BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Apa Sih Islam Itu (What is Islam)

Ada yang bertanya Apa sih Islam Itu ? Dewasa ini kata "Islam"  terlanjur dipahami 'hanya' sebagai nama agama yang diajarkan oleh Muhammad, yang kemudian dianut oleh para pengikutnya yang berjumlah kurang lebih 1,8 Milyar orang (1/4 dari penduduk dunia) saat ini. Sehingga ketika orang bertanya "Apa agama yang diajarkan Isa, Musa, atau Ibrahim?" diperlukan keterangan tambahan untuk menjelaskannya. Bahkan seorang Nurcholis Madjid (Alm) merasa perlu mengetengahkan terminologi "Hanif" untuk dinisbatkan pada agama Ibrahim. Padahal Quran secara jelas ,tanpa harus ditakwilkan, menjelaskan pengertian "Islam" secara menyeluruh. Para pembaca Quran yang memahami maknanya, bahkan, tidak memerlukan penjelasan diluar Quran untuk mencapai pemahaman yang tepat mengenai makna Islam ini. Jadi Apa Sih Islam Itu? Memangnya selain nama agama ada pengertian lainnya?
Kata Islam merupakan kata nama yang berasal dari akar triliteral s-l-m, dan didapat dari tatabahasa bahasa Arab Aslama, yaitu berarti "untuk menerima, menyerah atau tunduk." Makna literal(leksikal/denotatif) dari kata "islam" cukup terwakili dengan penjelasan ini. Beberapa orang bisa langsung memahami, sementara beberapa lainnya masih memerlukan penjelasan lebih jauh. Pertanyaannya masih sama. Jadi apa sih islam itu?

dalam Quran kata "Islam" yang ditulis dalam bentuk "Al Islam / the Islam" disebut pada 6 tempat yang berbeda diantaranya:

1. Quran Surah Ali Imran ayat 19
2. Quran Surah Ali Imran ayat 85
3. Quran Surah Al Maaidah ayat 3
4. Quran Surah Al An am ayat 125
5. Quran Surah Az Zumar ayat 22
6. Quran Surah As Shaff ayat 7


Related Post / Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here