Asal Usul Manusia Menurut Sumber Sejarah Paling Otentik

Asal Usul Manusia Menurut Sumber Sejarah Paling Otentik merupakan topik kajian lama. Manusia pertama di jagat raya ini yang dikenal orang dengan nama Adam tidaklah dilahirkan dari kandungan seorang ibu, tetapi diciptakan oleh Tuhan Sang pencipta Langit dan Bumi. Adam diciptakan dari tanah liat yang diberi bentuk kemudian ditiupkan ruh hingga jadilah makhluk yang lain yaitu manusia.
Darimana kita tahu sejarah penciptaan manusia pertama tersebut?
Tiga agama besar di dunia ini yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi memiliki kitab suci yang menerangkan masalah ini. Lalu, buku jenis apakah kitab suci itu dan siapakah pengarangnya?.

Hal ini bisa diterangkan menurut apa yang tertulis di dalam Qur’an. Ketika Adam berhasil dibujuk oleh Iblis hingga melanggar aturan Tuhan, maka Adam, Hawa dan Iblis diperintahkan untuk keluar dari surga,
Keluarlah kalian semua dari surga itu,….kelak ketika datang petunjukKu kepada kalian, maka barangsiapa yang mengikuti petunjukKu itu, maka tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.
Adapun orang orang yang kafir (menolak / tidak mau mengikuti petunjuk Ku) dan orang orang yang mendustakan ayat ayat Ku mereka itulah penghuni neraka, kekal mereka di dalamnya
(QS Al Baqarah 2 : 38-39)

Related Post / Artikel Terkait:



84 komentar:

  1. baru kepikir nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI






      Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH KABOIRENG dan saya meminta nomor MBAH KABOIRENG pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH KABOIRENG berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungiMBAH KABOIRENG di 0823~2221~2111 MBAH KABOIRENG memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH KABOIRENG dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. KLIK TOGEL JITU DISINI

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. kalau manusia purba gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia purba hoax??

      ga liat suku di papua lewat layar kaca ya??
      cacad! wakakaka

      buka mata! jgn cuma tau dari orang aja, sekali2 datengin suku badui yg paling deket aje,.

      trus tanyain kenal agama ga mreka??
      itu bisa di sebut purba, belum mengenal pengetahuan semacam itu..

      ckckck

      Hapus
  3. @hamdani
    manusia purba tu hoax
    baca dong harun yahya

    BalasHapus
  4. nice posting mas,,,, makasih. emang manusia itu penuh misteri bahkan manusianya sendiri tidak tahu siapa dia sebenarnya.......!!!

    BalasHapus
  5. hehehe, Sayangnya..sumber referensinya dari hasil ngebaca doank...
    Ga ada Rujukan Ilmiahnya...
    Generasi sekarang, susah percaya kalau sekedar dongeng, meski tertuang di Kitab suci.
    Mestinya sudah seharusnya Umat membuktikan kebenaran Ayat-ayat Suci dengan studi ilmiah dan observasi, biar Iman makin mendalam.
    Masa, yang punya Kitab puas sekedar Ngapalin, sementara Penelitian dan pembuktian dilakukan Orang Lain...(Yahudi misalnya),yang berbeda keyakinan.

    Malu donk..Sama Allah
    Dikasih ilmu...dalam Kitab,..diapalin doank...
    tapi kalau ada penemuan hasil Riset dari pihak lain, kita buru2 ngebantah...
    Ga dewasa banget..kalau umat begini modelnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhoh anda ini gimana? penelitian fosil manusia purba sudah dilakukan. apa anda tidur? artikel ini kan membahas ayat quran, sedang kebenaran asal usul manusia sudah terbukti dengan gatot nya teori darwin bukan?

      Hapus
    2. binatang ko bicara yg baik

      Hapus
    3. Hahaha otak km tu yg perlu diriset...bener otak manusia bukan.

      Hapus
    4. Darimana anda tahu kalau yg ada di dalam qur'an itu bener ? Atau jngan2 quran cuma karangan. Hahaha

      Hapus
  6. @ anonim atas saya

    sayangnya anda tidak tau bahwa Quran termasuk satu diantara sekian banyak buku ilmiah yang paling otentik keilmiahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banar tu Gian... Yahudi, Nasrani n Orang kafir lainnya.. Riset nya itu rujukan(refrensi nya) adalah Al-Quran.. Mereka malu mengakui Kebenaran Al-Quran..

      Hapus
    2. Quran belum tentu yg pling ilmiah. Kalian umat mislim hanua membaca kitab kalian saja , bagaimana kalian tau kalau kitab lain mungkin lebih ilmiah ? Coba kaji dulu kitab yg lain sana , sebelum bilang kitab anda yg pling ilmiah !!!!!!!!

      Hapus
  7. benarkah adam itu diciptakan langsung dari tanah? apakah adam itu tidak dilahirkan melalui perut ibunya? lalu bagaimana dengan nabi isa? bukankah Allah pernah berfirman bahwa penciptaan adam sama dengan penciptaan nabi isa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesungguhnya (keajaiban) penciptaan Isa adalah sebagaimana penciptaan Adam. Seperti itu kira kira bunyi ayatnya. Maksudnya: Janganlah kalian heran mengenai penciptaan Isa (lahir dari Ibu yang perawan) karena hal demikian sangat mudah bagi Allah, sebagaimana penciptaan Adam juga sangat mudah bagi Allah, padahal Adam bukan hanya tanpa Ayah, melainkan tanpa ayah maupun Ibu. (NB: jadi bukan menerangkan bahwa Adam dan Isa sama sama diciptakan dari tanah langsung) semuga jelas

      Hapus
    2. betulll... stuju ane. Penciptaan Isa seperti Adam bukan dibalik menjadi penciptaan Adam seperti Isa. Artinya pencitaan Isa tidak membutuhkan Bapak dan Penciptaan Adam lbih heboh lg karena tanpa ibu juga

      Hapus
  8. saya setuju, tidak ada keraguan antara Quran & sains, kita umat muslim sendiri yang harus membuktikan kebenaran itu, suapaya tidak ketinggalan & terkena tipu daya ilmuwan2 kafir, kalo cm ngapalin ayat, tidak memberi hikmah atau bukti nyatanya, tentu orang malahan bisa tersesat. Kita sebagai muslim jg harus mengkajinya dari sudut pandang ilmiah. Pengkajian yang selama ini dilakukan hny oleh kafirin justru bertujuan menyesatkan muslimin.

    BalasHapus
  9. (1) kenapa nabi adam dicipta dan apa faedahnya?. adakah nabi adam itu islam?sekiranya islam bagaimana nabi adam bersolat sedangkan nabi muhammad belum wujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang memerintah sholat itu Allah,... bukan Muhammad,......
      Semua nabi manusia sejak adam,.. jaman nabi nabi,.. nuh, ibrahim, musa isa dan muhammad semuanya diperintah untuk beriman dan menegakkan sholat,..
      KENAPA DICIPTAKAN ADAM?
      jawabnnya: di surat Al Baqarah ayat 30: dan ingatlah ketika Tuhan mu berfriman kepada para malaikat,"sesungguhnya Aku akan jadikan di muka bumi ini,.. khalifah,...(khalifah=orang yang bertugas memakmurkan atau mengelola membangun berbuat sesuatu untuk kebaikan,..)

      Hapus
  10. manusia diciptakan sebagai khalifah di bumi (al baqara 30)
    nabi adam diberi ayat ayat dari Allah kemudian beliau mengikuti petunjuk Allah itu.
    siapa saja yang tunduk taat ikut petunjuk Allah disebutnya muslim (islam)

    jadi Islam itu bukan cuma pengikut muhammad. Adam Ibrahim Musa Isa dan semua orang yang mengikuti nabi nabi disebut muslim

    BalasHapus
  11. “Jangan percaya dengan sebuah berita hanya karena engkau mendengarnya.
    Jangan percaya dengan sebuah tradisi hanya karena tradisi itu telah dilakukan selama beberapa generasi.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu ramai dibicarakan orang.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu telah dituliskan ke dalam buku-buku suci.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu diajarkan oleh para guru dan orang-orang tua”
    ”Dengan kesadaran, perenungan, akal sehat dan pengalaman sendiri, bahwa sesuatu hal itu memang patut diterima atau dipercayai, mengandung kebenaran, menuju kebahagiaan, maka sudah selayaknya untuk menerima dan hidup berdasarkan hal-hal tersebut.”
    (Kalama Sutta; Anguttara Nikaya 3.65)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau penulisnya anonim 19 oktober 2012 18:29,.. jangan percaya,.. karena dia orang tolol dan tidak pernah merenungi hidup, tak pernah mau baca quran,...(Kalama Sutta: Angutara srikaya 5 :89)

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  13. Qur'an salah kaprah..!!! manusia sejak semula sudah berada di bumi setelah di ciptakan,yaitu terbuat dari tanah bumi, bukan di sorga. manusia di letak kan di taman eden ( bumi ) karena manusia sudah di persiapkan untuk mengisi bumi. sampai ahirnya di bujuk setan. kalao manusia sudah berada di sorga sejak semula, lalu kenapa setan bisa masuk sorga dan bisa membujuk adam..???? silahkan anda renungkan kesalahan parah pada Qur'an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu sempit pemikiran saudara, adam dan iblis mula sama sama penghuni sorga. maka dari itu bacalah bro jangan kayak orang kaget begitu...

      Hapus
    2. @Anonim 28 Oktober 2012 07.46

      Dari komentar anda, 100% anda bukan muslim. Semoga anda mendapat hidayah dari Allah.

      Hapus
    3. Bro kalo lu emang bukan muslim ngapain ngejelek jelekin agama orang lain. Cukup Percaya aja dengan agama masing2, beribadahlah sesuai agamamu, semoga kau dijauhkan dari siksa neraka..

      Hapus
    4. Dont judge a book by the cover. Tapi lihatlah siapa pengarangnya.wkk

      Hapus
    5. @Anonim28 Oktober 2012 07.46
      Saya rasa anda salah satu orang yang ingin memecah belah kerukunan umat AGAMA di indonesia dengan cara menjelek2kan kitab suci Umat Muslim yaitu Al-Quran,
      Saya harap Anda meminta Maaf pada seluruh Umat Muslim yang sudah membaca tautan Anda.
      Banyak Tautan anda yang menyinggung umat Muslim.
      Saya tidak akan bahas masalah pada blog ini, karena blog ini bagus menurut saya, yangsaya permasalahkan adalah ANDA yang telah menjelek2kan kitab suci Agama Islam.
      semoga anda mendapat Hidayah dari Allah SWT.

      Hapus
  14. Iya.. ya... dari awal aja Qur"an udah salah.. gak logika dong kalau setan masuk dan keluyuran di sorga Allah, enak banget tuh setan. kalau gitu kenapa gak jadi setan aja biar bisa seenak nya masuk sorga..ya nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak tau gak usah sok tau, kalo masing bingung gak usah komen.
      pantes lu juga kayak setan, biar masuk surga.

      Hapus
    2. Tambah lg penghuni neraka

      Hapus
    3. coba anda baca terjemahan alquran yang berjumlah 114 surat pasti menemukan jawabanya.

      Hapus
    4. Iblis (sudah diciptakan lebih awal di bandingkan Nabi Adam AS),nah begitu Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS ,Allah SWT Memerintahkan Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS namun Iblis menolak karena dia merasa lebih baik(terbuat dari api) di bandingkan Adam AS(terbuat dari tanah),nah Pembangkangan Iblis itulah yang membuatnya dia di Kutuk oleh Allah SWT sebagai penghuni Neraka Jahannam,,akhirnya Iblis memohon permohonan untuk menggoda Adam AS agar terjerumus kedalam dosa dan akan menjadi temanya,,Iblis pun berhasil menyesatkan Adam AS dan Hawa(tercipta dari rusuk Adam AS),,Dan akibat dosa yang dilakukan Adam AS ,Adam AS pun dikeluarkan dari Syurga dan di tempatkan di Planet Bumi ,Iblispun beserta tentara-tentaranya(syetan) akan terus menggoda manusia sampai hari kiamat,dia akan mencari teman yang sebanyak-banyaknya dan terus berusaha menyesatkan keturunan Adam AS (termasuk kita-kita ini) agar ingkar dan tidak taat kepada sang pencipta (Allah SWT).

      Hapus
    5. @Anonim28 Oktober 2012 07.59
      dari pada debat terus di blog orang,
      apakah anda berani bertemu dengan saya seorang muslim bicara 4 mata kenapa anda berbicara seperti itu. ??

      Hapus
  15. hamba Allah swt6 November 2012 17.41

    mas atau mbak anonim yg tanggal 28 okt, mari saya jelaskan.kita tidak bisa langsung ngomong tanpa tahu bagaimana awal kejadiannya. dahulu iblis memang tinggal di surga. semua makhluk Allah swt itu tinggal di surga. kemudian Adam alaihissalam diciptakan. Allah swt menyeru kepada semua makhluknya untuk sujud pada nabi Adam. tapi iblis ini sombong. dia merasa derajatnya lebih tinggi karena terbuat dari api daripada nabi Adam yg dari tanah. dia menolak untuk bersujud. sejak saat itulah iblis, setan, dan pengikutnya dilempar ke neraka. dan dia juga berjanji kepada Allah swt akan mengganggu Adam dan keturunannya hingga akhir zaman.
    jadi, mari jangan gunakan emosi. anda bisa saja mengatakan Al-Qur'an itu salah dsb karena anda tidak tahu dan mungkin tidak mau tahu dengan isi Al-Qur'an.tapi seandainya jika anda tahu, mau belajar dan menghayatinya, anda boleh bandingkan dengan kitab/buku manapun, mana yang paling sempurna dengan catatan harus tahu asal-usul dan sejarahnya dulu. jangan setegah2.
    :)

    BalasHapus
  16. yg bilang alquran tuh salah....anda golongan setan..

    BalasHapus
  17. Kalo Adam gak punya Ibu berarti dia ga punya puser dong.. Kan puser itu asalnya dari plasenta ibu. Wallahualaam

    BalasHapus
  18. aneh!! Adam hawa berbuat dosa, anaknya Kain Habel, Kain ngebunuh Habel, dan Kain Habel adalah cowok. Adam Hawa mati, tinggal Kain,kain di usir. kain ngehasilin keturunan dari mana coba??!! trus kita ini anak dari siapa??!! kain ga bisa nurunin anak lagi dong???! agama yg gak masuk akal.. ckckck.. ! bingung --''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas aja km anak setan

      Hapus
    2. makanya ayooooooooooooooooooooooooo ciptakan mesin waktu

      Hapus
    3. nggak usah bingung Bro...keturunan Adam AS ada 20 pasangan lebih..

      Hapus
  19. Yang Menulis Adam Manusia Pertama itu Siapa ya Bro ? apakah adam / hawa sudah bisa menulis ?, kayaknya manusia purba itu belum mengenal Tulisan ya bro ?...
    apakah ini dongeng para Nabi secara turun temurun y bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsat dan sesat itu yang pantas untuk para penghujat klo nyimak tulisan anda,anda brhak dapat hadiah neraka jaham!!klo sempat ktmu tatap muka sama aq pasti q pisahkan kepala anda dengan badan anda

      Hapus
    2. Berita itu disampaikan melalui malaikat(Jibril) kepada Nabi Muhammad SAW, 1500 tahun yang lalu,
      untuk Anonom 19 Juli 2013 06.25 Jiwa anda seperti bukan jiwa seorang muslim...

      Hapus
  20. Anonim 28 tnggu kau azab yang pedih tiada terkira

    BalasHapus
  21. ketawa saya setelah membaca semua tulisan diatas. Sebegitu mudah sebuah keyakinan memecah belah manusia. Pembahasan seperti ini tentu akan berakhir absurd karena keterbatasan iman dan juga keterbatasan pengetahuan . Apapun agamamu tak perlu diperdebatkan. agamamu itu baik adanya . digunakan dan dimanfaatkan supaya dituruti aturan2 yg ada didalamnya . Tentu saja tidak terjadi kekacauan. Dengan adanya agama tentu saja jumlah kejahatan akan berkurang. Orang akan takut berbuat jahat karena adanya Dosa. DOSA itu juga sebenarnya adalah resiko dari tidak mantaati aturan agama. Pasti muncul bagaimana semua teori itu tercipta. tentu saja dari logika sederhana. Dengan beriman kepada sesuatu yg dipercaya baik. Tentunya akan hasilnya baik. Saya ga bicara ttg satu agama disini . Saya menghargai tulisan2 yg menggunakan tafsiran dari kutipan kitab suci pada tulisan diatas. Jelas kalian menggunakan opini kalian karena kalian mengimani dan mempercayai kutipan itu . Jadi marilah kita open minded. Hal hal yg berbau agama sebaiknya di telaah dgn seksama apakah kita perlu beropini . Opinimu tentu saja dgn kepercayaanmu. lalu bagaimana dgn kepercayaan orang ?. Memaki sumpah serapah kepada opini2 yg tidak sesuai dgn opinimu tentu saja memberi pandangan buruk thd agamamu . Apakah agamamu punya aturan seperti itu ..atau hanya oknum yg tidak bisa mengendalikan diri . semua kembali kepada anda.

    salam satu bangsa

    BalasHapus
  22. kebanyakan bacot lu pada haram jadah lu pada... gua mau beragama apa kaga terserah gua...yg tau seberapa besar tuhan menyentuh hati kalian gada yg tau karna cuma lu doang yg ngrasa...jadi ukur pake hati aja ga usah berdebat, hati manusia itu sama gada yg terbuat dari batu makanya pake tuh...nyampah aja lu bisanya ...baris sana gua gamparin lu satu satu!...mau debat cari topik yg bermutu sesuatu yg debatable!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam Alquran di Sebutkan..
      "Sesungguhnya orang2 kafir samasaja bagi mereka, kamuberi peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.
      Allah telah mengunci mati hati, dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka di tutup. Dan bagi mereka siksa yg amat pedih..( Albaqarah 6-7)

      Hapus
  23. maaf di sini apa yg kalian ribut kan sodara2?? gak ada yg perlu di ributkan antara teori,logika,dan penemuan,satu pihak meyakini bahwa nabi adam as manusia pertama,SECARA teori di yakini adanya manusia puba,dan bahkan di temukan fosil2 sprt dinosaurus,semua belum ada kejelasan dan kebenaran nya,semua kembali kepada diri kita sendiri,jika kalian percaya kalo manusia purba itu ada,ya silahkan,berarti anda itu keturunan "MONYET" maaf ya,saya si gak mau di bilang begtu,apalagi di bilang keturunan monyet yakan??

    BalasHapus
  24. Anonim adalah Atheis.
    Penganut teori Darwin jadi dia yakin bahwa dia benar - benar hasil evolusi dari binatang sebangsa monyet, jadi percuma bicara tentang ilmu, kitab suci dan qur'an.
    Ilmu, kitab suci dan qur'an itu untuk manusia yang keturunan dari Adam bukan untuk manusia yang keturunan dari Monyet.
    Jadi gak bakalan nyambung ... !!

    BalasHapus
  25. Tdk peduli appn agamamu yg pnting brmanfaat ,.bagi dirimu sndiri jg org lain,.sbenarnya qt sm" tdk tau mn agama yg palig benar,.imani,yakini sj appn it agammu,.

    BalasHapus
  26. Seharus nya kalian cukup membaca. Saja,coment yg baik baik,kalo kaya gitu pada kaya anak kecil ributin hal seharus nya gak perlu

    BalasHapus
  27. manusia pertama yg di ciptakan adalah nabi muhammad bukan nabi adam dlam bntuk nur,,, stlah krg lbh 500 thun baru nabi adam d ciptakn beserta dgn tubuhx... truz nabi muhhammad lahir ke dunia melalui ortux.... jadi manusia pertma d ciptakn allah SWT dlm bntuk nur adalah nabi muhammad SAW......

    BalasHapus
  28. yg penting sih terus beriman dan percaya pada keyakinan masing2.

    BalasHapus
  29. ada pertanyaan dikit nich...... adam dlu yang di ciptakan atau bumi dlu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih tau gak yaaaaaaaacch...?

      Hapus
  30. "aku juga ada pertanyaan niiihhhh duluan telur apa ayam...yach..."?

    BalasHapus
  31. "ada lagi....sebelum kedua orang tua kita menikah,kita sudah ada apa belum hayooo....,,",???

    BalasHapus
  32. gak usah berdebat saudara"ku semua,biarlah semua berjalan dgn apa adanya...ini sudah garis dari ILLAHI,jalani hidupmu dengan segala kebaikanmu, contoh dan amalkan "Bissmillahhirrohmannirohim",,,awali semua dengan rasa itu,,,kasih,,,dan,,,sayang. jangan terlalu jauh melangkah. niscaya tidak akan ada perselisihan,kedengkian,angkara,sombong,dkk. Amin

    BalasHapus
  33. قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

    “Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

    BalasHapus
  34. ya begitulah manusia ilmu dan akalnya terbatas jadi mentok dan ribut, tapi kalau kita iman,qolbu dan keyakinannya hanya kepada sang pencipta (Allah swt) pasti nggak ribut,

    BalasHapus
  35. Beda agama beda pula pemikiran...
    jdi lbh baik bersatu za n g sah rbutin hal2 yg g pntg...
    Allah za suka perdamaian msak manusia g???
    Salam satu jiwa AREMA

    BalasHapus
  36. hadduuhh...capek gue bacanya dari atas ampee bawahh....duuhh....
    kalimat terakhir....
    wallahualamm bii ashowab....

    BalasHapus
  37. Sebenarnya kalau kita cerdas beragama antara penciptaan Nabi Adam As dengan penelitian hasil Ilmiah ataupun Teori Darwin sangat nyambung dan tak terbantahkan, hanya sayang para pemikir tokoh-tokoh cerdas beragama tidak mau membuka mata, hati, pikiran lebih dalam, sehingga yang didapat hanyalah keyakinan keliru tanpa pembuktian ilmiah.
    Faham untuk mempercayai dan meyakini tanpa harus membuktikan yang membuat semua Umat beragama keliru menafsirkan semua ayat-ayat Allah jadi ya begini, Ribut, Maksiat, KKN masih banyak terjadi pada Umat yang katanya mempunyai Agama.

    BalasHapus
  38. Bersikan pikiran dan hati anda agar setan tdk bisa masuk didalmnya.. semuanya ciptaan ALLAH
    ngga usah berlogika terkadang setan ada didalam logika anda.

    BalasHapus
  39. anda semua pasti akan mati dan jadi tanah ...............hw...hwa...kckc........................

    BalasHapus
  40. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ ﺍﻗْﺮَﺃْ ﺑِﺎﺳْﻢِ ﺭَﺑِّﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ
    Maksudnya:
    Bacalah (wahai Muhammad) dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (sekalian makhluk),
    Sadaqallahulazim

    Berikut adalah ayat pertama yang diturunkan kepada nabi s.a.w.

    BalasHapus
  41. tanah kavling sebelah kuburan kramat, lokasi strategis, keamanan 24 jam, akses kendaraan umum, mall, rumah sakit, bebas banjir, bebas preman, bebas dedemit/kuntilanak/tuyul/genderwo, siap dipakai uji nyali.. minat??

    BalasHapus
  42. Wallahua'lam hanya allah bisa jawabin

    BalasHapus
  43. Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

    BalasHapus
  44. kalau agama yang benar itu, menuntun orang untuk mempunyai akhlak yg baik.

    BalasHapus
  45. bntar bntar ..klo adam manusia prtama truss manusia purba kapan diciptain ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here