BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Apakah Salafy Itu? Apakah Salafy Merupakan Aliran Sesat Dalam Islam?

Apakah Salafy Itu? Apakah Salafy Merupakan Aliran Sesat Dalam Islam? Beberapa orang baik dari kalangan muslim maupun non muslim seringkali menanyakan hal ini. Sebenarnya tidak ada yang salah dari Salafy, karena Salafy hanyalah julukan sebuah gerakan yang bertujuan menjalankan ajaran Islam sesuai cara cara yang dicontohkan oleh orang orang salaf. Tetapi fenomena sejarah menunjukkan bahwa hampir setiap gerakan mengalami distorsi dari gagasan awalnya, dan Salafy adalah salah satunya. Itu sebabnya sekarang ini makin mudah dijumpai tokoh maupun pengikut Salafy dalam banyak hal bukannya menunjukkan perilaku kaum salaf, tetapi malah lebih mirip tabiat kaum Khawarij, yang kontraproduktif terhadap perkembangan Islam secara umum. Kenapa demikian?

Apa Itu Salafy

Kata salaf merupakan kependekan dari salafus shalih (kaum shalih yang terdahulu), yang merupakan julukan atas tiga generasi awal umat Islam, yaitu generasi sahabat, tabiin dan tabiit tabiinPokok ajaran dari ideologi dasar Salafi adalah bahwa Islam telah sempurna dan selesai pada waktu masa Muhammad dan sahabat-sahabatnya, oleh karena itu tidak dikehendaki inovasi yang telah ditambahkan pada abad nanti karena material dan pengaruh budaya. Paham ideologi Salafi berusaha untuk menghidupkan kembali praktek Islam yang lebih mirip agama Muhammad selama ini.


Ulama Rujukan Kelompok Salafy 
Dewasa ini kelompok yang menamakan dirinya salafy merujuk pada pemikiran Muhammad bin Abdul Wahhab (Wahabiyah), Ibnu Taimiyah, Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. Keempat Ulama tersebut dikenal sebagai ulama ulama yang paling puritan yang gigih memperjuangkan kemurnian Islam. Tentu saja hal ini tak lepas dari kondisi umat Islam di masa itu, dimana banyak beredar hadits hadits palsu yang pada tingkat tertentu sudah diyakini oleh masyarakat sebagai bagian dari ajaran pokok Islam.


Kesalahan Tokoh dan Pengikut Salafy
Gerakan Salafy adalah gerakan yang secara gagasan sangat baik, tetapi dalam perkembangannya kerapkali membuat keresahan dikalangan umat Islam, dan cenderung merusak persaudaraan dan keutuhan umat. Penyebab utamanya adalah kebanggaan yang berlebihan atas pendapat kelompok dan sikap meremehkan pendapat kelompok lain.
Satu hal fatal yang masuk dalam pikiran tokoh dan pengikut mereka adalah anggapan bahwa "Hanya kelompok salafy lah yang benar benar mencontoh nabi. Semua orang di luar salafy tidak mau mencontoh nabi" Padahal kita tahu bahwa orang orang di luar mereka juga mengajarkan hal yang sama yaitu menjalankan Islam sesuai Quran dan sunnah Nabi.
Artinya semua muslimin dari kelompok manapun adalah salafy, bukan cuma yang memakai nama salafy saja. 


Kelompok Salafy Lebih Mirip Khawarij
Salah satu ciri kecerdasan seseorang adalah kemampuan membedakan yang benar dari yang salah. Banyaknya data yang disimpan dalam otak dapat dioptimalkan untuk memutuskan dengan tepat tingkat kebenaran suatu pendapat dengan proporsi yang tepat. Munculnya kaum Khawarij adalah pelajaran berharga buat kita, betapa pemikiran puritanis seringkali terjebak dalam pembatasan yang berlebihan.
Sedikitnya ada dua hal yang membuat kelompok salafy lebih mirip Khawarij ketimbang kaum Salafus Shalih
1.Keinginan yang sangat kuat untuk menjalankan Islam secara murni sesuai aslinya tidak diimbangi dengan akhlak dan kemampuan berpikir yang memadai. Hal ini menyebabkan isu dakwah yang mereka sampaikan lebih cenderung meresahkan. Jangankan buat non muslim, dikalangan muslim saja menimbulkan permusuhan. padahal para salafus shalih dikenal sebagai kaum yang meskipun secara ide berbeda dengan kaum yahudi dan nashrani namun dalam urusan urusan bernegara dan bertetangga mereka adalah orang orang yang paling disukai oleh masyarakat. Artinya : Kaum salaf dahulu selain berilmu menguasai betul Al Quran juga melengkapi diri dengan akhlak bermuamalah yang sangat baik sehingga baik kawan maupun lawan sangat mudah menerima kehadiran dan keberadaan mereka di masyarakat, sedangkan kelompok salafy hanya mampu menda'wakan diri sebagai berilmu ditambah akhlak buruk mereka dalam bermuamalah (merasa hanya merekalah yang salaf, diluar mereka bid'ah),..akibatnya orang orang diluar kelompok mereka jadi eneg, sebal, kesel dsb. Keberadaan mereka sulit diterima bahkan oleh sesama muslim sekalipun.
2 Seringkali mereka menyebut bahwa ulama ulama yang memperjuangkan Islam dengan cara berbeda dari apa yang mereka yakini, sebagai ulama palsu sembari menyebarkan fitnah atas mereka. Mereka mengaku tidak mengutamakan ketokohan karena yang menjadi tokoh salafy adalah Nabi Muhammad, padahal mereka mengatakan demikian itu berdasarkan omongan tokoh mereka yang tak mau disebut namanya itu. Jadi aneh bukan?

Nah dua hal diatas benar benar membuat Salafy pas banget dengan ciriciri Khawarij yang merupakan cikal bakal ekstrimitas pemikiran Islam pertama yang muncul dari kalangan orang orang yang kurang memadai dalam berpikir


Siapa  Yang Mudah Terjebak dalam Kelompok Salafy?

Yang biasanya paling mudah masuk dalam kelompok salafy adalah orang orang yang semangat keislamannya sedang menanjak tetapi kemampuan berpikirnya kurang ditambah dengan penguasaan sejarah Islam yang minim. orang orang demikian ini dengan mudah terpesona oleh pendakwah salafy yang gemar mempertontonkan kepandaian melantunkan hadits, mempresentasikan ayat quran dengan gaya pemikir dan fuqaha yang seakan akan kaliber dunia. Ketika pendakwah salafy itu mengatakan ulama  A B C D dst sebagai ulama bid ah, sedangkan ulama X Y Z sebagai ulama salaf, maka orang orang kurang akal tadi meyakini bahwa itu adalah kebenaran, dikarenakan pengetahuan sejarah dan wawasan yang sangat kurang


Bagaimana Agar Tidak Mudah Terjebak Dalam Kelompok Salafy?

Sebenarnya sangat mudah. Yang pertama, kita harus sadar bahwa banyak saudara kita kaum muslimin yang berada diluar kelompok salafy, yang sebenarnya lebih salaf dibandingkan mereka. Kaum muslimin diluar salafy yang memiliki sifat sifat salaf tersebut tidak pernah menda'wakan diri mereka sebagai salaf dan tidak pula mengklaim orang diluar mereka sebagai orang yang tidak salaf. Dan kita akan tahu dari sejarah, memang orang orang berakhlak mulia yang sebenarnya memang tidak pernah menda'wakan diri sebagai orang mulia, sebaliknya, kalau ada orang mengaku dirinya mulia tentu kita wajib bertanya bukan?
Yang Kedua, Jangan pernah terpesona dengan gaya ceramah seseorang yang tampak menguasai hadits, quran, fasih berbahasa arab, dan embel embel tampilan luar yang mirip ahli fikih atau ahli filsafat islam. Kita harus tau bahwa diluar salafy berjibun orang seperti itu. Ada satu kiat untuk memastikan apakah orang tersebut layak didengar dan diikuti kuliahnya atau tidak. Perhatikan betul pembicaraannya. Dengan penglihatan yang cermat kita akan tahu,... kalau arah bicaranya terlihat menonjolkan kepintaran dirinya, ditambah dengan celaan (kasar maupun halus) terhadap tokoh di luar kelompoknya,... saat itulah kita harus waspada,.. dia itulah orang yang lebih mirip Khawarij ketimbang kaum salaf. Karena Kaum salaf tidak pernah memuji diri sendiri apalagi mencela orang lain.

Demikian tulisan ini, jika ada simpatisan salafy atau tokoh salafy yang kurang berkenan silakan komplain. 

(by adil muhammad isa)

Related Post / Artikel Terkait:



149 komentar:

  1. Bicara tentang salafy semua ada di majalah "as-sunnah", "al-furqon", http://www.salafy.or.id atau di radio rodja dan masih seabrek lagi situs2 salaf.

    Dengan penglihatan yang cermat kita akan tahu,... kalau arah bicaranya terlihat menonjolkan kepintaran dirinya, ditambah dengan celaan (kasar maupun halus) terhadap tokoh di luar kelompoknya,... saat itulah kita harus waspada,.. dia itulah orang yang lebih mirip Khawarij ketimbang kaum salaf.
    "Karena Kaum salaf tidak pernah memuji diri sendiri apalagi mencela orang lain".

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali saya sangat khawatir dengan kesesatan mereka mempengaruhi anak muda islam, dengan ciri khas mereka mengkafirkan muslim sendiri dam menghalalkan darahnya ini bisa membuat negeri ini jadi kacau. Padahal tujuan islam adalah untuk saling mengasihi bukan saling membunuh,,semoga Allah menyadarkan mereka.

      Hapus
    2. damai... sesama muslim itu bersaudara
      yang memecah belah itulah yang dilaknat Allah
      kebenaran itu bukan hal yang harus dipaksakan tetapi dijelaskan dengan bijaksana
      ingat" kebenaran hanya milik Allah saja, silahkan cari sendiri dalilnya dalam Al-Qur'an.
      khalifah Umar bin Khattab pun berkata "kebenaran itu dari Allah, jika keputusan yang kita ambil ini adalah salah maka kesalahan itu dari Umar"
      kebiasan bangsa Arab waktu itu menggunakan *bin .... * di belakang namanya, namun ketika menyebutkan tentang kesalahan beliau tidak mengikut sertakan *bin* nya

      setiap manusia itu sudah pasti tidak lepas dari khilaf, bahkan Rasulullah SAW pun pernah khilaf (lihat SURAH ABASA)

      Hapus
    3. kayaknya antek JIL dan sejenisnya nih, ksini aja dlu. http://almanhaj.or.id/content/3851/slash/0/menyingkap-syubhat-orientalis-tentang-hadits/

      Hapus
    4. Antek Jil? Dasar salafi..fitnah aja

      Hapus
    5. Salah sekali yg menyangka kalau salafi seperti kawarij. Ini perlu klarifikasi.
      Salafi dgn kawarij itu sangat berbeda baik dlm tujuan dan akidah.
      Contoh:
      1. Akidah salafi taat peraturan pemerintah n jg mau kerjasama dgn pemerintah. Sedangkan kawarij benci pemerintah n bhkan ingin menguasai pemerintah.

      2. Salafi bebas dlm urusan duniawa sama siapa saja bhkan sama non muslim sekalipun. Kawarij hy mau sama kaumnya saja.

      3. Salafi tak ada niat tuk bunuh orang non muslim, kecuali jika non muslim itu ngajak berperang, jadi bunuh orang kafir itu tidak boleh kecuali jika orang kafir itu ngajak berperang atau menzalimmi orang islam. Bahkan orang salafi selalu hidup rukun dgn non muslim, apalagi sesama islam, cuma kadang sering salah tanggap bagi orang yg didakwahi padahal hy beri petunjuk ajak kebaikan dan itu emang salah satu kwajiban islam.
      Untuk Kawarij, bagi kawarij, semua orang yg kafir itu wajib dibunuh bahkan orang muslim sekslipun yg tdak sepaham dengan mereka.

      4. Salafi mengakui dan juga mau menerima fatwa ulama. Kawarij tdak mengakui ulama apalagi fatwanya.

      5. Salafi berpegang teguh pada imam yg soleh seperti imam safi'i, imam hambali, imam ahmad, imam malik, imam hanafih. Kawarij tidak mengakui imam imam itu.

      Kesimpulannya, sudah jelaslah kalau salafi itu pengikut salaf yg benar. Sedangkan kawarij adalah sekelompok islam yg berakidah teroris.

      Semoga pembaca mengerti dan bersabar dan terjadi salah paham. Sebenarnya masih byak lagi perbedaannya.

      Hapus
    6. Izin menanggapi, memang benar apa yg dipaparkan saudara sahabat tersebut, tapi yang namanya salaf salafi itu sebenernya kita semua. Semua islam itu salafi, karena berpegang teguh dengan alquran dan as sunah.

      Hapus
  2. Salafy memang tidak berakhlak. Saya suka tulisan anda. Mohon ijin untuk disebarkan. kami cantumkan linknya. Semoga makin banyak orang islam yang berakhlak mulia, menyenangkan bagi muslim lainnya serta memikat hati orang di luar islam. tidak seperti salafy. saya yang muslim saja muak dengan kesombongan perilakunya. apalagi non muslim.

    BalasHapus
  3. kalo saya berpendapat ada baiknya kita tidak mengeneralisir semua yg bermanhaj salafi seperti itu..

    mungkin ada sebagian pihak yg mengaku berharakah salafi tp tdk mencerminkan akhlak ulama salaf -mungkin jg karena kurangnya pemahaman akan ilmu yg disampaikan oleh ustadz2 salafi sehingga jadi main apa2 diharamkan.

    bagaimanapun selama akidahnya tetap sama, mereka saudara kita

    BalasHapus
  4. justru mereka adalh saudara kita maka kita pun wajib mengingatkan.

    BalasHapus
  5. KHAWARIJ SANGAT BEDA DENGAN salafi, ...bedaya sangat jauh ..cuma sama dalam pakaian...mengenai takfir misalnya salafi sangat beda dengan neo-khawarij(MMI,jama'ah takfir,LDII) bisa dilihat dalam http://abusalma.net/

    BalasHapus
  6. @anonim)betul sekali,
    khawarij memang beda dari salafy

    kalau khawarij terus terang bahwa dia khawarij

    tapi kalau salafy itu pengecut,....karena mereka takut dibilang khawarij sehingga harus sibuk membela diri semari memakaibaju dan embel embel salaf.

    orang salaf asli tak harus mengaku salaf atau memakai baju mirip mirip salaf

    tetapi kaum salafy merasa perlu mendeklarasikan diri mereka sebagai salaf
    hal demikian semakin membuktikan bahwa sebenarnya mereka ini bukan salaf.

    memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar,.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bodoh lg kalo org mengatakan yg lainnya bodoh, contoh : rezza

      belajarlah dan cari tau apa sebenarnya yg dimaksud dgn salafy, anda sangat2 bodoh krn tdk mau belajar dan hanya pake ilmu katanya dan kira2.....persis spt penulis artikel ini.

      Hapus
    2. WAHABI ABISSS.....

      Hapus
    3. lihaaattt kelakuan salafyy.... https://www.youtube.com/watch?v=iBb0ufr2g4A

      Hapus
  7. seperti ini kah islam mengajarkan umatnya?bukankah kita satu dalam islam?akan sangat buruk islam dimata orang2 yang belum beruntung karena belum mengenal islam jika mereka tau sesama umat islam saja saling mencela...
    salahkah salafy itu?orang2 didalamnya hanya ingin menegakkan sunnah Rasululloh, mungkin banyak pemahaman2 mereka yang terlalu ketat, dan itu menjadikan pandangan orang lain terhadap mereka menjadi berbeda,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum.
      Bissmillahirohmanirohim.
      Salah satu yg membuat kaum muslim makin terpecah belah adalah saling menyalahkan perilaku suatu golongan dlm praktek ibadah dlm hal ini islam. Kalau menurut saya mari kita baca bersama sama surah al kafirun. Nanti saudara akan meresapi maknanya. Wassalam

      Hapus
  8. tidak ada hujjah dalam artikel ini.MUI jakarta utara sudah mengeluarkan fatwa mengenai keberadaan Salafi.hendaknya tidak memberikan tuduhan tanpa fakta dan dalil yang shahih. Wallohualam.semoga Allah Azza wa Jalla mengampuni kita semua, allohumma amiin.

    BalasHapus
  9. kelompok kelompok radikal dalam islam termasuk salafy pada tingkat tertentu bisa didekati dengan cara yang lebih personal. walaupun memang dari kasus khawarij yang ditangani oleh Ali bin Abi Thalib pun tercatat bahwa pada akhirnya harus diambil tindakan tegas.

    BalasHapus
  10. Ini fitnah..,,kalian sebenarx yg bodoh..sepertix kalian haruz mengenal islam lebih baik lagi,,,smoga ALLAH memberikan petunjukx pada kalian!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahai saudaraku sesama islam, bagaimana anda semua bisa mengatakan bahwa yang dilakukan oleh ahlus sunnah wal-jama'ah itu bid'ah,,,,??? jika semua terpacu karena tidak ada pada zaman rasulullah maka mengapa anda ikut memakai internet, motor, laptop, dan lainya, bukankah itu juga tak ada dalam masa rasulullah,,???

      Hapus
  11. memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar,.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
  12. ada orang munafik atau mungkin juga orang kafir mencoba mengadu domba kaum muslimin dengan menyelipkan komentarnya di web,blog kaum muslimin hati-hati wahai ikhwah semuanya

    Ingatkah kalian dengan snough horgronye orientalis Belanda yang pura-pura masuk Islam namun pada hakikatnya dia ingin menghancurkan Islam.

    Ciri-cirinya sangat pandai beretorika, gaya bahasanya sinis/seolah melankolis padahal sadis

    BalasHapus
  13. memang benar kata pepatah:

    secara tersirat si reza mengumumkan dirinya lebih pintar dari ustadz2 salafy....benarkah?????

    ini sekaligus bumerang bagi ucapannya endiri

    perhatikan:

    memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar(REZZA???),.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
  14. LEBIH BAIK DIAM DARIPADA SALING MEMBODOH-BODOHKAN....ORANG BODOH YANG DIAM LEBIH BAIK....DARIPADA ORANG BODOH YANG BANYAK BERTKOMENTAR.....APALAGI MEMPOSTING DI WEBSITE, ATAU PUN BLOG

    KALAU TIDAK BEGITU PAHAM....BELUM SURVEI/MENGADAKAN PENELITIAN DENGAN JUJUR DAN ADIL- MAKA JANGAN KOMENTAR...APALAGI MEMPOSTING ARTIKEL...DENGAN JUDUL YANG KONTROVERSIAL...

    WES TO NDANG DITUTUP BLOGE TINIMBANG KAKEAN MITNAH KONO-KENE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya lebih baik diam, kok elo juga komentar?

      Kaya saya ini lho, gak usah ikut ikutan komentar

      tul gak?

      Hapus
    2. Cocok...............................................................................................................................

      Hapus
  15. bukannya saya lebih pintar, tetapi dia saja yang lebih bego dari orang normal

    "secara tersirat si reza mengumumkan dirinya lebih pintar dari ustadz2 salafy....benarkah?????"

    Jawaban saya,....

    kalau ustadz yang anda maksud itu benar benar pintar, tentu dia bisa melihat jelas ketololan pemikiran salafy,...

    kalau sudah bisa lihat dengan jelas tentu ditanggalkannya sebutan salafy kemudian berkata,"wasy had bi anna muslimun" saksikanlah bahwa aku seorang muslim,....

    muslim tok gak usah pakai embel embel salafy

    jelas mas?

    jadi bukannya saya lebih pintar, tetapi dia saja yang lebih bego dari orang normal

    my name rezza

    BalasHapus
    Balasan
    1. ustad panutan anda siapa ? boleh saya tau ?
      paling2 ustad yg pola pikirnya pake dengkul......tidak berdasarkan pada hujjah yg benar

      Hapus
    2. Jangan asal ngomong jadi orang, kamu ngaku kamu pintar kan? Sekarang pikir kalo memang antum lebih benar, kenapa antum menggibah orang salafi yang jelas 2 tidak tau apapun, orang salafi tidak seperti itu saya lebih tau daripada anda rezza

      Hapus
  16. artikel bagus.. akan tetapi lapang dada itu lebih baik, orang-orang egois pasti dibenci Allah SWT.

    karena kita sadari bukan hanya orang salafy saja yang bermanhaj ahlussunah jadi jangan merasa benar sendiri..

    BalasHapus
  17. subhanallah..
    blog yang lucu sekali... kenapa gak coba daftar srimulat??

    segala sesuatu akan dipertanggung jawabkan..

    coba pahamin bener2 isinya..jangan sampai niat anda berdakwah tapi justru menyebar fitnah..

    Imam Bukhari saja ketika menulis kitab shahihnya beliau melakukan sholat istikharah tiap menulis 1 hadis, demi mendapat petunjuk Allah..

    padahal berapa hadis yang beliau tulis? berapa total sholat istikharah yang beliau lakukan??

    apakah anda (yang punya blog ) sholat istikharah dulu sebelum menulis artikel ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. salafy asli yang tidak sombong5 April 2012 pukul 06.36

      Apakah anda komentar di sini juga istikhoroh dulu?

      Hapus
    2. Kalau bang Admanda sendiri sebelum koment shalat istikharah berapa rakaat?

      saya kira tulisan ini bagus kok jadi seperti kebakaran jenggot siih

      Hapus
    3. salafi adalah khawarij alias wahabi yang hanya menganggap diri merekalah yg benar sedangkan yg tidak sepaham deangan meraka adalah kafir ,bahkan ulama islam sekalipun, dan darahnya di halalkan, sungguh mereka sudah jauh dari kasih sayang yang di perintahkan Allah swt.

      Hapus
  18. Sebagai seorang muslim kt bersaudara,ada baiknya kt saling mengingatkan dan jangan saling menyalahkan,keyakinan seseorang gak kan bsa drubah jika sudah ada dalil yg kuat dan yang terpenting kt saling menghargai aja.

    mengenai aliran salafy, sebaiknya kt pahami dulu baru berkomentar. Secara sekilas aliran ini terasa kaku tapi apakah islam seperti itu? (menurut pendapat saya)

    BalasHapus
  19. Ketua majlis Ulama Dunia, DR. Yusuf Qardhawi meminta kepada jamaah salafiy agar mampu bersabar dan menahan emosi kepada mereka yang berbeda pendapat dengannya, baik dalam permasalahan Aqidah maupun yang lainnya. Mereka disini adalah Ikhwanul Muslimin dan Kelompok-kelompok Islam lainnya yang berhasil meraih suara terbanyak di parlemen.

    Beliau menambahkan di dalam suratnya yang terpampang di halaman resmi facebooknya, Jumat, sebagai sebuah komentar atas kemenangan Ikhwanul Muslimin dan jamaah salafiy pada tahap pertama pemilu ini "Jamaah salafiy sekarang mulai menggeluti hal baru yang sebelumnya belum pernah mereka coba dan belum pernah mereka ketahui tuntutan-tuntutan dari hal baru ini, mereka harus mampu bersabar saat berinteraksi dengan yang lain, terutama saat terjadi gesekan dengan yang tidak sependapat. Mereka juga harus mampu melatih diri dalam merubah banyak hal terkait cara dan redaksi lama yang biasa mereka gunakan."

    Beliau menjelaskan bahwa "Orang yang berakal adalah mereka yang mampu belajar dari zaman yang ia hidup padanya, dan tidak bersih keras memertahankan pendapatnya pribadi tanpa melihat tujuan dan tantangan yang ada. Jamaah salafiy juga harus melunakkan bahasa mereka terhadap golongan lain yang berbeda dengannya dalam masalah Aqidah, Dakwah dan kepribadian".

    Beliau menambahkan "Kelompok Islam, merekalah yang pertama kali mampu untuk memimpin negeri dan membangkitkannya dengan tanggung jawabnya. Hari-hari kedepan akan menjadi saksi akan hal tersebut setelah gagalnya hizbul wathon (Partainya Husni Mubarak) dan kroni-kroninya dengan bukti realita dan sejarah.

    "Kita telah terima amanah memikul negeri ini dari pemerintahan yang lalu beserta partainya yang sama sekali tidak membuat umat ini maju menjadi yang terdepan. Apa yang yang paling dibutuhkan Umat Islam hari ini adalah para fuqaha sejati yang bukan hanya memahami syariah, tapi juga memaham kehidupan". Tegasnya.

    #Sumber: http://www.almasryalyoum.com

    BalasHapus
  20. Jikalau kita umat islam berselisih faham di dalam sega
    la hal,kembalikan kepada Alqur'an dan As-Sunah Rosul
    lah SAW,JANGAN pakai hawa nafsu dan akal akalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob

      yang paling menyenangkan bila ketemu orang dia mengatakan " Im moslem"

      dan paling kesal kalau ketemu orang lebih bangga menunjukkan "saya salafy, saya NU, saya Muhammadiyah, Saya Persis, Saya ahmadiyah, Saya syiah dst dst"

      inget kata quran "wala tamutuna illa wa antum MUSLIMUN"

      jangan mati kecuali dalam keadaan muslim.

      jadi sudahlah buang saja itu embel embel salafy, tunjukkan bahwa kita semua sama sama Muslim

      selesai bukan?

      Wa asyhad bi anna muslimun

      Hapus
    2. itu yg diajar didalam salafi. .mengikut sunnah dan al-quran tnpa ditambah2..salafi=salafusoleh..yang ada didunia sekarang kebnyakan nya adalah islam yang ditambah2 dgn perkara2 bid'ah..jgn memfitnah golongan salafi..fitnah itu besar dosa dia

      Hapus
  21. Sebelum saya mengenal salaf saya juga sama seperti penulis sangat membenci yg namanya salafy, saya juga termakan isu seperti apa yg anda sampaikan. tapi ketika saya mengenal seorang teman salafy yg menegakkan sunnah pada dirinya tidak saya temukan seperti apa yg anda gambarkan ttg salafy. dan Alhamdulillah skr sy berada dlm barisan ahlussunnah dan terus berusaha menjadi salafy sejati.
    ikuti ta'lim salafy insyaAllah paradigma anda akan berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantan embel embel salaf20 April 2012 pukul 08.02

      sebelum saya keluar dari salafy, saya juga seperti anda, tertipu dengan istilah2 salaf. setelah saya belajar lebih banyak tentang nabi dan sahabatnya, saya makin mantab bahwa semua pengikut ajaran nabi tidak pernah mengatakan "ana salafus sholeh" tetapi mereka semua mengatakan " wa asyhad bi anna muslimun" atau " I'm a moslem" muslim thok tanpa embel embel apapun. semua orang yang menyatakan dirinya islam maka dia saudara saya meskipun tanpa embel embel salaf. understand?

      Hapus
    2. Sejak kapan ada penamaan SALAFY? kenapa Harus menamakan SALAFY? Syar'i kah istilah SALAFY? semua akan terjawab jika anda rutin mengikuti ta'lim bermanhaj SALAF

      Tidak Mungkin Seorang muslim yang benar aqidahnya Brsaudara dalam hal aqidah terhadap orang yg mengaku muslim tetapi mengkafirkan para sahabat (Syi'ah Rafodoh), atau yang mengaku muslim tapi berdo'a & meminta kepada penghuni kuburan, atau mereka yang mengaku muslim tapi tidak mengkafirkan yahudi & nasrani (JIL)

      Hapus
    3. tunggu balasan diakhirat jika anda terus memfitnah golongan salafi..disana kita akan tau kebenaran..wallahualam

      Hapus
    4. Fitnahnya yang mana?

      Hapus
  22. assalamu alaikum, sesama muslim adalah saudara, sekarang bagaimana caranya sesama saudara mencari cara saling tolong menolong agar terhindar dari neraka jahanam, kalau sudah baca artikel tentang hakikat neraka (hiyy amit2 deh) wah..bubar deh segala perdebatan..:)

    http://mimbarjumat.com/archives/734


    kita harus mempelajari dan mengikuti Alqur'an dan As-Sunah Rosulullah SAW serta ahlussunah wal jamaah agar terhindar dari api neraka. amin. Mohon maaf kalau ada salah kata dan yang kurang berkenan.

    wassalam

    BalasHapus
  23. tak ada yang salah dengan salafy, yang perlu diluruskan adalah orang yang merasa diri dan kelompoknya paling salaf.
    jika orang salafy merasa dirinya saja yang paling salaf, dan kelompok lain tidak salaf,...maka pada saat itulah dia tidak mirip dengan salafus sholeh

    BalasHapus
  24. Betul tujuan utamanya faham ini sangat bagus cuman aplikasi pengikut belakangannyalah yang kelewat over sehingga ummat jadi semakin menjauh dari al-Islam

    BalasHapus
  25. penuntut ilmu islam1 Agustus 2012 pukul 21.30

    we3,apa yang kalian perdebatkan itu ndak ada manfaatnya,klau hati dah sama2 tak terkendali mending,rehat dulu,jangan2 kalian tlah dibimbing syaiton,klau aku sih usulny baiknya kita memperdalam ilmu kita aja,dgn gitu nanti kita akan ketemu di satu jalan yaitu islam.siapapun kita nih,apapun ormasny kalau mengkaji ilmu dgn lurus,insya Alloh akan ketemu ajaran Rosululloh yang sebenarnya

    BalasHapus
  26. dan berpegangteguhlah kalian pada tali agama Allah, dan jangan berpecahbelah

    BalasHapus
  27. kenapa saling berdebat...semua nya kita kembalikan kepada al-quran dan hadist

    "untuk mu lah agama mu dan untuk ku lah agama ku" (QS al-kafirun:6)

    BalasHapus
  28. ...............????????????/!!!!!!

    BalasHapus
  29. wah ini yg punya BLOG orang NASRANI nih..coba perhatikan gambar burung{atas kanan}itukan logo cinta kasih dr gereja

    BalasHapus
  30. Salafi itu yang hobby'nya membid'ahkan orang lain ya???

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Bagaimana bisa orang2 yang berjuang/berdakwah menegakkan sunah2 Rasulullah malah dikatakan seperti kaum kawarij??? apa dasarnya..
    Salafy adalah seseorang yang meniti jalan mereka diatas manhaj salafush shalih(sahabat,tabiin dan tabiit tabi’in) yang mana merekalah yang dikatakan umat terbaik oleh Rasulullah sendiri karena memang mereka mau berpegang teguh pada sunah2 Rasulullah...

    BalasHapus
  33. Bukankah muslim yg satu dng yg lainnya laksana tubuh,bila sakit salah satu anggota tubuh'a yg lain akan merasakan'a bukan malah mencakar dan memakan bangkai'a (padahal berTuhan dng Tuhan yg sama,kitab'a sama,nabi'a sama,kiblat'a sama.mbok yao saling bahu membahu dlm dakwah demi kejayaan islam dan ridho Alloh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salafi itu adalah pengikut salaf yg menerima semua dari firman dan sabda Rasul. Jika semua umat islam mau menerima setiap yg datang dari Rasul, maka islam akan menjadi satu. Masalahnya byk ormas islam yg tidak menerima smua yg datang dr firman Allah dan Rasul. Sdangkan orang salafi itu berusaha meluruskan ormas ormas islam yg masih mncampur baurkan antara yg hak dan yg batil. Mereka salafi berusaha mmberi petunjuk. Salafi sngat beda dgn kaearij. Salah satu yg menonjol adalah kawarij benci pemerintah dan susah taat pada peraturan pemerintah, sedangkan salafi malah mau bekerja sama dgn pemerintah n bahkan taat pada peraturan pemerintah. Makajika ada yg bilang kalau salafi seperti kawarij itu adalah fitnah besar. Smoga penulis segera bertobat.

      Hapus
  34. astaghfirullohaladziim....

    BalasHapus
  35. Yakinlah Alloh SWT menilai seseorang dari ketaqwaannya bukan dari saya salafy atau luar salafi dan lain sebagainya. Alloh tidak menyukai perdebatan dan saling berbantahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusia Bnyak ngomong ga ada dalilnya...bnyak salah dan dosa..
      Antum pelajari dulu bedanya salafi sm wahabi...jgn cuma bacoOt lu gedein...

      Hapus
  36. Penulis blog harus banyak belajar.. banyak tulisan yang ngawur atau jangan-jangan yang nulis musuh islam lagi??

    BalasHapus
  37. saudaraku sesama muslim baca surah maryam 71'surahqof 32, dan juga banyak ayat dlm alquran menyembah hawa nafsu haram.juga menyembah selain Alloh misal malakat org mati patung2dll.

    BalasHapus
  38. sy hidup dilingkungam nu dan muhammadiyah. Sy tak mau coment salafi sesat.atau yg lain sesat.dy jan mau cerita .daja.dan cerota sy dari yg saya baca juga.ada cerita kisah nyata dari seorang pendeta di kalimantan.mula2di baca tafsir Alquranadalah untuk mencari kejelekan islam.dia sudah banyk memurtadkan org islam.bshkan dia petnah mrngatakan nabi muhammad istrinya banyak seprti hewan.semua ayat2 dlm alquran berhasil di mentahkan/di jelek2kan tapi dis tifak bida membantah /menjelek jelekkan surah Al ikhlas.karena bertentangan dgn injil.pd suatu hari dia mimpi melihat seorang tua di padang pasir.tubuhnya tak gemuk tak kurus tak terlalu tinggi tak telalu pendeksedang2 saja.kalo dilihat dari belakang laki2tua ini seperti umur 60 tahunan.karena rambut dan jenggotnya sudah putih semua.tapi sungguh aneh kalo dilihat dari wajahnya laki2 tua ini tak seperti kebanyakan orang yg berumur 60 tahun wajahnya ganteng tak ada kerut tua bahkan baru sepetti umur 25tahun.di lihat dari raut muka dia laki2iniseorang yg bijaksana. Karena beberapa kali pendeta ini mimpi laki2 yg sama.dia jadi ketakutan akhirnya dia cerita ssma sang istri.istrinya menyarankana agar suaminya tanya tentang mimpinya pada ustaz islam. Istrinya mikir kalo punya jenggot biasanya tokoh islam.akhirnya dia turut saran istri. dia tanya pd ustaz ustadz bilang anda mimpi rasul muhammad. S A W. akhitnya dia masuk islam sama keluarganya semua.dan dia bilang ajaran agama islam dan kristian hampir semuanya sama yaitu kasih sayangsesama manusiahanya satu yg tak sama kalo di kristian Alloh beranak dan dianakkan tapi kalo diislam surrah Al ikhlas.dan dis bilang walau setelah islam dia tidak sekaya waktu jadi imam kristian hati dia skrg lebih bahagia.sbb waktu jadi imam kristian dis dikirim uang sama yahudi.dan saudaraku sesama muslim mmg kalo kita baca sejarah rasullulah Muhammad saw.mmgbeliau bilang bsrang siaps setelah kematianku mimpi tentang diriku itu benarlah adanya diriku karena syaiton tidak bisa menyerupai diriku. Wassallam .

    BalasHapus
  39. maaf sy ngetik banyak salah karena layar terlalu kecil tapi sy kira pembaca bisa mengoreksi sendiri dimana letak salah saya dan maksud cerita saya,sy tap hp bukan komputer

    BalasHapus
  40. besok ada kajian SALFI di masjid deket ane .. kalo ada yang mau ikut silahkan ...
    dan jujur semua yang di katakan di artikel ini tidak 100% benar....
    salafi yang di dekat ane sanggat membela sunnah dan menentang BID"AH

    BalasHapus
  41. sdh banyak sekali komentar - komentar pro dan kontra di bog ini. tak sadarkah kita semua kita sedang bertengkar.. sadarlah....saudaraku.. allah tuhanku muhammad nabiku.. kita semua satu... jika kita mmg pintar analisalah lebih baik jika kita bodoh coba gali lebih dalam lagi.. termasuk saya bodoh....saking bodohnya z tidak tau siapa diantar kalian yg benar-benar "salaf"... semoga allah mengampuni kita semua amiiin

    BalasHapus
  42. simak situs wahaby www.wahabyindonesia.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. nonton juga ini kang.. https://www.youtube.com/watch?v=iBb0ufr2g4A

      Hapus
  43. keraguan saya pada salafy memang berawal dari sukanya mereka memuji diri dan menganngapan remeh mereka pada yang lain...
    saya cenderung suka mengalah untuk menghindari konflik saat debat dengan mereka.
    saya malah sering mengatakan jangan selalu tunjukan perbedaan karna inilah kelemahan islam yang mudah di adu domba.

    BalasHapus
  44. Kalo ngaji jangan di satu tempat/kelompok saja karena cara pikir jadi sempit. Penulis artikel ini menurut saya sudah berusaha neluruskan cara pikir orang yg keras kepala dan cethek pemikirannya.

    BalasHapus
  45. kita wajib mengikuti alquran dan sunnah, yang harus kita tanya pada diri kita sudah sesuai Alquran dN SUNNAH KAH YANG KITA LAKUKAN SELAMA INI, itu yang penting ketimbang kita menyalahkan orang lain.

    BalasHapus
  46. Nu, Muhammadyah, LDII, HT, IM, Salafy hanya sebuah kelompok atau wadah yang tujuannya adalah satu yaitu surga , untuk mencapai surga ada bekal yang kita bawah yang terterah di dalam Al Quran dan Sunnah SAW, sudahkah kita jalankan hanya sesuai Alquran dan sunnah SAW atau kita tambah tau kurangi sesuai kebutuhan kita sendiri atau kita jalankan perintah Allah dan SAW tapi kita juga menyembah setan atau makan minum yang haram. atau sudah bearkah jalan yang kita tempuh sesuai alquran dan sunnahSAW itu yang harus kita garis bawahi ketimbang kita melihat orang dan ikut menyalahkan orang lain

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Tak perlu melihat siapa yg berkata dan dari aliran mana ... Buat ane selama yg dia sampaikan benar dan berasal dari dalil shahih ya ikuti ... Kalo ga jelas dalilnya ya tinggalkan dan ga usah debat kusir ... Gitu aja koq repot ...

    BalasHapus
  49. jangan di perdebatkan.. insyallah kita semua dlm perlindungan allah.. klw dri klmpok salafi mengklaim dirinya lebih sucih dan benar.maka kita harus mendoakannya, bukan memusuhinya..kita juga harus yakin kalau kita juga punya jalan yg sama seperti mereka berpikir tentang kebenaran mereka..semua orang juga pasti mengklaim kalau dia itu ahlisunnahwaljammah(sunnih)atau salaf..kita ini sekarang hidup dijamannya para ulama bukan di jaman para nabi dan sahabtnya.jdi kita harus yakin bahwa kita juga di jalan yang benar. salaf adalah muslim jamaah yang keras dan tegas. yg penting jangan seperti siyah yang mengklaim dirinya islam tpi menyimpang dari segalah hal yg di gariskan oleh allah swt. mungkin itu dlu ya ..trimakasih asalamualaikum warmatulahi wabarakatu

    BalasHapus
  50. Kebanyakan orang yg baru belajar Islam dan langsung masuk ke salafy selalu merasa benar dan membid'ahkan org lain dan dlm bertetangga merekapun menarik diri, lha mbok Yao walaupun pemikiran berbeda intinya kitakan sama2 muslim jgn menyalahkan yg lain, slg menghormati dan tetap menjaga tali silaturrohim

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. yang punya blog gak komen? katanya kalo gak sesuai silahkan komplain?

    BalasHapus
  53. an: fulan

    “Barangsiapa yang beriman pada ALLAH dan hari akhir maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam.” (HR Bukhari Muslim)

    BalasHapus
  54. Semoga saudara2 kita sesama muslim dibukakan dan dimudahkan dlm belajar agama

    BalasHapus
  55. jadi..bukankah semua org islam adalah salafy ? apakah ada org islam yg mau dikatakan tidak mengikuti rasul?

    BalasHapus
  56. jangan melihatkan amalmu di depan orang banyak cukup km sendiri yang tau, jadi jangan sok alim dengan berpakaian seperti itulah,,, biasa saja klo pakaian

    BalasHapus
  57. Begini saja , kita(islam) adalah umat nya Rasulullah , umat yg dirahmati , dan umat untuk seluruh umat manusia ..

    Wajar saja klau islam ini terpecah belah .

    Rasulullah bersabda :umat ini akan terpecah belah menjadi 73 golongan , 72 golongan masuk neraka dan 1 golongan masuk surga,
    yaitu wal jama'ah ..

    Jadi , kita sudah i yg namanya perdebatan tentang , apakah salafi itu sesat atau bagaimana ..
    Kita bermuhasabah diri saja apakah kita sudah termasuk aswaja atau belum , dan kita ingat lagi , bahwa syaitan itu menggoda manusia dari arah depan dan belakang , dari samping kanan maupun kiri ..

    Wallahu A'lam , akhirul kalam Assamu'alaikum warahmatullahi wabarokaru

    BalasHapus
  58. 95% yg dkatakan penulis benar saya sndiri ja smp kaget dg tulisan ini karena saya pun merasakan berada di lingkungan salafy bahkan anda akan sangat mudah menemui mereka di dunia maya ketika mereka mengomentari seputar masalah bid'ah (maulid nabi, demokrasi, yasinan dll)..sy akui mrk jago dalil quran dan hadist bahkan amalan ibadahnya luarbiasa saya sarankan jika anda ingin dimuliakan Allah terima nasihat mrk dan tinggalkan perdebatan mrk. 5% salah saya pikir mereka gk sesat sejatinya mrk hny ingin mengingtkan kita hal2 bid ah hanya saja beberapa oknum dari mrk da yg kelewatan batas hingga tega mengatakan saudara muslim sendiri "sesat". Saya pribadi menyukai teman saya yg dr salafy luar biasa amalan ibadah hariannya. mrk bs 1x hatam kan quran bhkn lebih dlm 1 hari dan amal2an lain yg luar biasa. Tapi akhir2 ni semenjak mrk disemprot hal2 "wahaby dan khawarij" tampaknya mereka mulai mengurangi komentar dan debat masalah bid ah. Alhamdulillah begitu lebih baik krn menjaga ukhuwah islamiyah itu lebih utama ketimbang kalian mendebati dan mencari musuh thd saudra muslim sendiri. Saya muslim miskin ilmu serta amal dan saya moderat.

    BalasHapus
  59. nonoton dlu ah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.youtube.com/watch?v=iBb0ufr2g4A

      Hapus
  60. Jidat hitam, jenggot lebat, celana ngatung, kata2 sakti sesuai al Qur'an dan hadist, kafir, bid'ah, sesat, kurafat, jihad,..hadist dhoif

    BalasHapus
  61. Jikalau salafi sangat berpegang kepada AlQuran dan sunnah, saya tidak sungkan untuk di panggil wahabi..

    Seperti yang hadits Rasulullah,
    Rasulullah shallahu alaihi wasalam bersabda:
    "Akan datang suatu zaman dimana orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api."
    (HR. Tirmidzi)

    Terus berdiri diatas Quran dan Sunnah..

    BalasHapus
  62. siapapun berbicara agama rujukannya pada alqur'an dan sunah.Semua keaadan hidup manusia ,dulu sekarang dan yang akan datang,bahkan hidup setelah mati dijelaskan dalam alqur'an dan dijelaskan rusulullah S.A.W tinggal kita menjalankperintah dan menjauhi larangan .mari kita mulai dari dirsendiri sendiri dan keluarga dibenahi ilmu,amal, dan akhlaknya. saling menghormati perbedaan,tentang kebenaran kita serahkan kepada Allah.

    BalasHapus
  63. siapapun berbicara agama rujukannya pada alqur'an dan sunah.Semua keaadan hidup manusia ,dulu sekarang dan yang akan datang,bahkan hidup setelah mati dijelaskan dalam alqur'an dan dijelaskan rusulullah S.A.W tinggal kita menjalankperintah dan menjauhi larangan .mari kita mulai dari dirsendiri sendiri dan keluarga dibenahi ilmu,amal, dan akhlaknya. saling menghormati perbedaan,tentang kebenaran kita serahkan kepada Allah.

    BalasHapus
  64. Bener juga sih, mereka cuma bikin chaos. Pikirannya sempit. Ketahuan kok ciri2nya. Tp sy mah cuek sm mereka. Pernah, sy diceramahin. Aduh males bngt deh dengernya. Bid'ah mulu yg diomongin. Sy bilang aja, "lakum dinukum waliyadin aja". Eh dia malah marah besaar. Dia menganggap, sy sdh melecehkannya. Padahal maksud sy itu lu-lu gue-gue, bkn arti yg leterlek. Sy kabur aja, males ngeladenin orang bgituu. Sempit pemikiran.

    Orang berilmu pasti baik perangainya, lah ini, orang merasa berilmu, mulutnyaaa gampanf ngecap neooooo. Hadooooooh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntung anda di ceramahin, berarti masih ada yg peduli.. pasti ulama salaf jg marah.. krn "lakum dinukum waliyadin" itu terdapat di surat al-kaafiruun yang diperuntukan kpd kaum kafir... masa salaf di bilang kafir, mikir lagi ya

      Hapus
  65. coba yg nulis blok blajar lagi masalah salafy..jngan buat fitnah..salafy maksudnya umat yg benar2 memegang berdiri di atas kitabullah dan sunnah rasul dan mengikuti cara2 rasul baik itu beribadah maupun dengan bermuamalah. skarang banyak perbedaan karna mengapa? orang terlalu bebas mengartikan agama islam sesuka hatinya, sesuai nalarnya saja, pdahal untuk memutuskan segala sesuatu mutlak harus ada dalil, baik itu yg bersumber dari wahyu Allah maupun dari sunnah rosul...akal kok lebih diutamakan..

    BalasHapus
  66. coba yg nulis blok blajar lagi masalah salafy..jngan buat fitnah..salafy maksudnya umat yg benar2 memegang berdiri di atas kitabullah dan sunnah rasul dan mengikuti cara2 rasul baik itu beribadah maupun dengan bermuamalah. skarang banyak perbedaan karna mengapa? orang terlalu bebas mengartikan agama islam sesuka hatinya, sesuai nalarnya saja, pdahal untuk memutuskan segala sesuatu mutlak harus ada dalil, baik itu yg bersumber dari wahyu Allah maupun dari sunnah rosul...akal kok lebih diutamakan..

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  68. yng comen kras di blog ini kyanya gk nyimak... pdhl isinya gk ada yng nyalahin salafy. jstru salafy itu bagus dn sesuai dngan Al quran dn Sunah.. yng gk bagus itu yng MENGAKU2 salafy

    BalasHapus
  69. klo mnurut saya yng ska membid'ahkn sesuatu perkara itu berarti dia pernah hidup di jmn nabi kli ya??.. jdi tau bnar klo suatu perkara itu brasal dri rasulallah..

    BalasHapus
  70. Yg ninggalin debat masuk surga.ayo jalin persatuan,mengingatkan saudara seagama tentang ilmu agama.mari belajar agama dan berbagi.

    BalasHapus
  71. Yg ninggalin debat masuk surga.ayo jalin persatuan,mengingatkan saudara seagama tentang ilmu agama.mari belajar agama dan berbagi.

    BalasHapus
  72. Yg ninggalin debat masuk surga.ayo jalin persatuan,mengingatkan saudara seagama tentang ilmu agama.mari belajar agama dan berbagi.

    BalasHapus
  73. Yg ninggalin debat masuk surga.ayo jalin persatuan,mengingatkan saudara seagama tentang ilmu agama.mari belajar agama dan berbagi.

    BalasHapus
  74. Dan tertawa bahagialah pemilik blog ini yang telah berhasil mengadu domba sesama muslim. Muslim bersaudara, tak pantas saling menyalahkan. Kalau ada salah satu yang salah bukan berarti kita menyalahkan semuanya. Mari saling mengingatkan jangan mudah untuk di adu domba karena akan bahagia lah orang2 yang non-muslim. Yang perlu kita ingat, tidak baik mengumbar2 keburukan sesama muslim , apalagi keburukan yang belum di ketahui kebenarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini,sy setuju...Kalau ada perbedaan,berdiskusi dg santun,Dr cara berkomentar,kt tau mana orang berilmu mana yg blm...Bagi yg yg komennya pedas,kasar,coba belajar LG mjd muslim yg baik,kenali lbh dlm,BCA LG Al Qur'an & sunahnya,kedangkalan berfikir itu yg Mbwt kt mudah di adu domba,saling menghargai perbedaan,jngn trll mudah mengatakan aliran ini begini aliran itu begitu,sblm kita betul2 faham apa yg mau kt share,jng sampe terjatuh dlm fitnah....

      Hapus
  75. Assalamualaikum,

    Saya ingin bertanya, saya punya saudara sepupu yang kebetulan baru saja menikah dengan perempuan dgn ciri2 layaknya orang salaf. Awalnya biasanya aja, namun akhir2 ini semakin terlihat keanehan dan kesombongannya sbg umat muslim. Bahkan sempat berucap, jika tidak ikut dgn ajaran mereka, artinya sm dgn memutuskan tali persaudaraan..saya shock dgn perkataan beliau. Lalu bagaimana saya harus bersikap mghadapi saudara sy sdri yg sperti itu, di satu sisi sy ttp ingin menjalin ukhuwah disisi lain sy tidak suka dgn cara dia bersosialiasi, pdhl dia adalh anggota kluarga baru. Sdgkan dgn yg spupu saya sdri, sy sm skali ga ada masalah. Mohon bimbingan

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara pertama nginjak salafy ,sekarang kok malah membagus2in salafy ? Sbenarnya ente salafy ga sih ?

      Hapus
    2. Sebelumnya di comment ,tgl 11jan2011 anda menghina salafy tpi di tgl 19april2012 anda muji salafy dan mau jadi salafy sejati , jelasin apa maksud anda ?

      Hapus
  76. ass. masih banyak orang yang berpendapat /berpikir bahwa salafi itu kelompok atau golongan , salafi adalah metode atau cara berapagama yang sesuai dengan alqur,an dan sunah/hadits , sehingga siapapun yang ber islam sesuai dengan alqur,an dan sunah adalah salafi,bukan organisasi tidak ada cabang tidak ada pusat tidak ada ad/art

    BalasHapus
  77. ass. masih banyak orang yang berpendapat /berpikir bahwa salafi itu kelompok atau golongan , salafi adalah metode atau cara berapagama yang sesuai dengan alqur,an dan sunah/hadits , sehingga siapapun yang ber islam sesuai dengan alqur,an dan sunah adalah salafi,bukan organisasi tidak ada cabang tidak ada pusat tidak ada ad/art

    BalasHapus
  78. Tidak ada yang salah dengan salafi. Yang salah adalah orang bodoh mengaku lebih pintar bahkan sok pintar dg merendahkan orang lain trus ngaku dia salafi. Tinggal kita2 (muslim diluar kelompok yg ngaku salafi) yang harus selalu berpegang pada alquran dan hadis. Biar gak dibodoh2i

    BalasHapus
  79. kalo mau menuduh atau bahkan cuma mengira2... datangkan bukti dong, kalo ente muslim yg baik... khusnudzon dlu bukan lgsg main sebar fitnah aja, bukti aja blm ada tong tooong

    BalasHapus
  80. Muslimedianews, Banda Aceh ~ Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh belum lama ini menyatakan bahwa ajaran baru kelompok Salafi adalah ajaran sesat dan menyesatkan, baik dibidang aqidah maupun ibadahnya. Hal ini tertuang dalam Fatwa MPU Aceh Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pemahaman, Pemikiran, Pengalaman, dan Penyiaran Agama Islam di Aceh.

    Fatwa para ulama Aceh yang dikeluarkan pada 27 Sya'ban 1435 H/ 25 Juni 2014 ini menyebutkan bahwa pengajian Kelompok Salafi di Gampong Pulo Raya Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie dan ditempat lainnya adalah sesat dan meminta pemerintah untuk segera menutup pengajian, penyiaran dan ceramah serta melarang aktivitas kelompok Salafi.

    Ketua MPU Aceh, Drs Tgk H Gazali Mohd Syam, mengatakan fatwa ini dikeluarkan setelah melakukan pengkajian mendalam bersama puluhan ulama di berbagai kabupaten/ kota, dan pertemuan dengan pimpinan kelompok Salafi.

    “Fatwa MPU Aceh dikeluarkan terhadap ajaran Salafi itu dilakukan setelah beberapa pengkajian bersama 47 ulama, yang berada di kabupaten/ kota, termasuk beberapa kali pertemuan dengan pimpinan Salafi,” kata Ketua MPU Aceh, Drs Tgk H Gazali Mohd Syam, Kamis (21/8/ 2014).

    Disebutkan ajaran Salafi di Pulo Raya khususnya di Aceh, sangat jauh berbeda dengan ajaran Salafi yang berkembang di masa sahabat Nabi Muhammad, Salafi di Mesir dan Salafi di Arab Saudi.

    Hasil keputusan fatwa MPU Aceh menghasilkan 4 poin penting di bidang aqidah dan 5 poin di bidang ibadah yang ajarannya bertentangan dengan ajaran agama Islam. Seperti yang tertuang dalam ajaran Salafi, Allah itu berada di atas 'Arsy/ langit dan Allah itu membutuhkan tempat, waktu, dan arah. Ini berarti Allah membutuhkan makhluk karena semua itu baik Arsy, tempat, dan waktu adalah ciptaan Allah padahal Allah tidak membutuhkan itu semua.

    Inilah 4 poin aqidah Salafi yang sesat dan menyesatkan yang dikeluarkan MPU Aceh:

    Meyakini Allah di atas langit/ 'arsy,
    Meyakini Allah terikat dengan waktu, tempat dan arah,
    Meyakini kalamullah itu berhuruf dan bersuara dan
    Meyakini nabi Adam AS dan Nabi Idris AS bukan Rasulullah.

    Sedangkan di ibadah yang salah dalam ajaran Salafi adalah niat shalat di luar takbiratul ihram, haram qunut pada shalat Shubuh, haram memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, haram berzikir dan berdoa berjama’ah, serta wajib mengikuti hanya Alquran dan hadist dalam bidang aqidah, syariah dan akhlak.

    Berikut adalah bunyi fatwa lengkap MPU Aceh tersebut:

    Download Fatwa MPU Aceh Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pemahaman, Pemikiran, Pengamalan dan Penyiaran Agama Islam di Aceh


    FATWA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ACEH NOMOR 09 TAHUN 2014 TENTANG PEMAHAMAN, PEMIKIRAN, PENGAMALAN DAN PENYIARAN AGAMA ISLAM DI ACEH

    DEWAN PARIPURNA ULAMA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ACEH MEMUTUSKAN :

    Menetapkan : FATWA TENTANG PEMAHAMAN, PEMIKIRAN, PENGAMALAN DAN PENYIARAN AGAMA ISLAM DI ACEH.

    PERTAMA : Bidang Aqidah

    A. Mengimani bahwa zat Allah hanya di atas langit/’arasy adalah sesat dan menyesatkan;
    B. Mengimani bahwa zat Allah terikat dengan waktu, tempat dan arah (berjihat) adalah sesat dan menyesatkan;
    C. Mengimani bahwa kalamullah itu berhuruf dan bersuara adalah sesat dan menyesatkan;
    D. Mengimani bahwa Nabi Adam AS dan Nabi Idris AS bukan Rasulullah adalah sesat dan menyesatkan.

    KEDUA : Bidang Ibadah

    A. Pemahaman yang membolehkan niat shalat diluar takbiratul ihram adalah salah;
    B. Pemahaman yang mengharamkan qunut pada shalat shubuh adalah salah;
    C. Pemahaman yang menyatakan bahwa haram memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah;
    D. Pemahaman yang menyatakan bahwa haram berzikir dan berdo’a secara berjama’ah adalah salah;
    E. Pemahaman yang menyatakan bahwa wajib mengikuti hanya Al-Quran dan Hadits dalam bidang Aqidah, Syari’ah dan Akhlak adalah salah.

    KETIGA : Taushiyah

    A. Meminta pemerintah untuk segera menutup pengajian, penyiaran dan ceramah yang difatwakan sesat oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh seperti pengajian Kelompok Salafi di Gampong Pulo Raya Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie dan d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulama acehnyalah yg sebenarnya sesat n tk berilmu. Emang ada nabi di ulang tahun kayak maulid nabi he he

      Hapus
  81. wah bahaya nih yang pemilik blog ini,,,,artikel ini sudah bisa jadi pengadu domba....berat nih tanggung jawabnya...jangan menjelekkan orang lain,,,,berat lo tanggung jawabya diakhirat nanti,,,,apalagi apa yang kita tuduhkan ini ternyata salah,,,,maka itu akan jadi fitnah,,,,,saran saya hapus aja blog ini,,,,dan perbaiki diri masing masing aja,,,,,

    BalasHapus
  82. saya jadi ingat guyonan ustd saya ketika mengaji membahas masalah sholat,,IMAM buang angin,oknum barisan pertama ngucap IMAMNYA KENTUT,oknum di barisan kedua bilang KAMU INI SHOLAT KOK MALAH NGOMONG,oknum di barisan tiga bilang KAMU AJA NGOMONG kok bilangin org laen,,HAL ITU TERJADI SAMPAI BARISAN PALING AKHIR,,,,
    ( UNTUNG SAYA EGGA NGOMONG )...PLAKKKKK
    solusinya kritikan itu seyogyanya yg ma'ruf,,,,SELESAI

    BalasHapus
  83. Skarang terbukti ucapan NABI MUHAMMAD SAW...
    Akan datang masa dimana kalian begitu banyak,bahkan sangat banyak tp kalian bagaikan bui2 d laut,bgitu banyak tp bgitu mudah pula d permainkan angin dan ombak...

    BalasHapus
  84. Assalamuallaikum wr.wb.
    Naaah cerita dan blog ini sangat persis dgn apa yg saya alami dengan teman2 saya di group bbm kalangan remaja. Pemuda bangsa NKRI telah terhantui dgn semua keadaan ini.? Tetapi semua tergantung pada pedoman kokoh yang ada dalam diri kita masing2. Saya ceritakan intinya saja yg pernah saya dan teman2 saya alami pada group bbm: ada sebagian orang muslim mengaku orang (tiiiiit) kenapa saya sensor? Saya tidak mau timbulkan fitnah ataupun perbincangan. Sesungguhnya islam itu indah, menyejukkan hati, menenagkan fikiran, dan islam itu luas dalam arti ( tergantung pola berfikir dan pedoman masing2). #kembali ke inti: sebagian orang (tiiit) mereka trs berdakwah, memberikan simpulan bid'ah, berpegang teguh pada hadist dan dalil. Dengan cara mereka seperti itu, mereka bahkan dalam debat terpancing emosi sampai mereka berkata: kayaknya ada yg alergi Al-Qur'an? Apakah pantas sesama muslim di olok begitu? Sharing ilmu itu dgn pola pikir yg adem dan hati yg adem nnti hasilnya juga adem. Yg saya lihat komentar di blog ini sama persis yg saya alami dan juga teman2 saya. Yg kami takutkan kejadian ini menghantui kalangan remaja NKRI dan menggoyahkan pedoman kalangan pemuda NKRI. Dan akhir dari sharing di group bbm saya dan teman2 saya gini: URUS DIRI SENDIRI DAN TATA KEIMANAN DIRI KITA SENDIRI JANGAN MENGURUS ORANG LAIN SEDANGKAN DIRINYA SENDIRI MASIH BERLUBANG. MENGINGATKAN BOLEH TAPI HANYA SEKEDAR MENGINGATKAN. SESAMA MUSLIM BOLEH SALING MENGINGATKAN TAPI DENGAN CARA YANG DAPAT DITERIMA OLEH SI YANG DIINGATKAN. Sesama muslim salinglah kita merangkul satu sama lain. Kalau bisa seluruhnya bukan hanya kaum muslim saja. Dan janganlah saling mengejek pedoman orang lain. Apalagi janganlah mengejek sesama muslim. Manusia diciptakan mempunya hati dan otak. Hati sebagai persaan(kasih sayang antara sesama makhluk hidup Ciptaan Allah SWT). Otak berguna untuk berfikir memilah milah mana yang baik dan mana yang buruk dan berpegang teguhlah pada pedoman yang ada pada dalam hati kalian masing2. # Sekian sepenggal cerita dari pengalaman saya dan teman2 saya.. Bila ada salah kata/tindakan yang kurang baik mohon dimaafkan ya ��. Saling sharing2 dengan pemikiran dan hati yang sejuk biar menambah wawasan.. Wassalammuallaikum wr.wb.

    BalasHapus
  85. Hati2 syiah akhi
    Sebenarnya tidak ada yg salah dengan ajaran salafi yg memurnikan ajaran nabi dan sahabat

    BalasHapus
  86. Kalau mau tau apa itu salafi, hti, nu atau apapun itu, cukup datangi ustadzny dan tanyakan sepuasnya...
    Saya pernah datangi mereka semua, jika sesuai dg alquran dan hadits knapa kita harus memusuhi pendapat mereka? Tidak dg mengira" spt ini

    BalasHapus
  87. Ini sebuah renungan bagi yang katanya paham hadis,

    Abu Gosok: Ini Tidak Ada Haditsnya?
    Abu Gosok: “Ini tidak ada hadtsnya”.
    Faqir: “Memang jumlah hadits yang kamu kuasai berapa? 500.000?”
    Abu Gosok: “Tidak”
    Faqir: “50.000 hadits?”
    Abu Gosok: “Tidak”
    Faqir: “Nah bisa jadi itu ada di 450.000 hadits yang tidak kamu ketahui. Lagi pula tidak semua ilmu dari Nabi mengalir lewat ulama tertulis dalam hadits yang catatan dokumentasi jalur periwayatnya begitu rapi. Ada yang sekedar dari mulut ke mulut dari Nabi ke para ulama dari jalur sahabat hingga kita sekarang”

    Karena itu Nabi berkata diangkatnya ilmu oleh Allah itu bukan karena ilmunya hilang. Tapi karna ulama yang menguasai ilmu tsb wafat. Ini ada haditsnya. Cari saja sendiri.

    Imam Ahmad bin Hanbal sendiri berkata: Untuk jadi Mujtahid selain Hafal Al Qur’an harus menguasai minimal 500.000 hadits. Imam Malik selain menguasai hadits juga punya 900 guru dari kalangan Tabi’in (anak sahabat Nabi) dan Tabi’it Tabi’in (cucu sahabat Nabi). Dia dapat ilmu dari Ahli Madinah yang belum tentu 50% ilmu tsb tertuang di hadits. Contoh, berapa banyak sih perkataan kakek atau bapak anda yang anda tulis untuk anda sampaikan ke anak cucu anda?

    Jadi beragama juga harus pakai akal. Ikuti ulama selaku pewaris Nabi. Jangan berlagak jadi Mujtahid dgn bilang: “ini tidak ada haditsnya” padahal anda tidak menguasai 500.000 hadits. Modal cuma belajar dari internet… ��

    Andai tahu Al Qur’an dan Hadits pun bisa jadi sekedar keledai yang membawa kitab. Atau kaum muda yang Al Qur’an dan Hadits cuma di kerongkongan. Tidak paham dan tidak diamalkan. Kurang adab dan akhlak.

    BalasHapus
  88. Ini sebuah renungan bagi yang katanya paham hadis,

    Abu Gosok: Ini Tidak Ada Haditsnya?
    Abu Gosok: “Ini tidak ada hadtsnya”.
    Faqir: “Memang jumlah hadits yang kamu kuasai berapa? 500.000?”
    Abu Gosok: “Tidak”
    Faqir: “50.000 hadits?”
    Abu Gosok: “Tidak”
    Faqir: “Nah bisa jadi itu ada di 450.000 hadits yang tidak kamu ketahui. Lagi pula tidak semua ilmu dari Nabi mengalir lewat ulama tertulis dalam hadits yang catatan dokumentasi jalur periwayatnya begitu rapi. Ada yang sekedar dari mulut ke mulut dari Nabi ke para ulama dari jalur sahabat hingga kita sekarang”

    Karena itu Nabi berkata diangkatnya ilmu oleh Allah itu bukan karena ilmunya hilang. Tapi karna ulama yang menguasai ilmu tsb wafat. Ini ada haditsnya. Cari saja sendiri.

    Imam Ahmad bin Hanbal sendiri berkata: Untuk jadi Mujtahid selain Hafal Al Qur’an harus menguasai minimal 500.000 hadits. Imam Malik selain menguasai hadits juga punya 900 guru dari kalangan Tabi’in (anak sahabat Nabi) dan Tabi’it Tabi’in (cucu sahabat Nabi). Dia dapat ilmu dari Ahli Madinah yang belum tentu 50% ilmu tsb tertuang di hadits. Contoh, berapa banyak sih perkataan kakek atau bapak anda yang anda tulis untuk anda sampaikan ke anak cucu anda?

    Jadi beragama juga harus pakai akal. Ikuti ulama selaku pewaris Nabi. Jangan berlagak jadi Mujtahid dgn bilang: “ini tidak ada haditsnya” padahal anda tidak menguasai 500.000 hadits. Modal cuma belajar dari internet… ��

    Andai tahu Al Qur’an dan Hadits pun bisa jadi sekedar keledai yang membawa kitab. Atau kaum muda yang Al Qur’an dan Hadits cuma di kerongkongan. Tidak paham dan tidak diamalkan. Kurang adab dan akhlak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari zaman nabi adam, dari nabi idris, dakwah nabi selalu mndapat cemooh dari orang kafir yg jumlahnya lebih byk. Bahkan zaman sekarngpun dari salafi saat berdakwah jg mndapat cemooh bagi orang2 yg awam ilmunya dalam islam. Semoga saja orang2 yg mencemooh salafi itu segera diberi hidayah oleh Allah. Memang berat ajak orang tuk kejalan yg lurus. Kadang mndapat perlawanan cemoohan jd salah paham padahal hy beri petunjuk kalau itu jalan sesat.

      Hapus
  89. Semuanya benar, berdasar al qur'an dan sunah nabi. Semua tidak salah. Perlu sedikit diketahui, belakangan ini di Timur Tengah bermunculan sekte - sekte / golongan-golongan / aliran aliran yang mengatasnamakan Islam. Sekte2 ini bentukan kaum yahudi/Israel dan negara2 barat anti Islam.Mereka ingin memecah ukhuwah Islamiah.Dan kini sudah merambah di negara2 Yang penduduknya mayoritas Moeslim seperti Indonesia.Ini sudah terjadi di jaman Rosullulloh, karena mereka takut kekuatan Islam. Sabda Rosul " Agama ini (Islam) semula kecil dan diakhir jaman akan kembali kecil". Untuk itu saudara saudaraku, mari berjabat tangan, bersatu dalam jamaah, jangan mudah terpancing ajaran2 yang merongrong Islam.Ingat sesama Moeslim adalah saudara, darah dan dagingnya haram.tetap jaga ukhuwah Islamiah.

    BalasHapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  91. Mgkin Inilah slah satu 73 GOLONGAN yg dimksud NABI S.A.W, yg akn memecah belah agama islam.
    pdhl NABI S.A.W, hnya mnganjurkn kt utk mngikuti Al-qur'an, sunnahnya dan para salafus shohih. Bkn brrti kt mngikutinya smbil mmbentuk suatu klompok ato organisasi-organisasi. Yg jls sdh dilarang ALLAH S. W. T. (surah al-an'am - 159)
    Jk brlainan pndapt mk kmbalikan kpd ALLAH S.W.T dan Rasulullah.
    “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”.QS An-Nisaa [4]: 59

    BalasHapus
  92. Kalau HTI dibubarkan...
    Islam akan menjadi kaum mayoritas namun lemah... dalam arti akan mudah di injak injak kelompok lain...

    BalasHapus
  93. Kalau HTI dibubarkan...
    Islam akan menjadi kaum mayoritas namun lemah... dalam arti akan mudah di injak injak kelompok lain...

    BalasHapus
  94. Allah kuasa mahluk tdk kuasa. DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA (DSAS) yg benar datangnya dari Allah sedangkan yg salah datangnya dari saya

    BalasHapus
  95. Allah kuasa mahluk tdk kuasa. DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA (DSAS) yg benar datangnya dari Allah sedangkan yg salah datangnya dari saya

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. salafi itu bukan nama organisasi tertentu

    BalasHapus
  98. Ini yg menimpa keluarga saya skrg, keluarga kecil saya yg saya idamkan, retak. Salah satunya karena hal ini

    BalasHapus
  99. Untuk sesama islam kita perlu waspada, bisa saja yg memberikan komentar ataupun yg membagikan suatu kirim itu orang-orang kafir yg ingin memecahbelahkan islam. Islam itu satu islam itu indah tidak ada permusuhan tidak ada kebencian.

    BalasHapus
  100. Sy cm mau crt aja,Tmn sy ada beberapa orang menganut aliran yg mengklaim hny mrk dr 73golongan yg bakal masuk surga,padahal br 1th blkgn ini rajin sholat dan jidat'y sengaja dihitamin spy kelihatan org yg sdh lm alim,pdhl kbnykn Dr tmn sy itu ngaji aja buta huruf,mrk sm sekali tdk mau mendo'a kan org tua yg sudah meninggal,menurut pemahaman mrk pahala tdk bs dilimpahkan atau sdh terputus apabila org sdh meninggal,dan org tua mrk daluhu secara tdk langsung dianggap sesat dan masuk neraka,setiap cerita mslh agama mrk selalu menganggap org lain yg tdk sejalan pasti masuk neraka karena ajarn'y bnyk yg sesat,mrk selalu mencari kesalahan org lain Dr mulai tata cara sholat dll selalu diperbandingkan dg YouTube versi mrk,ustad mrk dan kitab2 karangan mrk,sy pikir kacau nih,brrti selama ini mulai Dr Kakek buyut sy psti msk neraka jg,karena semua pendahulu Dr mulai wali singo jg msk neraka,walau begitu sy ttp ikut pendirian sy,krn menurut sy Allah itu maha pengasih dan penyayang,semoga kita sesama muslim jg begitu.

    BalasHapus
  101. Dengan berTauhid bukan hanya teori dan beribadah dengan berpegang teguh pada Al Qur'an dan Hadist, Insya Allah Ibadah kita benar. Dan jangan lupa pula..jangan sekali kali menggampangkan ataupun berlebih-lebihan dalam ber agama. Wallahu A'alam

    BalasHapus
  102. Salafy secara arti adalah terdahulu, dan yg dimaksud terdahulu dalam agama ini adalah generasi awal yg menimba ilmu langsung dari Rasul Salallahu alaihi wassalam, siapakah mereka ???
    yaitu para sahabat tentunya, kemudian anak2 keturunan para sahabat yg menimba ilmu dr ayah2 mereka dan disebut tabiin, kemudian cucu para sahabat yg menimba ilmu dr anak2 sahabat dan disebut pula tabiut tabiin, merekalah yg disebut sebagai salaful ummah, generasi terbaik ummat ini, yg menjaga kemurnian agama ini dari tangan2 jahil yg tidak suka tegaknya sunnah, dan setiap manusia yg menisbatkan dirinya serta mengikuti seluruh gerak geriknya, amalannya, ibadahnya, serta mengamalkan quran w sunnah sesuai dengan pemahaman mereka (salaful ummah) merekalah yg disebut sebagai salafyyin yaitu para pengikut salaf.
    sy pikir baik bila kita menisbatkan diri kepada salaf, karena mereka generasi terbaik ummat ini, yg menjaga kemurnian agama ini, apa salahnya kita bangga dengan mengaku sebagai salafy, bukan kah bagus karena kita mengikuti jalan mereka, ilmu mereka, pemikiran mereka, karena mereka dididik langsung oleh manusia pilihan, manusia terbaik dimuka bumi ini yaitu Rasulullah Salallahu'alaihi wassalam. dan Rasul memerintahkan kita untuk mengikuti mereka, para salaful ummah.
    justru jd tanda tanya besar bila kita tidak mengikuti mereka ???
    renungkan wahai saudaraku semua...

    BalasHapus
  103. Bismillah
    Assalamu'alaikum

    Kita semua muslim bersaudara. Mari kita belajar dan terus belajar sampai ajal menjemput. Semoga kita semua di diberi hidayah dan rahmat dari Allah.
    Muhasabah diri, hati2 dalam berkomen dan membuat pernyataan. Kita hanya manusia bodoh yang terus harus belajar mengenal. Sudahkah kita amalkan membaca Alquran, menghapal Alquran, dateng ke majelis ilmu, sholat 5 waktu. Tersenyum dan masih banyak lagi hal2 yang perlu kita amalkan. Malu rasanya ibadah2 kita msh byk yg perlu di diperbaiki. Kita belajarpun belum tentu diterima Allah.kalau kita belajar Insya Allah akan dipahami.

    Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  104. Bismillah
    Assalamu'alaikum

    Kita semua muslim bersaudara. Mari kita belajar dan terus belajar sampai ajal menjemput. Semoga kita semua di diberi hidayah dan rahmat dari Allah.
    Muhasabah diri, hati2 dalam berkomen dan membuat pernyataan. Kita hanya manusia bodoh yang terus harus belajar mengenal. Sudahkah kita amalkan membaca Alquran, menghapal Alquran, dateng ke majelis ilmu, sholat 5 waktu. Tersenyum dan masih banyak lagi hal2 yang perlu kita amalkan. Malu rasanya ibadah2 kita msh byk yg perlu di diperbaiki. Kita belajarpun belum tentu diterima Allah.kalau kita belajar Insya Allah akan dipahami.

    Wassalamualaikum.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here