BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Kapan Mulai Puasa Ramadhan Tahun ini?

Sebentar lagi Ramadhan, bulan yang ditunggu oleh kaum muslimin akan datang. Banyak orang bertanya kapan hari apa dan tanggal berapa kita memulai puasa Ramadhan tahun ini? Ada yang melihat kelender, ada yang mencari tahu dari beberapa masjid dan kantor ormas, ada yang mencari tahu di internet, ada pula yang menunggu saja pengumuman dari Pemerintah. Ada yang mengatakan 1 Ramadhan = Selasa 9 Juli, ada yang Rabu 10 Juli, bahkan mungkin ada yang selain dua hari itu. Jadi yang benar gimana?


Muhammadiyah telah mengumumkan berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh para ahli falak yang duduk dalam Majelis Tarjih dan Tajdid, bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa 9 Juli 2013. Muhamadiyah menyandarkan penentuan awal Ramadhan dan Syawal pada metoda Hisab Wujudul Hilal, dimana perhitungan dilakukan untuk menentukan saat saat terjadi kunjungsi antara Bulan dan Matahari, dan perkiraan posisi bulan-matahari saat matahari tenggelam. Dalam metoda ini terdapat beberapa pendapat berbeda dalam menentukan batas bulan baru. Meskipun demikian hasil perhitungan yang telang dilakukan ( konjungsi terjadi 8 Juli 2013 jam 14:15:55,…Untuk Yogya, perkiraan tinggi hilal saat matahari terbenam adalah 0,7 derajat) disepakati menjadi dasar penentuan bahwa Hilal sudah Wujud sore itu. Artinya esok hari 9 Juli 2013 = 1 Ramadhan

Sementara itu kaum muslimin selain Muhammadiyah belum mengumumkan secara resmi kapan tanggal 1 Ramadhan, dan tampaknya mereka menunggu sidang itsbat yang akan diselenggarakan Pemerintah RI pada hari Senin 8 Juli 2013.

Tanggal 8 Juli adalah bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban. Sidang Itsbat adalah sidang yang dilakukan untuk menentukan apakah esok harinya, 9 Juli, untuk Wilayah Indonesia sudah masuk 1 Ramadhan atau masih tanggal 30 Sya’ban. Data yang dijadikan sandaran pengambilan keputusan dalam sidang tersebut adalah data observasi visibilitas Hilal yang akan dilakukan serentak di beberapa tempat di seluruh wilayah Indonesia. Yang bertugas mengamati adalah para ahli falak dan praktisi astronomi dari berbagai ormas Islam yang diharapkan ikut terlibat. Data ini kemudian dibahas dalam sidang dengan mempertimbangkan beberapa aspek keilmuan kemudian ditarik satu kesimpulan apakah Saat Maghrib 8 Juli 2013 itu sudah 1 Ramadhan atau masih 30 Sya’ban.

Seperti lazim diketahui bahwa hari dalam bulan bulan Qomaryah dimulai sejak matahari terbenam, bukan saat terbit. Dan Kaum Muslimin sepakat bahwa penentuan awal bulan adalah didasarkan pada perintah Rasulullah untuk melihat penampakan hilal di saat matahari terbenam. Sidang Istbat mengakomodir beberapa ormas Islam yang masing masing memiliki cara pandang atas perintah melihat hilal ini. Jika Muhammdiyah menggunakan metoda Hisab Wujudul Hilal maka Sidang Istbat menampung beberapa data dan saran keputusan baik dari yang menerapkan metoda Hisab maupun yang melakukan observasi pengamatan Hilal sesuai yang diperintahkan dan dicontohkan Rasulullah SAW. 

Jadi kapan nih 1 Ramadhan nya? Bagi yang tidak memiliki waktu untuk mencermati mekanisme penetapan tanggal, bisa mengikuti mana saja sesuai kemantapan hati. Ikut ketetapan Muhammadiyah atau menunggu hasil sidang Itsbat Pemerintah. Bagi yang memiliki waktu hendaklah menyimak dengan teliti beberapa pendapat ada. Karena sebenarnya acuan penetapannya adalah sama yaitu fakta astronomis tentang gerak semu bulan dan matahari. Perintah Rasulullah dan ayat Quran yang dijadikan sandaran pun sama. Persoalannya adalah bahwa cara memahami Fakta Astronomis (ayat kauniyah), sunnah Rasul, dan ayat Quran nya saling berbeda bergantung kapasitas keilmuan, latar belakang pendidikan dan pertimbangan lainnya.

Related Post / Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here