BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

"Daqoiqul Akhbar" Buku Sesat Rujukan Pesantren, Thariqat dan Sufi

Jika kita tanyakan pada tokoh pesantren tradisional mengenai buku "Daqoiqul Akhbar" Sebagian langsung mengangguk dan memberikan penjelasan bahwa buku itu diajarkan di pesantren untuk santri tingkat lanjut. Akan tetapi lucunya, tak banyak yang tahu bahwa buku itu di karang oleh orang yang tidak jelas identitasnya. Bahkan menurut data perpustakaan Al azhar Cairo, sedikitnya terdapat tiga buku dengan isi yang sama tapi pengarangnya berbeda. Dan Yang paling menghhawatirkan adalah filosofi kaum Zindiq seperti sengaja menjadi bagian utama bahasan buku ini. Bagaimana penjelasannya?

Related Post / Artikel Terkait:



119 komentar:

  1. Para kyai tentunya lebih tau mana kitab yang lebih dapat dipercaya maupun tidak. Sehingga ketika menuliskan artikel, seharusnya anda cantumkan sumber yang benar2 AKURAT agar tidak semakin menyesatkan orang lain alias tidak bertujuan meruntuhkan apa yang sudah orang yakini dengan tulisan2 anda yang memprovokasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ali rafsanjani11 Juli 2012 20.27

      kalau anda gak mau disesatkan oleh siapapun, pakai tu quran. kalau daqoiqul akhbar itu sesuai quran ya berarti benar, kalau bertentangan dengan quran ya sesat gitu aja kok repot.
      tapi emang para sufi itu menjadi pintu dari faham zindiq ati ati aja, yang merasa sufi dan tersinggung boleh kealan ama saya, saya tunjukkan bahwa banyak terminologi dalam sufi yang menyesatkan banyak orang

      Hapus
    2. emangnya yg berhak menyesatkan keimanan itu siapa sih??
      Tuhan atau makhluq??

      Hapus
    3. saya sudah baca dan isinya tidak ada yang bertentangan dengan al quran

      Hapus
    4. daqoikul akbar itu di karang oleh seorang syeh[waliyullah].tapi aku lupa namanya,aku juga punya bukunya tapi di pinjam temanku,mugkin sudah hhilang

      Hapus
    5. Nah ini pelajaran buat saudara2 ku yang lain.. jangan membaca kitab daqo.. apalagi baca novel.. majalah.. artikel.. dijamin isinya ngaco semua.. kagak ada hadist sama dalil al quran nya.. untuk itu.. mari kita budayakan bahasa indonesia diganti bahasa arab.. baca buku diganti baca quran.. pakai pakaian harus seperti orang arab.. ente faham semua.. :v

      Hapus
  2. Qur'an , Hadits adalah pegangan hidup umat islam, tapi dalam hal lain ada yang namanya ijma ulama yang bersumber dari kedua nya.
    banyak ulama dan kyai dimasa lalu meninggal nya penuh Karomah, sedang yang menulis artikel ini apa lebih baik dari mereka yang sudah wafat terdahulu.
    Islam itu tidak sempit bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin penulis ini tidak lebih soleh. tapi yang jelas buku daqoq akhbar itu lebih tolol dr buku manapun di dunia. coba buka bab tentang penciptaan panca indra. disitu dituliskan tuhan menciptakan gigi sebagai pengecap rasa manis HA HA HA TOLOL BENER NIH PENGARANGNYA bisa kita jitak reme rame tuh

      bukankah itu penghinaan terhadap islam. apalagi kalau menisbatkan pendapat itu sebagai hadits atau wahyu dari tuhan wah semprul betul tuh

      Hapus
    2. Atas dasar apa anda berargumen,bahwa daqoiqul akhbar sesat,didunia ini semua milik allah kan..kau bodoh

      Hapus
  3. baynak ulama dahulu yang kebodohannya tertutupi karena gak ada yang berani protes atau bertanya. kalau sekarang begitu ada yang sok ulama langsung ketahuan. Saya salut sama penulis. berani membandingkan sebuah buku "suci" pesantren dengan Quran. Lepas dari pinter atau tidaknya pak penulis,..yang jelas cara yang dia tempuh sudah sangat tepat. prinsipnya begini. Buku apapun karangan siapapun kalau tidak sesuai dengan quran maka buku dan pendapat ulama tersebut otomatis batil. buat pak penulis, teruslah menulis, jangan takut, selama anda menyandarkan argumen anda pada Quran, maka tak akan ada hujah yang bisa membatalkan anda, meskipun dia ulama tarekat yang mengaku atau disebut suci penuh karomah sekalipun. kalau benar ulama itu suci penuh karomah maka mustahil dia membuat buku yang seperti daqoiqul akhbar itu. buku zindiq penentang quran terselubung.
    kepada pembaca sebaiknya sebelum koment lihat dulu itu buku zindiq daqoiqul akhbar yang dimaksud oleh penulis.
    kalau anda sudah baca dan anda waras, saya pastikan anda juga akan sependapat dengan penulis. bravo penulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu juga yang yang nulis ahli ibadah ,kalo buku itu bisa membuat orang bisa ibadah dan dekat sama allah apa salahnya

      Hapus
    2. bukan jadi ahli ibadah mas
      malah jadi kafir zindiq
      karena disitu disebutkan bahwa segala sesuatu berasal dari nur muhammad

      malahan filsafat emanasi juga masuk dlam buku itu

      sumber sumbernya katanya hadits tapi kebanyakan hanya berupa khobar "katanya si snu dsb.

      pemahaman takdir zindiq jabaruyyah juga ada dalam buku itu

      Hapus
  4. kalo ingin membuktikan benar apa gak kitab ini ,apabila ada orang meninggal mulai nazak tanda tandanya pegang kakinya kalo kakinya dingin pahanya hangat itu tandanya sudah dekat detailnya baca sendiri kitab ini itu sudah di ceritakan dalam kitab ini ,saya sudah membuktikannya ,dan kamu juga harus membuktikanya sendiri,jangan bilang sesat kalo kamu sendiri belum membuktikan sendiri kebenaranya,jangan menjauhkan orang yang inigin dekat sama allah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti benar kitab itu kitabnya orang tolol. Banyak orang yang kakinya dingin dan pahanya hangat tapi belum mati juga sampai sekarang. pantesan indonesia banyak pesantrennya tapi sangat terbelakang Islamnya. lha bukunya aja daqoiqul akhbar buku tolol bodoh yang memasukkan hadits palsu dan kabar tak jelas sebagai dasar tulisan. betul tidak?

      Hapus
    2. haha...
      mengatakan orang lain tolol, apa kontribusimu kepada dunia islam wahai manusia yang suka mennghina??!
      mengatakan pesantren itu terbelakang apa yang sudah kamu lakukan utk islam dan pendidikan keislaman, ingat mulutmu suatu hari nanti akan dimintai pertanggungjawaban....

      Hapus
    3. Apa orang yang suka menghujat muslim yang yang lain itu sesuai dengan al-qur'an dan mengikuti akhlak Rasululloh? Sebenarnya merasa paling benar adalah kesesasatan yang nyata dan sangat menyesatkan dan di jamin pasti tersesat. Kenapa kita tidak kembalikan semua perbedaan kepada alloh??? Astaghfirullaah... Janganlah kita bersandar pada amal karena amal itu ternyata bisa kosong karena kebodohan kita.

      Hapus
    4. jangan suka mengkafirkan orang lain
      kamu juga belum tahu dasar dari kitab tersebut
      buat j pasti gag bisa jadi kalau belum jelas jangna asal menyalahkan pengarang
      ulama membuat kitab tu gaga asal buat jadi jangan bilang kalau ulama itu bodohnya tertutupi anda ngarti dasar dari al quran dan sunnah dari mereka yang dahulu tahu......
      sekarang konsep apa yang sudah anda buat dalam islam yang bisa menandingi mereka??????????? jangan nyontek

      Hapus
  5. bagi penulis sebelum comentar mati aja dulu baru coment

    BalasHapus
  6. maklumlah kalau belum paham iman

    BalasHapus
  7. bagi penulis jangan sok pinter n sok suci

    BalasHapus
  8. menganggap orang lain bodoh sama halnya menganggap dirinya dangkal dalam berfikir. Debatlah dengan santun.

    BalasHapus
  9. islam itu bukanlah perdebatan brow!
    hanya pemikiran dangkal yg suka mencari kesalahan org lain

    BalasHapus
  10. Bad article, sangat subyektif dan ambisius.

    BalasHapus
  11. yang setuju sama penulis gw yakin orangnya blm pernah mempelajari isi dari pesantren..
    bisanya nyalahin orng aja terus, otak lo mirip dah sama botol kecap...
    bikin perdebatan tp gak ngasih solusi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik kita gak usah berdebat......
      bagi yg menggagap sesat yaa silahkan, aq menghargai pendapat kalian, tapi bagiku itu benar, kalian juga harus menghargai pendapatku....
      (ingatlah bahwa setiap amal perbuatan pasti akan dipertanggungjawabkan)

      Hapus
  12. Klau g mampu mmahami

    DAQOIQUL AKHBAR

    yg jgn marah2 gtu donk, jd keliatan bgt BEGONYA

    BalasHapus
  13. .
    dibakar aja mas Blognya/masukin tong sampah !!

    saya saranin, kalau belajar agama itu Via Jalan Yg Seharusnya,
    jangan Via Comberan, gak lucu jadinya !!

    BalasHapus
  14. sotakkkkkk, jangan main" dengan kitab salaf, maka tujuh turunan anda susah akan hidayah, naudzubillahiminjalik,,, sengsara nantinya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kitab salaf?
      anda akan tertawa ketika baca buku daqoiqul akhbar ini

      Hapus
    2. kang lek ngoten jengengan brarti namung mahami damel akal,....

      Hapus
    3. Kalau al-qur'n ditafsir hanya dengan apa adanya ya seperti ini.... pasti tersesat. al-qur'an itu bahasanya sangat dalam dan tidak sembarang orang boleh menafsirkanya tanpa didasari ilmu yang kuat karena apabila asal tafsir hasilnya hanyalah kesesatan. Dengan ilmu yang dangkal yang hanya bisa baca tulis dan bisa menterjemahkannya secara vulgar itu sama saja meruntuhkan dan menghina kemuliaan Al-qur'an sebagai wahyu Allah Kepada Rasulullah Muhammad SAW. Sebaiknya bahasa dipelajari sampai kecabang2nya. jangan hanya tahu kulitnya saja..

      Hapus
  15. semoga Allah mengampuni orang-orang yang saling berdebat ini. Allah mengajarkan kita saling menghormati, bukan saling membodohkan, menghina orang.

    BalasHapus
  16. belajar hadis itu kutubusittah,bukhori,muslim, tirmidzi, ibnu majjah, sunan abi dawud, dst... lah ni kitab ga jelas siapa pengarangnya, kalo ada yg lebih jelas kenapa pilih yg dhoif..
    disinilah peran mui dalam memfilter hadis yg dipelajari dipesantren..

    BalasHapus
  17. ngerti apa tentang hadist?? mang brapra puluh hadis sih yg dah di hafal? brapa ratsu atau ribu yg dah di hafal?
    dhoif menurut siapa? menurut A atau B? g gampang bro menhakimi dhoif atau hasan n sahih. golongan jaman sekarang ja yg sok kepinteran, jika anda mengerti agama, kenapa kata2 anda kasar? katanya anda pinter, pengikut nabi? sumber hukum quran n sunnah?? belajar ngomong dulu ja deh, tuh pelajarin buku PKn SD, disana aja di ajarin koq hahaha :D

    BalasHapus
  18. ya jgn menuduh sesat dulu lbh baik di kaji dulu

    BalasHapus
  19. kalau membaca kitab makanya jgn ditafsirkan sendiri tapi harus ada guru jadi paham ama isi kitabnya dan baru comment

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para kyai gurunya jelas dan runut nisbatnya sampai kepada shabat dan rasulullah. dan bagi pada penghujjat disarankan jangan menghujjat tapi datanglah ke pesantren manapun yang anda hujat kitabnya dan bawalah sekalian dalil yang anda punya dan berdiskusilah untuk mendapatkan kejelasan yang berujung pada ridho Allah
      Karena berkoar2 seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah dan pasti menyulut perselisihan. Jangan sombong dengan ilmu yang dangkal karena kesombongan adalah sifatnya iblis laknatullah.

      Hapus
    2. alhamdulillaah...pendapat yang ini saya setuju 100 %...harus ada guru..jangan belajar sendiri

      Hapus
    3. Komentar yang menyejukkan.. lebih baik berdebat atau berargumen untuk mencari kebenaran. Susah memang melalui media online seperti ini. Lebih baik datang langsung ke pesantrennya sekalian bawa perbekalan kitab yang bisa membuktikan benar tidak nya atau sesat tidaknya. Insya Alloh dengan saling berwasilah secara santun akan mendapatkan kebaikan daripada saling mencela hanya mendatangkan laknat.

      Hapus
  20. kalau membaca kitab makanya jgn ditafsirkan sendiri tapi harus ada guru jadi paham ama isi kitabnya dan baru comment

    BalasHapus
  21. Mas...jangan mudah mengatakan sesat, ilmu kamu itu belm ada "sak kuku irenge".Masih jauh mas sampean, ulama sufi sebelum mengeluarkan kitabnya itu ditirakati dan memohon kepada Alloh "Jika kitab ini salah, tidak bermanfaat atau pun sesat maka hancurkanlah ya alloh".

    Sufi itu nggak semudah yang kamu pahami mas.Hati2 mas kalau mosting artikel, ditiru banyak orang dosanya yang nanggung sampean lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Saya rasa peringatan anda lebih tepat ditujukan pada penulis daqoiqul akhbar: coba perhatikan: dia katakan bahwa abu bakar umar utsman dan ali adalah tercipta dari tetesan keringat nur muhammad. dia juga katakan bahwa gigi diciptakan Allah untuk mengecap rasa manis. dia penulis itu menisbatkan perkataan itu sebagai sabda nabi,.... dia berbohong atas nama nabi. bagaimana menurut anda?

      Hapus
    2. Perbanyaklah mengkaji beberapa kitab,agar kita kaya akan ilmu.Sudah berapa lama kita bertholabul ilmi ?Apakah kita sebanding dengan beliau-beliau ?

      Coba kita lihat sepenggal perjalanan seoarang ulama zuhud dan wira'i, beliau adalah Muhammad Nahrowi atau sering dikenal dengan Mbah dalhar.Beliau belajar ilmu agama selama 25 tahun dimakkah.Beliau hafal al-quran dalam waktu 6 bulan, sebelum menghafal qur-an beliau sudah khotam sebanyak 160 kali.Ketika berada di Makkah inilah mbah Dalhar memperoleh ijazah kemursyidan Thariqah As-Syadziliyyah dari Syeikh Muhtarom Al-Makki dan ijazah aurad Dalailil Khoerat dari Sayid Muhammad Amin Al-Madani.Beliau juga akrab dengan nabiyulloh Chidir 'alaihi salam, beliau juga senang dengan riyadoh.

      Saya juga seorang tholib yang baru 15 tahun belajar hingga saat ini.Orang yang berilmu harusnya berhati-hati dalam mensikapi segala sesuatu, kita kembalikan dengan diri kita sendiri.Cobalah kita teliti diri kita sebelum meniliti orang.

      Anda mempertanyakan bahwa abu bakar umar utsman dan ali adalah tercipta dari tetesan keringat nur muhammad sholallohu 'alaihi wa salam ?Kenapa anda menanyakan hal tersebut ?Anda tahu, coba anda jelaskan bagaimana seharusnya?
      Anda juga mempertanyakan gigi diciptakan Alloh untuk mengecap rasa manis, kalimat seperti itu terdapat pada halaman berapa ?Kemudian anda menjustice bahwa itu bohong, apa yang membuat anda mengatakan itu bohong, dasarnya apa ?

      Saya juga ingin bertanya pada artikel Anda yang berjudul "Asal Usul Manusia Menurut Sumber Sejarah Paling Otentik".Menurut saya apa yang jelaskan disitu juga masih remang2 alias sulit dipahami.Anda mengatakan :Darimana kita tahu sejarah penciptaan manusia pertama tersebut?
      Tiga agama besar di dunia ini yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi memiliki kitab suci yang menerangkan masalah ini.

      Anda menyebutkan "Tiga agama besar di dunia ini yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi memiliki kitab suci yang menerangkan masalah ini."berarti anda membenarkan kristen dan yahudi ?Jika demikian bukankah anda adalah orang yg keluar dari islam ?Jika anda membantah hal tersebut, lalu bagaimana menjelaskan hal tersebut ?

      Jika anda lupa URL artikel anda ini tinggal anda copy sendiri alamatnya http://wiseislam.blogspot.com/2010/05/asal-usul-manusia-menurut-sumber.html

      Hapus
  22. saya sangat setuju dengan pendapat www.kenadeh.com.

    BalasHapus
  23. Kitab daqoiqul akbar bukan ajaran sesat....pelajari dulu kehidupan para ulama sufi,mreka hdup dgn pnuh kmulian akhlaqul karimah....jgn asal blg sesat ntr ente jd keparat ....hahaha

    BalasHapus
  24. yang anti tashowwuf cuma wahaby....jangan2 yang menghina pengarang daqoiqul akhbar orang2 wahaby....gileee beneer....wahaby....

    BalasHapus
  25. wahaby,ahlussunah,ijmak,qiyas,buku,kitab,omongan,kyai,ustadz,semua klo bertentangan dg al quran dan al hadist alias dalil naqli dan aqli perlu diperiksa kebenarannya....oke

    BalasHapus
  26. Ya kalo kitab Al-Qur'anul 'adzim hanya di tafsir cuma seluas otaknya si penulis artikel ya begini jadinya...bisanya hanya nyesat2in/mengkafir2kan orang melulu..merasa bener sendirian aja...semua orang yg tdk seotak ma dia salah semuanya..he..he..ky yg punya surga tuh dia aja..he..he..he.jangan dikit2 qur'an...dikit2 qur'anlah...ky yg tau isinya Qur"an aja..he..he.kok anda bilang Nabi Adam di cipta bkn dr Nur Mukhammad melainkan di Qur'an di jelaskan dr tanah...
    Memang betul..di dlm qur'an yg anda sebutkan bahwa Adam di cipta dr TANAH...,lalu tanah itu sendiri di cipta dr apa?????
    tolong jabarkan hakekatul insan itu apa dan bgmn?????manusia dr tdk ada lalu menjd ada itu bgmn???????jgnlah ky katak dlm tempurung.....menganggap luasnya kitab suci al-qur'an hanyaSELUAS OTAKNYA anda he..he..he. anda sendiri ga tau lg dimana...he..he..he..ghurur....na'udzubillah min dzalik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alquran mnjlskan pncptaan manusia dr tanah..ketika sdh smpurna bntuknya kmdian Allah meniupkan ruh k dlmnya..artinya Alquran hanya mnjlskan fisik yg trcpta dr tanah..prtanyaannya apakah ruh jga dsbutkn trcipta dr tanah??..
      Jdi dsni sy menyimpulkan..manusia adlh identitas..entitasnya adlh jasad dan ruh..keduanya entitas yg brbeda..dan brasal dr hal yg brbeda..jika entitas jasad disebutkan dlm alquran asalnya dr apa..lalu ruh dri mana??

      Hapus
  27. saya setuju dengan admin. orang2 ini sudah tertutup hatinya makanya tidak mau menerima kebenaran. ajaran2 di sebagian besar pesantren di indonesia salah kaprah.salah menggunakan kitab,salah menggunakan rujukan,salah menggunakan panutan. ini sudah turun temurun. kalo memang karena atas ketidak tahuan mereka saya doakan semoga diberi petunjuk.ajaran pesantren(terutama jatim) kebanyakan lebih ke tasawuf,tarikat2,bidah, jauh dari tuntunan Rasullullah saw

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda sendiri yang hatinya tertutup tidak bisa menggunakan hati dan akalnya sehingga pengetahuan anda sangat dangkal... yang dihapal hanya bid;ah melulu.. menyelam yang dalam baru didapatkan ikan yang besar kalau macam anda ini menyelam aja gak mau dan hanya membayangkan ikan dikedalaman ya jelas ga tau apa2... coba cerna kalimat saya pasti anda akan salah menerjemahkanya apalagi menerjemahkan al-qur;an yang mulia? apa ga kesasar???? Peribahasa yang saya gunakan saja pasti membuat anda kebingungan apalagi Bahasa al-qur'an yang amat sangat dalam pasti anda hanya akan ngawur saja dalam menterjemahkan, mentafsirkan, dan menakwilkanya. Kalau belajar al-qur'an itu harusnya pada ahlinya bukan pada orang yang hanya bisa baca tulis dan bercerita..

      Hapus
  28. salah satu tololnya kitab daqoiqul akhbar: katanya Allah menciptakan gigi untuk mengecap rasa manis,... he he he,... itu yang nulis daqoiqul akhbar,.. ulama atau zindiq ya?

    BalasHapus
  29. INI CONTOH TOLOLNYA DAQOIQUL AKHBAR,.. TENTANG NURMUHAMMAD,... COBA BACA, DAN TEMUKAN KETOLOLANNYA:
    Penciptaan Nur Muhammad dalam Kitab Daqoiqul Akbar
    Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan sebuah pohon yang memiliki 4 cabang bernama 'Syajaratul Yaqin'. Kemudian Allah menciptakan Nur Muhammad pada sebuah tempat yang terbuat dari mutiara berwarna putih yang bentuknya menyerupai burung merak, lalu burung itu ditaruh pada pohon Yaqin, dan bertasbih selama 70.000 tahun. Kemudian Allah menciptakan 'Mir'atul Hayat' (cermin kehidupan). Kemudian cermin tersebut ditaruh di depan burung itu. Ketika burung menatap cermin, tampaklah wajahnya yang sangat elok dan cantik.
    Diapun merasa malu kepada Allah, sehingga berkeringat hingga 6 tetesan. Dari tetesan pertama Allah menciptakan Abu Bakar. Dari tetesan kedua Allah menciptakan Umar Ibn Khattab.
    Dari tetesan ketiga Allah menciptakan Utsman Ibn Affan. Dari tetesan keempat Allah menciptakan Ali Ibn Abi Thalib. Dari tetesan kelima Allah menciptakan bunga mawar. Dan dari tetesan keenam Allah menciptakan tumbuhan padi.
    Kemudian nur Muhammad bersujud 5 kali, sehingga menjadikan shalat wajib 5 kali sehari untuk Muhammad dan umatnya. Kemudian Allah memandang nur Muhammad, dan nur Muhammad berkeringat karena malu.
    Dari keringat hidungnya Allah menciptakan Malaikat. Dari keringat wajahnya Allah menciptakan Arsy, Kursiy, Lauh Mahfudzh, Qalam, Matahari, Bulan, Hijab, dan segala sesuatu yang ada di langit.
    Dari keringat dadanya diciptakan para Nabi dan Rasul, Ulama, Syuhada', dan Shalihin. Dari keringat punggung diciptakan Baitul Makmur, Ka'bah, Baitul Maqdis, dan tempat seluruh Masjid di dunia. Dari keringat kedua alisnya diciptakan umat Muhammad dari kaum muslim dan mukmin, baik lelaki maupun perempuan.
    Dari keringat telinga diciptakan orang Yahudi, Nasrani, Majusi, dan orang sebangsanya, seperti orang yang kufur, orang kafir, dan orang munafiq. Dari keringat kedua kakinya diciptakan bumi dari barat sampai timur beserta seluruh isinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf numpang lewat.........
      Klo menurut anta sendiri seharusnya bagai mana proses penciptaan tersebut????
      Matur nuhun mas

      Hapus
    2. @dee... Anda itu hanya bisa menghujat dan merasa diri anda paling benar. Maqom anda itu hanya orang awam bukan maqom para 'alim ulama dan menurut saya akhlak anda perlu di permak.

      Hapus
    3. Mmahami bhs itu dr 2sdt pandang (language and cognition,vyvyan evans) dr makna lexical/dictionary meaning dan makna ensiklopaedicnya/pragmatik,kontek..sbnrnya apa sh yg mau disampaikan oleh kitab itu?? Apa bedanya org biasa kyk kita2 ini dg para filsuf?? Pasti kt akan brkata mrka itu kafir..krna sdh mnggabungkan filsafat dg agama..tpi palmquist dlmbukunya tree philosophy mnjlskn beda kt dgn para filsuf yg kt tdk akan prnah bsa mnjangkau cara brfikir mrka..ntk lbh jlsnya coba prhatikan..ada tdk sumber yg mnjlskan penciptaan nur?? Dr mna asalnya nur?? Jika Alquran mnjlskan scr rinci ttg proses penciptaanj manusia kita pasti tahu ketika Allah meniupkan ruh k dlm jsd itu?? Lalu ruh ini dr mana?? Apa dr tanah juga?? Scr logikanya knp sh kt hrs brsholawat kpd nabi..bahkan Allah bsrta malaikat pun brsholawat kpd beliau..jka alsannya krna beliau mahluk plg mulia trs knp plg mulia?? Adam sja dktkn mahluk plg mulia sampai2 malaikat brsujud kpdnya lalu knp kt tdk dsuruh ntk brsholawat kpdnya?? Tolong dijawab kalo mnrt anda kitab yg anda sebutkan itu tolol..

      Hapus
    4. Islam ditegakkan dari AlQuran dan Sunnah. Dari sumber manakah pengarang kitab ini memperolehi hujah kejadian alam seperti yg tertulis dlm kitabnya..Adakah dari mimpi atau kashaf?

      Hapus
  30. jangan sok tahu ente.... nyebutnya aja buku bukan kitab...

    BalasHapus
  31. jangan sok tahu ente.... nyebutnya aja buku bukan kitab...

    BalasHapus
  32. faham e jenengan npo kang seng nulis post niki.....
    jenengan mesti sanesa ahlussunahwaljaah...
    jenengan ampun ngarani ulama niku sesat npo npo lah, ulama niku penerus poro ambiya,....

    BalasHapus
  33. sak dereng npo mawon engkang wonten teng dunyo nli wonten engkan di ciptak aken allah niki nur ipin kanjeng nabi Muhammad SAW. nabi adam niku maskawin e teng siti hawa niku sholawat dateng kanjeng nabi.......
    jenengan ampun damel rujuk an sakingh setunggal kitab mawon brarti jengan niku tyang engkang sempit....

    BalasHapus
  34. yang lebih asik sekarang kita belajar mati saja nanti akan tahu kebenaran yang haqiqi dari pada gacor ngalor ngidul gak karuan ada yang berani gak ya........................

    BalasHapus
  35. Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad....

    BalasHapus
  36. yg bilang kitab ini sesat itu cuman wahabi salafi...

    pdhl merekalah yg tersesat (wahabi salafi).

    tobat brow!!!!

    BalasHapus
  37. Ini orang apa'an baca dulu kitab nya baru tau,, bertentangan dengan alquran saja tidak

    BalasHapus
  38. sudah dari pada bertengkar malu sama pemeluk agama lain mari kita lihat blok ini semoga jadi bahan pertimbangan dan kajian kita bersama dalam menegakkan cahaya islam

    BalasHapus
  39. eh jadi ketinggalan nih cukup masuk akal karena kita hidup dimasa yang jauh dari nabi kita sehingga mudah bagi musuh - musuh agama untuk menyisipkan pengetahuan yang tidak kita ketahui asal - usulnya lihat ini dulu
    http://fakta-faktual.blogspot.com/2011/09/dari-mana-asalnya-nur-muhammad.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibarat info yg disebarkan dari org pertama sampai ke org terakhir dipastikan infonya yg sampai keorg yg terakhir tdk sama dgn info dr org yg pertama...itu kata guru saya

      Hapus
    2. tapi kenapa tulisan Alloh itu selalu berdampingan dgn Muhammad bukan yg lain? dari apa yg ada disini scara pribadi saya hanya bisa mengambil hikmahnya,bagus semua sbgai bahan masukkan dan telaah ilmu yg di Ridhoi Alloh ats diri masing-masing sesuai kapasitasnya..terima kasih.
      :)

      Hapus
  40. Hmmm,,, tulisan dan perkata'an sarjana di baca dan di terjemahkan sama anak TK/SD ya gak bakalan nyambung laaaah...

    BalasHapus
  41. Maaf kira-kira sang penulis article ini paham gak ilmu alat (bahasa arab, nahwu shorof, balagoh dll)
    jangan asal jeplak aja mulutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bodoh jangn dipelihara lagi donk mas
      Bobok malam biar gk sesat y mas

      Hapus
  42. Senenge ngafir ke marang liane nyesatke liane neng kafire dwe ra di gatek ke astahgfirullah istifar leh...podo ngajiyo jo iso ne nulis ro moco.

    BalasHapus
  43. Iya saya setuju seharusnya kita kaji kitab ini berdasarkan ilmu nahwu shorof balaghoh dan lain2nya Insya ALLAH bisa ketemu dengan makna dan tafsirnya atau maksud dari kitab tersebut

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum. maaf, saya tidak bermaksud menyinggung yang pro dan kontra dengan kitab daqoiqul akhbar. terus terang saya bukan lulusan pesantren dan saya mendengar terjemahan bahasa jawa kitab tersebut pada waktu ceramah menunggu buka puasa di masjid.

    Memang benar yang seperti yang diceritakan bang Admin, disana saya menyimak isinya tentang penciptaan sahabat Nabi, para nabi, orang orang beriman, orang kafir, semua berdasarkan keringat Nabi Muhammad SAW disaat masih dalam alam ruh.

    Maaf bagi yang Pro kitab Daqoiqul Akhbar, tidak mengurangi rasa hormat saya pada para Kyai Kyai terdahulu yang mengajarkan kita tentang keimanan dan bisa membaca Alquran sampai dizaman kita saat ini. Namun saya pribadi merasa janggal dengan Kitab ini, yang saya janggal adalah tentang pengarang kitab Daqoiqul Akhbar yang menceritakan sampai se detail itu, padahal ini terjadi sebelum penciptaan awal manusia. bagaimana pengarang kitab ini bisa tau sampai se detail itu padahal Nabi Muhammad masih dalam alam ruh.

    Sekali lagi, saya tidak bermaksud menyinggung yang pro dengan kitab ini, saya sebagai orang awam ingin penjelasan lebih rinci lagi, hadistnya mana yang menerangkan tentang penciptaan awal manusia seperti yang diceritakan didalam kitab daqoiqul akhbar dan jika ada ayat Al Qur'an yang menerangkan pada surat apa dan ayat berapa yang dijadikan rujukan oleh pengarang kitab Daqoiqul Akhbar.

    Bagi yang merasa Kontra dengan kitab Daqoiqul Akhbar, tolong jangan pernah merasa diri paling benar dan merendahkan orang lain yang Pro dengan kitab ini. bukankah tujuan dari Blog ini adalah mengingatkan sahabat sahabat muslim kita yang lain.

    sekali lagi gunakan fikiran sehat dalam berkomentar dan jangan emosi yang dikedepankan, saling menghujat bukan menyelesaikan masalah, menunjukkan argument yang tepat dan bisa di fahami ini adalah kakayaan intelektual islam.

    wassalamu;alaikum....

    BalasHapus
  45. Hamba yg Dhoif1 Oktober 2014 03.58

    aslkm.mas anonim,,,
    mas coba deh perhatiin si adminn,,, kok ngasig argumen pake terjemah,,, ha haa,, kira-kira bisa gak ya si admin baca kitab aslinya,,,kalau gak bisa perlu diragukan argumen nya

    BalasHapus
  46. Hamba yg Dhoif1 Oktober 2014 04.19

    dapet ilmu cuma dari emperan masjid aja kok bangga!! yang dibaca buku terjemah, itu juga dapet beli di emperan masjid habis shalat jumat,wah kacau dah, orang macem begini mau menjelek-jelekan para ulama! subhanallah,,

    BalasHapus
  47. وقدم الا خص فالتصال وقدمن ما شئت في انفصال

    BalasHapus
  48. AWAS!!! ADA SRIGALA BERBULU DOMBA, BAHAYA LATEN KUNO MODUS KAUM ZINDIK!!! Misi deviet at impera & deislamisasi Snouck Hurgronje alias K.Hgadungan Abdul Ghoffar disekitar kita & masih berlanjut...

    BalasHapus
  49. Klo mersa kitab ini sesat knpa ga d bakar z mas tuh kitab, penerbit sama penjualnya sekalian, biar mas admin termasuk orang yg membela agama dan masuk surga sesuai quran n hadits, hehe

    BalasHapus
  50. Bobok Japan
    Boat anda Yang bilang sesat

    BalasHapus
  51. Rapatkan barisan ahli sunnah waljamaah jangan terpropokasi oleh sebuah argumen, apalagi orang tersebut juga blmjelas siapa?

    BalasHapus
  52. Sudah pembuat blog ini biarin aja.. ntr kalau dah waktunya dia mati sendiri..
    Bagi yang santri yang penting ngaji sregep istiqomah,, dan yang pasti gurunya ada runtutnya..
    Orang boleh merasa benar... tapi cahaya kebenaran akan membenarkan siapa yang benar dan membuka petuntuk bagi yang belum benar, doakan semoga qta semua sllu dlm hidayah alloh..
    CAH SANTRI TETAP JAYA

    BalasHapus
  53. Sudah pembuat blog ini biarin aja.. ntr kalau dah waktunya dia mati sendiri..
    Bagi yang santri yang penting ngaji sregep istiqomah,, dan yang pasti gurunya ada runtutnya..
    Orang boleh merasa benar... tapi cahaya kebenaran akan membenarkan siapa yang benar dan membuka petuntuk bagi yang belum benar, doakan semoga qta semua sllu dlm hidayah alloh..
    CAH SANTRI TETAP JAYA

    BalasHapus
  54. klo bodoh jgn diumumkan dong...
    kata "mengecap rasa manis" lebih tepat krn g mungkin menggigit rasa manis, emang bisa rasa itu digigit

    BalasHapus
  55. g usah banyak dalil..
    dalam KBBI "mengecap" 1). mengatup-ngatupkan mulut hingga terdengar bunyi kecap atau cap-cap (spt pd ketika makan); 2). mencoba (merasai) rasa (makanan dsb); mencicipi; 3). menikmati; mengenyam; merasai: ~ kenikmatan hidup;
    "menggigit" gigit /gi·git/ v, menggigit /meng·gi·git/ v menjepit (mencekam dsb) dng gigi;

    BalasHapus
  56. Org stres mngatakan kitab itu sesat...kalangan org tdk beriman..

    BalasHapus
  57. Yangbjelas saya lebih percaya kitab itu dari pada ANDA faham!!!!

    BalasHapus
  58. udah jangan pada ngributin tu kitab..,
    islam tu luas'

    BalasHapus
  59. Goiril magdubi alaihim waladoooooliin amin
    Yang kaya gonini udahmah sesat eh malah nyesatin goblog!
    Selagi ada Al'Quran engga ada kitab yg nyesatin bosss HaH

    BalasHapus
  60. yang nulis diblog ini, suruh ngaji dulu dari [alief ba tsa]

    BalasHapus
  61. saya sudah lama mendegar tentang pernyataan ini, bahwa kitab tersebut ada yang mengatakan sesat, dan saya sangat-sangat tidak setuju.
    bagi yang membuat blok ini, mungkin anda lupa, iblis di usir dan di laknat oleh Allah, karena kesombongannya, merasa dirinya hebat dan benar. saya tidak ingin mengatakan dari mana anda datang dan apa jamaah yang anda bawa, tapi menurut saya anda sudah melampoi batas, mudah-mudahan ini dapat menjadikan nasehat untuk dapat di perbaiki.

    BalasHapus
  62. yang mudah mengatakan sesat tu orang bodoh, padukan dgn ktb lain yg muktamad, letak sesatnya dimana? orang alim tdk ada yg blg sesat, anak bru lhr kok blg sesat

    BalasHapus
  63. Alloh menciptakan manusia dan jin untuk beribadah.

    lalu, apakah Alloh membutuhkan ibadah para manusia/jin?? tentu saja tidak.Alloh tidak butuh semua itu.

    sehingga, ayat tersebut menunjukkan tujuan manusia/jin diciptakan yaitu untuk beribadah. bukan tujuan Alloh menciptakan manusia/jin untuk disembah. sebab Alloh tidak butuh sesembahan/ibadah/amal manusia maupun jin.


    bila hanya belajar al qur'an. namun pemahaman belum cukup ya akan susah untuk memahami Al qur'an.

    dengan belajar kitab daqoiqul akhbar, maka pemahaman akan lebih detail,
    bahwa Alloh menciptakan Muhammmad. Alloh menciptakan muhammad karena Alloh cinta kepada Muhammad. kemudian sebab2 muhammad lah, Alloh menciptakan seluruh alam semesta termasuk manusia dan jin, sehingga mereka beribadah kepada Alloh.

    Alloh itu Maha kuasa, wajar bila yang dicipatakan pertama kali ialah Nur Muhammad. Makhluk yang PERTAMA kali diciptakan Alloh tentu makhluk yang mendapat keistimewaan paling besar, makhluk paling dicintai, yaitu Muhammad SAW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada dalil yang shohih jika Allah pernah menciptakan nur Nabi Muhammad, apalagi pertama kali dlm menciptakan makhluk, yaitu Nabi Muhammad itu tidak ada dalil shohih ny.

      Hapus
  64. bila anda belajar kitab-kitab karya ulama Ahlisunnah wal jamaah (yang sebenarnya), insyaAlloh anda akan memperoleh pemahamaman yang lebih dalam tentang agama islam.


    Imam Hambali, beliau hafal 1.000.000 hadist, imam bukhori hafal 600.000an hadist, imam ghozali hafal 300.000an hadist.

    bila rujukan anda hanya shohih bukhori 7000 hadist, kemanakah ratusan/jutaan hadist yang lain?? kemanakah ilmu yang begitu luas tersebut?

    anda sesat-sesatkan, anda kafir kafirkan? hadist kok di kufuri -_-


    jaman sekarang, mulai marak orang mengaku-ngaku alhi hadist, seperti albani yang berani menshohihkan hadist. sudah berapa hadistkah ia hafal? saya saja belum pernah menemui hadist yang dishohihkan oleh ibnu hajar al asqolani, padahal beliau mendapat julukan amirul mukminin dalam bidang hadist.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bnyak kok, kitab para sunan bnyk jg hadis at thirmidzi, ibnu majah dll,

      Hapus
  65. Kitab daqoiqul akhbar sering kali menjelaskan hadist dengan cara qilla(dikatakan). sebab hadist tersebut merupakan hadist yang umum/dikenal oleh banyak masyarakat di masa si pengarang.

    seperti innamal a'malu binnyat.
    tanpa dikasih rowipun, orang2 jaman sekarang tahu bahwa itu berupa hadist.

    ironisnya, hadist yang seharusnya umum dimasa pengarang kitab, sekarang menjadi jarang dikenal. hal ini karena ilmu agama semakin mendekat akhir zaman itu akan semakin menghilang.

    BalasHapus
  66. wqh wah rame ni blog.tapi komenanya sipenulis urakkan,ada tolol tolonya,,jelas pendidikan mentalnya kurang,..sayang bgt..

    BalasHapus
  67. wqh wah rame ni blog.tapi komenanya sipenulis urakkan,ada tolol tolonya,,jelas pendidikan mentalnya kurang,..sayang bgt..

    BalasHapus
  68. Islam terkenal di masa bani abbasiyah krna kekayaan ilmunya..slh 1 faktor kehancurannya adlh krna org2 diakhir masanya mulai memilih dan memilah ilmu..mana yg dianggapnya cocok dgn pandangan mereka..bahkan gabungan filsafat dan agama yg mmbuat kejayaan islam jauh melebihi ekspektasi sampai2 org luat islam terkagum..dan bljr kpd islam..disingkirkan..ahirnya ya bgni dan begitu..kt hanya bisa menyalahkan..bahkan sikap kt trhadap ilmu pun sdh mlbhi kt "kurang ajar"..kitab/buku ditaruh di pantat..dibakar..ditaruh ditong sampah..gmn mau barokah ilmu itu..ditambah lgi kt menjelek jlkkan pengarangnya..gurunya..Allohuakbar..inilah tanda2 engkau mengangkat ilmumu ya Allah...

    BalasHapus
  69. yang tidak setuju dgn kitab dakoq. biarkan saja nanti biar gila sendiri ... emangnya dia itu siapa ? status juga gak jelas koq dipikir amat sih...pendapatnya juga gak ngefek sama popularitas kitab daqoikul akbar.

    BalasHapus
  70. Katak dalam Tempurung :D

    jalan jalannya kurang jauh Kakak :D

    BalasHapus
  71. Saya baru selesai membacanya. Memang perlu pemahaman yang cukup untuk mengatakan sesuati karya itu sesat atau tidak. Namun jujur setelah membaca kitab ini perasaan takut saya terhadap Alloh jadi semakin menjadi. Karena bagaimanapun kita diciptakan pada akhirnya akan mengalami mati. Tetap berpedoman pada Al Qur'an dan As-sunnah dalam menjalankan kehidupan. Salah satu amalannya adalah meninggalkan saling membenci dan berargumen saling menghujat. Saling berwasilah lah dengan santun. Bagi yang pro dan kontra berargumen dengan santun akan lebih baik. Lebih baik lagi jika langsung saja berbicaranya #kopidarat.

    BalasHapus
  72. http://www.4shared.com/rar/5sXi3-iCba/Terjemah_Daqoiqul_Akhbar.html

    Monggo dunlud

    BalasHapus
  73. Orang yg punya jargon kembali kepada al-Quran dan al-Hadis belum tentu niatnya baik, bisa jadi itu cara terselubung untuk menghancurkan Islam, wahai kawan, berhati-hatilah

    BalasHapus
  74. Kita ndak usah muluk2 membuktikan kitab daqoiqul akhbar itu benar atau tidak. sudah terbukti dengan eksistensinya sampai saat ini. itu berarti kitab ini bermanfaat. bandingkan dengan buku - buku dari orang - orang yang mungkin kurang ikhlas / kurang murni hatinya.

    BalasHapus
  75. Nih orang yg gak pernah berguru kok bisa2nya menganggap sesat Kitab Daqo Akhbar. Paling cuman terjemahannya aja belagu ente. Ini lah faham Salafi Wahabi

    BalasHapus
  76. Biarlah apa yang merka katakan.
    Maaf, biasanya orang yang sering menyesatkan orang lain itu bacaannya cuma Al-Qur'an terjemah, padahal Al-Qur'an tidak seluruhnya dapat diterjemahkan kedalam bahasa indonesia.Untuk memahami Al-Qur'an harus bermodalkan Ilmu Nahwu, Shorof, Balaghoh (Ilmu badi', Bayan dan ma'ani, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, Ilmu Ushul. Apakah mereka sudah benar-benar menguasai dan faham Ilmu tersebut diluar kepala sehingga dengan mudahnya menyesatkan orang lain???????

    BalasHapus
  77. Siapa sih Kita ?
    Untuk siapa sih Kita ?
    itu jadi tanda tanya besar bagi mereka yang mempunyai AQLI dan berpegang pada NAQLI.
    Awal hidup itu mengenal ALLAH
    sedang ALLAH itu ada pada diri kita. dan jelas ada Firman ALLAH yang bahasa Indonesia nya lebih dan kurang nya : " dan pada Diri mu kenapa tidak kamu perhatikan ( Adz Dzaariyaat ayat 21.
    HAK kebenaran HAKIKI itu hanya untuk ALLAH kita sebatas HAMBA.

    BalasHapus
  78. membaca mengaji dan mengartikan itu berbeda dgn mengkaji karena baca hanya sebatas membaca mengartikan hanya sebatas mengartikan dari bahasa arab ke Indonesia,,,,sedang meng Kaji adalah di mana setiap ayat dan firman itu ada maksud tertentu bagi mereka yang berfikir?

    BalasHapus
  79. sini saya ajari Kaji :

    Bismillahirohmanirohim
    arti nya :
    Dengan nama ALLAH yang maha pengasih dan penyayang

    Kaji nya

    di mana letak kasih dan sayang ALLAH itu di dalam Diri kita ?

    bagi sesiapa yang bisa menjawab pertanyaan KAji ini berarti tidak ada penghalang bagi si Penjawab, kita satu HAti satu tujuan hanya kepada ALLAH bukan untuk Makhluk dan bukan untuk ciptaan nya " Karena DOSA,AMAL,SORGA dan NERAKA termasuk CIPTAAN ALLAH. kenapa yang kita tuju SORGA dan Takut neraka...YAng KITA CARI adalah KEridhoan ALLAH dan kembali ke ALLAH

    innalillahiwainnailaihirojiun dalam bahasa arab

    mengandung KAJI bahwa "sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kita semua akan berpulang kepadanya". kenapa ke SORGA???

    BalasHapus
  80. Mas admin... anda sungguh hebat berani menyesat-nye satkan kitab... sampean wis ngaji kitab pinten mas ? sampun khatam kitab Ikhya Ulumudin nopo dereng ? sinau riyen mas gih !

    sampean mesti ngajine ng internet karo ning buku terjemahan sing rak ana gurune... Sinau tanpa guru bahayani mergo sing dadi gurune iku akale dewe...

    ngaji mas ! mumpun isih diparingi urip...

    BalasHapus
  81. Inilah kekurangan kita sohib......,,kekurangan umat islam itu sering beradu argumen dan pada akhirnya saling mencerca....
    Sudahlah kita adalah alfakir...yg tdk tahu kebenaran itu berpihak pada siapa. Yang jelas kebenaran hanya milik Allah...
    Islam ada beberapa tingkatan, syar'i, hakiqat dan ma'rifat....jika kita ingin naik pada tingkatan yg lebih tinggi apa yg harus kita lkukan, apa dengan seperti ini.......jawabanya ada pada dirimu sohib...,

    BalasHapus
  82. Yg menulis artikel ini mungkin kurang piknik. Ana yakin kalau yang mengomentari kitab daqoiqul akhbar seperti yg menulis artikel secara keilmuan tidak ada apa apanya dibanding dg pengarang buku tersebut. Terlebih tulisannya sangat miskin ide apalagi gagasan rasional yang dapat diterima akal sehat. Al hasil, kalau kemudian hanya berbekal dalil hanya kembali kepada al qur an dan al hadist, itu sudah sangat umum. Namun tidak ditemukan suatu hujjah untuk mengcounter kitab tersebut. Sama juga anda minum resep dokter (tulisan dokter diatas kertas) tapi bukan meminum obat yang semestinya.
    bahasa qur an adalah bahasa yang baku. Dan bahasa kitab mencoba memberikan tafsir nya atau turunan yang lebih luas. Namun ana tidak mau terlalu jauj menhomentari tulisan anda yang masih unyu ini. Karena bagaimanapun ana jelaskan, kemungkinan anda akan bertahan dg kebodohan anda. Bukan begitu ikhwan....

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here