BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Apa sih Agama Adam dan Hawa? Asal Usul Agama

Dunia mengenal berbagai macam agama, ada Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, dan banyak lagi agama agama yang dianut bermacam macam suku bangsa yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Lantas dari mana sebenarnya asal usul agama itu? Siapakah yang pertama kali menciptakan agama yang sekarang ini dianut oleh orang orang? Apa pula agama Adam dan Hawa?


Kalau kita bertanya siapakah yang mula mula "menciptakan" NU, Muhammadiyah, Persis? atau siapakah yang "menciptakan" Syiah, Sunni. atau Siapakah yang menciptakan Pantekosta, Advent, Bala Keselamatan, atau siapakah yang menciptakan Protestan, Katholik dsb,...... maka dengan sedikit mengkaji buku sejarah kita akan langsung bisa menyimpulkan jawabannya.

Dari jawaban beberapa pertanyaan di atas kita bisa melihat dengan jelas bahwa NU Muhammadiyah Persis dahulunya adalah satu golongan saja yaitu Sunni. Lalu kita lihat juga bahwa Sunni dan Syiah, dahulunya adalah satu yaitu kelompok Muslimin.
Pantekosta Advent dan Bala Keselamatan adalah sama sama Protestant, kemudian Katholik dan Protestan adalah sama sama Kristen.

Kalau kita tarik mundur lebih jauh lagi,... kita akan melihat bahwa Islam dan Kristen juga memiliki akar sejarah yang sama. Ibrahim Musa Isa dan Muhammad adalah orang orang terbaik sepanjang masa yang memiliki misi yang sama yaitu mengajak manusia untuk taat kepada Tuhan Sang Pencipta alam semesta.

Coba kita tarik lebih jauh lagi,.....apakah agamanya Adam dan Hawa?

Tidaklah mungkin Adam dan Hawa menganut bermacam macam agama apalagi menciptakan macam macam agama. Adam dan Hawa pasti menganut satu agama saja. Lalu agama apa yang mereka anut? Tentu saja mereka menganut agama yang mengajak manusia untuk taat kepada Tuhan Sang Pencipta alam semesta.

"maka diterima oleh Adam, beberapa kalimat dari Tuhannya (Tuhan Pencipta Semesta),....kemudian Adam bertaubat kepadaNya,..."
"Kemudian jika datang petunjuk dariKu kepada kalian wahai anak cucu Adam,...maka siapa saja yang mengikuti petunjuk itu,...tidak ada kekhawatiran atas mereka (mereka pasti sukses&bahagia di dunia serta selamat di akhirat) dan tidak pula mereka bersedih hati (karena nasib baik sudah pasti akan mereka dapatkan di dunia dan akhirat karena mereka mengikuti petunjuk yang benar dari Tuhan mereka)"
"adapun orang orang yang menolak, menentang tidak taat dan mendustakan ayat ayat Kami,..mereka adalah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya"

Tuhan menurunkan beberapa kalimat dan petunjuk kepada Adam. Kalimat dan Petunjuk seperti inilah bentuk awal dari agama. Ketika datang Petunjuk dari Tuhan Semesta alam,....anak cucu Adam terbagi menjadi dua kelompok.
1. Kelompok yang menerima petunjuk Tuhan, kemudian taat tunduk patuh dan menyerahkan diri sepenuhnya pada aturan Tuhan
2. Kelompok yang enggan atau bahkan menolak,menentang menginkari dan mendustakan Petunjuk dan ayat ayat dari Tuhan.

Kelompok pertama disebut Muslim (Islam) yang berarti tunduk berserahdiri taat kepada aturan dan petunjuk Tuhan (Allah)

Kelompok kedua disebut Kafir (artinya menolak, menentang mendustakan aturan dan petunjuk Tuhan )

Munculnya Agama dengan nama baru

Agama Adam terpelihara selama beliau hidup, namun sepeninggalnya,.... aturan aturan Tuhan semakin ditinggalkan, atau ditambahi dengan ritual ritual lain menurut karangan dan tafsiran masing masing orang. dengan berjalannya waktu tafsiran orang yang bermacam macam itu menjadi anutan orang banyak yang kemudian memundulkan kelompok kelompok, mirip sekali dengan yang terjadi sekarang ini.

sebagai analogi: awalnya Islam Indonesia adalah satu Islam, kemudian muncul NU Muhammadiah dan Persis,... kalau  tidak hati hati pada masa yang akan datang orang akan menganggap bahwa NU Muhamadiyah dan Persis adalah tiga agama yang saling berlainan.
(by adilmuhammadisa)

Related Post / Artikel Terkait:



33 komentar:

  1. OK gan gw jadi rada paham

    BalasHapus
  2. Sip, mantap... btul, pada awalnya semua satu, dan kemudian Allah menetapkan sunnahnya. Allah berfirman:
    "Dan jika TuhanMu mengehendaki, tentu Dia jadikan manusia Umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih. Kecuali orang yang diberi rahmat oleh TuhanMu.." (Hud 118)

    BalasHapus
  3. logika sederhana anda sangat mencerahkan,.. gw jadi mudah memahami agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan logika saya mas, yang benar adalah logika semua orang yang mau menggunakan akalnya

      Hapus
  4. aku ingin tanya dari mana anda tau,muslim termasu kelompok pertma anak adam? apakah ada sumber yang bisa dipercaya?karena menurut sejarah dunia ...agama muncul dari budaya.apaitu budaya?budaya adalah kebiasaan orang dimasa lampau.tlg dijelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua ditulis dalam Quran mas. anda tak perlu ragu membacanya. (baca terjemahan nya aja biar mudah). mengenai otentisitas Quran sebagai sumber sejarah anda bisa teliti sendiri. yang jelas para peneliti tak lagi ragu mengenai quran.

      dan telah kami turunkan Quran sebagai penjelas segala sesuatu,...

      anggapan bahwa agama merupakan hasil rekayasa manusia hanya tepat bila dinisbatkan pada agama hindu buda konfusianisme dsb

      sedangakan agama yahudi nasrani merupakan agama Allah yang sudah tercampur dengan karangan para pemuka agama.

      khusus agama kristen, adalah agama bikinan filosof bernama paulus yang dibungkus dengan cerita cerita Yesus yang berasal dari peristiwa dakwahnya Nabi Isa as selama tiga tahun di palestina.

      Hapus
    2. dari mana anda tahu bahwa didalam AlQuran tidak ada keraguan Banyak peneliti yang menyangkalnya ini pelajaran untuk anda

      yang ada pada Kitab sucimu

      Menurut penelitian oleh mantan guru besar Universitas Al-Ajhzar mantan Muslim yaitu Pada proses sperma sampai kepada janin tidak pernah melalui fase penggumpalan darah
      padahal di al-quran mu dikatakan manusia dari segumpal darah

      muhammad dibilang Suci tapi nikah berkali-kali dari mana kau bilang dia suci,

      AL-quran Utuh dari dulu Kau bilang Rupanya Dua gulungan Sudah Hilang dibuaut istri Muhammad

      Hapus
    3. Di dalam Al Qur’an proses kejadian manusia secara biologis dejelaskan secara terperinci melalui firman-Nya :

      "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun (23) : 12-14).

      Hapus
    4. untuk masalah pertanyaan di bawah ini:

      dari mana anda tahu bahwa didalam AlQuran tidak ada keraguan Banyak peneliti yang menyangkalnya ini pelajaran untuk anda

      yang ada pada Kitab sucimu

      Menurut penelitian oleh mantan guru besar Universitas Al-Ajhzar mantan Muslim yaitu Pada proses sperma sampai kepada janin tidak pernah melalui fase penggumpalan darah
      padahal di al-quran mu dikatakan manusia dari segumpal darah.

      alquran adalah firman allah yg di wahyukan kepada muhammad untuk memberikan petunjuk pada seluruh manusia/jin(karna yg wajib beribadah hanya jin dan manusia,selain ke 2 makhluk itu tidak wajib),jadi kami penganut muhammad akan yakin bahwa hanya alquran satu2nya kitab yg suci(tak akan pernah berubah ayat/maknanya)sampai AKhir zaman/qiamat. itulah sebabnya alquran tak bisa diragukan lagi kebenaranya,, kalaupun toh ada yang belum bisa memahami alquran,, itu karena memng masih menjadi kebodohan kita,oleh sebab itu kata nabi
      :wajib bagi muslim laki2+wanita untuk menuntut ilmu sampai matinya,,

      banyak orang alim islam yg murtad karena dia g faham dengan ilmunya, kata nabi :
      orang yg belajar dengan aqal pikiranya sendiri,tanpa mempunyai guru,, maka gurunya adalah setan,, makanya dalam islam orang belajar itu harus ada gurunya,, kemurtadan orang2 islam yg alim itu disebabkan karena :iri,dengki,sombong(merasa paling pintar dll,,) kurang yakin,kurangnya memohon diberikan kekuatan iman islam dan masih banyak lagi,,


      masalah dalam alquran "manusia dari segumpal darah"
      sabda nabi: orang yg menafsiri alquran dan alhadis hanya dengan aqal pikiranya,tidak ada tempat baginya kecuali dineraka..
      oleh sebab itu ulama ahlussunah waljama'ah sepakat bahwa :haram menafsiri alquran/hadis nabi tanpa menguasai 14 ilmu,. diantaranya:nahwu,shorof,mustholahal hadis,balaghoh,mantiq,faham bahasa arab,hafal minimal 10.000 hadis,dll,,

      kalau kita awam,, kita cukup mengikuti fatwa-fatwa ulama saja,,

      kalau menurut saya apa sih kelebihan seorang mantan guru besar Universitas Al-Ajhzar mantan Muslim itu? dibandingkan dengan firman allah dan muhammad..?

      Hapus
    5. muhammad dibilang Suci tapi nikah berkali-kali dari mana kau bilang dia suci,

      jawaban: nabi muhammad mempunyai sifat khususiah yg tak boleh ditiru umatnya,karena untuk membedakan drajat nabi dan umatnya,,
      nabi muhammad satu satunya makhluq allah yg mampu melihat zatnya allah dengan mata telanjang dalam peristiwa isro' mi'roj,bahkan malaikat jibril pun tak mampu,, bagaimana dengan umatnya? bisa tp nanti di akhirat..
      nabi muhamad dikatakan suci(tak mempunyai dosa) karena kehidupan beliau tak lepas dari wahyu allah.. beliau mau menikah ribuan kali kalau allah yg memerintah maka beliau akan menurutinya,,,

      Hapus
    6. AL-quran Utuh dari dulu Kau bilang Rupanya Dua gulungan Sudah Hilang dibuaut istri Muhammad

      keterangan dari mana nih,,,? :)

      Hapus
    7. Di dalam Al Qur’an proses kejadian manusia secara biologis dejelaskan secara terperinci melalui firman-Nya :

      "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah , Pencipta Yang Paling Baik." (QS. Al Mu’minuun (23) : 12-14)

      jangan memakan mentah2 suatu dalil alquran/hadis.. dikhawatirkan kita tak mampu untuk memahaminya,dan disinilah peran iblis untuk menggoncangkan iman agar mereka tak mempercayai/mendustai firman allah,,
      makanya dalam keyakinan islam ahlussunnah pedoman orang islam itu ada 4,
      1.alquran(kalam allah)
      2.alhadis(perkataan/perbuatan nabi muhammad)
      3.ijma'(fatwa2 ulama' mujtahid seperti imam syafi'i,maliki,hambali,dan hanafi)
      4.qiyas(mengkiyaskan alquran alhadis ketika tak ditemukan dalil dalam alquran/hadis itu sendiri)

      Hapus
  5. artikel menarik Gan.... lanjuuut numpang baca2, tks

    BalasHapus
  6. agama?? siapakah yg mencipta agama? para nabi? bangsa apakah yg banyak menjadi nabi? dia yg mencipta agama dan dia juga yang menghancurkan agama.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama bikinan manusia yang paling sering dikenal adalah hindu, budha, konfusianisme dll.

      Agama yang merupakan metamorfosa dari agama Allah adalah, agama Yahudi, Agama Nasrani, Kristen, Katholik, dan beserta ribuan sekte yang terus berkembang.

      Agama yang berasal dari Allah=agama Allah, yaitu Islam. "Inna d diin indallahil islam,...sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam"

      Islam adalah sebutan untuk sifat tunduk patuh taat berserah diri sepenuhnya kepada Allah.

      Jadi siapa saja yangtunduk patuh taat dan berserahdiri sepenuhnya kepada Allah, dia bisa disebut ber-islam-

      perhatikanlah para nabi dan umatnya semuanya mengatakan hal yang sama, "wa asyhad, bi annaa muslimun,..... dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami termasuk orang yang berserahdiri sepenuhnya kepada Allah (muslimun)"

      Hapus
    2. bingung gw knp islam harus pake bahasa arab??
      emang dolo adam dan hawa dri dolo udah pake bahasa arab yah??

      Hapus
    3. Knp islam pakai bhs arab

      Karena dengan ini isi al quran tidak mudah diubah2 dan sebagai bahasa penyatu

      Hapus
  7. Pada awalnya semua agama itu sma,
    Tp qta manusia nya aja yang kurang ajar, selalu membedabedakan agama.
    Saya orang nasrani, jujur saya kecewa dengan sikap muslim, karna mereka beranggapan nasrani tu adalah musuh bebuyutan mereka,
    Apakan umat muslim itu tau apa isi dalam ka'bah yang sebenarnya?

    Kalau kami d bilang menyembah patung, berarti kalian d sebut apa jika menyembah sebuah bangunan tua?

    Intinya cuma ada 1,
    Jangan pernah menghina agama lain,
    Masalah benar atau salahnya sebuah agama biarlah pencipta yang menilainya,
    Kita sebagai manusia hanya menjalankannya, bukan menilainya..

    Salam " Ricky Huatahaean "

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadis rosul mengatakan: bahwa qoum yahudi akan terpecah menjadi 71 golongan,nasrani 72 golongan,dan islam 73 golongan,yang selamat diantara mereka cuman satu,sedangkan sisanya akan binasa.
      para sahabat bertanya,siapakah mereka ya rosul? jawab rosul mereka itu golongan ahlussunnah wal jama'ah,
      para sahabat bertanya lg,apakah ahlussunnah waljama'ah? jawb rosul: apa yg aku perbuat hari ini dan para sahabatku,,

      jd janganlah heran,, kalau 73 perpecahan orang islam,yg 72 binasa(dimasukan neraka) hanya satu golongan yg selamat,yaitu ahlussunnah wal jamaah itu sendiri,,,,

      kenapa islam itu terpecah,,,? karena kebodohan orang islam itu sendiri yang menafsiri alquran/al-hadis hanya dengan aqal pikiranya,,

      Hapus
    2. untuk menjawab soal ini..

      Apakan umat muslim itu tau apa isi dalam ka'bah yang sebenarnya?

      Kalau kami d bilang menyembah patung, berarti kalian d sebut apa jika menyembah sebuah bangunan tua?


      dalam agama islam ada 4 ilmu yang haq,yaitu syariat,thoriqoh,haqiqat,dan ma'rifat,
      tanpa mengamalkan ke 4 tersebut secara bersama'an,niscaya orang itu tak akan pernah ditrima amal/ibadahya,,
      orang sholat,puasa,zakat,ibadah haji itu semuanya syariat(itu harus dilakukan karena itu perintah agama,dan tak bisa ditawar).
      ex laen:kalau kita pengen kenyang,kita harus makan(ini namanya syari'at),,

      beda lagi dengan thoriqoh(jalan/cara)orang yg menyembah allah tak akan sampai kepada allah kalau dia tak tau JALANYA IBADAH,

      BEDA LG DENGAN ILMU haqiqat(ilmu sejati)orang islam wajib mengetahui haqeqatnya TUHAN itu siapa?dan haqeqatnya MAKHLUQ itu siapa?

      beda lg dengan ILMU MA'RIFAT(mengetahui/meyakini perkara yang haq dalam mata hati,bukan mata telanjang),ilmu ini buah dari mengamalkan ilmu syariat,thoriqoh dan haqiqot..


      jadi kelihatanya(dilihat dari mata telanjang) orang islam menyembah/memuja/bersujud kepada batu(hajar aswad),, ya memang harus seperti itu karena itu syariat islam/perintah allah,,
      tp secara haqeqat bukan batunya yg disembah,, tp yg disembah adalah allah,karena orang islam itu abdulloh(bahasa kasar budaknya allah/hamba allah) dan bagi yg beriman/percaya maka mereka akan hanya patuh kepada allah...

      dan dalam ajaran islam tak ada paksaan,mau beriman atau tidak itu urusan masing",,,

      Hapus
    3. sebenarnya bukan orang nasrani/yahudi yg menjadi musuh bebuyutan orang islam,,, karena islam itu bukan agama penjajah/teroris,, tp agama rohmatal lil'alamiin,,

      tp yg menjadi musuh islam yg sebenarnya adalah mungkarot(orang yg membuat kerusakan/yg ingkar kepada allah),, tak pandang bulu,,
      siapapun orangnya/agamanya,walaupun toh islam itu sendiri yg membuat kerusakan.. itu hukumnya wajib di brantas menurut islam itu sendiri..

      nabi muhammad bersabda: barang siapa yg memusui orang nasrani/yahudi/agama laen selain islam selama mereka nyata-nyata tak membuat kerusakan(ex:masih mau membayar pajak kpd orang islam/menta'ati undang2 negara ketika dia berada di negara islam),memusui orang tersebut itu sama saja dengan memusuhi nabi muhammad sendiri,,

      dan dalam memberantas mungkarot itu sendiri tdk asal asalan,tp dengan cara baik dan bijak seperti wali 9 yg succes dalam menyebarkan ajaran islam di p.jawa,,

      jd jangan mentang2 bisa buat bom,dia se enaknya mengebom,,
      saya orang islam,tapi tak suka kekerasan,,
      jawaban yg saya tulis itulah sedikit gambaran perpecahan islam yg telah diramalkan nabi,,,
      kalau kalian melihat islam dari sisi keras n sadisnya,, ketahuilah bahwa islam sudah terpecah belah walaupun belum sampai menjadi 73 golongan..

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. article ini bagus untuk meningkatkan serta menambah wawasan orang islam,,

    BalasHapus
  10. Mksh gan atas semua comen di atas semoga bermamp'at apa yang terbaik

    BalasHapus
  11. Ga ngerti saya... koq agama saya dibilang buatan manusia???

    BalasHapus
  12. bila kehidupan manusia dimulai oleh adam dan hawa yg satu ras dan bahasa, bagaimana penjelasan nya bahwa kini dunia memiliki beragam ras dan bahasa yg berbeda ?bila tuhan maha adil. bagaimana nasib bayi yg lahir dengan cacat seumur hidup / terjangkit HIV dari org tua nya, apakah itu "adil" bagi mereka ?terima kasih

    BalasHapus
  13. Ya ada pepatah dlm kitab suci bahwa sebuah pohon didpt dibedakan pohon jahat atau pohon baik terlihat dari buah nya. Jadi di celah bgmn pun kalau pohon yg buah nya baik ya tetap itulah pohon yg baik

    BalasHapus
  14. Dalam al-Qur'an dinyatakan bahwa bagi tiap-tiap umat Allah mengutus Rasul-Nya. Nah, sekarang siapakah yg bisa menyebutkan Nabi/Rasu-Nya orang Sunda atau Jawa?

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb,
    saat adam dan hawa di surga, mereka tidak menganut agama apa pun juga tetapi setelah mereka turun dari surga ke bumi mereka beragama seperti janji Allah kepada adam dan keturunannya surat Al A'raaf ayat 38.
    Adam di surga , nabi adam di bumi.

    wassalmualaikum wr.wb.
    sayyid

    BalasHapus
  16. alhamdulillah seneng banget baca postingan-postingannya bagus. bermanfaat banget, tp sayang nggk ada rujukannya dari mana. terimakasih

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr..wb...
    jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: “Apakah kamu (mau) masuk Islam?” Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (QS. Ali Imron : 20)
    Wassalam....

    BalasHapus
  18. Akan tetapi (aku hanya) menyampaikan (peringatan) dari Allah dan risalah-Nya. Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya baginyalah neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. (QS. Al Jinn : 23)

    BalasHapus
  19. Syaloom...
    Mau seperti apa itu mulanya agama n agama saja yang engkau anut jika engkau berbuat dosa engkau tak pantas di sebut orang yang beragama. Karna orang yang beragama mengerti apa yang di inginkan Sang Pencipta.
    Apa saja agama mu itu mengarahkan kebaikan jika tidak mengarahkn kebaikan itu bukan agama.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here