BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Masuk ISLAM Gara Gara Iklan Bus Umum CHICAGO

Got Questions? Get Answers Demikian iklan besar terpampang di badan bus penumpang Chicago. Banyak orang terperangah dengan tulisan memanjang atas kaca, " ISLAM adalah jalan hidup Nuh, Ibrahim, Musa, Yesus, dan Muhammad" dan kalimat ini pula yang membuat mereka ingin tahu lebih jauh. Ujung ujungnya mudah ditebak. Mereka masuk Islam. Subhanallah. Bagaimana ceritanya?

Tidak sia-sia usaha Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA) mempromosikan ajaran Islam dengan memanfaatkan segala lini komersial. Melalui program tersebut, tak sedikit warga AS yang akhirnya memeluk Islam.

Cukup besar dana yang mereka keluarkan, yakni 30.900 dolar AS, guna menempatkan iklan pada setiap bus di Chicago. Iklan yang ditempatkan cukup sederhana, mereka hanya menaruh nomor telepon 800 662 di bawah tulisan "Anda bertanya Tentang Islam".

Iklan tersebut dipasang selama satu bulan, mulai 19 September - 20 Oktober 2011. Mengingat tingginya minat dan antusiasme masyarakat terhadap iklan, tak kurang dari 300 ribu penelpon, ICNA memutuskan memperpanjang iklan tersebut sampai 23 November.

Ketika warga Chicago yang penasaran menelpon, GainPeace pun memberikan mereka satu eksemplar Kitab Suci Al Qur’an dalam bahasa Inggris, majalah tentang pesan-pesan Nabi Muhammad, juga berbagai brosur serta buku bertopik Islam.

Pihak yang berkampanye mengatakan tujuan iklan dengan bus adalah mencari jalan terhormat untuk mengajak orang menuju Islam. “Tema memang Islam, yakni cara hidup berbagai nama Nabi,” ujar Sabeel Ahmed, Direktur GainPeace. “Pesan yang terletak di atas dan dibawah dimaksudkan untuk menarik banyak orang,”.

Ahmed menyatakan, nomor hotline dan situs online akan mempermudah orang untuk tahu lebih banyak tentang Islam. Kesempatan menghubungi Muslim berpengetahuan untuk menjernihkan salah paham, bias, dan ketakutan pun menjadi lebih terbuka.

“Kami ingin menciptakan kanal melalui website sehingga orang dapat berinteraksi dengan kami, atau bekerjasama di hal-hal yang sama, dan mengenal satu sama lain lebih baik,” kata Sabeel.

Leslie sendiri meyakini, kalimat sederhana namun kuat secara visual dengan hanya “Got Question? Get Answer” (Ada Pertanyaan? Cari Jawaban) adalah cara cerdas untuk memikat perhatian orang. “Saya pikir itu ide yang cemerlang..saya tidak pernah melihat sebelumnya,” ujar Leslie.

Peran GainPeace tidak hanya berakhir dengan mendidik orang tentang Islam. Ketika orang memeluk Islam, lembaga itu menunjuk seorang, Big Brother atau Big Sister yang menjadi mentor bagi Muslim baru dengan memberi informasi, dukungan, dan nasehat. “Mentor ini seperti malaikat pelindung,” seloroh Sabeel.

Si mentor dan Muslim baru tersebut bertemu tatap-muka dan menjaga hubungan lewa surat, email atau telepon. Lelaki yang memilih Ilyas, sebagai nama Muslim barunya, mengaku senang dengan sang mentor. “Ia sangat membantu. Ia memberi saya banyak buku untuk membuat lebih maju,” ungkap Leslie.

Leslie mengatakan semakin banyak ia tahu tentang agama barunya, ia semakin percaya diri jika telah membuat keputusan benar. “Ini benar-benar sempurna bagi saya,” aku Leslie. “Sangat sulit menjelaskan ketika sesuatu itu benar untuk kita. Rasanya seperti akar yang menghunjam di dalam dan kita menemukan rumah untuk kita.” ungkapnya.

Iklan tentang islam di Chicago tidaklah sendiri. ICNA, organisasi akar-rumput berbasis di New YOork dengan 22 cabang di AS, telah mengorganisasi kampanye serupa di Seattle dan New York. Untuk kota Big Apple misal, 1.000 iklan dipasang pada jalur mobil terowongan bawah tanah bulan lalu, menampilkan format visual pertanyaan yang mungkin muncul tentang Islam.

Kampanye yang sukses itu membuat kota lain di AS dan Kanada pun melayangkan permintaan kepada lembaga tersebut untuk membantu program serupa.

Dalam sebuah survey terkini mengungkapkan, jika mayoritas warga AS hanya tahu sedikit tentang Islam, dan meyakini jika tidak ada persamaan mendasar antara keyakinan Muslim dan kepercayaan Nasrani mereka.

Related Post / Artikel Terkait:



1 komentar:

  1. Suatu usaha di jalan Allah yang sangat mengispirasi

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here