah di alquran di jelaskan tatacara sholat?
      saya doakan anda mendapatkan hidyah...sebab Al Quran & Sunnah tidak mungkin berbeda,
      maka dari itu tatacara sholat di jelaskan di dlm hadits....(Sunnah Rasulullah)

      Hapus
  23. yang nulis artikel ini bkan orang islam kayaknya.. anjing lhu

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Mantap... ternyata begini cara para "Rahmatan Lil Alamin" berdikusi. Benar-benar menentramkan. Tanpa kata-kata kotor dan menghujat. Memang orang Islam itu patut memegang gelar khalifah.

    Bravo... Bravo...

    BalasHapus
  26. Bener juga yah? kenapa orang ngotot bahwa bukhari muslim pasti benar?
    kalau quran pasti benar = setuju

    kalau bukhori muslim pasti benar = nggak lah

    cuma orang bego aja yang bilang gitu

    bukhori saja gak ngomong gitu tuh

    BalasHapus
  27. tono Cariilmu21 Juli 2014 17.22

    sy sedang menunggu contoh kasusdari admin hadits yg mana yg sedang diperbincangkan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. ahlussunnah wal jamaah itu ada 4 kriteria;
    1.DALAM AQIDAH MENGIKUTI syeh abu mansur almaturidi dan syeh abu musya al 'asyari yg dikenal dengan AQO'ID 50(meliputi sifat wajib allah 20,muhal 20,jaiz 1. sifat wajib rosul 4,muhal 4,dan jaiz 1,)

    2.DALAM URUSAN FIQIH mengikuti salah satu mazhab 4,hanafi,maliki,hambali,syafi'i(tidak dicampur aduk kecuali tingkah dorurot)

    3.DALAM URUSAN HADIS YG DIBUAT HUKUM FIQIH mengikuti imam bukhori dan muslim.

    4.DALAM URUSAN TASHOWUF mengikuti syeh abul qosil al-junaidi al-baghdadi..

    selain islam yang tidak berpedoman/mengkufuri 4 kriteria tersebut,,
    bisa di katagorikan bukan ISLAM AHLUSSUNNAH
    bisa jadi mereka adalah ISLAM FALASIFAH,MUJASIMAH,JABARIAH,WAHABIAH dll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dunia maya memang ga jelas ya.. bisa aja yang nulis blog ini anjing.. semua gak jelas..

      Hapus
  30. BERCERMINLAH ADMIN jika mereka orang2 yg 'alim dan sholeh serta telah telah terakui ke"aliman dan kesholehannya bisa salah apalagi kita yg mungkin teramat jauh lebih buruk dari yg buruk, pantaskah ADMIN membahas hal ini seolah-olah lebih baik dari mereka????????
    Jika tidak ada orang2 seperti mereka ( imam bukhori, imam muslim, imam abu daud, imam tirmizi , ibnu majah, dll ) dari mana kita tau lebih banyak tentang agama kita,???????
    Ulama2 paling ternama, ter'alim, tersholeh, sejagat raya atau mungkin orang yg menjadi GURUnya ADMIN sekarang ini hidupnya 1500 tahun setelah masa rosul hidup. Jadi bisa dipastikan juga tidak bisa dijadikan acuan perkataanya karna lagi2 semua yg mereka katakan adalah mengacu dari orang2 sebelum mereka yg bisa saja kurang atau bahkan salah dalam menyapaikan.
    Kalau sudah begitu BISAKAH admin memberikan solusinya???????????????

    BalasHapus
  31. ni blog syiah ato JIL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi ini blog Jil dan SYIAH & ht......karena hanya mereka2 lah yg berani mengkritik hadits2 shahih...

      Hapus
  32. Kenapa anda sekalian berkata kotor? Jangan selalu mengatakan bahwa itu hadis Nabi. Padahal, sesungguhnya bukan. Rasul menyatakan, barang siapa yang berbohong atas namaku maka tempatnya di neraka. Man Kadzdzaba alayya muta'ammidan fal yatabawwa' maq'adahu minan nar.
    Telitilah kembali hadis-hadis yang ada sebelum diamalkan. Sudah benarkah itu hadis Nabi SAW. Jangan asal termuat dalam Shahih Bukhari, lalu diklaim sahih. al-Daruquthni menyatakan, terdapat sekitar 110 hadis palsu di dalam kitab tersebut dari sejumlah 6.000-an hadis. Muhammad al-Ghazali menyebutkan lebih banyak lagi. Ini artkel ttg hadist lemah dan palsu dalam bukharihttp://m.republika.co.id/berita/shortlink/68251

    BalasHapus
  33. Ini artikelnya http://m.republika.co.id/berita/shortlink/68251

    BalasHapus
  34. ide busuk ini yg buat orang JIL yg katanya si h profesor tapi bodoh haha

    BalasHapus
  35. ribut mulu.bosen gue kalo pada merasa paling benar.orang yang paling benar( terjaga dari dosa,tetapi pernah berbuat salah) hanya Muhammad Rasulullah.ayo kita banyak belajar lagi tanpa henti hingga ajal.kalo ada yg ga sepaham biarin aja,nyapein doang.

    BalasHapus
  36. penulisnya malas baca kitab aslinya....

    BalasHapus
  37. si penulis tidak mengawali tulisannya dengan "Basmallah"
    Imam Bukhari dan Muslim mengawalinya dengan "Basmallah"

    BalasHapus
  38. Hati-hati dengan orang ini (Zulkhaery Basrul). Sudah banyak orang ditipu.
    Silahkan cek http://suarapojokbuku.blogspot.com .
    Semua testimoni bisa dicek.

    “Saya juga termasuk korban saudara yang terhormat Zulkhaery. ”

    Untuk diketahui, saya posisi di Pekanbaru, dia di Jakarta. Beberapa pekerjaan yang saya berikan tidak rampung dikerjakan, akhirnya saya yang diuber-uber konsumen di Pekanbaru.

    Kalau dia di Pekanbaru, sudah pasti saya Polisi-kan. Karena dia di Jakarta makanya males saya ngurusin. Tapi sakit hati ini bener2 kesumat. Demi Allah, serupiah pun saya tidak memakan hak dia, bahkan beberapa kesempatan hak dia saya dahulukan karena dia yang mengerjakan website.

    Kenyataannya, setelah uang ditransfer, bahkan konsumen sampai bayar beberapa kali, berbulan-bulan website tidak bisa dikerjakan dan mulai susah dihubungi. Setelah menunggu sekian bulan (kurang lebih 6 bulan), baru dia ngabari kalau uang konsumen pulangkan saja. Sedangkan jatah dia dan jatah saya sudah dibagi habis, tentu uang yang sudah berbulan-bulan itu telah habis pula, dengan seenaknya dia membatalkan sepihak dengan pembuat website.

    Terakhir karena jauh, saya sampai bersumpah kepada dia tentang akibat dari perbuatan dia (Zulkhaery Basrul), tentu dia saya kira masih ingat apa sumpah saya itu, dan sekarang insyallah Tuhan tunjukkan keburukan dia. Memang kerugian total saya tidak terlalu besar (<10jt), tapi sakit hati saya itu lebih dari itu, dimaki-maki dan diancam konsumen akibat perbuatan Zulkhaery.

    Sebenarnya saya sudah malas membahas ini, toh dia sudah dapat akibat dari perbuatan dia (walaupun belum terlalu parah) dan saya juga telah mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Tapi tak bisa dipungkiri, rasa sakit hati dan dendam ini masih berbekas di hati.

    Saya utarakan ini agar dapat disebarkan, agar tidak bertambah pula korban penipuan dia.

    Cari duit dengan cara bener aja asik kok, ini malah sukanya bikin runyam kehidupan.

    Taubatlah saudaraku Zulkhaery Basrul, hasil kelakukanmu yang bikin orang sakit hati itu dimakan oleh anak istrimu, kasihan liat keluargamu yang diberi nafkah dari hasil “menipu orang”.

    Wassalam…
    TTD…M. KHOFIFUDDIN”

    BalasHapus
  39. inilal salah satu kiat orang untuk memisahkan umat islam dari nabinya.orang seperti seharusnya berterima kasih kepada imam bukhari dan imam muslim yg telah manghabiskan hidup mereka untuk meriwatkan hadst-hadist dari nabi muhammad saw.kalau bukan karena usaha keras mereka,pastilah akan banyak penyimpangan terhadap ajaran agama islam.kalau ada orang yg berpendapat agar kitab shahi bukhari-muslim ditinjau ulang,maka otak orang itulah yg harus diperiksa,siapa tau mengalami gangguan jiwa.wassalam

    BalasHapus
  40. hadist sahih bukhri-muslim dibuat dengan sistem yg sangat katet,melalui proses yg sangat teliti agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.kalau ada hadist-hadistnya yg bertentangan dgn Al-Qur'an.barang kali kita saja yg belum memahaminya secara mendalam.atau hanya memahaminya secara sempit.atau memang kita sendiri yg su'zaan dgn periwat hadist tersebut.

    BalasHapus
  41. Bismillah,

    sungguh bila berbicara tanpa ilmu dan mereka-reka maka akan sangat berbahaya

    disini saya mencukupkan kepada penulis untuk belajar Ilmu Musthallah hadits.
    dengan begitu anda akan tahu, dari siapa dan bagaimana hadits-hadits sampai kepada Imam Bukhari dan Imam Muslim bahkan sampai kepada Asy Syaikh Nashiruddin Albani Rahimahullahu jami'an

    maaf lebih baik diam, daripada menambah2 dosamu.

    BalasHapus
  42. yg Punya Blog ini setan berbentuk manusia..ane yakin betul

    BalasHapus
  43. hebat, hebat penulis yang bisa mengjritik imam bukhori muslim , dengan akalnya, kamu orang islam apa bukan sih, senegnya ngritik ulamak 2 islam yang sudah banyak berkarya, kritik hadis itu dengang ilmu hadis , mustolah hadis, bukan dengan akal ,anda mengatakan imam buhori nulis hadis sekitar tahun 200san hijriah, dari mana referensinya , ngacok.

    BalasHapus
  44. INI ADALAH KELOMPOK INKARUSSUNNAH

    BalasHapus
  45. ATAU BISA JADI KELOMPOKNYA ISA BUGIS

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. kebenaran hanya milik allah subhanahu wata a'lla dan rasulnya....
    kitab shahih bukhori dan muslim adalah kitab yang menjadi rujukan bagi para ulama - ulama terdahulu
    kenapa si penulis yang hidup dimasa sekarang ini bisa mngatakan begitu kalau memang ada hadist shahih yang lebih shahih dari kedua kitab tersebut tunjukan dan siapa siapa perawi hadist tersebut????

    BalasHapus
  48. Kalau ada yg tidak sesuai, dikembalikan ke Alquran..itu pesan para Imam Besar :)

    BalasHapus
  49. Ini yg buat kayanay bukan Muslim ya?? Artikelnya sepeti ingin memecah belah islam..

    BalasHapus
  50. hehe ... tambah geli mbaca tulisan orang gak berilmu dan sok pinter kayak gini. anak pra TK kok ngritik profesor doktor yang paling setia terhadap atsar manusia terbaik pilihan pencipta alam ini. yo wis, lama2 jijik aku stay di blog ini. cabut ah!

    BalasHapus
  51. hehe ... tambah geli mbaca tulisan orang gak berilmu dan sok pinter kayak gini. anak pra TK kok ngritik profesor doktor yang paling setia terhadap atsar manusia terbaik pilihan pencipta alam ini. yo wis, lama2 jijik aku stay di blog ini. cabut ah!

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here