PasangIklanGratis buat blog jadi MESIN UANG PasangIklanGratis PASIF INCOME 6JT/BLN TRIK BISNIS TOP buat blog jadi MESIN UANG TRIK BISNIS TOP TRIK BISNIS TOP

Apakah Salafy Itu? Apakah Salafy Merupakan Aliran Sesat Dalam Islam?

Apakah Salafy Itu? Apakah Salafy Merupakan Aliran Sesat Dalam Islam? Beberapa orang baik dari kalangan muslim maupun non muslim seringkali menanyakan hal ini. Sebenarnya tidak ada yang salah dari Salafy, karena Salafy hanyalah julukan sebuah gerakan yang bertujuan menjalankan ajaran Islam sesuai cara cara yang dicontohkan oleh orang orang salaf. Tetapi fenomena sejarah menunjukkan bahwa hampir setiap gerakan mengalami distorsi dari gagasan awalnya, dan Salafy adalah salah satunya. Itu sebabnya sekarang ini makin mudah dijumpai tokoh maupun pengikut Salafy dalam banyak hal bukannya menunjukkan perilaku kaum salaf, tetapi malah lebih mirip tabiat kaum Khawarij, yang kontraproduktif terhadap perkembangan Islam secara umum. Kenapa demikian?

Apa Itu Salafy

Kata salaf merupakan kependekan dari salafus shalih (kaum shalih yang terdahulu), yang merupakan julukan atas tiga generasi awal umat Islam, yaitu generasi sahabat, tabiin dan tabiit tabiinPokok ajaran dari ideologi dasar Salafi adalah bahwa Islam telah sempurna dan selesai pada waktu masa Muhammad dan sahabat-sahabatnya, oleh karena itu tidak dikehendaki inovasi yang telah ditambahkan pada abad nanti karena material dan pengaruh budaya. Paham ideologi Salafi berusaha untuk menghidupkan kembali praktek Islam yang lebih mirip agama Muhammad selama ini.


Ulama Rujukan Kelompok Salafy 
Dewasa ini kelompok yang menamakan dirinya salafy merujuk pada pemikiran Muhammad bin Abdul Wahhab (Wahabiyah), Ibnu Taimiyah, Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. Keempat Ulama tersebut dikenal sebagai ulama ulama yang paling puritan yang gigih memperjuangkan kemurnian Islam. Tentu saja hal ini tak lepas dari kondisi umat Islam di masa itu, dimana banyak beredar hadits hadits palsu yang pada tingkat tertentu sudah diyakini oleh masyarakat sebagai bagian dari ajaran pokok Islam.


Kesalahan Tokoh dan Pengikut Salafy
Gerakan Salafy adalah gerakan yang secara gagasan sangat baik, tetapi dalam perkembangannya kerapkali membuat keresahan dikalangan umat Islam, dan cenderung merusak persaudaraan dan keutuhan umat. Penyebab utamanya adalah kebanggaan yang berlebihan atas pendapat kelompok dan sikap meremehkan pendapat kelompok lain.
Satu hal fatal yang masuk dalam pikiran tokoh dan pengikut mereka adalah anggapan bahwa "Hanya kelompok salafy lah yang benar benar mencontoh nabi. Semua orang di luar salafy tidak mau mencontoh nabi" Padahal kita tahu bahwa orang orang di luar mereka juga mengajarkan hal yang sama yaitu menjalankan Islam sesuai Quran dan sunnah Nabi.
Artinya semua muslimin dari kelompok manapun adalah salafy, bukan cuma yang memakai nama salafy saja. 


Kelompok Salafy Lebih Mirip Khawarij
Salah satu ciri kecerdasan seseorang adalah kemampuan membedakan yang benar dari yang salah. Banyaknya data yang disimpan dalam otak dapat dioptimalkan untuk memutuskan dengan tepat tingkat kebenaran suatu pendapat dengan proporsi yang tepat. Munculnya kaum Khawarij adalah pelajaran berharga buat kita, betapa pemikiran puritanis seringkali terjebak dalam pembatasan yang berlebihan.
Sedikitnya ada dua hal yang membuat kelompok salafy lebih mirip Khawarij ketimbang kaum Salafus Shalih
1.Keinginan yang sangat kuat untuk menjalankan Islam secara murni sesuai aslinya tidak diimbangi dengan akhlak dan kemampuan berpikir yang memadai. Hal ini menyebabkan isu dakwah yang mereka sampaikan lebih cenderung meresahkan. Jangankan buat non muslim, dikalangan muslim saja menimbulkan permusuhan. padahal para salafus shalih dikenal sebagai kaum yang meskipun secara ide berbeda dengan kaum yahudi dan nashrani namun dalam urusan urusan bernegara dan bertetangga mereka adalah orang orang yang paling disukai oleh masyarakat. Artinya : Kaum salaf dahulu selain berilmu menguasai betul Al Quran juga melengkapi diri dengan akhlak bermuamalah yang sangat baik sehingga baik kawan maupun lawan sangat mudah menerima kehadiran dan keberadaan mereka di masyarakat, sedangkan kelompok salafy hanya mampu menda'wakan diri sebagai berilmu ditambah akhlak buruk mereka dalam bermuamalah (merasa hanya merekalah yang salaf, diluar mereka bid'ah),..akibatnya orang orang diluar kelompok mereka jadi eneg, sebal, kesel dsb. Keberadaan mereka sulit diterima bahkan oleh sesama muslim sekalipun.
2 Seringkali mereka menyebut bahwa ulama ulama yang memperjuangkan Islam dengan cara berbeda dari apa yang mereka yakini, sebagai ulama palsu sembari menyebarkan fitnah atas mereka. Mereka mengaku tidak mengutamakan ketokohan karena yang menjadi tokoh salafy adalah Nabi Muhammad, padahal mereka mengatakan demikian itu berdasarkan omongan tokoh mereka yang tak mau disebut namanya itu. Jadi aneh bukan?

Nah dua hal diatas benar benar membuat Salafy pas banget dengan ciriciri Khawarij yang merupakan cikal bakal ekstrimitas pemikiran Islam pertama yang muncul dari kalangan orang orang yang kurang memadai dalam berpikir


Siapa  Yang Mudah Terjebak dalam Kelompok Salafy?

Yang biasanya paling mudah masuk dalam kelompok salafy adalah orang orang yang semangat keislamannya sedang menanjak tetapi kemampuan berpikirnya kurang ditambah dengan penguasaan sejarah Islam yang minim. orang orang demikian ini dengan mudah terpesona oleh pendakwah salafy yang gemar mempertontonkan kepandaian melantunkan hadits, mempresentasikan ayat quran dengan gaya pemikir dan fuqaha yang seakan akan kaliber dunia. Ketika pendakwah salafy itu mengatakan ulama  A B C D dst sebagai ulama bid ah, sedangkan ulama X Y Z sebagai ulama salaf, maka orang orang kurang akal tadi meyakini bahwa itu adalah kebenaran, dikarenakan pengetahuan sejarah dan wawasan yang sangat kurang


Bagaimana Agar Tidak Mudah Terjebak Dalam Kelompok Salafy?

Sebenarnya sangat mudah. Yang pertama, kita harus sadar bahwa banyak saudara kita kaum muslimin yang berada diluar kelompok salafy, yang sebenarnya lebih salaf dibandingkan mereka. Kaum muslimin diluar salafy yang memiliki sifat sifat salaf tersebut tidak pernah menda'wakan diri mereka sebagai salaf dan tidak pula mengklaim orang diluar mereka sebagai orang yang tidak salaf. Dan kita akan tahu dari sejarah, memang orang orang berakhlak mulia yang sebenarnya memang tidak pernah menda'wakan diri sebagai orang mulia, sebaliknya, kalau ada orang mengaku dirinya mulia tentu kita wajib bertanya bukan?
Yang Kedua, Jangan pernah terpesona dengan gaya ceramah seseorang yang tampak menguasai hadits, quran, fasih berbahasa arab, dan embel embel tampilan luar yang mirip ahli fikih atau ahli filsafat islam. Kita harus tau bahwa diluar salafy berjibun orang seperti itu. Ada satu kiat untuk memastikan apakah orang tersebut layak didengar dan diikuti kuliahnya atau tidak. Perhatikan betul pembicaraannya. Dengan penglihatan yang cermat kita akan tahu,... kalau arah bicaranya terlihat menonjolkan kepintaran dirinya, ditambah dengan celaan (kasar maupun halus) terhadap tokoh di luar kelompoknya,... saat itulah kita harus waspada,.. dia itulah orang yang lebih mirip Khawarij ketimbang kaum salaf. Karena Kaum salaf tidak pernah memuji diri sendiri apalagi mencela orang lain.

Demikian tulisan ini, jika ada simpatisan salafy atau tokoh salafy yang kurang berkenan silakan komplain. 

(by adil muhammad isa)

Related Post / Artikel Terkait:



72 komentar:

  1. Bicara tentang salafy semua ada di majalah "as-sunnah", "al-furqon", http://www.salafy.or.id atau di radio rodja dan masih seabrek lagi situs2 salaf.

    Dengan penglihatan yang cermat kita akan tahu,... kalau arah bicaranya terlihat menonjolkan kepintaran dirinya, ditambah dengan celaan (kasar maupun halus) terhadap tokoh di luar kelompoknya,... saat itulah kita harus waspada,.. dia itulah orang yang lebih mirip Khawarij ketimbang kaum salaf.
    "Karena Kaum salaf tidak pernah memuji diri sendiri apalagi mencela orang lain".

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali saya sangat khawatir dengan kesesatan mereka mempengaruhi anak muda islam, dengan ciri khas mereka mengkafirkan muslim sendiri dam menghalalkan darahnya ini bisa membuat negeri ini jadi kacau. Padahal tujuan islam adalah untuk saling mengasihi bukan saling membunuh,,semoga Allah menyadarkan mereka.

      Hapus
    2. damai... sesama muslim itu bersaudara
      yang memecah belah itulah yang dilaknat Allah
      kebenaran itu bukan hal yang harus dipaksakan tetapi dijelaskan dengan bijaksana
      ingat" kebenaran hanya milik Allah saja, silahkan cari sendiri dalilnya dalam Al-Qur'an.
      khalifah Umar bin Khattab pun berkata "kebenaran itu dari Allah, jika keputusan yang kita ambil ini adalah salah maka kesalahan itu dari Umar"
      kebiasan bangsa Arab waktu itu menggunakan *bin .... * di belakang namanya, namun ketika menyebutkan tentang kesalahan beliau tidak mengikut sertakan *bin* nya

      setiap manusia itu sudah pasti tidak lepas dari khilaf, bahkan Rasulullah SAW pun pernah khilaf (lihat SURAH ABASA)

      Hapus
  2. Salafy memang tidak berakhlak. Saya suka tulisan anda. Mohon ijin untuk disebarkan. kami cantumkan linknya. Semoga makin banyak orang islam yang berakhlak mulia, menyenangkan bagi muslim lainnya serta memikat hati orang di luar islam. tidak seperti salafy. saya yang muslim saja muak dengan kesombongan perilakunya. apalagi non muslim.

    BalasHapus
  3. kalo saya berpendapat ada baiknya kita tidak mengeneralisir semua yg bermanhaj salafi seperti itu..

    mungkin ada sebagian pihak yg mengaku berharakah salafi tp tdk mencerminkan akhlak ulama salaf -mungkin jg karena kurangnya pemahaman akan ilmu yg disampaikan oleh ustadz2 salafi sehingga jadi main apa2 diharamkan.

    bagaimanapun selama akidahnya tetap sama, mereka saudara kita

    BalasHapus
  4. justru mereka adalh saudara kita maka kita pun wajib mengingatkan.

    BalasHapus
  5. KHAWARIJ SANGAT BEDA DENGAN salafi, ...bedaya sangat jauh ..cuma sama dalam pakaian...mengenai takfir misalnya salafi sangat beda dengan neo-khawarij(MMI,jama'ah takfir,LDII) bisa dilihat dalam http://abusalma.net/

    BalasHapus
  6. @anonim)betul sekali,
    khawarij memang beda dari salafy

    kalau khawarij terus terang bahwa dia khawarij

    tapi kalau salafy itu pengecut,....karena mereka takut dibilang khawarij sehingga harus sibuk membela diri semari memakaibaju dan embel embel salaf.

    orang salaf asli tak harus mengaku salaf atau memakai baju mirip mirip salaf

    tetapi kaum salafy merasa perlu mendeklarasikan diri mereka sebagai salaf
    hal demikian semakin membuktikan bahwa sebenarnya mereka ini bukan salaf.

    memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar,.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bodoh lg kalo org mengatakan yg lainnya bodoh, contoh : rezza

      belajarlah dan cari tau apa sebenarnya yg dimaksud dgn salafy, anda sangat2 bodoh krn tdk mau belajar dan hanya pake ilmu katanya dan kira2.....persis spt penulis artikel ini.

      Hapus
    2. WAHABI ABISSS.....

      Hapus
  7. seperti ini kah islam mengajarkan umatnya?bukankah kita satu dalam islam?akan sangat buruk islam dimata orang2 yang belum beruntung karena belum mengenal islam jika mereka tau sesama umat islam saja saling mencela...
    salahkah salafy itu?orang2 didalamnya hanya ingin menegakkan sunnah Rasululloh, mungkin banyak pemahaman2 mereka yang terlalu ketat, dan itu menjadikan pandangan orang lain terhadap mereka menjadi berbeda,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum.
      Bissmillahirohmanirohim.
      Salah satu yg membuat kaum muslim makin terpecah belah adalah saling menyalahkan perilaku suatu golongan dlm praktek ibadah dlm hal ini islam. Kalau menurut saya mari kita baca bersama sama surah al kafirun. Nanti saudara akan meresapi maknanya. Wassalam

      Hapus
  8. tidak ada hujjah dalam artikel ini.MUI jakarta utara sudah mengeluarkan fatwa mengenai keberadaan Salafi.hendaknya tidak memberikan tuduhan tanpa fakta dan dalil yang shahih. Wallohualam.semoga Allah Azza wa Jalla mengampuni kita semua, allohumma amiin.

    BalasHapus
  9. kelompok kelompok radikal dalam islam termasuk salafy pada tingkat tertentu bisa didekati dengan cara yang lebih personal. walaupun memang dari kasus khawarij yang ditangani oleh Ali bin Abi Thalib pun tercatat bahwa pada akhirnya harus diambil tindakan tegas.

    BalasHapus
  10. Ini fitnah..,,kalian sebenarx yg bodoh..sepertix kalian haruz mengenal islam lebih baik lagi,,,smoga ALLAH memberikan petunjukx pada kalian!!!

    BalasHapus
  11. memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar,.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
  12. ada orang munafik atau mungkin juga orang kafir mencoba mengadu domba kaum muslimin dengan menyelipkan komentarnya di web,blog kaum muslimin hati-hati wahai ikhwah semuanya

    Ingatkah kalian dengan snough horgronye orientalis Belanda yang pura-pura masuk Islam namun pada hakikatnya dia ingin menghancurkan Islam.

    Ciri-cirinya sangat pandai beretorika, gaya bahasanya sinis/seolah melankolis padahal sadis

    BalasHapus
  13. memang benar kata pepatah:

    secara tersirat si reza mengumumkan dirinya lebih pintar dari ustadz2 salafy....benarkah?????

    ini sekaligus bumerang bagi ucapannya endiri

    perhatikan:

    memang benar kata pepatah:
    saking takutnya disangka bodoh maka orang orang bodoh sekuat tenaga mengumumkan bahwa dirinya pintar

    tapi lihatlah orang orang pintar(REZZA???),.. tak perlu mereka tonjolkan baju pintarnya.

    BalasHapus
  14. LEBIH BAIK DIAM DARIPADA SALING MEMBODOH-BODOHKAN....ORANG BODOH YANG DIAM LEBIH BAIK....DARIPADA ORANG BODOH YANG BANYAK BERTKOMENTAR.....APALAGI MEMPOSTING DI WEBSITE, ATAU PUN BLOG

    KALAU TIDAK BEGITU PAHAM....BELUM SURVEI/MENGADAKAN PENELITIAN DENGAN JUJUR DAN ADIL- MAKA JANGAN KOMENTAR...APALAGI MEMPOSTING ARTIKEL...DENGAN JUDUL YANG KONTROVERSIAL...

    WES TO NDANG DITUTUP BLOGE TINIMBANG KAKEAN MITNAH KONO-KENE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya lebih baik diam, kok elo juga komentar?

      Kaya saya ini lho, gak usah ikut ikutan komentar

      tul gak?

      Hapus
    2. Cocok...............................................................................................................................

      Hapus
  15. bukannya saya lebih pintar, tetapi dia saja yang lebih bego dari orang normal

    "secara tersirat si reza mengumumkan dirinya lebih pintar dari ustadz2 salafy....benarkah?????"

    Jawaban saya,....

    kalau ustadz yang anda maksud itu benar benar pintar, tentu dia bisa melihat jelas ketololan pemikiran salafy,...

    kalau sudah bisa lihat dengan jelas tentu ditanggalkannya sebutan salafy kemudian berkata,"wasy had bi anna muslimun" saksikanlah bahwa aku seorang muslim,....

    muslim tok gak usah pakai embel embel salafy

    jelas mas?

    jadi bukannya saya lebih pintar, tetapi dia saja yang lebih bego dari orang normal

    my name rezza

    BalasHapus
    Balasan
    1. ustad panutan anda siapa ? boleh saya tau ?
      paling2 ustad yg pola pikirnya pake dengkul......tidak berdasarkan pada hujjah yg benar

      Hapus
  16. artikel bagus.. akan tetapi lapang dada itu lebih baik, orang-orang egois pasti dibenci Allah SWT.

    karena kita sadari bukan hanya orang salafy saja yang bermanhaj ahlussunah jadi jangan merasa benar sendiri..

    BalasHapus
  17. subhanallah..
    blog yang lucu sekali... kenapa gak coba daftar srimulat??

    segala sesuatu akan dipertanggung jawabkan..

    coba pahamin bener2 isinya..jangan sampai niat anda berdakwah tapi justru menyebar fitnah..

    Imam Bukhari saja ketika menulis kitab shahihnya beliau melakukan sholat istikharah tiap menulis 1 hadis, demi mendapat petunjuk Allah..

    padahal berapa hadis yang beliau tulis? berapa total sholat istikharah yang beliau lakukan??

    apakah anda (yang punya blog ) sholat istikharah dulu sebelum menulis artikel ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. salafy asli yang tidak sombong5 April 2012 06.36

      Apakah anda komentar di sini juga istikhoroh dulu?

      Hapus
    2. Kalau bang Admanda sendiri sebelum koment shalat istikharah berapa rakaat?

      saya kira tulisan ini bagus kok jadi seperti kebakaran jenggot siih

      Hapus
    3. salafi adalah khawarij alias wahabi yang hanya menganggap diri merekalah yg benar sedangkan yg tidak sepaham deangan meraka adalah kafir ,bahkan ulama islam sekalipun, dan darahnya di halalkan, sungguh mereka sudah jauh dari kasih sayang yang di perintahkan Allah swt.

      Hapus
  18. Sebagai seorang muslim kt bersaudara,ada baiknya kt saling mengingatkan dan jangan saling menyalahkan,keyakinan seseorang gak kan bsa drubah jika sudah ada dalil yg kuat dan yang terpenting kt saling menghargai aja.

    mengenai aliran salafy, sebaiknya kt pahami dulu baru berkomentar. Secara sekilas aliran ini terasa kaku tapi apakah islam seperti itu? (menurut pendapat saya)

    BalasHapus
  19. Ketua majlis Ulama Dunia, DR. Yusuf Qardhawi meminta kepada jamaah salafiy agar mampu bersabar dan menahan emosi kepada mereka yang berbeda pendapat dengannya, baik dalam permasalahan Aqidah maupun yang lainnya. Mereka disini adalah Ikhwanul Muslimin dan Kelompok-kelompok Islam lainnya yang berhasil meraih suara terbanyak di parlemen.

    Beliau menambahkan di dalam suratnya yang terpampang di halaman resmi facebooknya, Jumat, sebagai sebuah komentar atas kemenangan Ikhwanul Muslimin dan jamaah salafiy pada tahap pertama pemilu ini "Jamaah salafiy sekarang mulai menggeluti hal baru yang sebelumnya belum pernah mereka coba dan belum pernah mereka ketahui tuntutan-tuntutan dari hal baru ini, mereka harus mampu bersabar saat berinteraksi dengan yang lain, terutama saat terjadi gesekan dengan yang tidak sependapat. Mereka juga harus mampu melatih diri dalam merubah banyak hal terkait cara dan redaksi lama yang biasa mereka gunakan."

    Beliau menjelaskan bahwa "Orang yang berakal adalah mereka yang mampu belajar dari zaman yang ia hidup padanya, dan tidak bersih keras memertahankan pendapatnya pribadi tanpa melihat tujuan dan tantangan yang ada. Jamaah salafiy juga harus melunakkan bahasa mereka terhadap golongan lain yang berbeda dengannya dalam masalah Aqidah, Dakwah dan kepribadian".

    Beliau menambahkan "Kelompok Islam, merekalah yang pertama kali mampu untuk memimpin negeri dan membangkitkannya dengan tanggung jawabnya. Hari-hari kedepan akan menjadi saksi akan hal tersebut setelah gagalnya hizbul wathon (Partainya Husni Mubarak) dan kroni-kroninya dengan bukti realita dan sejarah.

    "Kita telah terima amanah memikul negeri ini dari pemerintahan yang lalu beserta partainya yang sama sekali tidak membuat umat ini maju menjadi yang terdepan. Apa yang yang paling dibutuhkan Umat Islam hari ini adalah para fuqaha sejati yang bukan hanya memahami syariah, tapi juga memaham kehidupan". Tegasnya.

    #Sumber: http://www.almasryalyoum.com

    BalasHapus
  20. Jikalau kita umat islam berselisih faham di dalam sega
    la hal,kembalikan kepada Alqur'an dan As-Sunah Rosul
    lah SAW,JANGAN pakai hawa nafsu dan akal akalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob

      yang paling menyenangkan bila ketemu orang dia mengatakan " Im moslem"

      dan paling kesal kalau ketemu orang lebih bangga menunjukkan "saya salafy, saya NU, saya Muhammadiyah, Saya Persis, Saya ahmadiyah, Saya syiah dst dst"

      inget kata quran "wala tamutuna illa wa antum MUSLIMUN"

      jangan mati kecuali dalam keadaan muslim.

      jadi sudahlah buang saja itu embel embel salafy, tunjukkan bahwa kita semua sama sama Muslim

      selesai bukan?

      Wa asyhad bi anna muslimun

      Hapus
    2. itu yg diajar didalam salafi. .mengikut sunnah dan al-quran tnpa ditambah2..salafi=salafusoleh..yang ada didunia sekarang kebnyakan nya adalah islam yang ditambah2 dgn perkara2 bid'ah..jgn memfitnah golongan salafi..fitnah itu besar dosa dia

      Hapus
  21. jangan berdebat

    BalasHapus
  22. Sebelum saya mengenal salaf saya juga sama seperti penulis sangat membenci yg namanya salafy, saya juga termakan isu seperti apa yg anda sampaikan. tapi ketika saya mengenal seorang teman salafy yg menegakkan sunnah pada dirinya tidak saya temukan seperti apa yg anda gambarkan ttg salafy. dan Alhamdulillah skr sy berada dlm barisan ahlussunnah dan terus berusaha menjadi salafy sejati.
    ikuti ta'lim salafy insyaAllah paradigma anda akan berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantan embel embel salaf20 April 2012 08.02

      sebelum saya keluar dari salafy, saya juga seperti anda, tertipu dengan istilah2 salaf. setelah saya belajar lebih banyak tentang nabi dan sahabatnya, saya makin mantab bahwa semua pengikut ajaran nabi tidak pernah mengatakan "ana salafus sholeh" tetapi mereka semua mengatakan " wa asyhad bi anna muslimun" atau " I'm a moslem" muslim thok tanpa embel embel apapun. semua orang yang menyatakan dirinya islam maka dia saudara saya meskipun tanpa embel embel salaf. understand?

      Hapus
    2. Sejak kapan ada penamaan SALAFY? kenapa Harus menamakan SALAFY? Syar'i kah istilah SALAFY? semua akan terjawab jika anda rutin mengikuti ta'lim bermanhaj SALAF

      Tidak Mungkin Seorang muslim yang benar aqidahnya Brsaudara dalam hal aqidah terhadap orang yg mengaku muslim tetapi mengkafirkan para sahabat (Syi'ah Rafodoh), atau yang mengaku muslim tapi berdo'a & meminta kepada penghuni kuburan, atau mereka yang mengaku muslim tapi tidak mengkafirkan yahudi & nasrani (JIL)

      Hapus
    3. tunggu balasan diakhirat jika anda terus memfitnah golongan salafi..disana kita akan tau kebenaran..wallahualam

      Hapus
    4. Fitnahnya yang mana?

      Hapus
  23. assalamu alaikum, sesama muslim adalah saudara, sekarang bagaimana caranya sesama saudara mencari cara saling tolong menolong agar terhindar dari neraka jahanam, kalau sudah baca artikel tentang hakikat neraka (hiyy amit2 deh) wah..bubar deh segala perdebatan..:)

    http://mimbarjumat.com/archives/734


    kita harus mempelajari dan mengikuti Alqur'an dan As-Sunah Rosulullah SAW serta ahlussunah wal jamaah agar terhindar dari api neraka. amin. Mohon maaf kalau ada salah kata dan yang kurang berkenan.

    wassalam

    BalasHapus
  24. tak ada yang salah dengan salafy, yang perlu diluruskan adalah orang yang merasa diri dan kelompoknya paling salaf.
    jika orang salafy merasa dirinya saja yang paling salaf, dan kelompok lain tidak salaf,...maka pada saat itulah dia tidak mirip dengan salafus sholeh

    BalasHapus
  25. Betul tujuan utamanya faham ini sangat bagus cuman aplikasi pengikut belakangannyalah yang kelewat over sehingga ummat jadi semakin menjauh dari al-Islam

    BalasHapus
  26. penuntut ilmu islam1 Agustus 2012 21.30

    we3,apa yang kalian perdebatkan itu ndak ada manfaatnya,klau hati dah sama2 tak terkendali mending,rehat dulu,jangan2 kalian tlah dibimbing syaiton,klau aku sih usulny baiknya kita memperdalam ilmu kita aja,dgn gitu nanti kita akan ketemu di satu jalan yaitu islam.siapapun kita nih,apapun ormasny kalau mengkaji ilmu dgn lurus,insya Alloh akan ketemu ajaran Rosululloh yang sebenarnya

    BalasHapus
  27. dan berpegangteguhlah kalian pada tali agama Allah, dan jangan berpecahbelah

    BalasHapus
  28. kenapa saling berdebat...semua nya kita kembalikan kepada al-quran dan hadist

    "untuk mu lah agama mu dan untuk ku lah agama ku" (QS al-kafirun:6)

    BalasHapus
  29. ...............????????????/!!!!!!

    BalasHapus
  30. wah ini yg punya BLOG orang NASRANI nih..coba perhatikan gambar burung{atas kanan}itukan logo cinta kasih dr gereja

    BalasHapus
  31. Salafi itu yang hobby'nya membid'ahkan orang lain ya???

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Bagaimana bisa orang2 yang berjuang/berdakwah menegakkan sunah2 Rasulullah malah dikatakan seperti kaum kawarij??? apa dasarnya..
    Salafy adalah seseorang yang meniti jalan mereka diatas manhaj salafush shalih(sahabat,tabiin dan tabiit tabi’in) yang mana merekalah yang dikatakan umat terbaik oleh Rasulullah sendiri karena memang mereka mau berpegang teguh pada sunah2 Rasulullah...

    BalasHapus
  34. Bukankah muslim yg satu dng yg lainnya laksana tubuh,bila sakit salah satu anggota tubuh'a yg lain akan merasakan'a bukan malah mencakar dan memakan bangkai'a (padahal berTuhan dng Tuhan yg sama,kitab'a sama,nabi'a sama,kiblat'a sama.mbok yao saling bahu membahu dlm dakwah demi kejayaan islam dan ridho Alloh)

    BalasHapus
  35. astaghfirullohaladziim....

    BalasHapus
  36. Yakinlah Alloh SWT menilai seseorang dari ketaqwaannya bukan dari saya salafy atau luar salafi dan lain sebagainya. Alloh tidak menyukai perdebatan dan saling berbantahan

    BalasHapus
  37. Penulis blog harus banyak belajar.. banyak tulisan yang ngawur atau jangan-jangan yang nulis musuh islam lagi??

    BalasHapus
  38. saudaraku sesama muslim baca surah maryam 71'surahqof 32, dan juga banyak ayat dlm alquran menyembah hawa nafsu haram.juga menyembah selain Alloh misal malakat org mati patung2dll.

    BalasHapus
  39. sy hidup dilingkungam nu dan muhammadiyah. Sy tak mau coment salafi sesat.atau yg lain sesat.dy jan mau cerita .daja.dan cerota sy dari yg saya baca juga.ada cerita kisah nyata dari seorang pendeta di kalimantan.mula2di baca tafsir Alquranadalah untuk mencari kejelekan islam.dia sudah banyk memurtadkan org islam.bshkan dia petnah mrngatakan nabi muhammad istrinya banyak seprti hewan.semua ayat2 dlm alquran berhasil di mentahkan/di jelek2kan tapi dis tifak bida membantah /menjelek jelekkan surah Al ikhlas.karena bertentangan dgn injil.pd suatu hari dia mimpi melihat seorang tua di padang pasir.tubuhnya tak gemuk tak kurus tak terlalu tinggi tak telalu pendeksedang2 saja.kalo dilihat dari belakang laki2tua ini seperti umur 60 tahunan.karena rambut dan jenggotnya sudah putih semua.tapi sungguh aneh kalo dilihat dari wajahnya laki2 tua ini tak seperti kebanyakan orang yg berumur 60 tahun wajahnya ganteng tak ada kerut tua bahkan baru sepetti umur 25tahun.di lihat dari raut muka dia laki2iniseorang yg bijaksana. Karena beberapa kali pendeta ini mimpi laki2 yg sama.dia jadi ketakutan akhirnya dia cerita ssma sang istri.istrinya menyarankana agar suaminya tanya tentang mimpinya pada ustaz islam. Istrinya mikir kalo punya jenggot biasanya tokoh islam.akhirnya dia turut saran istri. dia tanya pd ustaz ustadz bilang anda mimpi rasul muhammad. S A W. akhitnya dia masuk islam sama keluarganya semua.dan dia bilang ajaran agama islam dan kristian hampir semuanya sama yaitu kasih sayangsesama manusiahanya satu yg tak sama kalo di kristian Alloh beranak dan dianakkan tapi kalo diislam surrah Al ikhlas.dan dis bilang walau setelah islam dia tidak sekaya waktu jadi imam kristian hati dia skrg lebih bahagia.sbb waktu jadi imam kristian dis dikirim uang sama yahudi.dan saudaraku sesama muslim mmg kalo kita baca sejarah rasullulah Muhammad saw.mmgbeliau bilang bsrang siaps setelah kematianku mimpi tentang diriku itu benarlah adanya diriku karena syaiton tidak bisa menyerupai diriku. Wassallam .

    BalasHapus
  40. maaf sy ngetik banyak salah karena layar terlalu kecil tapi sy kira pembaca bisa mengoreksi sendiri dimana letak salah saya dan maksud cerita saya,sy tap hp bukan komputer

    BalasHapus
  41. besok ada kajian SALFI di masjid deket ane .. kalo ada yang mau ikut silahkan ...
    dan jujur semua yang di katakan di artikel ini tidak 100% benar....
    salafi yang di dekat ane sanggat membela sunnah dan menentang BID"AH

    BalasHapus
  42. sdh banyak sekali komentar - komentar pro dan kontra di bog ini. tak sadarkah kita semua kita sedang bertengkar.. sadarlah....saudaraku.. allah tuhanku muhammad nabiku.. kita semua satu... jika kita mmg pintar analisalah lebih baik jika kita bodoh coba gali lebih dalam lagi.. termasuk saya bodoh....saking bodohnya z tidak tau siapa diantar kalian yg benar-benar "salaf"... semoga allah mengampuni kita semua amiiin

    BalasHapus
  43. simak situs wahaby www.wahabyindonesia.wordpress.com

    BalasHapus
  44. keraguan saya pada salafy memang berawal dari sukanya mereka memuji diri dan menganngapan remeh mereka pada yang lain...
    saya cenderung suka mengalah untuk menghindari konflik saat debat dengan mereka.
    saya malah sering mengatakan jangan selalu tunjukan perbedaan karna inilah kelemahan islam yang mudah di adu domba.

    BalasHapus
  45. Kalo ngaji jangan di satu tempat/kelompok saja karena cara pikir jadi sempit. Penulis artikel ini menurut saya sudah berusaha neluruskan cara pikir orang yg keras kepala dan cethek pemikirannya.

    BalasHapus
  46. kita wajib mengikuti alquran dan sunnah, yang harus kita tanya pada diri kita sudah sesuai Alquran dN SUNNAH KAH YANG KITA LAKUKAN SELAMA INI, itu yang penting ketimbang kita menyalahkan orang lain.

    BalasHapus
  47. Nu, Muhammadyah, LDII, HT, IM, Salafy hanya sebuah kelompok atau wadah yang tujuannya adalah satu yaitu surga , untuk mencapai surga ada bekal yang kita bawah yang terterah di dalam Al Quran dan Sunnah SAW, sudahkah kita jalankan hanya sesuai Alquran dan sunnah SAW atau kita tambah tau kurangi sesuai kebutuhan kita sendiri atau kita jalankan perintah Allah dan SAW tapi kita juga menyembah setan atau makan minum yang haram. atau sudah bearkah jalan yang kita tempuh sesuai alquran dan sunnahSAW itu yang harus kita garis bawahi ketimbang kita melihat orang dan ikut menyalahkan orang lain

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Tak perlu melihat siapa yg berkata dan dari aliran mana ... Buat ane selama yg dia sampaikan benar dan berasal dari dalil shahih ya ikuti ... Kalo ga jelas dalilnya ya tinggalkan dan ga usah debat kusir ... Gitu aja koq repot ...

    BalasHapus
  50. jangan di perdebatkan.. insyallah kita semua dlm perlindungan allah.. klw dri klmpok salafi mengklaim dirinya lebih sucih dan benar.maka kita harus mendoakannya, bukan memusuhinya..kita juga harus yakin kalau kita juga punya jalan yg sama seperti mereka berpikir tentang kebenaran mereka..semua orang juga pasti mengklaim kalau dia itu ahlisunnahwaljammah(sunnih)atau salaf..kita ini sekarang hidup dijamannya para ulama bukan di jaman para nabi dan sahabtnya.jdi kita harus yakin bahwa kita juga di jalan yang benar. salaf adalah muslim jamaah yang keras dan tegas. yg penting jangan seperti siyah yang mengklaim dirinya islam tpi menyimpang dari segalah hal yg di gariskan oleh allah swt. mungkin itu dlu ya ..trimakasih asalamualaikum warmatulahi wabarakatu

    BalasHapus
  51. Kebanyakan orang yg baru belajar Islam dan langsung masuk ke salafy selalu merasa benar dan membid'ahkan org lain dan dlm bertetangga merekapun menarik diri, lha mbok Yao walaupun pemikiran berbeda intinya kitakan sama2 muslim jgn menyalahkan yg lain, slg menghormati dan tetap menjaga tali silaturrohim

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. yang punya blog gak komen? katanya kalo gak sesuai silahkan komplain?

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here