BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Kesombongan Rabiatul Adawiyah

Sufi terkenal Rabiatul Adawiyah ternyata sangat sombong? Sepertinya dia sajalah wanita paling mencintai Allah sehingga tak bisa mencintai makhluk kemudian tak mau menikah. Bahkan sebait doanya, terungkap seolah olah hanya dia saja di dunia ini yang ditakdirkan bangun malam dan berdoa kepada Allah. perhatikan uraian berikut



Dalam bait doanya Rabiatul Adawiyah mengatakan,
"“Sekalian manusia telah tidur dan semua orang telah lalai dengan asyik

maksyuknya. Yang tinggal hanya Rabi’ah yang banyak kesalahan di
hadapan-Mu. Maka moga-moga Engkau berikan suatu pandangan kepadanya
yang akan menahannya daripada tidur supaya dia dapat berkhidmat
kepada-Mu.”


Kata kata "Yang tinggal hanya Rabiah," mengesankan seakan akan hanya dia saja di dunia ini yang diberi kesempatan bangun malam.
kata kata berikutnya "yang banyak kesalahan di hadapanMu" dipakai untuk menunjukkan seolah olah dia rendah hati merasa banyak salah di hadapan Allah

Kalimat 2 seperti itu bisa lebih terlihat sombongnya ketika kita pertajam sebagai berikut:

"Lihatlah oh Tuhan,  yang taat cuma aku saja bukan? padahal aku adalah orang yang paling tawadlu(rendah hati) dihadapanMu?"

beberapa ulama sering mencontohkan diantara orang sombong yang paling tidak tau diri adalah yang mengatakan demikian,"Hmmmm, setelah saya rasa rasakan dari hati yang paling dalam, ternyata diantara semua orang soleh di dunia ini,... yang paling tidak sombong kok cuma saya sendiri ya?"

Nah begitu kira kira,.. mudah mudahan  bermanfaat

NB: Penulis masih belum yakin bahwa Rabiatul Adawiyah benar benar mengucapkan doa demikian. sangat boleh jadi itu semua hanya cerita yang dilebih lebihkan oleh para pengikutnya. Coba pikirkan dengan cermat: kalau benar robiatul adawiyah orang yang pandai merahasiakan kesholehan nya tentu doa nya tak perlu kedengaran oleh orang lain bukan? tapi kok pengikutnya bisa tahu bahwa doa robiatul itu seperti itu? nah bingung kan?

Related Post / Artikel Terkait:



8 komentar:

  1. tdk ada kesombongan dalam do'anya itu, hanya pengomentarnya saja yg masih bodoh...blum berilmu sdh mau mensyarahkan ucapan kekasih Allah.

    BalasHapus
  2. tdk ada kesombongan dalam do'anya itu, hanya pengomentarnya saja yg masih bodoh...blum berilmu sdh mau mensyarahkan ucapan kekasih Allah.

    BalasHapus
  3. itu namanya fana/hilang. yaitu suatu kondisi yang menganggap hanya dirinya dan allah yang ada. Hal itu bisa itu terjadi jika kecintaan kepada allah sangat tinggi.

    BalasHapus
  4. sombong,ya!! siapa sih dia?

    BalasHapus
  5. dalam islam kita dituntut agar dalam bearamal itu hrs berilmu,tdk hanya fiqih tapi jg tauhid dan tasyawuf jg hrs kita dalami.

    BalasHapus
  6. bukan sombong, anda saja yang tak tahu maknanya...

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here