BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Kenapa Mesti Shalat Berjamaah Di Masjid?

dr zakir naik berjamaah
Seseorang ditanya kenapa selalu shalat berjamaah di masjid. Apakah dia tahu manfaat dan keutamaannya? Apakah dia tahu dalil-dalilnya? Orang itu menjawab,
"Kata ustadz, Rasulullah dan para sahabatnya selalu shalat berjamaah di masjid. Saya ingin seperti mereka". 
Jawaban sederhana, namun bagi sebagian orang kalimat itu bisa membuatnya menitikkan air mata. 
Berikut renungan singkat kenapa kita mesti shalat berjamaah di masjid.?


Semua orang mafhum bahwa Nabi dan para sahabatnya merupakan manusia manusia terbaik yang pernah ada di muka bumi. Hampir setiap hari mereka berkumpul di masjid minimal lima kali waktu shalat fardhlu. Seusai shalat berjamaah mereka mendengarkan nasihat dari Rasulullah, kemudian saling bertemu satu sama lain hingga terjalin persaudaraan (ukhuwah islamiyah) yang sangat kuat. 
Pengajaran Quran, silaturahmi, pertukaran informasi dan pengalaman, transfer ilmu pengetahuan, proses pendidikan dan pengembangan masyarakat, semuanya berjalan bersamaan, melalui  aktifitas masjid seusai shalat berjamaah. 
Para sejarawan meyakini fenomena ini merupakan faktor penting yang mendorong keberhasilan kaum muslimin  dalam membangun masyarakat  Madinah. 
Luas wilayah kota Madinah saat itu kurang lebih sama dengan batas terluar masjid Nabawi saat ini (kira kira sejarak 1 km dari ujung ke ujung). Jumlah kaum muslimin saat itu sekitar 2 ribu jiwa hidup berdampingan dengan kaum yahudi-nashrani (4 ribu jiwa) serta musyrikin Madinah (4 ribu jiwa). Namun pembangunan masyarakat berbasis masjid yang dijalankan dengan istiqomah penuh kesabaran, berhasil mendorong kaum muslimin yang jumlahnya tak lebih dari penduduk satu kelurahan itu, menjadi sebuah bangsa besar yang menebar rahmat atas dunia, sejak Asia Timur sampai Eropa Barat saat itu, dalam waktu kurang dari 100 tahun. 
Sepanjang sejarah manusia, perkembangan peradaban Islam yang dimulai Rasulullah dan para sahabat di Madinah sampai penaklukan dua negara adidaya saat itu (Persia dan Romawi),  merupakan prestasi fenomenal sekaligus pencapaian peradaban luhur dalam rentang waktu paling singkat yang pernah ada. 
Allah telah benar-benar menepati janji-Nya atas kaum muslimin saat itu sebagaimana tercantum dalam surah  As Shaff 61: ayat 13 sbb:

(Dan kalian) akan diberi karunia yang lain yang kalian sangat cintai, yaitu pertolongan Allah, dan kemenangan yang sangat dekat. Maka berikan kabar gembira bagi kaum mukminin

Related Post / Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here