BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Stop Makan 4 Jam Sebelum Tidur (Trik Meningkatkan Kualitas Tidur)

Berhenti makan minimal 4 jam sebelum tidur terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sebaliknya banyak makan sebelum tidur menyebabkan ketika bangun di pagi hari badan kita terasa tidak bugar. Kenapa demikian?

Tidur merupakan perilaku alamiah yang dikaruniakan Tuhan atas tubuh manusia agar performa nya tetap terjaga. (lihat: Keajaiban Tidur). Tidur adalah mekanisme tubuh untuk mengistirahatkan sebagian besar organ, di mana kondisi “off” itu diperlukan agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki sel sel yang rusak ketika seseorang melakukan aktivitas keseharian.

Jika terlalu banyak makan menjelang tidur maka mekanisme pemulihan yang dilakukan tubuh saat tidur akan terganggu oleh aktifitas lambung dalam mencerna makanan. Waktu rata rata yang diperlukan lambung untuk mencerna makanan adalah 4 jam. Itu sebabnya beberapa ahli menyarankan kita berhenti makan kira kira 4 jam sebelum tidur, sehingga tepat pada saat mulai tertidur proses pemulihan sel sel pada seluruh bagian tubuh bisa berjalan dengan baik tanpa terganggu aktifitas lainnya. Dengan mengatur asupan makanan ke dalam lambung, seseorang akan mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik.

Tapi gimana kalau menjelang tidur kita merasa lapar?

Jika memang lapar menjelang tidur pilihlah makanan yang mudah untuk dicerna oleh lambung, misalnya sayuran dan buah buahan.

Related Post / Artikel Terkait:



2 komentar:

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here