NU, Nahdlatul Ulama, Aliran Sesat Terbesar Di Indonesia?

NU, Nahdlatul Ulama, Aliran Sesat Terbesar Di Indonesia? Organisasi Islam dengan massa terbesar di Indonesia ini tak luput dari tuduhan sesat, sehubungan beberapa detil seremonial yang menjadi tradisi kelompok sementara tidak ditemukan rujukan atau contoh seremonial semacam itu di kalangan salafus shalih. Bagi beberapa gerakan pembaharu Islam, tradisi semacam itu sangat dikenal dengan sebutan bid'ah. Dengan menyandarkan pendapat pada sebuah hadits tentang bid'ah, beberapa kelompok orang bahkan mengarahkan kesimpulan pada kesimpulan bahwa NU adalah kelompok sesat, karena semua bid'ah adalah dlolalah(sesat). Berikut penjelasannya
 Awal Mula Munculnya NU

Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama atau Kebangkitan Cendekiawan Islam), disingkat NU, adalah sebuah organisasi Islam yang berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang pendidikan sosial dan ekonomi. Konon dua tokoh pendiri NU melakukan penolakan ketika Arab saudi akan menetapkan mahzab wahabi sebagai satu satunya mahzab dalam dunia Islam. Lalu kedua tokoh ini pun membentuk NU di Jombang dengan mahzab Syafiiyah. (Mahzab Syafii adalah mahzab terbaru saat Islam masuk Indonesia pertama kali)

Monopoli Stempel Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Meskipun awal pendiriannya disemangati oleh penolakan pembakuan mahzabWahhabiyah, ternyata yang terjadi adalah pembakuan satu mahzab lain yaitu mahzab Syafiiyah. Celakanya NU mendeklarasikan diri sebagai yang paling "Ahlus Sunnah wal Jamaah" padahal kalau mau jujur jika dirinci daftar bid'ah yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia niscaya NU menempati rangking pertama. Itu sebabnya setiap kali pembahasan masalah bid'ah maka yang menjadi sasaran tembak paling laris adalah NU. Jadi bagi beberapa kalangan NU lebih tepat di juluki ahlul bid'ah berjamaah.


NU Lahir sebagai Reaksi Pembaharuan Islam Indonesia

Tak dipungkiri bahwa kesadaran bahwa Belanda adalah musuh yang harus dilenyapkan muncul  berkat perkembangan wawasan mengenai konstelasi politik dunia saat itu. Muslimin Indonesia dirampok oleh Belanda dan seperti adem ayem saja selama 350 th. beberapa perlawanan kecil yang sempat dilakukan lebih bersifat kedaerahan, disebabkan pemahaman yang sangat kurang mengenai hakikat kedatangan Belanda di Nusantara ini. Penjajahan Belanda tidak lain adalah usaha dominasi dunia Barat atas dunia Islam. Dunia Barat menemukan momentumnya dengan munculnya revolusi Industri abad 19. Dengan teknologi abad Industri yang setingkat lebih maju dibanding milik dunia Islam (yang berjaya di abad agraris), beberapa negara Eropa berlomba merambah negri negri muslim di timur jauh.
Baru pada awal abad 20, beberapa pembaharu muslim berhasil menda'wahkan pembaruan pemikiran Islam yang menyadarkan umat bahwa keduniaan kita sudah dikuasai Barat, karena selama ini kita hanya berkutat masalah keakhiratan. Diawali dengan berdirinya Muhammadiyah th 1912 umat Islam tersadar bahwa yang terjadi di seluruh Nusantara bahkan dunia Islam secara keseluruhan sejatinya adalah sama, yaitu bahwa kejumudan berpikir telah menghalangi Umat islam untuk sadar  bahwa bagian kehidupan dunia umat telah diambil alih oleh bangsa barat.

Related Post / Artikel Terkait:



22 komentar:

  1. artikel yang bagus dan sesuai kenyataan.....
    NU mengaku Ahlussunnah tp paling banyak melakukan bid'ad dan hanya sedikit melakukan sunnah.....

    BalasHapus
  2. banyak para cendekiawan muslim di dunia yang menggangap NU itu AhliSunnah..
    Hanya orang yang tidak waras yang mengganggap NU Ahli Bidah...
    Indonesia akan terpecah2 kalau tidak ada NU..
    Sungguh artikel yang salah BESAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. ARTIKEL YG BAGUS TP YG BUAT JELAS ORG KRNG BERPNGATHUAN, GA PENGALAMAN, MASIH HRS BANYAK BELAJAR DR GURU/BUKU REFERENSI YG TERKAIT PEMBAHASAN. MUNGKIN JUGA YG BUAT BKN ORG ISLAM, DGN TUJUAN MEMECAH BELAH UMAT ISLAM.
      KLO MEMANG ORG NU MELAKUKAN AMALAN2 YG BID'AH TLNG TUNJUKKAAN DALILNYA, JGN ASAL TUDUH. KITA SEMUA JUGA BI'AH KOQ.
      CONTOH NYATA AL QUR'AM JMN NABI BELUM ADA, SEKARANG SDH DIBUKUKAN JD SATU MUSHAF. APA PR NABI PERNAH PRINTAH UNTUK MEMBUKUKAN AL QUR'AN .
      YA KAN

      Hapus
    2. nabi pun pernah bilang kelak umat ku akan menjadi 76 golongan,,, jadi kita gak akan tau golongan mna yg benar yg sesuai perintah alloh,,, sesuai nabi...

      Hapus
  3. Di kaji dulu apa itu Sunnah dan Ijtihad..
    baru menggeluarkan artikel ini..
    Sungguh Artikel pemecah UMAT....

    BalasHapus
  4. Penulis artikel ini yg kurang bijak, hargailah orang lain niscaya anda akan dihargai pula.....
    Aku yakin Anda belum bahkan tidak bisa menjalankan ajarannya Rosululloh secara baik.....?
    Jagalah persatuan dan kesatuan umat !!!

    BalasHapus
  5. Tolong hapus sampah artikel macam ini.

    Anda rupanya dari golongan yang ingin melihat islam hancur. Atau anda musuh dalam selimut. Jika khilafah telah datang semua akan terjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan meninggalkan tahlilan apakah keislaman kita jadi kurang afdol?

      Hapus
    2. menurut saya meninggalkan tahlilan tidak berdosa sedangkan melestarikan tahlilan ... saya gak tahu hanya Allah yang maha tahu. ke 73 golongan itu sudah pasti ada samapai akhir zaman. yang pasti kita pegang Qur'an dan as sunnah, itu aja pasti selamat. gak perlu cari - cari pahala diluar dua perkara tersebut, pasti akan sia-sia, gampang kan ? Islam sudah sempurna semenjak ditinggal rosululloh muhammad saw.

      Hapus
  6. Bid'ah adalah sumber perpecahan islam.
    Seperti bid'ah hizbiyah.
    NU adalah salah satu hizb (kelompok) yg memecah belah islam,begitu pula dengan Muhammadiyah,persis,LDII,Ikhwanul muslimin,jama'ah tabligh dll
    Islam hanya satu,tapi kalianlah yg memecah belah menjadi kelompok2 (hizb) tsb,dengan melakukan amalan2,dan keyakinan/beraqidah tidak seperti apa yg ada pada zaman salaful ummah,yaitu bid'ah.
    Rasulullah telah menyebutkan bahwa tiap bid'ah adalah sesat,tetapi kalian membantahnya dg lancang bahwa ada juga bid'ah yg hasanah.
    Tpi sayang,hanya sedikit sekali yg memahami.
    Hanya kepada Allahlah kita memohon pertolongan.


    BalasHapus
  7. wah ini yg punya BLOG orang NASRANI nih..coba perhatikan gambar burung{atas kanan}itukan logo cinta kasih dr gereja

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yg tag artikel ini d ampuni....
      hilangkan dari kebodohanya klo emang dia orang bodoh menganggap NU ahli bid'ah tanpa melihat dasar.astaghfirllah

      Hapus
  8. Klo sy hanya ikut yg di ajarkan oleh para waliyullah, klo tidak karena beliau2 gak akan Islam sampe skrg ini !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sanad Ahlussunnah Wal Jama'ah alla Nahdliyah sudah jelas sanadnya, Dari Rasulullah, para sahabat, para waliullah, ulama-ulama, para santri, ....

      Hapus
  9. gimane loe sih, tong ?
    NU sesat Persis sesat,
    jadi agama loe apaan ?!

    BalasHapus
  10. tidak ilmiah, mana yg bidah tunjukkan dalilnya... bertanyalah dahulu ...

    BalasHapus
  11. artikel sampah ini pasti yg bikinnya org yahudi !!!! soalnya jelas bermaksud memecahbelah umat islam...

    BalasHapus
  12. artikel sampah ini pasti yg bikinnya org yahudi !!!! soalnya jelas bermaksud memecahbelah umat islam...

    BalasHapus
  13. saat ini yang punya blog sedang bikin artikel muhammadyah sesat

    BalasHapus
  14. Yang nulis artikel ini pasti orang yang baru kenal.agama islam kemarin..tadi nya orang bodoh sebodohnya tentang islam...sayang dia tahu islam dari majelis yang salah..ya allah..ampunilah dia..jangan biarkan dia dalam kesesatan

    BalasHapus
  15. bgus sih.... v antum salah besar antum tak mengerti pa tu bid'ah n pa itu sunah.....

    BalasHapus
  16. Yg sesat itu yg gak melakukan perintah Alloh swt. Dan yg tidak menjauhi larangan Alloh swt.(islam ktp).Allohuakbar.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here