BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

NU, Nahdlatul Ulama, Aliran Sesat Terbesar Di Indonesia?

NU, Nahdlatul Ulama, Aliran Sesat Terbesar Di Indonesia? Organisasi Islam dengan massa terbesar di Indonesia ini tak luput dari tuduhan sesat, sehubungan beberapa detil seremonial yang menjadi tradisi kelompok sementara tidak ditemukan rujukan atau contoh seremonial semacam itu di kalangan salafus shalih. Bagi beberapa gerakan pembaharu Islam, tradisi semacam itu sangat dikenal dengan sebutan bid'ah. Dengan menyandarkan pendapat pada sebuah hadits tentang bid'ah, beberapa kelompok orang bahkan mengarahkan kesimpulan pada kesimpulan bahwa NU adalah kelompok sesat, karena semua bid'ah adalah dlolalah(sesat). Berikut penjelasannya
 Awal Mula Munculnya NU

Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama atau Kebangkitan Cendekiawan Islam), disingkat NU, adalah sebuah organisasi Islam yang berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang pendidikan sosial dan ekonomi. Konon dua tokoh pendiri NU melakukan penolakan ketika Arab saudi akan menetapkan mahzab wahabi sebagai satu satunya mahzab dalam dunia Islam. Lalu kedua tokoh ini pun membentuk NU di Jombang dengan mahzab Syafiiyah. (Mahzab Syafii adalah mahzab terbaru saat Islam masuk Indonesia pertama kali)

Monopoli Stempel Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Meskipun awal pendiriannya disemangati oleh penolakan pembakuan mahzabWahhabiyah, ternyata yang terjadi adalah pembakuan satu mahzab lain yaitu mahzab Syafiiyah. Celakanya NU mendeklarasikan diri sebagai yang paling "Ahlus Sunnah wal Jamaah" padahal kalau mau jujur jika dirinci daftar bid'ah yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia niscaya NU menempati rangking pertama. Itu sebabnya setiap kali pembahasan masalah bid'ah maka yang menjadi sasaran tembak paling laris adalah NU. Jadi bagi beberapa kalangan NU lebih tepat di juluki ahlul bid'ah berjamaah.


NU Lahir sebagai Reaksi Pembaharuan Islam Indonesia

Tak dipungkiri bahwa kesadaran bahwa Belanda adalah musuh yang harus dilenyapkan muncul  berkat perkembangan wawasan mengenai konstelasi politik dunia saat itu. Muslimin Indonesia dirampok oleh Belanda dan seperti adem ayem saja selama 350 th. beberapa perlawanan kecil yang sempat dilakukan lebih bersifat kedaerahan, disebabkan pemahaman yang sangat kurang mengenai hakikat kedatangan Belanda di Nusantara ini. Penjajahan Belanda tidak lain adalah usaha dominasi dunia Barat atas dunia Islam. Dunia Barat menemukan momentumnya dengan munculnya revolusi Industri abad 19. Dengan teknologi abad Industri yang setingkat lebih maju dibanding milik dunia Islam (yang berjaya di abad agraris), beberapa negara Eropa berlomba merambah negri negri muslim di timur jauh.
Baru pada awal abad 20, beberapa pembaharu muslim berhasil menda'wahkan pembaruan pemikiran Islam yang menyadarkan umat bahwa keduniaan kita sudah dikuasai Barat, karena selama ini kita hanya berkutat masalah keakhiratan. Diawali dengan berdirinya Muhammadiyah th 1912 umat Islam tersadar bahwa yang terjadi di seluruh Nusantara bahkan dunia Islam secara keseluruhan sejatinya adalah sama, yaitu bahwa kejumudan berpikir telah menghalangi Umat islam untuk sadar  bahwa bagian kehidupan dunia umat telah diambil alih oleh bangsa barat.

Related Post / Artikel Terkait:



193 komentar:

  1. artikel yang bagus dan sesuai kenyataan.....
    NU mengaku Ahlussunnah tp paling banyak melakukan bid'ad dan hanya sedikit melakukan sunnah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. diancok matane kie, kalau gak ngerrti sejarah emang kayak gtu.

      Hapus
    2. - wahai orang yang membenci tahlilan yasinan..!!!
      - aku tantang kalian berkelahi.. sat lawan satu..
      - kalau kalian benar, kalian pasti berani... !!! jagan munafik!!! jangan jadi banci
      - telp aku 0271-661556
      - kalau ga ada yang berani kalian akan ku datangi satu2

      Hapus
    3. he setan kami tim hacker berpengalaman. dalam 2 hari kalian g mau minta maaf sama NU akan kami cari kalian melalui blog ini. tunggu kedatangan kami dan pedang kami di rumah kalian..!!!!

      Hapus
    4. Artikel bagus, sangat bermanfaat....

      Hapus
    5. ahlu bidah?? mungkin anda belum membaca banyak kitab , yang kami lakukan hanyalah bid'ah hasanah.

      Hapus
    6. ahlu bidah?? mungkin anda belum membaca banyak kitab , yang kami lakukan hanyalah bid'ah hasanah.

      Hapus
    7. Kita jangan terpancing emosi memang setiap ada kenikmatan pasti ada orang yg drengki .karena nu ini berkembang pesat ada aja yang usil karena mereka tidak bisa seperti kita yang dakwahnya disambut baik oleh masyarakat karena dengan ilmu hikmah ilmu yang tidak cuma ngomong (dalil ini itu tapi caranya kasar ngotot ) tapi ulama nu juga bisa ngemong rakyat jelata , wong cilik yang klo dibacakan dalil quran hadist cuma plenga plengo tpi dgn ilmu hikmahnya para wali ,ulama nu ternyata mau masuk islam coba klo dulu yg dakwah kayak mereka2 pasti orang indonesia lari smua

      Hapus
    8. walisongo semua hafal quran.. tapi beliau gak ada yg terlalu umbar dalil setiap menasehati orang.. beliau malah memakai gending atau nyanyian jawa biar mudah di pahami.. biasanya kalau adah kiyai yg terlalu umbar dalil itu kiyai baru yg cari simpatik..

      Hapus

    9. sya bertanya kpada anda? mohon dijawab satu per satu.
      1. Apakah anda makan dengan sendok, garpu, dan piring?
      2. Apakah anda menerbitkan blog ini tanpa komputer, hp, modem, modal.?
      3. Apakah anda memakai sabun, sikat, pasta, saat mandi?

      Jika ya berarti anda juga melakukan Bid'ah. perlu diketahui bahwa bid'ah adalah segala hal atau tindakan yg baru dibuat dan dilaksanakan setelah jaman kerasulan.
      apa dijaman nabi ada sendok, garpu, piring?
      Sayang sekali ilmu anda terbatas dalam hal ini.
      JANGAN BUAT SESAMPAHAN DI MEDIA. BUATLAH ARTIKEL YANG MENDIDIK DAN AKURAT.
      Sekian Trimakasih

      Hapus
    10. Menilai bidah, bukan berarti segala hal bidah, bego ente. Liat dulu, apa kah jaman dulu nabi mampu melakukannya,? Masalah garpu, komputer, dan sabun jelas nabi tidak mampu melakukannya, karena blm ada dijaman dulu, tetapi yasinin, sebenarnya nabi kalau mau melakukan, bisa saja, tapi kan tdk pernah, apa kalian lebih pintar dari nabi? Betul kata setan, lebih suka sama orang ahli bidah daripada ahli maksiat, karena ahli bidah lebih sulit bertobat

      Hapus
  2. banyak para cendekiawan muslim di dunia yang menggangap NU itu AhliSunnah..
    Hanya orang yang tidak waras yang mengganggap NU Ahli Bidah...
    Indonesia akan terpecah2 kalau tidak ada NU..
    Sungguh artikel yang salah BESAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. ARTIKEL YG BAGUS TP YG BUAT JELAS ORG KRNG BERPNGATHUAN, GA PENGALAMAN, MASIH HRS BANYAK BELAJAR DR GURU/BUKU REFERENSI YG TERKAIT PEMBAHASAN. MUNGKIN JUGA YG BUAT BKN ORG ISLAM, DGN TUJUAN MEMECAH BELAH UMAT ISLAM.
      KLO MEMANG ORG NU MELAKUKAN AMALAN2 YG BID'AH TLNG TUNJUKKAAN DALILNYA, JGN ASAL TUDUH. KITA SEMUA JUGA BI'AH KOQ.
      CONTOH NYATA AL QUR'AM JMN NABI BELUM ADA, SEKARANG SDH DIBUKUKAN JD SATU MUSHAF. APA PR NABI PERNAH PRINTAH UNTUK MEMBUKUKAN AL QUR'AN .
      YA KAN

      Hapus
    2. nabi pun pernah bilang kelak umat ku akan menjadi 76 golongan,,, jadi kita gak akan tau golongan mna yg benar yg sesuai perintah alloh,,, sesuai nabi...

      Hapus
    3. kalo ngaji masih belum banyak kitab yang dibuka jangan sok....dikit..dikit bidah...

      belajar dulu yang dalem tentang ilmu kitab yang jadi rujukan ulama besar

      Hapus
    4. Coba siapakah yg ahli kitab tolang kami diterangkan bahwa ketika khodijah wafat bagaimana cara rodulullah melakukan tahlilanya......

      Hapus
    5. Betarti anda ragu klo rosul baca tahlil atau anda tidak tahu bacaan tahlil gimana sbenarnya anda ini brrguru ma syapa coba tanya tahlil tu gimana

      Hapus
    6. Nabi juga tahlilan dan nertawasul kepada syekh AQJ?

      Hapus
    7. Bodoh ya jangan seperti orang ini
      Nabi sama syekh AQJ duluan mana yg masuk Islam dan yg lahir di dunia duluan yang mana,kemunkinan kamu jawab duluan wali songo,dasar taqlid.

      Hapus
  3. Di kaji dulu apa itu Sunnah dan Ijtihad..
    baru menggeluarkan artikel ini..
    Sungguh Artikel pemecah UMAT....

    BalasHapus
  4. Penulis artikel ini yg kurang bijak, hargailah orang lain niscaya anda akan dihargai pula.....
    Aku yakin Anda belum bahkan tidak bisa menjalankan ajarannya Rosululloh secara baik.....?
    Jagalah persatuan dan kesatuan umat !!!

    BalasHapus
  5. Tolong hapus sampah artikel macam ini.

    Anda rupanya dari golongan yang ingin melihat islam hancur. Atau anda musuh dalam selimut. Jika khilafah telah datang semua akan terjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan meninggalkan tahlilan apakah keislaman kita jadi kurang afdol?

      Hapus
    2. menurut saya meninggalkan tahlilan tidak berdosa sedangkan melestarikan tahlilan ... saya gak tahu hanya Allah yang maha tahu. ke 73 golongan itu sudah pasti ada samapai akhir zaman. yang pasti kita pegang Qur'an dan as sunnah, itu aja pasti selamat. gak perlu cari - cari pahala diluar dua perkara tersebut, pasti akan sia-sia, gampang kan ? Islam sudah sempurna semenjak ditinggal rosululloh muhammad saw.

      Hapus
    3. Islam memang sudah sempurna jadi jangan ditambahi dengan faham kalian kaum wahhabi .bahkan mau membuat madzhab wahhabi segala yang dengan mudahnya mengkafirkan orang yang tidak sepaham menghalalkan darah yg tdk satu aliran gimana bisa disebut rohmatanlil alamin malah jadinya laknatan lil alamin

      Hapus
    4. Masih mending kami cari pahala klo kalian kan cari masalah cari gara2 dengan berkedok agama

      Hapus
  6. Bid'ah adalah sumber perpecahan islam.
    Seperti bid'ah hizbiyah.
    NU adalah salah satu hizb (kelompok) yg memecah belah islam,begitu pula dengan Muhammadiyah,persis,LDII,Ikhwanul muslimin,jama'ah tabligh dll
    Islam hanya satu,tapi kalianlah yg memecah belah menjadi kelompok2 (hizb) tsb,dengan melakukan amalan2,dan keyakinan/beraqidah tidak seperti apa yg ada pada zaman salaful ummah,yaitu bid'ah.
    Rasulullah telah menyebutkan bahwa tiap bid'ah adalah sesat,tetapi kalian membantahnya dg lancang bahwa ada juga bid'ah yg hasanah.
    Tpi sayang,hanya sedikit sekali yg memahami.
    Hanya kepada Allahlah kita memohon pertolongan.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian juga membuat kelompok berarti kalian ahli bidah juga bahkan dlm artikel ditulis akan membuat wahhaby sebagai satu2 nya madzhab itu namanya pemaksaan lhawong sdah ada madzhab hanafi maliki syafii dan hambali yang sdah diakui kedalaman dan keluasan ilmunya

      Hapus
    2. Mas gak twassul maass gakk zikir mas nanti ya cuma liat si netron saja.kan smua bidah.ini bidah itu bidah apa bidah.apa mass lbih pintar dr para ulama

      Hapus
    3. Mas gak twassul maass gakk zikir mas nanti ya cuma liat si netron saja.kan smua bidah.ini bidah itu bidah apa bidah.apa mass lbih pintar dr para ulama

      Hapus
  7. wah ini yg punya BLOG orang NASRANI nih..coba perhatikan gambar burung{atas kanan}itukan logo cinta kasih dr gereja

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yg tag artikel ini d ampuni....
      hilangkan dari kebodohanya klo emang dia orang bodoh menganggap NU ahli bid'ah tanpa melihat dasar.astaghfirllah

      Hapus
  8. Klo sy hanya ikut yg di ajarkan oleh para waliyullah, klo tidak karena beliau2 gak akan Islam sampe skrg ini !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sanad Ahlussunnah Wal Jama'ah alla Nahdliyah sudah jelas sanadnya, Dari Rasulullah, para sahabat, para waliullah, ulama-ulama, para santri, ....

      Hapus
  9. gimane loe sih, tong ?
    NU sesat Persis sesat,
    jadi agama loe apaan ?!

    BalasHapus
  10. tidak ilmiah, mana yg bidah tunjukkan dalilnya... bertanyalah dahulu ...

    BalasHapus
  11. artikel sampah ini pasti yg bikinnya org yahudi !!!! soalnya jelas bermaksud memecahbelah umat islam...

    BalasHapus
  12. artikel sampah ini pasti yg bikinnya org yahudi !!!! soalnya jelas bermaksud memecahbelah umat islam...

    BalasHapus
  13. saat ini yang punya blog sedang bikin artikel muhammadyah sesat

    BalasHapus
  14. Yang nulis artikel ini pasti orang yang baru kenal.agama islam kemarin..tadi nya orang bodoh sebodohnya tentang islam...sayang dia tahu islam dari majelis yang salah..ya allah..ampunilah dia..jangan biarkan dia dalam kesesatan

    BalasHapus
  15. bgus sih.... v antum salah besar antum tak mengerti pa tu bid'ah n pa itu sunah.....

    BalasHapus
  16. Yg sesat itu yg gak melakukan perintah Alloh swt. Dan yg tidak menjauhi larangan Alloh swt.(islam ktp).Allohuakbar.

    BalasHapus
  17. Jangan tabu dengan kritik. Kalo memang melakukan amalan bid'ah, apalagi yang mengandung syirik harus segera dihilangkan. Tapi kalo ada dasar dalil atau petunjuk nabi, silahkan lanjutkan

    BalasHapus
  18. Saya pernah ikut rombongan "ziaroh" di Surabaya. Saat itu saya terkejut, ada banyak sekali orang berkelompok kelompok membaca tahlil mrnglilingi makam dengan dipimpin oleh imam masing2 kelompoknya. Seumur umur baru kali itu saya ikut rombongan Ziaroh. Ngeri.Kulit saya merinding mengetahui hal itu, di tempat lain bahkan ada yang meletakkan botol botol Agua dibuka tutupnya didekat makam saat tahlil dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membaya ayat alquran lalu ditiupkan dalam air guna prngobatan/ruqyah itu juga diajarkan oleh rasulullah
      Selama kita meyakini kesehatan itu datangnya dari Alloh, sedangkan air doa itu adalah perantaranya

      Hapus
    2. wahabi kurang wawasan... dia ga tau dalilnya, trus dikatakan bid'ah. ckckck. sampe merinding2 lg qiqiqiqi

      Hapus
    3. Sakkarepku to.botol aqua sg tuku nggo dhuwitku dhewe,moco2 yo cangkemku dhewe lha kok kowe misuh2.

      Hapus
    4. Cuma lihat botol dibuka aja ngeri merinding yang harus kamu takuti itu klo aibmu dibuka dihadapan alloh

      Hapus
  19. .yang tahlilan silahkan dan yang gak tahlilan ya silahkan. jalinlah persaudaraan antara sesama muslim.dalam satu LAILLAHAILLALLAH MUHAMMADROSULULLAH dan semoga ALLAH SWT mengampuni dosa dosa kita semua

    BalasHapus
  20. menurut Saya, artikel ini bisa memicu perpecahan umat. Perlu diwaspadai penulisnya

    BalasHapus
  21. NU Harus Terbaik Pesantren Harus Maju
    https://www.youtube.com/watch?v=SYygaG3hVDY&feature=youtu.be

    BalasHapus
  22. Yang pling bnr kita mngikuti al qur'an dan as sunnah,sprti sbda rasul lngsung
    مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيسَ عَلَيْهِ أَ مْرُ نَا فَهُوَ رَ دٌّ
    Barang siapa yang mngamalkan suatu pengamalan yg tdk sesuai dari contoh ku nabi maka hukum nya di tolak.
    "CAMKAN ITU"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakonono lakonmu tak lakoni lakonku...

      Hapus
    2. Coba kalian baca isi buku tahlilan yasinan ada nggak yang tidak dicontohkan oleh rosul atau jangan2 kalian takut nanti klo dosa gimana .klo ga brani ya cmen wong cuma buku

      Hapus
    3. Klu enggk mengerti tentang tahlilan jngan langsung ngomong bid'ah karna tahlilan brasal dri kta tahlil yg berarti membaca kalimat lailaha illallah apkh klimat it bid'ah.?

      Hapus
  23. Islam pada saat jaman rasullulah itu sudah sempurna tidak perlu di tambaj tambahkan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yo ora nambah nambahi kok bro,wong kanggoku sg bener ki yo koyo ngono kuwi kok...sampeyan wae sg underestimate karo aku

      Hapus
    2. Aku yo ora nambah nambahi kok bro,wong kanggoku sg bener ki yo koyo ngono kuwi kok...sampeyan wae sg underestimate karo aku

      Hapus
    3. Btul jangan ditambahi paham wahhabi

      Hapus
  24. Yahudi akan menjadi 71 golongan, Nasrani akan menjadi 72 golongan, Demikian juga Umat Islam, akan menjadi 73 golongan.
    Tentunya semua golongan merasa menjadi yang 1 golongan, yang lain dianggap yang 72 golongan. Tidak kah ada kehawatiran diantara kita masuk kedalam golongan yang 72..? Layak kah kita yang beribadah banyak berbeda dengan nabi dan para sahabat mengaku golongan yang 1. Sudahkah kita koreksi diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda juga tidak layak mengaku paling benar koreksi diri anda juga jangan oranh lain suruh koreksi anda malah korek korek kuping

      Hapus
  25. mulane metu ngaji mad aja neng ngumah bae dadi sithik2 gak bid'ah hahaha

    BalasHapus
  26. ajaran NU kebanyakan kalo gak ngarang sendiri ,,ya njiplak ajaran HINDU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha yo ben to...wong sg seneng ngelek2 mesthi kalah karo ukara iki.yo ben to...

      Hapus
    2. Baru dengernih klo orang hindu tahlilan dan yasinan

      Hapus
  27. ajaran NU kebanyakan kalo gak ngarang sendiri ,,ya njiplak ajaran HINDU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dah dikasih tau klo ternyata orang hindu juga tahlilan dan yasinan ,haha anda kapan mau tahlilan dan yasinan jgn klah ma orang hindu

      Hapus
    2. Makasih dah dikasih tau klo ternyata orang hindu juga tahlilan dan yasinan ,haha anda kapan mau tahlilan dan yasinan jgn klah ma orang hindu

      Hapus
  28. ajaran NU kebanyakan kalo gak ngarang sendiri ,,ya njiplak ajaran HINDU

    BalasHapus
  29. HINDU disingkat jadi NU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah gak tahu ilmu kosakata tata bahasa.mulane ngartekake quran hadis sakkarepe dewe

      Hapus
    2. Makane ngaji...hindu aja tahlilan dan yasinan..aliran kamu apa berani ysinan.,.

      Hapus
    3. Makane ngaji...hindu aja tahlilan dan yasinan..aliran kamu apa berani ysinan.,.

      Hapus
  30. Cari referensi ilmu yang bagus baru komentar. Cari tau tentang ajaran nabi Muhammad murni seperti apa, lalu bandingkan dengan golongan yang kalian ikuti sudah sesuai apa belum. Islam itu sempurna, jangan ada yg ditambah dan dikurangi. Selesai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jangan ditambah ajaran radikal karena islam itu rohmatanlil alamin dan jangan dikurangi pemahamannya sehingga pemahamannya dangkal biar gak ngawur

      Hapus
    2. Gak boleh tawasul gak boleh tahlil yg boleh liat sinetron sajaaa wkwkwkwk parah udah sekarang begini saja kembalikn ke al qur,an al hujrat ayah 11-12 insya alloh dapat di mengerti biarlah mereka beribadah dengan tenang khusu asal tak keluar dr aturan al qur,an kalo tahlil bukan di ambil dr al qur,an baru kita katakan bid,ah dlolalah islam bersatu yahh ikuti saja ulama.mereka bertanggung jawab atas itu semua wallohu a,lam bisoab

      Hapus
  31. perdebatan bid,ah tidak akan ada habisnya , belajar dulu sebelum menfonis orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas kita bkan marah cuma sdang menikmati perdebatan ini

      Hapus
  32. Nu wahabi salafi persis alirsyad syiah semua benar asal sesuai ajaran nabi yg g bener tukang mitnah takfir menvonis kelompok.lain sesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauhilah ilmu perdebatan krna hnya akn membuang waktu sja dan akn menyebabkan perpechan dan permusuhan

      Hapus
  33. Tak netralkan begini lo sodara,tak kasih contoh begini...
    Kelulusan Murid sekolah SMU tahun 2003 yang lulus hanya satu,yaitu yang nilainya di atas 4,0.(yg nilai 4,1-4,2-4,3-4,4 dst : lulus)
    Umat islam akan terpecah 73 golongan yang masuk sorga hanya satu,yaitu yang selalu berpegangan alqur'an dan hadist.(yg berpegangan qur'an hadis lemah-berpegang hadist sedang-berpegang qur'an hadist kuat : LULUS)
    Gak usah kawatir kalian semua LULUS asal selalu berpegangan qur'an hadist

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa pengertian hadits ttg 73 golongan nya dipotong-potong ya? saya luruskan.. yang selamat adalah yg berpegang kepada qur'an, hadist, sunnah rasul, dan merupakan jamma'ah terbanyak. JAMMA'AH TERBANYAK ( kelompok Mayoritas umat muslim), bisa dilihat kelompok mayoritas muslim di dunia dari dulu sampe skrg siapa? jelas ASWAJA.
      kebiasaan wahabi suka nukil dan motong-motong ayat/hadits. trus maknanya di pelintir

      Hapus
    2. Cman nambahi ada yg pasti dak lulus yang gak ikut ujian hehehe maaf ya mas agak nyeleneh biar gak sepaneng (gitu aja kok repot)

      Hapus
  34. Tak netralkan begini lo sodara,tak kasih contoh begini...
    Kelulusan Murid sekolah SMU tahun 2003 yang lulus hanya satu,yaitu yang nilainya di atas 4,0.(yg nilai 4,1-4,2-4,3-4,4 dst : lulus)
    Umat islam akan terpecah 73 golongan yang masuk sorga hanya satu,yaitu yang selalu berpegangan alqur'an dan hadist.(yg berpegangan qur'an hadis lemah-berpegang hadist sedang-berpegang qur'an hadist kuat : LULUS)
    Gak usah kawatir kalian semua LULUS asal selalu berpegangan qur'an hadist

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa pengertian hadits ttg 73 golongan nya dipotong-potong ya? saya luruskan.. yang selamat adalah yg berpegang kepada qur'an, hadist, sunnah rasul, dan merupakan jamma'ah terbanyak. JAMMA'AH TERBANYAK ( kelompok Mayoritas umat muslim), bisa dilihat kelompok mayoritas muslim di dunia dari dulu sampe skrg siapa? jelas ASWAJA.
      kebiasaan wahabi suka nukil dan motong-motong ayat/hadits. trus maknanya di pelintir

      Hapus
    2. Maaf tak nambahin ada yang dijamin pasti gak lulus siapa yang gak ikut ujian hehehe maaf agak nyeleneh biar gak sepaneng NB :gitu aja kok repot

      Hapus
  35. Itu yg anonim. Palanya plontos jengotan pasti begonya nauudzubillah min dzaalik

    BalasHapus
  36. yg nulis arttikel kayaknya orang yg di isyaratkan nabi,akan adanya sekelompaok orang dari timur najd,ciri2nya sudah jelas yg di atas,hati2 saudara,ciri orang yg akan merusak islam, sekarang lihat di mekkah situs islam sudah 95%yg rusak

    BalasHapus
  37. ga usah mengkafirkan atau membit'ahkan orang lain,jgn2 apa yg anda lakukan itu adalah kekafiran yg sebenarnya,ingat siapa yg membunuh saidina ali????orang ahli hadist dan hafal al qur'an,tapi mengapa dia membunuh saidina ali orang di jamin masuk surga,orang deket dengan nabi,karena dia yg membunuh merasa paling tau tentang agama padahal mereka sebenarnya hannya menurut pengetahuannya dia sendiri tapi tidak punya keimanan...maaf yg nulis artikel ini kalau dia islam carilah guru yg punya sanad yg jelas bukan guru yg menafsirkan al qur'an berdasarkan jidadnya dan hawa nafsunya sendiri dan kelompoknya biar tidak sesasat menyesatkan orang lain....sekali lagi carilah guru yg kerjaannya menjelekkan orang...

    BalasHapus
  38. ga usah mengkafirkan atau membit'ahkan orang lain,jgn2 apa yg anda lakukan itu adalah kekafiran yg sebenarnya,ingat siapa yg membunuh saidina ali????orang ahli hadist dan hafal al qur'an,tapi mengapa dia membunuh saidina ali orang di jamin masuk surga,orang deket dengan nabi,karena dia yg membunuh merasa paling tau tentang agama padahal mereka sebenarnya hannya menurut pengetahuannya dia sendiri tapi tidak punya keimanan...maaf yg nulis artikel ini kalau dia islam carilah guru yg punya sanad yg jelas bukan guru yg menafsirkan al qur'an berdasarkan jidadnya dan hawa nafsunya sendiri dan kelompoknya biar tidak sesasat menyesatkan orang lain....sekali lagi carilah guru yg kerjaannya menjelekkan orang...

    BalasHapus
  39. yg nulis arttikel kayaknya orang yg di isyaratkan nabi,akan adanya sekelompaok orang dari timur najd,ciri2nya sudah jelas yg di atas,hati2 saudara,ciri orang yg akan merusak islam, sekarang lihat di mekkah situs islam sudah 95%yg rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg nulis ya orang wahabi yg sedang memecah belah umat islam wahabi tafkiri

      Hapus
  40. Ini orang yang nulis artikel anjing gk tau apa" mau merusak islam, mati dulu sana cok biar tau mana agama dan aliran yang paling benar!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai aja mas capek sendiri klo marah2

      Hapus
    2. Cok yang buat blog ini ternyata bukan orang islam (muhammadiyah maupun nu), tapi blog ini buatan orang kristen jancok? Cok kristen juancookkk nasrani tempekk, yahudi bancii, yesus maaatii!!!

      Hapus
  41. Artikel ini yg nulis orang wahabi yg mau pecah belah umat islm yg nulis gurunya sama intermet jadi ya ke belinger

    BalasHapus
  42. Assallamualaikum..para sahabat2 g ush bertengkar..g ush saling menyalahkan mn yg baik mn yg brk!yang penting pegangan kt Al quran dan al hadist itu..itu ga akan bohong Salam

    BalasHapus
  43. Assallamualaikum..para sahabat2 g ush bertengkar..g ush saling menyalahkan mn yg baik mn yg brk!yang penting pegangan kt Al quran dan al hadist itu..itu ga akan bohong Salam

    BalasHapus
  44. terlepas dari nu, muhammadyah, ahli bid'ah, ataupun yang lain, itu urusan pribadi masing",
    selama masih yakin pada gusti Allah, Nabi muhamad utusan beliau,
    dan membaca 2 kalimat syahadat insyaAllah kita masih muslim, dan kita masih sodara.

    BalasHapus
  45. wahai seluruh sahabat dan JAMAAH NU. Sesungguhnya bergaul dengan wong edan bakal ikut2tan jd edan. Mereka edan, kita tinggal pergi aja yuk, biar jd tambah gendeng.. ha ha..

    BalasHapus
  46. tiap hari membidáhkan NU. Kata mereka (Tahlil bid'ah, yasinan bid'ah, sholawatan bid'ah, tapi dangdutan sunnah, goyang ngebor sunnah). yang haram ga d bahas, yang sunnah di rembug sampe edan. ha ha.. dasar wong kentir... ha ha..ha.. duh sampe skt perutku ketawa hampir ikut edan.. ha ha

    BalasHapus
  47. - wahai orang yang membenci tahlilan yasinan..!!!
    - aku tantang kalian berkelahi.. sat lawan satu..
    - kalau kalian benar, kalian pasti berani... !!! jagan munafik!!! jangan jadi banci
    - telp aku 0271-661556
    - kalau ga ada yang berani kalian akan ku datangi satu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai aja mas sambil ngopi udut lintingan uenak tenan

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. hayu yang berantem ga usah sok iyeh sama ngasih nomor telepon segala sok kuat lu sini ana telepon sok jago banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kae lho mas,komen-ku nggak anonim koyok sampeyan

      Hapus
  50. emang faktanya begitu sudah biad'ah tidak mengaku salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha ancen menurutku ra salah kok...sampeyan ae sg crewet

      Hapus
    2. Lha ancen menurutku ra salah kok...sampeyan ae sg crewet

      Hapus
    3. Apalagi kamu udah gak tau gak nyadar2 klo nggak tau mlh nyalain orang lain

      Hapus
  51. Jargon kembali Al-qur'an dan hadits dan anti mahzab sering dilantunkan oleh para pengikut Salafi Wahabi. Bagi orang awam tentu hal tersebut sangatlah menarik, namun dengan tanpa mahzab dan memperbolehkan para pengikut salafi wahabi utk menafsirkan sendiri Al-qurkan dan Hadits yang akhirnya karena kurang pemahaman malah muncul kesesatan dimana-mana. Ayo pemuda Islam jangan buru-buru terpancing dengan ajaran baru, croscek dulu sejarah salafi wahabi indonesia, TV, radio, dan website yang mereka gunakan baru Anda boleh memilih. Ingat Sabda Baginda Nabi Muhammad SAW:

    “Akan keluar di akhir zaman suatu kaum yang usia mereka masih muda, dan bodoh, mereka mengatakan sebaik‑baiknya perkataan manusia, membaca Al Qur’an tidak sampai kecuali pada kerongkongan mereka. Mereka keluar dari din (agama Islam) sebagaimana anak panah keluar dan busurnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

    Hidup Ahlasunnah Waljamaah !

    BalasHapus
  52. Saya orang NU,mari kt baca dan pahami hadist nabi mengenai tanduk setan. klo kt sdh paham mari kita lihat bhw pertumpahan darah sesama muslim yg terjadi di timur tengah selama ini itu adalah tanduk setan, dgn membawa dalih atas nma islam pdl mereka menebarkan fitnah yg sangat besar.sdh sngt jelas bahwa tanduk setan berada di timur tengah dan kesesatan jg berDa di sana apakah yg perang itu orang NU atao muhammadiyah ? sy kira yg punya artikek jg tau kelompok apa yg perang di timteng sampe saat ini yg jelas bkn di indonesia dan jg bukan NU, kita muslim jgn pernah beranggapan plg benar sendiri krn itu sesat.

    BalasHapus
  53. Saya orang NU,mari kt baca dan pahami hadist nabi mengenai tanduk setan. klo kt sdh paham mari kita lihat bhw pertumpahan darah sesama muslim yg terjadi di timur tengah selama ini itu adalah tanduk setan, dgn membawa dalih atas nma islam pdl mereka menebarkan fitnah yg sangat besar.sdh sngt jelas bahwa tanduk setan berada di timur tengah dan kesesatan jg berDa di sana apakah yg perang itu orang NU atao muhammadiyah ? sy kira yg punya artikek jg tau kelompok apa yg perang di timteng sampe saat ini yg jelas bkn di indonesia dan jg bukan NU, kita muslim jgn pernah beranggapan plg benar sendiri krn itu sesat.

    BalasHapus
  54. Semua kok di bilang bid,ah haha solat pkek sajadah di bilang bidah , kalian hanya bs memahami hadist2 moderen dan kurang memahami kitab2 alquran , ok lah gpp sem

    BalasHapus
  55. tiallah itu, jika ada manusia mengaku benar tapi tdk sesuai Allah dan rosul itu,hanya kebohongan

    BalasHapus
  56. maaf saya org indonesia..jangan mencela suatu kelompok..jngan sok menilai org lain.emang km ALLAH...km NABI..?? yg menilai semuanya adlah ALLAH..bkn km..km..km...

    BalasHapus
  57. Kalian juga bisa baca kandi blog lain yang mengenai NU

    BalasHapus
  58. Hidup seimbang antara dunia akhirat alquran-hadist pun juga mengajarkan demikian ada garis kerasnya juga baliknya jadi y di cari keseimbanganya,biar gk gonjeng kayak yang demen nyudingi kancane sesat,bid'ah,po meneh kafer,hedehh
    Nggawe dalil siji sijine gk di gape,gek piye to kang kang
    Lak nuruti dalel seng keras2 isine mek perang lo kang,,Kabeh wes diator jodone dewe dewe enek apik yo enek elek,lek wong sak ndonyo apik kabeh ndak mlaku kang ndonyane,seng demen nyudingi kancane njajal pikirane di imbangne gek ndak gonjeng neh,wong mlaku lek sirae mireng siseh kan ndak penak to laen lek lurus iso noleh ngiwo tor nengen,,

    BalasHapus
  59. Sharusnya artikelnya jangan nunjuk nunjuk NU..salah..memang ajaran nyembah kuburan ngalap berkah itu sesat..NU kaya gitu ga?

    BalasHapus
  60. Jarke ae rasah dirungokke suwe2 rak yo matek dewe

    BalasHapus
  61. Aduh yg baca gk cuma org jawa mas, pakai bhs indonesia donkk komen nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makannya belajar yang banyak bahasa jawa aja yg deket gak ngerti pa lagi bahasa arab yang jauh kok wani2 ne nafsiri quran sakkarepe udele dhewe

      Hapus
    2. Emang wajib ya bahasa jawa...helloo ini lo indonesia, pakai bhsa nasional donkk biar org yg baca ngerti... yg deket aja gak ngeri apa lagi yg jauh, kok jauh deket siihh patokannya jd klo ada yg mau belajar bahasa arab harus wajib bhasa jawa dlu gituu.... buat orang indonesia klo mau belajar bahasa inggris harus belajar bahasa tionghoa dlu gituuu karna jd harus bahasa yg deket dulu baru boleh yg jauh gitu hahahaaa apaan

      Hapus
  62. Siapa anda berani memvonis NU ahli bid'ah?sejauh mana anda mendalami tentang Nu?dan sudah merasa paling benarkah diri anda untuk menyalahkan org lain..berkacalah wahai sahabat sekalian..

    BalasHapus
  63. saya bukan org nu tp bc artikel ini sungguh menggelikan.ilmunya mentah.terlebih pemahamannya.dangkal.
    yg bahaya org ini tidak peka dg realita.nu itu besar dan org2 shalih ulama banyak didalamnya.terus anda memvonis spt itu,anda siapa?ahli hadits?ulama?
    sy yakin,bukan!
    tidak ada sopan santun thd org yg tdk sefaham dg anda.

    BalasHapus
  64. anda sudah mlakukan ksalahan yq besar.. anda jq pnaecut..

    BalasHapus
  65. Kembali pd Al Qur'an dan As Sunnah ( hadits" yg shoheh ) in sya Allah pasti selamat.
    Dan tinggalkan hadits"_dhoif dan palsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bukan ahli hadist .atas dasar apa anda menilai hadist dhoif ñ hadist palsu. Pelajari dulu ilmu hadist stelah keilmuan anda tntang hadist mumpuni baru menyatakan dhoif atau palsu

      Hapus
    2. Anda bukan ahli hadist .atas dasar apa anda menilai hadist dhoif ñ hadist palsu. Pelajari dulu ilmu hadist stelah keilmuan anda tntang hadist mumpuni baru menyatakan dhoif atau palsu

      Hapus
  66. NU tidak sesat, Muhammadiyah juga tidak sesat. Baca artikel ini ya : www.blog.anggalisdiyanto.net/2014/05/ketahui-perbedaan-dan-persamaan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammaddiyah tidak sesat tapi saklek.

      Hapus
  67. Ya allah semoga engkau mengampuni orang ini. Sesungguhnya ia tidak mengetahui apa yg ia lakukan

    BalasHapus
  68. tolong yang buat blong ini segera minta maaf kepada semua umat NU di dunia ini. "ya Allah semoga yang buat blog ini selalu di bukakan pintu kebenaran yang sesungguhnya" amin

    BalasHapus
  69. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, tetap mendengar dan ta’at kepada pemimpin walaupun yang memimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah. Karena barangsiapa di antara kalian yang hidup sepeninggalku nanti, dia akan melihat perselisihan yang banyak. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang pada sunnah-ku dan sunnah Khulafa’ur Rasyidin yang mereka itu telah diberi petunjuk. Berpegang teguhlah dengannya dan gigitlah ia dengan gigi geraham kalian. Jauhilah dengan perkara (agama) yang diada-adakan karena setiap perkara (agama) yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. At Tirmidzi no. 2676. ia berkata: “hadits ini hasan shahih”)
    Kalau ada amalan yang diperselisihkan sebaiknya tanyakan dengan Ulama Dalilnya apa kalau para Ulama itu juga sedang berselisih masalah amalan tsb.yang paling aman meninggalkan amalan itu sementara waktu, karena amalan yang diperselisihkan itu bukan perkara wajib tentu antara sunnah dan haram (bid,ah) kesimpulannya meninggalkan sunnah tidak berdosa meninggalkan yang haram dapat pahala coba kalau dibalik mengerjakan sunnah dapat pahala mengerjakan yang haram berdosa masuk neraka

    BalasHapus
  70. Apa yang tidak kalian anggap bid'ah di dunia ini, kalo apa yang dialkukan NU selama ini bid'ah bagaimana dengan kehidupan kalian, pakai motor, mobil, hp, main internet, bukankah tidak ada hadist yang menyuruh umat Muhammad untuk melakukan itu semua. Kalo kalian menganggap NU bid'ah dan kalian tidak, silakan jula itu motor kalian, beliin onta, karna dl Rasul ga naik motor tapi naek onta, baru negerti agama dikit udah sok paling bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang banyak mas/ mba.. bakso bidah juga, saya kamu jg bidah krn gak ada di zaman nabi...hehe
      Mksd bidah yg gak boleh itu dalam agama sma ibadah...klo untuk dunia gk pp, naik motor misalnya trus internetan jg bidah tp itu gak dlm agama jd gk pp.. kec dalam agama mis mengkhususkan wktu 3, 7, 40 dstrusnya itu bru bidah.

      Hapus
  71. Wani" ngomong NU kwe jare sesat.. Tak bata watu raimu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm orang beragama tidak mungkin bertindak seperti itu

      Hapus
  72. Insya allah Anda (penulisblog) di berikan hidayah petunjuk sama ALLAH .

    BalasHapus
  73. NU ,,adalah salah satu organisasi yang di akui dunia, karna sangat toleransi dan berahlak mulia, tidak menuduh orang bide'ah, dan para ulamanya berhasil mengislamkan hampir seluruh indonesia dan nusantara, klau wahabi mengkafirkan islam indonesia dan nusantara....

    BalasHapus
    Balasan
    1. NU diakui dunia Jawa saja bro..
      Kalau ber Manhaj as sirah hasanah
      Madzhab Rasulillah,jgn Taqiyyah.

      Hapus
  74. laa yaskhor qoumun min qoumin 'asaa ayyakuunuu khoiran minhum

    BalasHapus
  75. Maju trs NU dan muhammadiyah.Mrk yg menyesat2kan krn kurang mengenal 2 ormas tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di bawa bawa Muhammadiyah.Muhammadiyah,Ldii,Salaf,mereka ini lagi duduk manis sambil baca Kitabullah dan As-Sunnah,jangan di ajak ajak bro..

      Hapus
  76. Ente mau menghancurkan NU sama saja bunuh diri di tempat..makanya ngaji jangan banyak ngrumpi

    BalasHapus
  77. NU & Muhammadiyah bagiku Rahmatan lil alamin. Allah maha pengasih & maha penyayang

    BalasHapus
  78. Tah lil adalah budaya yang baik dan berpahala karena silaturahmi, mengagungkan Allah . Agama tidak bertambah aturan tetapi budaya manusia tidak bisa dibendung dalam segala bidang baik politik sosial pendidikan dll. Berkembangnya budaya yang baik mengandung mengarah cintanya kepada Allah. Itu tujuan agama.
    Budaya rajam, penggal tangan sudah ada sebelum Rasul yaitu untuk kepentingan dewa dan para raja kemudian oleh Rasulullah diluruskan untuk tujuan amal makruf nahimungkar kepafa Allah. Para wali bekerja keras dalam hal terciptanya metode dakwah tahlil dan membiasakan berdoa kepDa Allah. Pengucapan kalimat tauhit yang sering "tidak ada tuhan selain Allah" akan mempengaruhi hapalan dan ingatan di otak yang ahirnya meni.bulkan karakter tauhid. Tahlil adalah metode dakwah yang mantab.

    BalasHapus
  79. Tah lil adalah budaya yang baik dan berpahala karena silaturahmi, mengagungkan Allah . Agama tidak bertambah aturan tetapi budaya manusia tidak bisa dibendung dalam segala bidang baik politik sosial pendidikan dll. Berkembangnya budaya yang baik mengandung mengarah cintanya kepada Allah. Itu tujuan agama.
    Budaya rajam, penggal tangan sudah ada sebelum Rasul yaitu untuk kepentingan dewa dan para raja kemudian oleh Rasulullah diluruskan untuk tujuan amal makruf nahimungkar kepafa Allah. Para wali bekerja keras dalam hal terciptanya metode dakwah tahlil dan membiasakan berdoa kepDa Allah. Pengucapan kalimat tauhit yang sering "tidak ada tuhan selain Allah" akan mempengaruhi hapalan dan ingatan di otak yang ahirnya meni.bulkan karakter tauhid. Tahlil adalah metode dakwah yang mantab.

    BalasHapus
  80. Tah lil adalah budaya yang baik dan berpahala karena silaturahmi, mengagungkan Allah . Agama tidak bertambah aturan tetapi budaya manusia tidak bisa dibendung dalam segala bidang baik pe.erintahan , politik sosial pendidikan , pernikahan, kematian .dll. Sangat baik bila menyisipkan agama atau dakwah kedalam budaya yang diakhiri doa mengarah cintanya kepada Allah. Itu tujuan agama.
    Budaya rajam, penggal tangan sudah ada sebelum Rasul yaitu untuk kepentingan dewa dan para raja kemudian oleh Rasulullah diluruskan untuk tujuan amal makruf nahimungkar kepafa Allah. Para wali bekerja keras dalam hal terciptanya metode dakwah tahlil dan membiasakan berdoa kepDa Allah. Pengucapan kalimat tauhit yang sering "tidak ada tuhan selain Allah" akan mempengaruhi hapalan dan ingatan di otak yang ahirnya meni.bulkan karakter tauhid. Tahlil adalah metode dakwah yang mantab.

    BalasHapus
  81. orang baru thu agma kmaren aja udh bikin ulah macem2. nambahi ruwet aja bgi umat islam yg dr dulunya udh damai di nusantara, hanya yahudi n nashoro aja yg mau bikin ures2 umat islam. zaa mbok ???

    BalasHapus
  82. Yang penting i2 islam adalah satu, soal antum tahlilan ato tdk i2 terserah pribadi masing2. Toh qt jga akn mempertanggungjawabkan amalan masing2. Jgn jadikan perbedaan pendapat sbg penghalang bersatunya islam

    BalasHapus
  83. misalkan saja kalau orang NU ada yang meninggal kita adakan tahlilan didalam tahlilan tedapat sholawat, bacaan bacaan itu kita kirimkan kepada orang yang meninggal, dan mengirimnya itu adalah Malaikat Allah apakah pernah sama Malaikat dikembaikan, kalau saja dikembalikan Ulama' NU yang sangat hebat kedudukan ilmunya pasti akan mendapatkan isyarah. bagi kalian yang tidak suka tahlilan orang islam apa tidak? Non Muslim aja masuk islam karena terkejut dengan apa yang dilakukan oleh orang orang NU? anda lahir dari rahim siapa? orang tua kalian kan! orang tua kalian muslim apa tidak? Muslim itu awal mulanya terdapat 2 golongan yaitu NU dan MUhammadiyah, keduanya waktu itu sejalan tapi seiring berjalannya masa. diantara nya ada yang menyimpang dari jalan syariatnya. sadar sadar sadar!!!

    BalasHapus
  84. kalau saja apa yang ada didunia ini dibilang bid'ah oleh anda! dan itu ada pada NU? beranikah anda menanggung omongan mu! wajahmu itu ada di zaman sekarang zaman dulu belum ada wajahmu! wajahmu itu bid'ah! Mengertilah jangan asal ngomong! sadar sadar sadar!!!

    BalasHapus
  85. Kita Manhaj yg benar jangan Ta'ashshub madzabiyyah,da'wah /syi'ar lah kalian kepada keluarga,teman,baru da'wah keluar,sampaikan kebenaran walaupun satu ayat,jangan teriak2di Masjid di lapangan ber syair puji pujian.
    Ikutilah as sunnah jgn Muhdats.
    Bertawassullah kalian kepada orang
    yg masih hidup,jgn quburiyyun,Ber do'a lah kalian dengan rendah hati
    dan suara yg lembut.Sunguh,dia tidak menyukai orang2yang melampaui batas.(AL-A'araf 55,204,205)
    coba dikaji kembali(YASIN 69)dan
    ( ASY-SYU'ARA 223,224 )

    BalasHapus
  86. jangan bicara orang2 NU. Yang betul umat islam

    BalasHapus
  87. https://youtu.be/9uTdFG0XKmA

    BalasHapus
  88. ketika ilmu agama mampu menjadi “roh” dalam diri , maka akan menjadikan seseorang semakin tawaddu' dan rendah hati dan semakin bijak untuk memahami perbedaan faham di luar dirinya, sebab Alloh memiliki sifat AL HAKIM (Maha Bijaksana) mengajarkan kepada manusia tentang kearifan dalam bersikap. Perbedaan cara berfikir adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari sebab perbedaan adalah salah satu takdir yang diciptakan Alloh pada manusia yang sekaligus merupakan tanda kebesaran Alloh yang mampu menciptakan sekian milyar manusia yang tak ada satupun memiliki sifat sama persis. Pemahaman yang dimiliki setiap orang adalah hasil kontemplasi dan logika berfikir yang dalam, sehingga menghasilkan sebuah keyakinan yang kuat dalam dirinya dan sulit terbantahkan antara satu dengan yang lain karena setiap orang memiliki sobyektifitas logika dan keyakinan yang benar menurut masing-masing individu. Sehingga kebenaran sesungguhnya sesuatu yang sangat relatif
    ketika ilmu agama hanya menjadi sebatas “teori” di konstruk otak, maka seseorang akan cenderung merasa dirinya merasa paling benar padahal belum tentu benar, merasa amalannya paling suci dan paling diterima oleh Tuhan padahal hatinya belum tentu seikhlas orang yang diolok-olok dan bahkan merasa ilmunya paling banyak padahal ilmunya hanya seujung kuku, sehingga menjadikan dirinya mudah menghakimi kelompok diluar dirinya dianggap tersesat. Sehingga belajar agama bukan menghasilkan pribadi yang bermanfaat bagi umat justru pengotor umat.
    Kita harus banyak belajar dari fenomena umat islam di Timur tengah, adalah contoh riil tentang fenomena tersebut. kebanyakan negara-negara timur tengah secara explisit mengkalim dirinya sebagai negara yang identik dengan label agama, tetapi lihatlah justru mereka bukanlah negara yang paling berdadab, bukanlah negara yang berpredikat good goverment. tetapi sebaliknya negara yang identik denga bom bunuh diri, pembunuhan yang biadap yang hampir setiap waktu kita dengar dan kita lihat dan hampir semuanya berlatarbelakang karena perbedaan faham, yang satu mengkafirkan yang lain, yang satu menganggap sesat yang lain, yang satu membunuh yang lain, sehingga dengan kasat mata kita dapat lihat perilaku mereka lebih biadap dari pada orang yang tidak faham agama, perilaku mereka lebiih hina daripada orang yang tidak punya agama. kalau perilaku tersebut dilakukan oleh orang yang tidak punya agama mungkin sedikit masih bisa difahami karena orang yang tidak kenal agama tidak akan percaya apa Tuhan, tidak percaya apa itu dosa dan pahala
    Teori agama yang hanya sebatas di konstruk otak hanya akan menjadikan pribadi sombong dan merasa paling benar padahal belum tentu benar, dan yang paling parah menjadi manusia “FASIK” yang suka memecah belah orang sudah menjadi islam dengan mempermasalahkan hal yang khilafiyah yang tak pernah terpecahkan selama hidup dan bukan malah sibuk berfikir bagaimana berdakwah sehinggga orang yang belum mengenal islam bisa menjadi islam
    sesungguhnya islam adalah agama rahmatan lil'alamiin (rahmat untuk semua manusia), islam mengajarkan kasih sayang sebab Alloh memiliki sifat Arrahman dan Arrahim, sesungguhnya islam mengajarkan sikap arif terhadap perbedaan sebab Alloh memiliki sifat Al Hakim, sesungguhnya islam tidak pernah mengajarkan arogansi sebab Alloh memiliki sifat AL latif (Maha lembut), sesungguhnya islam mengajarkan kerendahan hati dan bukan kesombongan dan kesoksucian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp di indonesia aliran banyak tp yg paling beda ibadahnya cima nu yg aliran lain2 itu sama cara ibadah nya...co: cuma nu yg ada tahlilan .yasinan...tp aliran2 lain tidak ada..

      Hapus
    2. Tp di indonesia aliran banyak tp yg paling beda ibadahnya cima nu yg aliran lain2 itu sama cara ibadah nya...co: cuma nu yg ada tahlilan .yasinan...tp aliran2 lain tidak ada..

      Hapus
  89. SAYA YAKIN PENULIS BLOK INI ADALAH ORANG NON ISLAM ATAU ANTEK YAHUDI YANG INGIN MEMECAH UMAT ISLAM, SEBAB BLOG INI LEBIH BANYAK MEGHASILKAN KEBURUKAN DIBANDING KEBAIKANNYA, atau mungkin penulisnya BARU BELAJAR AGAMA

    BalasHapus
  90. Woy Jangan membaca / percaya dengan blog ini, kalian semua udah dipecahbelahkan oleh umat nasrani maupun umat kristen? check blog ini, udah jelas yang bikin blog ini adalah orang kristen maupun nasrani? Coba perhatikan blog ini, ada lambang burung seperti burung gereja? Menandakan lambang itu adalah cinta kasih dari gereja, itu blog orang sesat? Jangan dipercaya!!! Bagi umat islam sekalian, kembalilah ke jalan yang benar? Termasuk jalan allah swt, dan laksanakan sholat 5 waktu? Maupun ibadah lainnya, termasuk rukun islam maupun iman? Ikutilah jejak nabi muhammad saw & ikuti juga mazhab dari imam syafii, dll? Dan juga ikutilah aliran ahlusunnah wal jamaah, atau disebut juga NU? Bukan berarti NU sesat, bagi anda yang tidak mengikuti aliran ahlusunnah wal jamaah? Itulah orang yang sesat, wallahu alam. Thanks, ISLAM TETAP BANGKIT!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. .yg penting slalu ada di garis quran dan hadist itu yg benar...betol2.. .

      Hapus
    2. Oke. .yg penting slalu ada di garis quran dan hadist itu yg benar...betol2.. .

      Hapus
  91. Saya mau tanya kepda orng nu kususnya..mengapa masyarakt indonesia yg mayoritas nu..tp cewek2nya banyak yg gak pake jilbab...trus pemuda2 banyak yg gak solat..kalw puasa jg ada yg gak puasa...mengapa itu ter jadi...sebab temen2ku dan aq sendiri jg nu..kadang saya sbagai warga nu ikut prihatin mengapa generasinya banyak yg kayak gt...ceweknya gak menutup aurot...bahkan banyak yang pacaran padahl kan gak boleh...itu gimana

    BalasHapus
  92. Saya mau tanya kepda orng nu kususnya..mengapa masyarakt indonesia yg mayoritas nu..tp cewek2nya banyak yg gak pake jilbab...trus pemuda2 banyak yg gak solat..kalw puasa jg ada yg gak puasa...mengapa itu ter jadi...sebab temen2ku dan aq sendiri jg nu..kadang saya sbagai warga nu ikut prihatin mengapa generasinya banyak yg kayak gt...ceweknya gak menutup aurot...bahkan banyak yang pacaran padahl kan gak boleh...itu gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas buka surat alhujrat ayat 11-12

      Hapus
    2. Maaf mas buka surat alhujrat ayat 11-12

      Hapus
  93. Trus banyak temen2 skolah gak pake kerudung tp islam katanya nu jga....tp cewek2 aliran islam selain nu malah semua menutup aurot malah pake cadar...itu gimana apakan nu membolehkan wanita tidak berhijab...

    BalasHapus
  94. Trus banyak temen2 skolah gak pake kerudung tp islam katanya nu jga....tp cewek2 aliran islam selain nu malah semua menutup aurot malah pake cadar...itu gimana apakan nu membolehkan wanita tidak berhijab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hijab itu wajib mas maaf yg taak maake hijab mungkin blum di tau nikmaatnya berhijab.bahkan imanm safi.i mengatakan aaurat wanita itu seluruh tubuh waanita tp mata bukan termasuk adapun imam yg lain mengaatakan yg tidak heuss di turupi aadalah wajah dan tlapak tangan.semua benar tak ada yg salah karna kitaa ddi indonesia mengikuti 4imam maka kbanyakan umat muslim di inonesia menggunakan imam yg ke 2 adapun imam syfi.i ttp di gunakan. Jadi yu bangun islam sbagai agama yg di ridhai alloh wallohu a,lam bisoab

      Hapus
    2. Hijab itu wajib mas maaf yg taak maake hijab mungkin blum di tau nikmaatnya berhijab.bahkan imanm safi.i mengatakan aaurat wanita itu seluruh tubuh waanita tp mata bukan termasuk adapun imam yg lain mengaatakan yg tidak heuss di turupi aadalah wajah dan tlapak tangan.semua benar tak ada yg salah karna kitaa ddi indonesia mengikuti 4imam maka kbanyakan umat muslim di inonesia menggunakan imam yg ke 2 adapun imam syfi.i ttp di gunakan. Jadi yu bangun islam sbagai agama yg di ridhai alloh wallohu a,lam bisoab

      Hapus
  95. Para sahat ihwan se islam se akidah sudah lah nikmati saja cara kalian beribadah semua pda dasarnya sama tak ada yg salah yg membidahkan itu adalah kaum yahudi yg ingin mempecahbelahkan umat islam makanya ayo kita sebagai umat rasullulloh saw bersatu bukan berpecah belah.pada dasarnya kita 1akidah yaitu al qur,an dan sunah adapun tambahan tambahan beribadah yang masih bisa di kembalikan ke al qur,an itu pun bid,ah tapi bid,ah hasanah.jadi sudah lah.buat orng yg membid,ahkan apa yg di jaman roaul tak di ajarkan km jangan enggunakan kendaraan bermesin karna jaman rosul hanya aada unta ssoalnya rossul gak pernah pake mobil motor atau yg lainya jd kalo anda pake itu semua ahlineraka menurut anda itu maksiat jaangan mudaah membid,ahkan islam itu mudah islam itu damai jangan lah sampai berpecah gara gaara itu ikuti saja ulama kalo debat maasalah ini yg lain sudah sampe ke alloh kalian malah di situuu saja wallohua,laam bisoab

    BalasHapus
  96. Para sahat ihwan se islam se akidah sudah lah nikmati saja cara kalian beribadah semua pda dasarnya sama tak ada yg salah yg membidahkan itu adalah kaum yahudi yg ingin mempecahbelahkan umat islam makanya ayo kita sebagai umat rasullulloh saw bersatu bukan berpecah belah.pada dasarnya kita 1akidah yaitu al qur,an dan sunah adapun tambahan tambahan beribadah yang masih bisa di kembalikan ke al qur,an itu pun bid,ah tapi bid,ah hasanah.jadi sudah lah.buat orng yg membid,ahkan apa yg di jaman roaul tak di ajarkan km jangan enggunakan kendaraan bermesin karna jaman rosul hanya aada unta ssoalnya rossul gak pernah pake mobil motor atau yg lainya jd kalo anda pake itu semua ahlineraka menurut anda itu maksiat jaangan mudaah membid,ahkan islam itu mudah islam itu damai jangan lah sampai berpecah gara gaara itu ikuti saja ulama kalo debat maasalah ini yg lain sudah sampe ke alloh kalian malah di situuu saja wallohua,laam bisoab

    BalasHapus
  97. “Dan berpegang eratlah kalian semua dengan tali Allah dan janganlah berpecah belah”. (Ali Imran: 103).

    BalasHapus
  98. teman², perlu diketahui hadits ttg 73 golongan itu adalah suatu kabar, berita, bukan perintah untuk bergolong²an

    BalasHapus
  99. pemikiran masing-masing orang berbeda anda berhak mengomentari aliran NU, Muhammadiyah, HTI, LDII, anda boleh saja mengomentari tapi tolong diingat jangan sampai menghina ataupun menjelekkan-jelekan aliran lain, jangan merasa paling benar, dan tolong buat kita sesama muslim jangan marah-marah dulu mungkin penulis khilaf

    BalasHapus
  100. Andak yo wes do sholat to iki?

    BalasHapus
  101. Jadi inget kutipan syair Gus Dur " seneng ngafirke mazhab liyane, kafire dewe gak digatek ke" ( senang mengkafirkan mazhab lain sedangkan kafir diri sendiri tak diperhatikan),, kalau memahami NU cuma lewat buku atau blog macam ini mustahil anda menemukan jiwa NU yang sesungguhnya,, pelajarilah NU di pesantren pesantren,,

    BalasHapus
  102. Saya hanya mengenal Islam. Subjeknya adalah seorang muslim. Petunjukku yg utama adalah Al-Qur'an dan Hadits shahih. Insya Allah selalu berada dalam jalan yg benar.. Semua manusia ialah muslim apabila tidak menentang Al-Qur'an dan hadits shahih.

    Sesederhana itu saudaraku..
    Aku tidak ingin mengenal aliran, yg ku kenal hanyalah Islam.

    BalasHapus
  103. Kita semua muslim,kita semua satu Tuhan yaitu Alloh,satu kitab yaitu Al Quran,nabi kita Muhammad,musuh kita yahudi termasuk penghasut yang bikin postingan adu domba macam ini.

    BalasHapus
  104. artikel ngawur, kardi (sa'Karepe Dewe). monggo tahlilan bareng2 mawon... afdholu dzikri fa'lamuu... "laa ilaaha illa allah muhammadan rosululloh", "inna Allaha wa malaaikatahu yusholluna ala nabi.. ya ayyuhalladzina aamanu shollu alaihi wasallimu tasliima..". terimakasih buat nabi محمد yg telah mengajarkan islam pada para sahabat, yg diteruskan pada tabi'in hingga para wali dan para kyai. اللهم اغفرلهم وارحمهم..karena saya tau keagungan islam dari mereka. bukan dari penulis blog ini.

    BalasHapus
  105. ABDULLOH MUJAHID21 Agustus 2016 16.56

    Bagi saya bebas saja apa nama kalian,silahkan klaim perbuatan kalian bukan bid'ah tapi wajib datangkan dalil yg rojih shohih.
    Ahlussunnah hanya beramal dengan yg di ajarkan Nabi pada hadist2 nya dan Kalamulloh pada Al Qur'an.
    Saya curiga kalian hanyalah simpatisan yg bersikeras (kyai saya paling oke sejagad raya).
    Orang berilmu berkata santun di sertai dalil. Jadi terserah mau kalian katakan amalan kalian benar menurut kalian,tapi silahkan datangkan dalil yg jelas dan shohih tentang YASINAN,TAHILAL,DZIKIR JAMAAH,SHALAT DI HADAPAN MAKAM SAAT KALIAN ZIARAH,MAULID NABI dan amalan2 lainnya yg menurut kalian benar.

    Jangan hanya simpatik,tapi ketika di tanya dalil PLONGA PLONGO. Itu lucu dan agak menggelikan.
    Kesibukannya full cari dunia pakai bicara as sunnah,belajar sana dulu.

    BalasHapus
  106. inti bacaan tahlil itu dzikir bareng2 dzikir kn sunah. bid'ahnya d bagian mana

    BalasHapus
  107. .hhaha, guyonanmu sangar mas,
    .dolanmu kurang adoh
    .ngopimu kurang kentel
    :D :D :D

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here