BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Siapakah Tuhan Itu? Kenapa Tiap Agama Punya Tuhan Yang Berbeda?

Siapakah Tuhan Itu? Kenapa Tiap Agama Punya Tuhan Yang Berbeda? Allah, Yesus, sang Hyang widi wase, dewa dewa atau siapa? Lantas kenapa berbeda beda tiap agama? apakah manusia diciptakan oleh tuhan yang berbeda beda? Berikut penjelasannya
Kata Tuhan dalam bahasa Indonesia mewakili dua kata arab sekaligus yaitu "Rabb" dan "Ilah"
pengertian yang lebih cermat bisa kita dapatkan ketika kita terjemahkan kata "Rabb" dan "Ilah" ini dengan kata indonesia yang lebih spesifik:

1.RABBana atiina fiddunya khasanah,...dst = TUHANkami karuniakan atas kami kebaikan di dunia,...dst

2. La ILAH illa LLah = tidak ada TUHAN selain Allah

kalimat pertama pakai RABB, yang kedua pakai ILAH,... tapi kedua duanya diterjemahkan sebagai TUHAN.


coba perhatikan detail penterjemahan berikut:


"Rabb"= artinya Tuhan yang menciptakan alam Semesta

"Illah"= artinya sesembahan/ panutan/ idola/ yang diutamakan/ yang dimintai pertolongan perlindungan/ yang ditakuti yang disegani. (biasanya ahli bahasa menyingkat pengertian semuanya itu menjadi "yang dipertuhankan, atau yang dianggap sebagai tuhan yang ditaati)



dengan pengertian RABB dan ILAH diatas dengan mudah kita bisa membantu menjelaskan jawaban atas judul artikel ini.


1 semua orang (agama apapun) termasuk ateis kalau ditanya siapakah RABB itu? (maksudnya siapakah yang menciptakan dunia dan isinya termasuk manusia?) maka hati mereka akan menjawab Tuhan (yaitu Tuhan yang jumlahnya pasti hanya satu) nah Tuhan yang ada dalam jawaban hati mereka itulah Allah. (hanya saja ada orang yang mengenal nama Allah ada juga yang mengenal nama Allah Bapa, ada juga widhi wase ada juga yang tidak tau namanya tapi pokoknya kalau ada yang mencipta dunia ini pasti tuhan yang cuma satu aja gitu lah kira kira)


2. tapi kalau kita tanya siapakah ILAH kalian? (maksudnya siapakah yang kalian sembah/ siapakah yang kaliat takuti hukumannya, siapakah yang kalian harap pertolongannya, siapakah yang kalian andalkan dalam hidup ini, siapakah yang bisa menyelamatkan anda, siapakah juru selamat anda, siapakah yang melindungi anda, kalau anda memohon perlindungan dan pertolongan anda memohon kepada siapa? kalau anda kesulitan anda minta bantuan pada siapa?Siapakah yang kalian taati?dsb..... KALAU KITA TANYA TENTANG TUHAN YANG BEGINI PASTI JAWABNYA BERBEDA BEDA.

yang kristen bilang Yesus yang mengabulkan doa, yang melindungi dan menyelamatkan (bukan Allah)
yang hindu bilang yang menyelamatkan adalah Syiwa yang tidak jadi marah
yang budha bilang sidarta memberi ajaran dan keselamatan
yang kejawen bilang sang hyang dumadi lah yang menyelamatkan kami dst



jadi TUHAN PENCIPTA ITU SATU 

tapi TUHAN SEMBAHAN ORANG ITU MACAM MACAM BERGANTUNG SELERA MASING MASING



lalu gimana dong?

ya gak gimana gimana,.... yang minta pada Yesus yaa nanti diketemukan ama Yesus
yang minta ke syiwa, ketemu ama syiwa
yang mintake budha, ketemu ama budha



dan yang mau kembali selamat kepada Allah yaa gampang saja,... mintalah kepada Allah bukan kepada yang lain.


tapi nanti kan Yesus akan menyampaikan doa kita kepada Allah?.....

lhoh,... Allah sudah membuka pintu untuk semua orang, tak harus melalui ini atau itu,... langsung aja minta ke Allah,... kalau anda minta ke Yesus,... wah, Yesus juga kan minta sama Allah? nah nanti kalau anda dikasitau tentang anjuran dan ajaran dan perintah Allah melalui quran atau injil atau taurat atau zabur atau sukhuf ibrahim atau sukhuf musa,... jangan sekali kali bikin alasan untuk tidak melakukannya. kalau Allah bilang sujud yaa sujud saja lah,.... Allah bilang puasa ya puasalah,... nah kalau udah gitu maka anda sudah menuju pada sembahan yang bakal menyelamatkan anda yaitu Allah yang menciptakan dunia seisinya dan Allahlah yang memiliki semua di dunia dan di akhirat nanti

Related Post / Artikel Terkait:



83 komentar:

  1. Dunia islam adalah dunia kekerasan, kekacauan, pemaksaan, nafsu(sampai wanita kelihatan telanjang lengan atau leher saja sudah dibilang salah) , apapun tuhan yg kau anggap benar, untuk apa keyakinanmu jika semua berujung dengan kekerasan, peperangan, penderitaan... Meneriakan nama allah sambil memotong leher seorang anak manusia yg kau anggap kafir dimana semua mahluk dikatakan ciptaan tihan :'( ... Knapa tidak kau yakini saja apa yg kau yakini.. Itu adalah hatimu.... Dalam hatimu... Knapa ...knapa biarkan saja dunia ini damai.. Blog ini hanya akan menambah record kekacaun yg selama ini terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya anda anonim. sayangnya pula anda tidak berani mencoba hidup ditengah tengah komunitas muslim di tempat saya,..
      wow rasanya aman nyaman

      bahkan seorang kristen kanada masuk islam gara gara di mekah ketika adzan semua barang dagangan ditoko ditinggal pemiliknya untuk sholat.

      tapi tak ada satu orangpun yang mau mencuri. benar benar beda dari yang dipahami anonim

      Hapus
    2. Tiap2 agama menciptakan tuhannya sendiri2. Utk bukti mana agama yg benar ialah dgn melihat kelakuan umatnya, ada yg bebas kawin cerai,boleh menganiaya atau membunuh yg di anggap musuh.

      Hapus
    3. maaf smuanya ...... gk ush brtngkar sy rasa kita harus mnghargai agama lain ,,,,,, bkn saling menjelekkan .... yang terpenting kita cari Alloh itu ada dimana bukan hanya tau nama nya saja ,,,,,, ada nma berarti ada wujudnya . walaupun kita mengaku islam tapi kita tidak tau berarti islam kita masih ad di tingkat terendah .........

      Hapus
    4. angin atau udara apakah bukan sebuah nama? dan apakah berwujud? mohon blajar lg sbelum komentar.

      Hapus
    5. Orang Kafir adalah orang yang melanggar printah Tuhan melalui Kitab Sucinya

      Hapus
    6. Tuhan hanya Satu dan kelompok orang bijak menyebut dengan banyak nama. misal: Tuhan Islam dan Kristen disebut ALLAH, Tuhan Hindu disebut BRAHMAN, Tuhan agama Budha disebut Budha.

      Hapus
    7. Jujur saya bingung klo klo baca artikel di atas,dan saya juga bingung mencari tuhan,yg bsa saya yakin kan diri saya sendiri tuhan itu ada, adalah yakin kata hati saya mana yg bener dan mana yg salah,nah klo anda bsa merasakan. Itu maka anda bsa cari agama mana yg ada ajaran tentang hak dan batil, maaf klo pendapat saya ini salah,

      Hapus
  2. trus gw harus bilang wo0ow gtu kl smua orng penting dan bule masuk islam...gk boy,aq orang islam tp aq lebih suka membela agama kristen karena mereka tidak pernah anarkis,rusuh,skrng aq tanya apa pernah agama kristen m=balas dendam ke umat muslim yg slalu menindas dan menjatuh kan agama lain,setau saya nabi muhammad tidak mengajarkan hall itu,,,knp allah memberikan pilihan 5 agama di bumi,karena allah ingin melihat smua ciptaan'an saling menghormati dan menghargai tetapi tetap 1 yg umat'a harus tau bahwa allah hanya ada 1 yg menciptakan umat manusia,siapa bilang orang kristen menyakini yesus adalah tuhan,saya sudah pernah masuk gereja dan ketika mereka berdoa mereka hanya meminta kepada allah bapa (allah swt),umat nasrani tidak ada yg mengakui yesus sebagai tuhan mereka yg menciptakan manusia karena mereka hanya menyakini bahwa yesus adalah utusan allah,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda salah bro.
      Allah tidak pernah memberi pilihan agama.
      coba perhatikan firman Allah dalam Quran,"inna ddin indallah il islam" "sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam"

      "Huwa al ladzi arsala rasulahu bil huda wa dinil haq liyudzhirohu ala addin kullihi wa lau karihal kafirun"
      "Dialah Allah yang mengutus RasulNya dengan membawa petunjuk dan agama Islam yang benar, agar dimenangkannya atas semua agama, meskipun orang kafir benci"

      Hapus
    2. ustad dadakan mungkin agama kau yang kau rasa adalah agama paling benar,agama terbaik..tapi satu pesan saya dan 1 kekurangan yang saya mau bilang,yaitu belajarlah menghargai agama orang lain ,karena kekurangannya agama anda sepertinya tidak mengajari itu ,saya ucapkan ini karena seluruh fakta yang terlihat oleh kedua mata saya selama hidup saya ! terimakasih

      Hapus
    3. Ustad dadakan ,,,,, memang al qur'an pedoman kita ,,,,, tapi hargai orang lain karna agama adlah sarana untuk mengenal pada tuhan ....... coba saya tanyak pada anda ,,,,, apakah tuhan itu beragama ?

      Hapus
    4. tuhan tidak membutuhkan agama karena dia mempunyai sifat 99 asmaul husnah.yg tidak dimiliki makhluknya.kira kira gitu deh

      Hapus
    5. tuhan tidak membutuhkan agama karena dia mempunyai sifat 99 asmaul husnah.yg tidak dimiliki makhluknya.kira kira gitu deh

      Hapus
    6. Hmmm....Semua yang kalian perdebatkan adalah nama-nama yang dibuat oleh manusia dengan Imajinasinya. Apakah Anda pernah dengar suara Tuhan?

      Hapus
  3. Kutipan Si Anonim :
    "gk boy,aq orang islam tp aq lebih suka membela agama kristen karena mereka tidak pernah anarkis,rusuh,skrng"
    he. katanya bagus cuman sayang gak berdasar,,.. gampangnya gakan ada asap kalo gakda api..

    kalao mau liat islam, coba pake pandangan global jangan indo aja..

    liat gimana islam di philipina,,
    liat gimana islam di prancis, israel, di palestin.
    yang buat ke kacauan itu siapa??
    islam, apa Prancis dengan pemerintahnya, islam apa Israel dengan kesewenang wenangannya..

    yang nyuri bandar narkoba di mexsico itu siapa ya??
    yang bandar bokep di amerika siapa ya??

    kalao mau liat agama, bukan ummatnya tapi ajarannya.. kalo ajarannya GEMBLENG, yang Ini bilang Tuhan satu, Ko malah nyembah yang bukan tuhan?
    nyetubuhin bapa ko di muat di kitab suci,,
    menceritakan kemolekan tubuh wanita, buah dadanya seperti anu anu lah ko itu dimuat ya dikitab suci??
    apa kata dunia//??

    bandingin ajarannya bukan ummmatnya BOY!

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Yang saya yakini Pengertian “Islam” adalah “Kepasrahan Total”, bukan kelembagaan agamanya, jadi meskipun labelnya “Muslim” tetapi dirinya belum “pasrah” ya percuma.kecuali kita cukup puas berhenti di Label.
    Masalah perbedaan agama saya rasa mungkin lebih tepat bukan dalam konteks benar atau salah tetapi dalam konteks “rasa dan kecocokan” diri kita sendiri dengan memilih salah satu agama untuk dapat berkomunikasi, berdialog dengan Tuhan guna mencapai tingkat kesempurnaan.

    Mem"banding"kan” satu agama dengan yang lain,oke2 saja siapa tahu kita menemukan kebenaran2 lain diluar agama kita sendiri.
    tetapi memper"tanding"kan” agama kita dengan lainnya itu namanya konyol dan sombong.

    Ibaratnya seperti mengatakan bahwa negeri yang paling indah adalah Indonesia dan kita yakin bongko’an, karena dari kecil kita dicocoki statement tersebut,padahal dirinya tidak pernah keluar Indonesia. Hanya berbekal “Keyakinan” dan kebanggaan tentang indonesia kita berani mengklaim bahwa Indonesia adalah negeri paling indah ?... konyol kan?
    Bagaimana mungkin kita bisa mengklaim agama kita paling benar padahal kita belum pernah memcoba berkomunikasi dengan Tuhan dengan memakai agama lainnya?
    Jangan2 dengan memakai agama kita sendiri saja kita belum mampu berkomunikasi dengan Tuhan? Berkomunikasi tidak sama dengan sekedar menjalankan syariat semata. Kata orang yang tercerahkan berkomunikasi dengan Tuhan artinya kita mampu merasakan keberadaan Tuhan dimana2 dan seakan seluruh alam semesta merupakan manifestasiNya.
    Jadi untuk apa ribut2 soal label?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyal orang bahkan buanyak orang bahkan suangat buanyak orang meskipun dari kecil dicekokin ajaran kristen, tapi ketika dia membaca quran, serta merta diketahuinya bahwa Kristen banyak dipalsukan dan Islam itulah agama allah yang sebenarnya. bahkan dia temukan bahwa Yesus (yang dituhankan orang kristen ternyata Islam)

      Hapus
    2. Siapa bilang Allah islam dan Yesus islam ? Saya mau pindah agama kalo Allah dan Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai muslim , yesus aja gak pernah pergi kemesjid 😂 yang ad di kebait suci , klo Allah punya agama dia mau nyembah siapa lagi ? Hahaha... kasihan yan lo sodara

      Hapus
    3. Stu ajaran sejati umat mnusia tuhan hnya mnurutkan stu kitab suci yaitu kitab weda klau anda inggin mngetahui kitab weda renungkan dirinya d sna krena agama klian agama mntentang ajaran weda yg sjati....Klau udh merenunggkan diri psti tw mna yg bnr dn yg slah sya ykin hindu adalah agama kbenaran sejati...Sya merasakanya dri hti nurani sya percaya tuhan ada d luar ciptaanya termasuk hewan...Liat aja contoh aja anjing... itu slalu megikuti kita...Kmna klau orang yg gk pnya hti mislakan anjing bisa d pkul...anjing mnusia adalah sma percikan kcil tuhan krenA tuhan bersemayam d sna....Igt knpa stiap mlm ada anjing mnjalung atau mngeluarkan suara...Seram itu...Cbak renungkan itu....

      Hapus
  6. Semua perdebatan in sengaja dibuat untuk membuat kita lupa akan diri kita sendiri sebagai manusia indonesia seutuhnya. Silahkan berdebat tetapi tetaplah waspada bahwa bahaya laten yang senantiasa mengintip Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  7. orang beriman pada Tuhan itu tidak saling menyalahkan :D

    BalasHapus
  8. kutipan si anonim:
    "gk boy,aq orang islam tp aq lebih suka membela agama kristen karena mereka tidak pernah anarkis,rusuh,
    Mending dirimu mikir lagi deh, orang ngaku-ngaku islam tapi lebih faham dengan ajaran kristen, (palsu)"jangan-jangan kamu bicara gitu semata-mata pencitra'an demi misi kristenisasi"
    trus kalau kristen nggak pernah bikin rusuh atw bls dendam dsb,jangan cuma percaya berita /film.
    saya juga pernah ke gereja bahkan pernah satu kos-kosan dengan umat kristen. dan mereka mengakui kejahatan umat mereka lebih terorganisir rapi dari pada muslim, karena mereka menguasai media masa,

    BalasHapus
  9. Mending jgn percaya sm org yg bertuhan krn zaman skrg byk org menfaatkan Tuhan melakukan kebohongan, Zaman skrg Tuhan sdh diperalatkan olh manusia, percayalah Hukum Karma itulah yg paling nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
    2. percaya apa yg harus anda percayai! jangan saling menghakimi

      Hapus
    3. Kalau misal nya di dunia ini ga ada agama lg,, tiap manusia BERTUHAN kan masing2 aja,, Dan kabah ( Baitullah)ada di tiap rumah nya masing2,. Dan aktivitas manusia berjalan sperti biasa, ga ada masalah kan yah

      Hapus
    4. Kalau misal nya di dunia ini ga ada agama lg,, tiap manusia BERTUHAN kan masing2 aja,, Dan kabah ( Baitullah)ada di tiap rumah nya masing2,. Dan aktivitas manusia berjalan sperti biasa, ga ada masalah kan yah

      Hapus
  10. Bos, minta izin ngutip tulisan ini ke buku saya: Revolusi Kesadaran, sebelumnya tolong add fb saya ya: revolusikesadaran@yahoo.com

    BalasHapus
  11. Allah Islam diatas air dan dipikul malaikat, Allah Israel, Yahudi dan Kristen di Sorga.

    Surga Islam sama dengan sorga hindu, banuak bidadari.

    BalasHapus
  12. Tak akan ada habisnya kita meembicarakan ini. Sudahlah. Agamamu itu agamamu begitu juga agamaku.

    BalasHapus
  13. Bagi kristen Allah adlah utama bagi mereka,Yesus juga utama bagi mereka,Nabi dsb. Kristen percaya kepada Yesus krna Yesus adalah utusan Allah yang datang ke dunia untuk menyelamatkan umatnya,, Yesus yang mengajarkan Kitab suci,Doa dan Kebenaran bagi agama Kristen. Semua agma di dunia adalah takdir bagi kita tapi semuanya dari Allah. Allah itu satu bagi semua manusia di dunia,,sekali lagi bahwa walaupun Kristen Percaya kepada Yesus Tetp Allah adlah yang paling utama dan Yesus adlah utama karna kristen percaya bahwa Yesus adalah anak Allah / Putra Tunggal Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  14. saya adalah agama kristen yang sah,, untuk apa kita memprdebatkan agama kita,? Semua Agama itu baik, tetapi semuanya tergantung pada dia yang menjalani agama itu.disini sy membaca bahwa kata islam ,kristen hanya percaya kepada Yesus dan bukn Allah..salah besarrrrrrr.......... Kami percaya Yesus karna Yesus adalah Putra Allah yang menjelma menjadi manusia,Dia datang ke dunia untuk menyelamatkan umatnya,bukan hanya menyelamatkan Kristen melainkan semua manusia di dunia,,semuanya tergantung pada siapa yang maw percaya, atau agama mana saja yang mau prcaya. Agama Kristen tetap percaya bahwa Allah yang Tuhan yang menciptakan manusia /alam semesta bukan Yesus.Yesus hanya sebagai utusan dari Allah tetapi kami percaya kepada-Nya.GBU.

    BalasHapus
  15. Allah itu Yesus dan Roh Kudus, yang disebut juga Tritunggal. Jadi, mereka itu satu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  16. SIAPA TUHAN ITU ?
    Assalamualikum.
    Tuhanmu adalah sejauhmana pengertian dan anggapan tentang Tuhan itu seperti apa, di mana dan bagaimana Tuhan itu. Itulah Tuhanmu.Tuhan itu pasti bersifat maha
    - Jika kamu punya pengertian dan anggapan bahwa Tuhan itu seperti apa yang kamu bayangkan sekarang ini, dll. ya itulah Tuhanmu.
    - Jika kamu punya pengertian dan anggapan bahwa Tuhan itu di sana, di sini dll. ya itulah Tuhanmu.
    - Jika kamu punya pengertian dan anggapan bahwa Tuhan itu Kuasa, pencipta, menghukum dll. ya itulah Tuhanmu.
    Apakah Tuhan itu membutuhkan malaikat, nabi atau apapun ? Terserah Tuhan itu sendiri. Nabi, malaikat itu hanya ciptaan.
    JADI SIAPA TUHANMU ? Seperti apa Tuhanmu ? Bagaimana Tuhanmu ? dan Di mana Tuhanmu ? Tergantung pola pikiranmu dalam pengurai.
    Tuhanmu adalah Tuhan Maha Segalanya, Dia bersemayam di atas arsy/langit, penciptaanmu sebagai menusia terjadi setelah ditiupkannya ruh Tuhan dalam dirimu, jadi dalam dirimu ada zdat Tuhan, namanya Ruh (Allah menyebutnya RuhKu)
    Orang menyebutnya Ruh Suci. Tetapi kamu bukan Tuhan, tetapi hanya sebahagianNya dzat Tuhan. Ruh bisa merupakan pemancar/Frekuensi Tuhan dan dengan pemancar itu Tuhan selalu melihat apa-apa yang kamu perbuat, yang kamu pikirkan dan kamu rasakan. Semakin banyak menyebut Tuhan, energi Tuhan yang ada pada dirimu semakin besar, tubuh terasa bersih dan ringan. Menyebut nama Tuhan, berdialog, berkomunikasi dengan Tuhan terasa berat/panas jika dikuasai oleh ego dan nafsu-nafsumu, tetapi semakin lama semakin ringan jika dilakukan terue menerus.
    Karena itu jangan biarkan nafsumu menguasai dirimu. Lebih baik dikuasai TuhanMu.
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  17. Saya orang islam menurut saya Jadilah diri sendiri . Cukup jalani semuanya . Saling intropeksi aja .jangan cuma menyalahkan agama ini itu .karna kita semua sama tapi kita hidup diciptakan berbeda" beda pikiran keperayaan dan lainnya . . Kalian ya kalian .kedepannya urusan kalian . Itunkepercayaan kalian mau budha hindu dll . Jalaninaja ikuti alur jangan cuma coment agama ini itu tapinkalian sendirinseperti itu ... udahlah * gabakal rapi kalo ngomongin ginian karna semua org berhak punya pendapat masing masing . Hargainlah . Intinya saya tetep tertujunpadanislam terimaksih*

    BalasHapus
  18. Lakum dinukum waliyadin. Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku. Sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  19. Hanya orang bodong yg mendebatkan soal kepercayaannya masing2x, dah tau berbeda gada kesamaan dalam kitab masing2x.. aneh yaa loe orang... terjadinya perdebatan kan karna orang yg ini mau menyamakan yg lain begitu jg sebaliknya, dah tau ga bakalan ketemu mau di tarrik benang merahnya jg ga ketemu.. keturunan ismail dan ishak ga akan bisa sama...sama aja keturunan dari ibu loe sama keturunan dari selingkuhan bapak loe ga bakal bisa akur, akan merebutkan harta warisan dari bapak loe. Begitu juga keturunan Abraham.. cucu, cicit, cecet, cocot pasti akan konflik terus merebutkan apa yg Tuhan sudah wariskan ke Abraham sebagai Bapak dari Bangsa2x. Nah... kita jg akan tau siapa yg lebih ngotot merebut harta warisan.. dan siapa yg bermain curang utk dptin warisan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  20. Saya sebagai anak kost menganggap bahwa tuhan saya itu adalah telur, mie instan air putih dll, karna lebih mudah menemukan mereka ketimbang tuhan yang kalian Ingin perlihatkan, yakini tuhanmu dari hatimu bro, Semua sungai pasti mengarah ke Lautan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd tuhan km lbh rendah dr kamu, untuk ap km menyembahnya klu tuhan km tdk bs jaga dirinya sendiri

      Hapus
  21. ujung ujungnya menghina agama lain,

    BalasHapus
  22. TUHAN SUDAH ADA DIHATI KITA..segala perbuatan kita selalu akan terlihat, yg baik atau yg buruk kemana saja kita pergi atau sembunyi,pasti akan tahu, ..semua agama mengajarkan kebaikan dalam hidup kita. tidak ada ajaran untuk mencaci maki Agama lain...semoga damai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  23. .....?
    Dangkal semua ilmu nya

    BalasHapus
  24. tuhan adalah zat tunggal yang hidup yang tidak memiliki tepi, pinggir ataupun batas zat, makanya zat tuhan itu MAHA BESAR.

    zat tuhan juga tidak ada zat lain yang mampu tersingkron dengan zat tuhan makanya zat tuhan itu “SEPERTI KETIADAAN”

    BalasHapus
  25. ah males komentar anak sekola dasar semua. makanya kalo skola nyampe kelas bukan sampe gerbang doank. dongo !!

    BalasHapus
  26. manusia asalnya dari tanah, makan hasil tanah, berdiri diatas tanah, akan kembali ketanah,
    lalu.... kenapa masih bersifat langit...?
    hargai perbedaan...
    Lautan luas itu tidak pernah menjelaskan betapa luas dan dalam dirinya. tidak pernah dan sama sekali tidak perlu...
    kita sbgai manusia sudah sepatutnya memiliki amalan dan rahasia kehidupanya yg tersembunyi rapat, yg hanya Allah dan dirinya yg mengetahuinya...
    karna Allah sudah menutupi apa yang menjadi aib kita, jadi jangan sekali" kita sengaja membuka aib kita itu ke orang lain... cukup Allah, dan hanya Allah. apa lg membuka" aib org lain. tidah perlu berdebat soal ini. karna hanya dengan kematian mungkin baru kita akan tau agama apa, dan tuhan yang mana yang patut di sembah... selama kita masih hidup, akan selalu kt temukan banyaknya perbedaan.. memang sudah seharusnya seperti itu. jadi untuk apa di perdebatkan lagi.... untukmu agamu, dan untukq agamaq, dan aq tidak menyembah apa yg kami sembah, dan kamupun tidak akan menyembah apa yang aku sembah. :) keep calm ajah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  27. Untuk apa berebut tuhan jika tuhan itu satu esa... sebulum adanya agama tuhan sudah ada.. knapa dan knapa semua orang merasah benar dengan agamanya masing2... jika memang agamau benar ... sudah pasti kau akan mencintai perdamaian! Ingat semaua yg ada dilangit dan di bumi bahkan alam semestapun bertasbi dan memuji tuhan yg maha esa... untuk apa berdebat dan merebutkan tuhan jika mengenal diri pribadi anda saja gak bisah.... semua yg adah di alam semestapun percaya kalo tuhan itu ada bahkan iblispun mengakuinya... bayi lahirpun belum memeluk agama tapi dia tau kalau tuhan itu ada..... amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  28. Aku tidak tahu siapa Tuhan itu. Tuhan berbeda di setiap agama, di sebabkan doktrin agama yang berbeda-beda. Walaupun begitu, saya coba memberikan sedikit apa yang saya ketahui :

    Tuhan tidak berbentuk apapun, siapapun, dan sepanjang apa yang bisa di pikirkan oleh makhluk ciptaan Tuhan mengenai bentuk Tuhan, itu adalah tidak mungkin dan hanya rekayasa imajinasi ciptaanNya saja. Tuhan adalah sumber segala sesuatu, dan dalam menciptakan segala sesuatu Tuhan memperggunakan FirmanNya dan melalui FirmanNya inilah Tuhan bisa di ketahui oleh makhluk ciptaanNya walaupun belum seutuhnya. Artinya Tuhan juga adalah Firman, dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

    Selain melalui FirmanNya, Tuhan menjadikan segala sesuatu yang tidak ada menjadi ada, FirmanNya juga memelihara, mengembangkan dan melindungi serta menuntun apa yang telah ada, dengan tidak mengharapkan tuntutan dan imbalan apalagi MEMPERBUDAK atau MEMPERHAMBA apa yang telah di ciptakanNya, kecuali Kebajikan semata.

    Jikalau ada yang mengatakan Tuhan / FirmanNya menuntut imbalan ini dan itu dari ciptaanNYA, selain kebajikan (karena dasar utama penciptaan adalah Kebajikan), semua itu tidak tidak lebih adalah hasil doktrin dari agama (manusia), sebab bagaimana mungkin Tuhan / FirmanNya yang menciptakan, lalu memelihara, mengembangkan, melindungi dan menuntun ciptaannya menuntut imbalan yang tidak berarti dari ciptaanNya selain Kebajikan semata ? Maka sangat rasional / etis / sesuai akal budi di katakan bahwa semua ciptaanNya terutama makhluk hidup adalah anak-anakNya, bukan hamba maupun budakNya. Sebab perkataan hambaNya / budakNya adalah konotasi yang kontradiksi dengan Kebajikan Utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  29. Kembali kepada hati masing masing saja, silahkan yg dianggap baik ya baik saja, lanjutkan hidup ini sesuai keyakinan masing masing saja, jangan dibuat repot, yg tau benar atau salah siapa, dari sekian banyak jiwa manusia memiliki pendapat yang berbeda, damai itu indah

    BalasHapus
  30. Pilih satu yg anda suka,lo ternyata masih menjelekan yg lain berarti ya masih ragu dengan pilihan anda...gitu aj ko repot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  31. Gua peecaya yesus , bukan percaya agama, lu bilang cm islam yg di ridhoi alwoh?.? Berarti alwoh uwoh mu itu, egois ?? Ga menghormati sesama ?? Lu tdi ada yg bilang ngaku ngaku ke gereja , tapi orang kristen ga ngakui yesus sebagai Tuhan , cm sebagai utusan ?. Gereja mana ? Gereja AL jihad ? Gereja Muhammadiyah ? Bikin postingan di pikir, jgn cm treak treak lima waktu, pakek suara yg fals, admin bodoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  32. Dasar mujahid dan martir. Sudahlah intinya Tuhan itu ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama penganut agama menganggap Tuhan yang sesungguhnya berbeda, maka selama itu pula misi agama akan melenceng. padahal ALLAH, BRAHMAN, BUDHA hanya sebuah nama berbeda tetapi Beliau Tunggal (satu).

      Hapus
  33. ingat teman teman, agamaku ya agamaku - agamamu ya agamamu. tidak ada agama yang menginginkan kita berbuat jahat. semua yang diajarkan agama baik, hanya manusianya saja yang tidak mensyukuri itu, dan selalu ingin merasa lebih dimata orang lain. agama yang buat manusia. Tuhan tidak membuat agama. Muslim punya Nabi Muhammad SAW, kristen punya Yesus, sebagai perpanjangan tangan dalam menyebarkan agamanya masing masing. Tuhan itu SATU. muslim percaya Tuhan/Allah sebagai pencipta alam semesta dan isinya, kristen dan yang lain nya juga mengakui pencipta segalanya adalah Tuhan/Allah. Dosa, semua orang takut dosa, dan ingin menjauhkan diri dari dosa itu. Mencela agama lain itu adalah DOSA. salam saya dan teman teman saya, yang juga membicarakan hal ini.

    BalasHapus
  34. Tuhan ya itu,tapi bukan itu.....krn tdk ada satu wujud/materi pun di dunia ini
    Yg mampu "mewakili"sifat,zat,wewenang,perilaku...selayakny tuhan.....

    BalasHapus
  35. pikit sndri2... RNUNGIN SNDRI2...
    drpda mencari kbrnaran sndri2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cri di dlm dri jgn di luar dri..guru sejati sll bersma mu

      Hapus
  36. Hati kita terasa sejuk tentram dan damai bila kita berserah diri kepada Tuhan. Apapun Tuhan kalian itu tergantung keyakinan diri kalian masing2. Jangan sampai memaksakan keyakinan terhadap orang lain karna apa karna banyak orang ngakunya beragama tapi hidupnya tidak sesuai dengan ajaran agamanya. Karna setiap agama menganggap agamanya lah paling benar. Cobalah berbesar hati, resapi dan bayangkan seandainya diri Anda lahir dari orang tua yang sudah beragama Islam, Kristen, Hindu atau Budha mungkin Anda juga sudah menganut agama tersebut. Tuhan itu ada di dalam Hati kita dan akupun yakin Tuhan menyukai dan menyayangi orang2 yang berbuat baik. Dan dalam keyakinannku aku tidak terlalu berharap surga atau neraka intinya aku di ciptakan oleh Tuhan berbuat baik sebaik2nya dengan niat karna takjub akan kekuasaannya bukan terlalu berharap surga atau nerakaNYA. Buat apa Tuhan menciptakan manusia kalau hanya untuk dihukum nantinya kita berbuat baik atau tidak Tuhan juga tidak rugi kan ??? Keyakinanku manusia itu seperti anak2 yang kadang2 berbuat salah kadang berbuat baik dan Tuhan sebagai orang Tua yang baik yang hanya senyum melihat kita di dunia. Karna aku yakin Tuhan penyayang seluruh ciptaanNya dan umatNya seperti orang tua yang sangat menyayangi anaknya.

    BalasHapus
  37. Hati kita terasa sejuk tentram dan damai bila kita berserah diri kepada Tuhan. Apapun Tuhan kalian itu tergantung keyakinan diri kalian masing2. Jangan sampai memaksakan keyakinan terhadap orang lain karna apa karna banyak orang ngakunya beragama tapi hidupnya tidak sesuai dengan ajaran agamanya. Karna setiap agama menganggap agamanya lah paling benar. Cobalah berbesar hati, resapi dan bayangkan seandainya diri Anda lahir dari orang tua yang sudah beragama Islam, Kristen, Hindu atau Budha mungkin Anda juga sudah menganut agama tersebut. Tuhan itu ada di dalam Hati kita dan akupun yakin Tuhan menyukai dan menyayangi orang2 yang berbuat baik. Dan dalam keyakinannku aku tidak terlalu berharap surga atau neraka intinya aku di ciptakan oleh Tuhan berbuat baik sebaik2nya dengan niat karna takjub akan kekuasaannya bukan terlalu berharap surga atau nerakaNYA. Buat apa Tuhan menciptakan manusia kalau hanya untuk dihukum nantinya kita berbuat baik atau tidak Tuhan juga tidak rugi kan ??? Keyakinanku manusia itu seperti anak2 yang kadang2 berbuat salah kadang berbuat baik dan Tuhan sebagai orang Tua yang baik yang hanya senyum melihat kita di dunia. Karna aku yakin Tuhan penyayang seluruh ciptaanNya dan umatNya seperti orang tua yang sangat menyayangi anaknya.

    BalasHapus
  38. Allah menciptakan bumi untuk manusia dengan beraneka ragam kreasinya dengan tujuan agar kita cerdas dalam pengenalan allah... bagiku beragam agama adalah beragam jalan yang diciptakan tuhan untuk mengapainya...

    BalasHapus
  39. Islam menyebut nama Tuhan , : Allah SAW

    BalasHapus
  40. Jadi manusia itu Yg penting jadi orang baik berguna bagi keluarga,saudara,kerabat,sahabat,teman dan tetangga, soal agama terserah keyakinan masing-masing gag usah sok paling benar biarkan saja ALLAH tuhan satu-satunya yg maha pencipta menjadi WASIT pengambil keputusan mana yg benar dan mana yg salah, kita para manusia cuma sebatas peserta kehidupan

    BalasHapus
  41. assalamualaikum wr.wb
    alangkah lebih baiknya mngtahui asal muasal kejadian dri sendri biar gk ada dbat sprti ini..
    al insanu sirri wa anaa sirruhu...(insan itu rahasia ku & aku lah rahasia nya) firman Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cman ada stu agama kebeanran sejati artinya agama weda agama hti rohani krena weda adalah agama hti rohani yg suci....Bkn islam hnya agama buatan mnusia...Weda adalah agama hti nurani yg ada stiap jiwa mnusia...mnusia mempunyai ke kuataan yg sma kyak tuhan kok klau itu udah d lkukan dlam meditasi.....

      Hapus
  42. buang semua akuan2 yg tumbuh di benak kalian...apa yg kalian pny,,yg sya pny,,,tnp allah aku hnyalah tong kosong,,,aku hidup krn di hidup kn,mndngar krn di dgr kn,brkta krn di katakn dsb...masihkh ada akuan pda dri kalian...allah swt mmafkn semua kesalahan hambanya..kecuali syirik..& yg nma nya syirik itu ialah mndua kn allah...sedang kn yg mnduakn allah itu ialah yg msh ada akuan2.wassalam

    BalasHapus
  43. berbicara tentangTuhan...
    ALLAH dan TUHAN. Tuhan itu jabatan ALLAH itu Namanya... berbicara tentang TUHAN mugkin semua tahu. ketika dia mempelajarinya. membaca buku2 panduan dari para penulis2 buku.. sama halnya menggunakan argumen orang lain sebagai argumen sendiri.. pernahkah kalian berfikir sendiri tentang Seperti Apa Sejatinya Tuhan... Ok. kalian mungkin saja padai berbicara karna kalian dapat mempelajarinya dengan baik. tapi apakah kalian bisa merasakan Tuhan itu ada dimana. bisakah kalain menceritakan rasanya ketika merasakan tuha,, apa kalian mampu tuk merasakan dimana tuhan itu.. kalau tidak berarti apa yang kalian bicarakan panjang lebar hanya sebuah materi tuhan itu maha segalanya. dengan mudahnya kalian menyedarhanakannya, menvonisnya tapi tidak tau keberadaan tuhan itu dimana. bagaimana mungkin kalian bisa mengirim surat ke orang lain kalau kalian tidak tau kemana surat itu akan di tujukan begitupun dengan tuhan kalian. ALLAH/TUHAN itu tidak ada duanya, cukup rasakan dimana dia, sehingga kalian tidak akan berrtikai lagi....yakin hati kalian lihat kebenaran.. karana orang yang mengetahui tuhan tidak akan perna berbuat salah... karna tuhan adalah sebuah kebenaran.. ok kawan semua..

    BalasHapus
  44. Sudahlah,, kalian smua manusia dri Pencipta yang sama,, tidak usah saling bertengkar karena kalian hnya membela ego dan kepentingan agama kalian masing2,, sya sndri lucu melihat hal ini,, tidak kah kalian sadar bahwa kalian diciptakan dari 1 Pencipta?? Yg kalian ributkan adalah bnyaknya agama yg diciptakan oleh manusia utk memecah dan membela keprntingan masing2,, jgan hancurkan yg diciptakan Tuhan utk memntingkan ego agama kalian masing2 yg jelas2 diciptakan oleh manusia biasa.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here