BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Asal Usul Manusia Menurut Sumber Sejarah Paling Otentik

Asal Usul Manusia Menurut Sumber Sejarah Paling Otentik merupakan topik kajian lama. Manusia pertama di jagat raya ini yang dikenal orang dengan nama Adam tidaklah dilahirkan dari kandungan seorang ibu, tetapi diciptakan oleh Tuhan Sang pencipta Langit dan Bumi. Adam diciptakan dari tanah liat yang diberi bentuk kemudian ditiupkan ruh hingga jadilah makhluk yang lain yaitu manusia.
Darimana kita tahu sejarah penciptaan manusia pertama tersebut?
Tiga agama besar di dunia ini yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi memiliki kitab suci yang menerangkan masalah ini. Lalu, buku jenis apakah kitab suci itu dan siapakah pengarangnya?.

Hal ini bisa diterangkan menurut apa yang tertulis di dalam Qur’an. Ketika Adam berhasil dibujuk oleh Iblis hingga melanggar aturan Tuhan, maka Adam, Hawa dan Iblis diperintahkan untuk keluar dari surga,
Keluarlah kalian semua dari surga itu,….kelak ketika datang petunjukKu kepada kalian, maka barangsiapa yang mengikuti petunjukKu itu, maka tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.
Adapun orang orang yang kafir (menolak / tidak mau mengikuti petunjuk Ku) dan orang orang yang mendustakan ayat ayat Ku mereka itulah penghuni neraka, kekal mereka di dalamnya
(QS Al Baqarah 2 : 38-39)

Related Post / Artikel Terkait:



128 komentar:

  1. kalau manusia purba gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia purba hoax??

      ga liat suku di papua lewat layar kaca ya??
      cacad! wakakaka

      buka mata! jgn cuma tau dari orang aja, sekali2 datengin suku badui yg paling deket aje,.

      trus tanyain kenal agama ga mreka??
      itu bisa di sebut purba, belum mengenal pengetahuan semacam itu..

      ckckck

      Hapus
  2. @hamdani
    manusia purba tu hoax
    baca dong harun yahya

    BalasHapus
  3. nice posting mas,,,, makasih. emang manusia itu penuh misteri bahkan manusianya sendiri tidak tahu siapa dia sebenarnya.......!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ekanita Ea betul orang sekarang taunya cuman katanya saja xixixixi

      Hapus
  4. hehehe, Sayangnya..sumber referensinya dari hasil ngebaca doank...
    Ga ada Rujukan Ilmiahnya...
    Generasi sekarang, susah percaya kalau sekedar dongeng, meski tertuang di Kitab suci.
    Mestinya sudah seharusnya Umat membuktikan kebenaran Ayat-ayat Suci dengan studi ilmiah dan observasi, biar Iman makin mendalam.
    Masa, yang punya Kitab puas sekedar Ngapalin, sementara Penelitian dan pembuktian dilakukan Orang Lain...(Yahudi misalnya),yang berbeda keyakinan.

    Malu donk..Sama Allah
    Dikasih ilmu...dalam Kitab,..diapalin doank...
    tapi kalau ada penemuan hasil Riset dari pihak lain, kita buru2 ngebantah...
    Ga dewasa banget..kalau umat begini modelnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhoh anda ini gimana? penelitian fosil manusia purba sudah dilakukan. apa anda tidur? artikel ini kan membahas ayat quran, sedang kebenaran asal usul manusia sudah terbukti dengan gatot nya teori darwin bukan?

      Hapus
    2. binatang ko bicara yg baik

      Hapus
    3. Hahaha otak km tu yg perlu diriset...bener otak manusia bukan.

      Hapus
    4. Darimana anda tahu kalau yg ada di dalam qur'an itu bener ? Atau jngan2 quran cuma karangan. Hahaha

      Hapus
    5. maaf bang, kalau anda bukan agam islam mohon jangan menghina kitab allah, manusia itu bukan saling melecehkan, jika tidak percaya tidak usah ngabacot monyet

      Hapus
    6. islam itu apa?. Apakah islammu itu slamatkan anda. Islam itu hanya karangan muhamad ambil kesempatan dalam kesempitan. Baca jika anda bukan orang asli arab. Anda orang indonesia pengetahuan anda hny copy paste saja. Makanya selalu ngomong islam yang benar. otak kalian buntut.

      Hapus
    7. saat nabi ibrahim datang dengan membawa kebenaran ada orang2 yang tak meyakini, saat nabi musa datang membawa kebenaran ada orang2 yang tidak meyakini, begitu juga dengan kedatangan nabi isa (jesus) ada orang2 yang tak meyakini dengan kebenaran yang beliau bawa, lalu bagaimana dengan nabi muhammad yang datang membawa kebenaran, lagi2 ada yang tak meyakini. kitab taurat(torah) membearkan ajaran sebelumnya, kitab injil, bibble/alkitab membenarkaan ajaran sebelumnya (yaitu taurat), lalu al quran datang dengan membenarkan kitab2 sebelumnya (taurat dan injil). saya tidak mengatakan apa agama saya, namun saya adalah orang yang menyerahkan diri pada Tuhan yang telah menciptakan saya.
      saya tambahkan, jika kita memang berselisih tentang nilai keTuhanan, namun tak ada alasan untuk berselsih tentang nilai kemanusiaan. karena orang patut untuk khawatir apabila hinaan dan cacian berubah menjadi peperangan dan pembunuhan.

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Anonim @ manusia yg sadar itu akalnya dipakai aplg dlm berturur kata .masalah kamu punya akal tp ga dipakai, jd hatinya dikuasai iblis buat menulis kata2 yg ga pantas ky diatas. Apapun agama kamu tetap kamu masih kalah sm iblis yg nyarang di hati kamu. jadi kamu ini salah satu wujud manusia purba yg blm musnah dimuka bumi. Atau bumi yg akan memusnahkan kamu krn km sengaja menghina sang Kholiq Pencipta kamu dg tulisan2 itu!!!

      Hapus
  5. @ anonim atas saya

    sayangnya anda tidak tau bahwa Quran termasuk satu diantara sekian banyak buku ilmiah yang paling otentik keilmiahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banar tu Gian... Yahudi, Nasrani n Orang kafir lainnya.. Riset nya itu rujukan(refrensi nya) adalah Al-Quran.. Mereka malu mengakui Kebenaran Al-Quran..

      Hapus
    2. Quran belum tentu yg pling ilmiah. Kalian umat mislim hanua membaca kitab kalian saja , bagaimana kalian tau kalau kitab lain mungkin lebih ilmiah ? Coba kaji dulu kitab yg lain sana , sebelum bilang kitab anda yg pling ilmiah !!!!!!!!

      Hapus
  6. benarkah adam itu diciptakan langsung dari tanah? apakah adam itu tidak dilahirkan melalui perut ibunya? lalu bagaimana dengan nabi isa? bukankah Allah pernah berfirman bahwa penciptaan adam sama dengan penciptaan nabi isa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesungguhnya (keajaiban) penciptaan Isa adalah sebagaimana penciptaan Adam. Seperti itu kira kira bunyi ayatnya. Maksudnya: Janganlah kalian heran mengenai penciptaan Isa (lahir dari Ibu yang perawan) karena hal demikian sangat mudah bagi Allah, sebagaimana penciptaan Adam juga sangat mudah bagi Allah, padahal Adam bukan hanya tanpa Ayah, melainkan tanpa ayah maupun Ibu. (NB: jadi bukan menerangkan bahwa Adam dan Isa sama sama diciptakan dari tanah langsung) semuga jelas

      Hapus
    2. betulll... stuju ane. Penciptaan Isa seperti Adam bukan dibalik menjadi penciptaan Adam seperti Isa. Artinya pencitaan Isa tidak membutuhkan Bapak dan Penciptaan Adam lbih heboh lg karena tanpa ibu juga

      Hapus
    3. Mas Mantiq, masa ayat kok kira-kira, bagaiman bis mempercayai yang kira-kira? Sebetulnya saya ingin masuk di blog ini dengan nama asli, tetapi sangat sulit untuk mengakses, maaf terpaksa menggunakan anonim. Tirta Nata

      Hapus
  7. saya setuju, tidak ada keraguan antara Quran & sains, kita umat muslim sendiri yang harus membuktikan kebenaran itu, suapaya tidak ketinggalan & terkena tipu daya ilmuwan2 kafir, kalo cm ngapalin ayat, tidak memberi hikmah atau bukti nyatanya, tentu orang malahan bisa tersesat. Kita sebagai muslim jg harus mengkajinya dari sudut pandang ilmiah. Pengkajian yang selama ini dilakukan hny oleh kafirin justru bertujuan menyesatkan muslimin.

    BalasHapus
  8. (1) kenapa nabi adam dicipta dan apa faedahnya?. adakah nabi adam itu islam?sekiranya islam bagaimana nabi adam bersolat sedangkan nabi muhammad belum wujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang memerintah sholat itu Allah,... bukan Muhammad,......
      Semua nabi manusia sejak adam,.. jaman nabi nabi,.. nuh, ibrahim, musa isa dan muhammad semuanya diperintah untuk beriman dan menegakkan sholat,..
      KENAPA DICIPTAKAN ADAM?
      jawabnnya: di surat Al Baqarah ayat 30: dan ingatlah ketika Tuhan mu berfriman kepada para malaikat,"sesungguhnya Aku akan jadikan di muka bumi ini,.. khalifah,...(khalifah=orang yang bertugas memakmurkan atau mengelola membangun berbuat sesuatu untuk kebaikan,..)

      Hapus
  9. manusia diciptakan sebagai khalifah di bumi (al baqara 30)
    nabi adam diberi ayat ayat dari Allah kemudian beliau mengikuti petunjuk Allah itu.
    siapa saja yang tunduk taat ikut petunjuk Allah disebutnya muslim (islam)

    jadi Islam itu bukan cuma pengikut muhammad. Adam Ibrahim Musa Isa dan semua orang yang mengikuti nabi nabi disebut muslim

    BalasHapus
  10. “Jangan percaya dengan sebuah berita hanya karena engkau mendengarnya.
    Jangan percaya dengan sebuah tradisi hanya karena tradisi itu telah dilakukan selama beberapa generasi.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu ramai dibicarakan orang.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu telah dituliskan ke dalam buku-buku suci.
    Jangan percaya kepada sesuatu hanya karena sesuatu itu diajarkan oleh para guru dan orang-orang tua”
    ”Dengan kesadaran, perenungan, akal sehat dan pengalaman sendiri, bahwa sesuatu hal itu memang patut diterima atau dipercayai, mengandung kebenaran, menuju kebahagiaan, maka sudah selayaknya untuk menerima dan hidup berdasarkan hal-hal tersebut.”
    (Kalama Sutta; Anguttara Nikaya 3.65)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau penulisnya anonim 19 oktober 2012 18:29,.. jangan percaya,.. karena dia orang tolol dan tidak pernah merenungi hidup, tak pernah mau baca quran,...(Kalama Sutta: Angutara srikaya 5 :89)

      Hapus
    2. sangat setuju!
      Islam adalah agama sempurna, yang penuh kasih.
      Islam mengajarkan kedamain,
      Islam membawa kesejahteraan,
      Islam adalah pegangan hati, bukan sebatas ilmu yg akan menjadikan orang menjadi pintar dan bodoh.
      Islam hanya bisa diamalkan, bukan utk diperdebatkan.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Qur'an salah kaprah..!!! manusia sejak semula sudah berada di bumi setelah di ciptakan,yaitu terbuat dari tanah bumi, bukan di sorga. manusia di letak kan di taman eden ( bumi ) karena manusia sudah di persiapkan untuk mengisi bumi. sampai ahirnya di bujuk setan. kalao manusia sudah berada di sorga sejak semula, lalu kenapa setan bisa masuk sorga dan bisa membujuk adam..???? silahkan anda renungkan kesalahan parah pada Qur'an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu sempit pemikiran saudara, adam dan iblis mula sama sama penghuni sorga. maka dari itu bacalah bro jangan kayak orang kaget begitu...

      Hapus
    2. @Anonim 28 Oktober 2012 07.46

      Dari komentar anda, 100% anda bukan muslim. Semoga anda mendapat hidayah dari Allah.

      Hapus
    3. Bro kalo lu emang bukan muslim ngapain ngejelek jelekin agama orang lain. Cukup Percaya aja dengan agama masing2, beribadahlah sesuai agamamu, semoga kau dijauhkan dari siksa neraka..

      Hapus
    4. Dont judge a book by the cover. Tapi lihatlah siapa pengarangnya.wkk

      Hapus
    5. @Anonim28 Oktober 2012 07.46
      Saya rasa anda salah satu orang yang ingin memecah belah kerukunan umat AGAMA di indonesia dengan cara menjelek2kan kitab suci Umat Muslim yaitu Al-Quran,
      Saya harap Anda meminta Maaf pada seluruh Umat Muslim yang sudah membaca tautan Anda.
      Banyak Tautan anda yang menyinggung umat Muslim.
      Saya tidak akan bahas masalah pada blog ini, karena blog ini bagus menurut saya, yangsaya permasalahkan adalah ANDA yang telah menjelek2kan kitab suci Agama Islam.
      semoga anda mendapat Hidayah dari Allah SWT.

      Hapus
  13. Iya.. ya... dari awal aja Qur"an udah salah.. gak logika dong kalau setan masuk dan keluyuran di sorga Allah, enak banget tuh setan. kalau gitu kenapa gak jadi setan aja biar bisa seenak nya masuk sorga..ya nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak tau gak usah sok tau, kalo masing bingung gak usah komen.
      pantes lu juga kayak setan, biar masuk surga.

      Hapus
    2. Tambah lg penghuni neraka

      Hapus
    3. coba anda baca terjemahan alquran yang berjumlah 114 surat pasti menemukan jawabanya.

      Hapus
    4. Iblis (sudah diciptakan lebih awal di bandingkan Nabi Adam AS),nah begitu Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS ,Allah SWT Memerintahkan Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS namun Iblis menolak karena dia merasa lebih baik(terbuat dari api) di bandingkan Adam AS(terbuat dari tanah),nah Pembangkangan Iblis itulah yang membuatnya dia di Kutuk oleh Allah SWT sebagai penghuni Neraka Jahannam,,akhirnya Iblis memohon permohonan untuk menggoda Adam AS agar terjerumus kedalam dosa dan akan menjadi temanya,,Iblis pun berhasil menyesatkan Adam AS dan Hawa(tercipta dari rusuk Adam AS),,Dan akibat dosa yang dilakukan Adam AS ,Adam AS pun dikeluarkan dari Syurga dan di tempatkan di Planet Bumi ,Iblispun beserta tentara-tentaranya(syetan) akan terus menggoda manusia sampai hari kiamat,dia akan mencari teman yang sebanyak-banyaknya dan terus berusaha menyesatkan keturunan Adam AS (termasuk kita-kita ini) agar ingkar dan tidak taat kepada sang pencipta (Allah SWT).

      Hapus
    5. @Anonim28 Oktober 2012 07.59
      dari pada debat terus di blog orang,
      apakah anda berani bertemu dengan saya seorang muslim bicara 4 mata kenapa anda berbicara seperti itu. ??

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Pada sok tau:-) , mending kerja cari uang, bantu yg susah, biar makin banyak sodara kita

      Hapus
    8. @anonymous28 oktober 2012 07.59
      yg dari awal salah itu bapak ama emak lu...
      uda ngelahirin anak yg bego kaya lu

      Hapus
  14. mas atau mbak anonim yg tanggal 28 okt, mari saya jelaskan.kita tidak bisa langsung ngomong tanpa tahu bagaimana awal kejadiannya. dahulu iblis memang tinggal di surga. semua makhluk Allah swt itu tinggal di surga. kemudian Adam alaihissalam diciptakan. Allah swt menyeru kepada semua makhluknya untuk sujud pada nabi Adam. tapi iblis ini sombong. dia merasa derajatnya lebih tinggi karena terbuat dari api daripada nabi Adam yg dari tanah. dia menolak untuk bersujud. sejak saat itulah iblis, setan, dan pengikutnya dilempar ke neraka. dan dia juga berjanji kepada Allah swt akan mengganggu Adam dan keturunannya hingga akhir zaman.
    jadi, mari jangan gunakan emosi. anda bisa saja mengatakan Al-Qur'an itu salah dsb karena anda tidak tahu dan mungkin tidak mau tahu dengan isi Al-Qur'an.tapi seandainya jika anda tahu, mau belajar dan menghayatinya, anda boleh bandingkan dengan kitab/buku manapun, mana yang paling sempurna dengan catatan harus tahu asal-usul dan sejarahnya dulu. jangan setegah2.
    :)

    BalasHapus
  15. yg bilang alquran tuh salah....anda golongan setan..

    BalasHapus
  16. Kalo Adam gak punya Ibu berarti dia ga punya puser dong.. Kan puser itu asalnya dari plasenta ibu. Wallahualaam

    BalasHapus
  17. aneh!! Adam hawa berbuat dosa, anaknya Kain Habel, Kain ngebunuh Habel, dan Kain Habel adalah cowok. Adam Hawa mati, tinggal Kain,kain di usir. kain ngehasilin keturunan dari mana coba??!! trus kita ini anak dari siapa??!! kain ga bisa nurunin anak lagi dong???! agama yg gak masuk akal.. ckckck.. ! bingung --''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas aja km anak setan

      Hapus
    2. makanya ayooooooooooooooooooooooooo ciptakan mesin waktu

      Hapus
    3. nggak usah bingung Bro...keturunan Adam AS ada 20 pasangan lebih..

      Hapus
    4. Anonim7 Maret 2013 21.05,. Anda gak usah bingung, anda kan keturunan Monyet penganut evolusi makanya pikiran anda gak masuk akal kayak monyet,. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  18. Yang Menulis Adam Manusia Pertama itu Siapa ya Bro ? apakah adam / hawa sudah bisa menulis ?, kayaknya manusia purba itu belum mengenal Tulisan ya bro ?...
    apakah ini dongeng para Nabi secara turun temurun y bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsat dan sesat itu yang pantas untuk para penghujat klo nyimak tulisan anda,anda brhak dapat hadiah neraka jaham!!klo sempat ktmu tatap muka sama aq pasti q pisahkan kepala anda dengan badan anda

      Hapus
    2. Berita itu disampaikan melalui malaikat(Jibril) kepada Nabi Muhammad SAW, 1500 tahun yang lalu,
      untuk Anonom 19 Juli 2013 06.25 Jiwa anda seperti bukan jiwa seorang muslim...

      Hapus
  19. Anonim 28 tnggu kau azab yang pedih tiada terkira

    BalasHapus
  20. ketawa saya setelah membaca semua tulisan diatas. Sebegitu mudah sebuah keyakinan memecah belah manusia. Pembahasan seperti ini tentu akan berakhir absurd karena keterbatasan iman dan juga keterbatasan pengetahuan . Apapun agamamu tak perlu diperdebatkan. agamamu itu baik adanya . digunakan dan dimanfaatkan supaya dituruti aturan2 yg ada didalamnya . Tentu saja tidak terjadi kekacauan. Dengan adanya agama tentu saja jumlah kejahatan akan berkurang. Orang akan takut berbuat jahat karena adanya Dosa. DOSA itu juga sebenarnya adalah resiko dari tidak mantaati aturan agama. Pasti muncul bagaimana semua teori itu tercipta. tentu saja dari logika sederhana. Dengan beriman kepada sesuatu yg dipercaya baik. Tentunya akan hasilnya baik. Saya ga bicara ttg satu agama disini . Saya menghargai tulisan2 yg menggunakan tafsiran dari kutipan kitab suci pada tulisan diatas. Jelas kalian menggunakan opini kalian karena kalian mengimani dan mempercayai kutipan itu . Jadi marilah kita open minded. Hal hal yg berbau agama sebaiknya di telaah dgn seksama apakah kita perlu beropini . Opinimu tentu saja dgn kepercayaanmu. lalu bagaimana dgn kepercayaan orang ?. Memaki sumpah serapah kepada opini2 yg tidak sesuai dgn opinimu tentu saja memberi pandangan buruk thd agamamu . Apakah agamamu punya aturan seperti itu ..atau hanya oknum yg tidak bisa mengendalikan diri . semua kembali kepada anda.

    salam satu bangsa

    BalasHapus
  21. kebanyakan bacot lu pada haram jadah lu pada... gua mau beragama apa kaga terserah gua...yg tau seberapa besar tuhan menyentuh hati kalian gada yg tau karna cuma lu doang yg ngrasa...jadi ukur pake hati aja ga usah berdebat, hati manusia itu sama gada yg terbuat dari batu makanya pake tuh...nyampah aja lu bisanya ...baris sana gua gamparin lu satu satu!...mau debat cari topik yg bermutu sesuatu yg debatable!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam Alquran di Sebutkan..
      "Sesungguhnya orang2 kafir samasaja bagi mereka, kamuberi peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.
      Allah telah mengunci mati hati, dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka di tutup. Dan bagi mereka siksa yg amat pedih..( Albaqarah 6-7)

      Hapus
  22. maaf di sini apa yg kalian ribut kan sodara2?? gak ada yg perlu di ributkan antara teori,logika,dan penemuan,satu pihak meyakini bahwa nabi adam as manusia pertama,SECARA teori di yakini adanya manusia puba,dan bahkan di temukan fosil2 sprt dinosaurus,semua belum ada kejelasan dan kebenaran nya,semua kembali kepada diri kita sendiri,jika kalian percaya kalo manusia purba itu ada,ya silahkan,berarti anda itu keturunan "MONYET" maaf ya,saya si gak mau di bilang begtu,apalagi di bilang keturunan monyet yakan??

    BalasHapus
  23. Anonim adalah Atheis.
    Penganut teori Darwin jadi dia yakin bahwa dia benar - benar hasil evolusi dari binatang sebangsa monyet, jadi percuma bicara tentang ilmu, kitab suci dan qur'an.
    Ilmu, kitab suci dan qur'an itu untuk manusia yang keturunan dari Adam bukan untuk manusia yang keturunan dari Monyet.
    Jadi gak bakalan nyambung ... !!

    BalasHapus
  24. Tdk peduli appn agamamu yg pnting brmanfaat ,.bagi dirimu sndiri jg org lain,.sbenarnya qt sm" tdk tau mn agama yg palig benar,.imani,yakini sj appn it agammu,.

    BalasHapus
  25. Seharus nya kalian cukup membaca. Saja,coment yg baik baik,kalo kaya gitu pada kaya anak kecil ributin hal seharus nya gak perlu

    BalasHapus
  26. manusia pertama yg di ciptakan adalah nabi muhammad bukan nabi adam dlam bntuk nur,,, stlah krg lbh 500 thun baru nabi adam d ciptakn beserta dgn tubuhx... truz nabi muhhammad lahir ke dunia melalui ortux.... jadi manusia pertma d ciptakn allah SWT dlm bntuk nur adalah nabi muhammad SAW......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Erwin,sepertinya agamamu islam ktp alias islam jadi jadian.ilmu agama.ilmu apapun nol.otakmu kosong.mending kau masuk lagi ke rahim siapa kek.biar jika kau dilahirkan otakmu rada isi

      Hapus
  27. yg penting sih terus beriman dan percaya pada keyakinan masing2.

    BalasHapus
  28. ada pertanyaan dikit nich...... adam dlu yang di ciptakan atau bumi dlu?

    BalasHapus
  29. "aku juga ada pertanyaan niiihhhh duluan telur apa ayam...yach..."?

    BalasHapus
  30. "ada lagi....sebelum kedua orang tua kita menikah,kita sudah ada apa belum hayooo....,,",???

    BalasHapus
  31. gak usah berdebat saudara"ku semua,biarlah semua berjalan dgn apa adanya...ini sudah garis dari ILLAHI,jalani hidupmu dengan segala kebaikanmu, contoh dan amalkan "Bissmillahhirrohmannirohim",,,awali semua dengan rasa itu,,,kasih,,,dan,,,sayang. jangan terlalu jauh melangkah. niscaya tidak akan ada perselisihan,kedengkian,angkara,sombong,dkk. Amin

    BalasHapus
  32. قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

    “Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

    BalasHapus
  33. ya begitulah manusia ilmu dan akalnya terbatas jadi mentok dan ribut, tapi kalau kita iman,qolbu dan keyakinannya hanya kepada sang pencipta (Allah swt) pasti nggak ribut,

    BalasHapus
  34. Beda agama beda pula pemikiran...
    jdi lbh baik bersatu za n g sah rbutin hal2 yg g pntg...
    Allah za suka perdamaian msak manusia g???
    Salam satu jiwa AREMA

    BalasHapus
  35. hadduuhh...capek gue bacanya dari atas ampee bawahh....duuhh....
    kalimat terakhir....
    wallahualamm bii ashowab....

    BalasHapus
  36. Sebenarnya kalau kita cerdas beragama antara penciptaan Nabi Adam As dengan penelitian hasil Ilmiah ataupun Teori Darwin sangat nyambung dan tak terbantahkan, hanya sayang para pemikir tokoh-tokoh cerdas beragama tidak mau membuka mata, hati, pikiran lebih dalam, sehingga yang didapat hanyalah keyakinan keliru tanpa pembuktian ilmiah.
    Faham untuk mempercayai dan meyakini tanpa harus membuktikan yang membuat semua Umat beragama keliru menafsirkan semua ayat-ayat Allah jadi ya begini, Ribut, Maksiat, KKN masih banyak terjadi pada Umat yang katanya mempunyai Agama.

    BalasHapus
  37. Bersikan pikiran dan hati anda agar setan tdk bisa masuk didalmnya.. semuanya ciptaan ALLAH
    ngga usah berlogika terkadang setan ada didalam logika anda.

    BalasHapus
  38. anda semua pasti akan mati dan jadi tanah ...............hw...hwa...kckc........................

    BalasHapus
  39. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ ﺍﻗْﺮَﺃْ ﺑِﺎﺳْﻢِ ﺭَﺑِّﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ
    Maksudnya:
    Bacalah (wahai Muhammad) dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (sekalian makhluk),
    Sadaqallahulazim

    Berikut adalah ayat pertama yang diturunkan kepada nabi s.a.w.

    BalasHapus
  40. tanah kavling sebelah kuburan kramat, lokasi strategis, keamanan 24 jam, akses kendaraan umum, mall, rumah sakit, bebas banjir, bebas preman, bebas dedemit/kuntilanak/tuyul/genderwo, siap dipakai uji nyali.. minat??

    BalasHapus
  41. Wallahua'lam hanya allah bisa jawabin

    BalasHapus
  42. Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

    BalasHapus
  43. kalau agama yang benar itu, menuntun orang untuk mempunyai akhlak yg baik.

    BalasHapus
  44. bntar bntar ..klo adam manusia prtama truss manusia purba kapan diciptain ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Jiah jaman dah maju . Masi aja ada yang otaknya jaman purba.
      Ga sekalian bilang dokter belajarnya dari ....
      Wkwkwk

      Hapus
  45. Pada suatu hari gua ngarang cerita tono dan tini .
    Tono dan tini adalah ciptaan gua.
    Yang ga percaya pasti kafir.
    Loga percaya lo Kafirrrrrr

    BalasHapus
  46. Mantap terbuka dah pikiran dari ketololan.

    BalasHapus
  47. mantab akhirnya setan bisa buat kalian ribut.wkwkwkwk...

    BalasHapus
  48. good, saya suka artikel ini, untuk umat muslim kita tidak usah meladeni yang non muslim karena lebih baik diam jika kata kata tidak bermakna lagi, salam damai kawan blog yang bermanfaat

    BalasHapus
  49. Yg asli nabi adam sampai sekarang di akui dan mempunyai silsilah jelas itu yahudi dan keturunan arab asli.. sisanya sori aja cuman KW dan karna asas kepercayaan agama aja.. coba liat mereka mempunyai hafalan silsilah smpai nabi adam.. lah kita apa coba... jd ya gitulah kita korban 3 agama yg maju dan berkembang pesat... klo 500 thn yg lalu di indo sih ga ada yg percaya kita dari adam... cuman ya skrng ini ya trim aja klo di bilang dari adam.

    Pdhl keturunan arab asli yg dari nabi ismail aja mau debat sama yahudi yg keturunan ishak dN samA ayahnya ibrahim masi ga di akuin sama mereka asli dari nabi adam. Apalagi kita coy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar kafir akan masuk neraka jahanam....

      Hapus
  50. Aihhh...kontol semua..banyak bacot....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong ngemut Kontol..wkwkwkwkwkw hahahahaha

      Hapus
  51. mitos yahudi kok dipercaya. !

    BalasHapus
  52. padahal adam dan hawa itu cuma mitos yahudi, kenapa masih banyak orang yg percaya ya?



    BalasHapus
  53. Maaf bagi anda anda ( anonim ) yg terlalu banyak bermain logika dgn bahasa ilmiah dn fmikiran anda sendiri. Sepertix anda faham betul dgn kandungan dan ajaran AlQuran? Atau anda mencoba menyesatkan orang lain? Kalau anda ingin mengajak orang pada kebaikan, lakukan dengan cara yang baik pula. Karena sesungguhx diri anda sendiri adlah bukti nyata dari kbesarsn Allah SWT serta kbnaran segala firmanx.

    BalasHapus
  54. Telah kujalani reinkarnasi, puji syukur aku memilih islam dalam hidupku kini....kupinta jika lahir lagi entah berapa kalipun tetap dalam petunjuk islam aminnnnnnnn.....imanku padaNya hanya satu ...tiada tuhan selain Allah SWT......

    BalasHapus
  55. Mau lebih jelas baca buku "Ternyata Adam Dilahirkan", bagi yg islam ini jawaban atas topik diatas. Diteliti berdasarkan ayat2 AlQuran.

    BalasHapus
  56. Sy lebih meyakini bahwa kejadian diciptakannya Adam terjadi di daerah tanah subur banyak bahan orgnik sebagai sumber kehidupan dan letaknya di bumi yg kita pijak ini. Tanah subur banyak pepohonan dan buah-buahan apabila tertata rapih maka layak disebut sorga apakah itu namanya Eden, Firdaus, atau Adnin tidak masalah. Terciptanya Adam hemat pemikiran sy, bukan melalui proses kloning seperti kloning domba melainkan dimulai dari proses mutasi genetik.
    Dalam QS. Al-Hijr [15]: 28-29. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”; dan dalam QS.Arrahman 55:14. Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Dari kedua ayat ini seakan menegaskan bahwa manusia itu dibuat dari tanah liat kering seperti tembikar yang berasal dari lumpur; dan tanah liat kering inilah yang menjadi faktor terjadinya manusia. Kedua ayat ini bisa ditafsirkan lebih dalam lagi bahwa tanah liat kering seperti tembikar yang berasal dari lumpur hitam itu kaya akan bahan organik terdapat mikroorganisme yg karena sesuatu hal oleh penyebab keringnya lumpur itu menjadikan mikroorganisme mengalami mutasi genetik. Kalimat “lumpur hitam yang diberi bentuk” [dalam QS.Al-Hijr] ini, sy lebih memaknai ke arah suatu kejadian yang menimbulkan mutasi genetik bukan memiliki arti dibentuk seperti patung manusia. Mikroorganisme yang mengalami mutasi genetik itu yg berada pada tanah kering itu berada ditengah lumpur hitam yang memungkinkan mereka terus hidup berkembang biak membentuk koloni seperti organ tubuh manusia (terjadi proses); inilah yang dimaksudkan dengan kalimat “menyempurnakan kejadiannya” adalah proses tumbuh-kembangnya mikroorganisme membentuk organ-organ tubuh manusia hingga lengkap sempurna ditutup oleh daging dan kulit. Setelah terbentuk tubuh manusia sempurna maka Alloh SWT kemudian meniupkan Ruh kepadanya.
    QS.Ali Imran 3:59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia. Ayat ini dapat dijadikan penegasan bahwa diciptakannya Adam dari tanah mirip dengan proses terciptanya Isa di dalam rahim Maryam; yang artinya terdapat proses kejadian yaitu dari tidak ada kemudian muncul sel yang amat sangat kecil kemudian memperbanyak diri (mitosis) berkembang membesar membentuk cikal bakal organ secara lengkap termasuk system syarapnya maka ditiupkanlah ruhnya. Jadi dari Ayat ini secara tegas bahwa penciptaan Adam bukanlah suatu kejadian sim-salabim-aba-kadabra tiba-tiba dari patung tanah jadi adam hidup; bukan demikian adanya. Seperti juga penciptaan jagat-raya ini bukan terjadi sim-salabim-aba-kadabra melainkan suatu proses yang panjang memakan waktu enam masa.
    Teori terciptanya Adam yg saya uraikan itu akan menjadi tidak relepan kalau dalam keterangan Al-Qur’an bahwa Adam diciptakan dari batu ditempat bebatuan kering. Karena dibebatuan amat sangat miskin senyawa-senyawa organic seperti asam amino yang amat dibutuhkan oleh mahluk hidup. Untuk membuktikan teori ini dapat diteliti hipotesisnya adalah ada kemungkinan besar bahwa famili mikroorganisme yang tidak mengalami mutasi terus berkembang biak dan ada ditubuh manusia didaerah serupa dengan habitat asalnya yaitu boleh jadi terdapat pada usus besar manusia. Untuk itu perlu diteliti dan dibandingkan struktur DNA manusia dengan struktur DNA mikroorganisme usus untuk mengetahui adakah kemiripan yg signifikan satu samalainya. Kalo memang ternyata hipotesis ini terbukti maka teori diatas mendekati kebenaran.

    BalasHapus
  57. Karuan keturunan adam daripada moyet... Y gk bro...

    BalasHapus
  58. kalau memang al quran semua isi kitab nya ngak di ubah buktikan

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Bismillahirohmanirohim
    Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun : 12-14).

    Ini buktinya, hal ini telah di buktikan secara ilmiah bahkan hal ini baru di ketahui beberapa tahun kebelakang oleh para ilmuan, ,sedangkan al quran telah turun beberapa ratus ribu tahun yang lalu terbukti dong kalou al quran itu gak pernah di ubah isi nya terimakasih

    BalasHapus
  61. Bismillahirohmanirohim
    Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun : 12-14).

    Ini buktinya, hal ini telah di buktikan secara ilmiah bahkan hal ini baru di ketahui beberapa tahun kebelakang oleh para ilmuan, ,sedangkan al quran telah turun beberapa ratus ribu tahun yang lalu terbukti dong kalou al quran itu gak pernah di ubah isi nya terimakasih

    BalasHapus
  62. Ruar biasa untuk semua, jgn percaya diri karena diri hanya bisa melihat yg nyata, percayalah pada hati anda karena baik yg nyata ataupun yg gaib pasti dapat di tembusnya itulah Karisma Hati

    BalasHapus
  63. Mf sblumx...jk aku turut memberi ilmu kpd kalian.didunia ini tuhan telah menciptakan manusia(nabi adam as) bkn brarti tdk mnciptakan manusia purba. Jdi berpikirlah secara logika yg mana manusia yg sesungguhnya dimata tuhan.jika kamu menganggap manusia purba itu adalah manusia seperti kita lalu mengapa orang hutang km anggap binatan...?

    BalasHapus
  64. Ini adalah hal yg tdk perlu di perdebatkan...uruslah akhirat kalian masin" dan jgn pernah meragukan allah...yakinilah bahwa tuhan menciptakan 3 aturan/ pedoman hidup melalui kitab suci. Dan alquran adalah aturan yg terakhir..

    BalasHapus
  65. Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia untuk menuntut ilmu ketika dia sudah "Dewasa/ aqil balikh" dan tidak kehilangan "akal/gila".Saudara2ku semua,serahkanlah semua permasalahan ini kepada "Ahlinya". Ahli dalam pengertian agama cuma satu yaitu BERHAK. Contoh ahli kubur, ahli syurga, ahli neraka dsb. Semua petunjuk yang datangnya dari Tuhan yang disampaikan kepada rasulnya banyak kata2 khiasan yang apabila kita coba memaknainya tanpa ilmu bukannya tidak mungkin kita menterjemahkannya kurang tepat atau bahkan salah, sehingga kita akan berada pada kesesatan yang nyata.Jawaban sebenar benarnya jawaban adalah ketika sudah tidak bisa dipertanyakan lagi.Agama itu sendiri mengandung arti Hukum Tuhan yang Pasti Tidak Terbantahkan.Mari kita niatkan diri kita untuk mencari jawaban atas semua hal yang menjadi pertanyaan bahkan perdebatan semua umat manusia, dan mari kita berdo'a supaya kita dipertemukan kepada Ahlinya atau yang Berhak, dalam konteks ini tentunya Ahli Agama, Karena Tuhan mempunyai begitu banyak rahasia yang hanya dibukakan kepada siapapun yang dikehendakinya.Barang siapa yang mengamalkan ilmu yang tidak ada"Gurunya", maka pada saat ilmu itu diamalkan hadirlah Guru Syaitan.Tks...

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here