BUNUH DIRI Isra' Mi'radj PasangIklanGratis Hijriyah vs Masehi Muhammad dan Anemogamy PasangIklanGratis Alam Semesta Terbatas PasangIklanGratis

Asal Usul Agama (Bukti Sejarah Kehidupan Adam Manusia Pertama)

Petunjuk yang diberikan Tuhan kepada Adam merupakan bentuk paling awal dari agama. Adam dan keturunannya diberi kebebasan penuh untuk memilih apakah mau tunduk mengikutinya atau menentang serta mendustakannya. dari sini kita tahu Asal Usul Agama (Bukti Sejarah Kehidupan Adam Manusia Pertama).
Orang orang yang mengikuti petunjuk disebut muslim (artinya tunduk, patuh, berserah diri mengikuti aturan Tuhan) sedangkan orang yang tidak mengikuti disebut kafir (artinya menolak, mengingkari atau mendustakan) Pada saat itu Adam, Hawa dan anak keturunannya menerima dan mengikuti petunjuk yang diterimanya dari Tuhan, sementara Iblis tetap tidak mau mengikuti bahkan terus saja berusaha mempengaruhi anak cucu Adam untuk menentang aturan yang ada dalam petunjuk Tuhan tersebut.
Jadi agama merupakan petunjuk Tuhan kepada manusia agar manusia tahu apa yang mesti dikerjakannya semasa di dunia, sehingga kelak bisa selamat kembali kepada Tuhannya. Ketika petunjuk yang diturunkan Tuhan itu disalin ke dalam tulisan, menjadi sebuah buku, maka buku itulah yang disebut  Kitab Suci. Bentuk yang lebih sederhana dari sebuah kitab biasa disebut sukhuf atau lembaran-lembaran. Diantaranya yang terkenal adalah sukhuf Ibrahim dan sukhuf Musa. Sedangkan Kitab Suci yang disebutkan di dalam Quran adalah Taurat Musa, Zabur Daud, Injil Isa dan Quran.

Related Post / Artikel Terkait:



242 komentar:

  1. kalau agama hindu asal usulnya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua agama berasal dari ciptaan Manusia.

      Hapus
    2. benar banget gan.... lihat aja konflik yg terjadi saat ini, selalu mengakui kalo agamanya yg benar. munafik semua.

      Hapus
    3. @ROMO maaf sebelumnya tidak semua agama berasal dari ciptaan manusia, hanya agama islam yang berasal dari langit... agama yg lain semuanya berasal dari bumi....

      Hapus
    4. Agama adalah misteri yang sangat sulit dipecahkan

      Hapus
    5. Tdk jg kaleek...Dlm Al-Quran hny satu agama yg diakui yaitu Agama ISLAM..
      ..

      Hapus
    6. meminta bantuan itu hanya kepada ALLAH SWT karena hanya ALLAH lah yang mengatur segalanya. bersyukurlah kepada ALLAH SWT bukan dengan yang lain.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    8. Berkemungkinan Ajaran Hindu dan ajaran Budha pada awal munculnya berasal dari wahyu Allah juga tapi kenapa ajarannya jauh berbeda dengan ajaran Nabi Muhammad, SAW (baik tauhidnya maupun syariatnya) ? Kita ambil contoh kitab suci agama Budha (Tripitaka) saja ditulis orang setelah 400 tahun lebih jadi jelas isinya tidak bisa dijamin keasliannya, apakah itu benar perkataan Budha atau tidak. Karena Kitab Budha atau kitab suci yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad diutus Allah sudah banyak bercampur dengan tulisan tangan manusia jadi ada yang Firman Tuhan atau Sabda Nabi dan ada pula yang bukan Firman Tuhan dan bukan sabda nabi mereka masing-masing. Dalilnya sebagaimana Firman Allah yang berbunyi : “Dan diantara mereka ada yang buta huruf tidak mengetahui kitab kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga.”“Sungguh celakalah orang-orang yang menulis al-kitab dengan tangan mereka, lalu mereka katakan: “Ini adalah dari Allah.” (mereka lakukan itu) untuk mencari keuntungan sedikit. Sungguh celakalah mereka karena aktivitas mereka menulis kitab-kitab (yang mereka katakan dari Allah itu), dan sungguh celakalah mereka akibat tindakan mereka.” (QS Al-Baqarah : 78-79)

      Hapus
    9. Bukankah Islam juga bisa berlaku seperti itu? Sebagian berasal dr Tuhan (atau kitab2 sebelumnya) dan di bagian2 lain di tambahin untuk keuntungan pribadi (nabi)

      Hapus
    10. HINDU ITU AGAMA ARDHI ALIAS AGAMA KAFIR SESAT. DEWA-DEWINYA ADALAH RAJA-RATU JIN-JIN.

      Hapus
    11. Baca ini aja... biar membela agamanya sesuai fakta https://id.m.wikipedia.org/wiki/Agama_Abrahamik
      Lagi pula jaman dulu sama jaman skrng sama kok debat mulu..siapa yang benar dan siapa yang tidak benar padahal sama
      Buktinya allah (islam) dengan allah (nasrani) hanya pengucapanya saja artinya

      Hapus
  2. Ada pendapat bahwa agama dapat diklasifikasi menjadi dua,berdasarkan sumbernya;yakni agama samawi (petunjuk langit)lewat para nabi dan rasulNya dan agama ardhi (lewat perenungan pribadi). Nah agan bisa menentukannya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mau menggunakan LOGIKA, semua Agama didunia ini,berasal dari ciptaan Manusia. Ga ada Agama Samawi ga ada langit, tahukah anda, diluar bumi ini adalah ruang hampa yang tak terbatas, jadi manakah tempatnya yang anda namai "langit" itu?

      Hapus
    2. ROMO TOLOL
      Siapa bilang langit tak berbatas? belajar fisika gak?

      Hapus
    3. langit2 goblok hahahaha

      Hapus
    4. trus klo ada batas coba katakan batas
      nya sampe dimana...pasti kamu ikutin ajaran sesatmu itu ya..emang dari mana agamamu tau dari mana langit itu ada batasnya km sendiri yang bodoooh....

      Hapus
    5. langit secara umum di sebut juga atmosfer, dan ada 5 lapis bagian, bagian terluarnya di namain eksosfer, itu di antara 800-1000 KM dari permukaan bumi, wah kalo anda berpikir seperti itu, berarti sekolah menyesatkan kita dong, ilmu pengetahuan cuman penipu, dan kita semua terlihat menyedihkan

      Hapus
    6. romo,...menurutmu, apa sih logika itu??..trus, apa yang membangun logika mu??....

      Hapus
    7. romo saya yakin agamamu pasti bukan islam kan, makanya kya gitu pemikirannya...

      Hapus
    8. Islam agama paling kacau sedunia

      Hapus
    9. Islam adalah yg diakui oleh Sang Pencipta
      bkn agama lainnya..Mau bukti anda cb wudu' meski agamamu bkn Islam...anda akan mengalami rasa aman krn meyembah Allah Swt..

      Hapus
    10. Orang kafir yang telah di tutup kan hati nya oleh allah. Naudzubillahiminzalliq.

      Hapus
    11. Akal manusia itu terbatas. Karna kita hanyalah makhluk-Nya.
      Cobalah baca terjemahan Al-Quran dari awal sampai habis. InsyaAllah pasti dapat jawaban ttg arti hidup di dunia ini.

      Hapus
    12. Salah satunya bacalah terjemahan al-qur'an surat al-mulk ayat 3

      Hapus
    13. semua agama mengajarkan yang baik,,, jadi nggak usah berpikiran macam tentang agama,,,,,, ok frend"

      Hapus
    14. G mana si masa g lengkap

      Hapus
    15. Gimanasi masa g lengkap asal usul umat agamanya si .......√√√√√√πmhxkejsljdmebrlfmdjbrkksgh......

      Hapus
    16. @Konika Lingkerz ngebacot:

      " semua agama mengajarkan yang baik,,, jadi nggak usah berpikiran macam tentang agama,,,,,, ok frend" ".

      Woooy lo jangan begok! Baik atau buruk itu adalah sesuatu yang relatif, sebagaimana cantik, ganteng, and jelek itu juga relatif. Agama disisi Allah 'Azza Wa Jalla sang Tuhan semesta alam tidak lain hanyalah agama Islam. Sedangkan agama yang lain adalah agama kafirun sesat La'natullah 'alayh.

      Memang sih ada agama Samawi yaitu agama yang berasal dari petunjuk Malaikat di 'alam langit, dan ada juga agama Ardhi yaitu agama hasil perenungan manusia di bumi. Tapi tetep aja satu-satunya agama Samawi yang murni tidak lain hanyalah agama Islam, sebab agama yang lain sudah terkotori oleh bid'ah, khurafat, dlsb yang menyebabkan wahyu ilahiyah nya terkontaminasi oleh ajaran-ajaran palsu oleh para pendeta. Contohnya agama Kristen yang berasal dari Nabiyullah al-Masih Isa AS, isi Alkitab Bibelnya malah tercampuri ama bacotan si Paulus Benediktikus. Heg.

      Hapus
    17. agama islam itu baik....tapi kalau kek kau nya orang nya kupastikan kau nggak punya agama karna kau sudah menjelek jelek kan agama orang lain...kau cuci dulu otakmu itu pake air sirih

      Hapus
    18. anonim_ u punya agama gak sih.. pakah agama lu ngajarin untuk mencela agama lain, saya rasa kalau u agama nya islam berarti otak u yang gak islam, yang suka ngejelekin agama lain.. tipe-tipe teroriskamu...

      Hapus
    19. Dari kata "Bid'ah" ... saya sudah tau anda pasti Syi'ah! Kalo anda muslimin atau muslimah, jaga bicara anda. Isi hati memang tidak terlihat, tapi dari ucapan dan prilaku seseorang bisa menilai isi jati anda.

      Hapus
    20. Konoka lingkers.sy setuju semua agama itu baik.tp agama yg benar itu hanya agama islam.

      Hapus
  3. penjelasannya masih kurang logis dan masuh sangat jauh dari fakta empiris

    BalasHapus
  4. manusia itu mencari Tuhan, bukan Agama. . Agama yang bikin manusia, bukan Tuhan. .itu mah cuma pendapat pribadi. . ga ada relevan2nya sedikitpun tulisan ini. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda salah mas. coba baca Quran. disitu disebutkan, "Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam"

      juga yang ini,"wa rodhitu lakum al islami diinan" dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama (aturan) bagi kalian"

      Hapus
    2. "Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam", Q.S? Ayat? Ini arti harfiah ato judgement?

      Hapus
    3. Wah,wah,... Rezza, ternyata saudara membaca lalu percaya tanpa analisa. Perlu saudara ilhami, Tuhan tidak menciptakan agama manapun, karena semua umat manusia adalah ciptaanNya termasuk semut, jadi diumpamakan Tuhan adalah Bapak dan Manusia adalah anak, maka hubungan Tuhan dgn Manusia adalah "Keluarga", jadi sangat tidak mungkin Tuhan menciptakan macam-macam agama untuk memecah belah KeluargaNya sendiri.

      Hapus
    4. manusia mencari tuhan tak akan bisa. yang terjadi sebenarnya adalah : Tuhan memperkenalkan Dirinya lewat Adam Idris Nuh Hud Ibrahim Musa Isa dan Muhammad. Rincian nya ada dalam Sukhuf Ibrahim dan sukhuf Musa, serta Taurat Zabur Injil dan Quran.
      Tugas sejarawan untuk melacak keaslian kitab kitab tersebut. Kalau mau jujur sebenarnya ajaran asli Taurat Zabur Injil dan Quran adalah sama, yaitu perintah taat kepada Tuhan yang menciptakan alam raya ini yaitu Allah.
      Konsepnya begitu mudah, tetapi orang seperti ROMO ini sedikit rada bebal untuk bisa memahami dengan smart

      Hapus
    5. Biarkan aja si romo itu...kan allah sudah ksh tau"sesungguhnya org2 kafir itu kami beri peringatan atau tidak ,mereka tak akan beriman,karena mereka itu buta dan tuli dari petunjuk Allah"....so ga usah heran to...

      Hapus
    6. hahahahah pada merasa sudah bisa tapi belum hahahahahaha

      goblok semua hahahaha

      Hapus
    7. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
    8. Baca terjemahan al-qur'a surat ali 'imran ayat 18-20 guys

      Hapus
    9. Kawan2, semua agama pasti meyakini bahwa ajaran mereka yg paling baik..intinya jadilah pribadi yg baik, karena kalau berbuat baik, org ga repot2 nanya agamamu..

      Hapus
    10. Sy setuju manusia mencari Tuhan,tp harus melalui satu wadah yaitu agama.karena yg tdk punya agama dia tdk punya tuhan.

      Hapus
  5. gak usah kita cari'' kesalahan dari orang maupun agama lain,karna itu akan semakin memperlihatkan kebodohan diri kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampaknya anda kurang mengerti. Coba perhatikan,... Adam, Ibrahim, Musa, Israil(Yakub), Daud, Sulaiman, Yahya (Yohanes), Maryam(Maria), Isa (Yesus), Muhammad,... mereka semua adalah orang orang pilihan Allah yang pernah mengucapkan perkataan yang sama, "Tuhanku adalah Allah yang menciptakan jagatraya dan seisinya,..dan saksikanlah bahwa kami adalah orang yang berserah diri tunduk patuh kepada Allah"

      dalam bahasa arab(Quran) di katakan : "wa asyhad bi anna muslimun" artinya dan saksikanlah bahwa kami adalah muslimun (muslimun=orang yang berserahdiri, taat tunduk patuh pada Allah)

      Hapus
    2. Yesus bukanlah nabi isa
      Yesus adalah yudas iskariot sang pengkhianat
      Jadi yg disalib bukanlah nabi isa melainkan yudas iskariot itu sendiri
      So, kita saling mengingatkan jika ada yg salah maaf sebelumnya

      Hapus
    3. Jangan smbarang bicara klo tdk tau ap2. Makanya cri dlu kbenarannya, agama katholik roma lbih dlu ad dripada islam ..Jdi lo d stu bisa tau sndiri ksmpupannya ap.

      Hapus
    4. Agama Tuhan adalah Kristen, Budah dan Hindu Agama Tradisional dunia dan Islam Agama Teroris dan ajaran setan pembunuh sadis.

      Hapus
    5. atas gue kebanyakan makan babi jadi goblok

      Hapus
  6. Agama itu bukan utk menentukan siapa Tuhan, apalagi menentukan siapa muslim dan siapa Kafir, Agama adl utk menentukan kepribadian (gmn hrs bersikap)yg dianut slama hdp di dunia.
    Tuhan ttp satu, AllahuRobbil Alamiin( Allah Tuhan Semesta Alam, bkn hanya Tuhan umat Islam) dan utk kafir dan muslim hanya bs diketahui saat di Akhirat nanti, klo di dunia mah byk sinetronnya. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
    2. islam tuh berdiri sejak kapan sih ? brati nabi musa , nabi isa , nabi2 sebelum muhamad itu kafir ? jaman dulu islam belum muncul bro pake otak kamu .

      Hapus
    3. Kitab mu itu di seluruh penjuru dunia, sudah diterjemahkan berbagai negara. jadi SEWAJARNYA kalau injil itu sudah menyimpang. Logika nya jika satu kata seperti ''anda'' dalam bahasa indonesia diterjemahkan lagi kebahasa asing maknanya akan berubah lagi, Terus dan terus. Sedangkan alqur'an bahasanya satu di seluruh dunia ''BAHASA ARAB". Jadi kebenaran nya nyata. Kalau injil banyak bahasa ada semua, jadi kalau mereka salah ketik dalam penerjemahan, Sewajar nya lah kalau injil itu sudah menyimpang dari pemberian nabi isa terdahulu.

      Hapus
    4. Dr zamannya nabi adam udah ada kalimat sahadat

      Hapus
    5. Agama nabi" sebelum nabi muhammad(islam) dinamakan agama tauhid, ajaran agama tauhid dgn ajaran agama islam ialah sama yaitu mengenai anjuran utk menyembah Allah saja, tdk boleh mempersekutukan Allah dgn apapun trmasuk patung berhala, pohon, kuburan, dll

      Hapus
  7. maaf sebelumnya, maksud dari agan2 ini mungkin semuanya benar dari pengetahuan yg dimiliki. namun dunia mengakui tindakan membunuh itu adalah larangan dari Tuhan (sesuai sebutan masing-masing)

    saya hanya ingin bertanya, dari mana asal mulanya ajaran tidak membunuh itu diterapkan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunuh & membunuh tidak ada yang mengajarkan, Koq bisa terjadi pembunuhan?... Itu disebabkan ketidak piawaian seseorang untuk dapat mengendalikan diri, umpamanya begini :... anda digigit nyamuk, tanpa anda sadari nyamuk tersebut anda keplak, akibatnya nyamuk tsb mati ditangan anda,sadarkah anda,anda telah membunuh nyamuk tsb. Demikian juga pembunuhan sesama akan terjadi bila merasa disakiti, disinilah pentingnya "PENGENDALIAN DIRI".

      Hapus
    2. Ini romo,tumben agak benar ...coba akalnya romo dikendalikan pasti akan tau siapa diri kita,dan kepadasiapa kita harus bersyukur,dan lihatlah bukti2 adanya tuhan,dan bukti2 adanya utusan tuhan di alam dunia ini....jadi beriman itu harus PENGENDALIAN AKAL,kalo ga yo lbh rendah dari hewan to?RENUNGKANLAH,mumpung Allah masih kasih nafas......

      Hapus
    3. romo, ternyata sperti ini logika anda.bagaimana dgn nyawa jutaan anak kecil yg melayang gara2 nyamuk??....ck..ckk...parah..

      Hapus
    4. Kalo mahluk hidup yang ada diplanet lain mungkin tuhannya lain ya..?????

      Hapus
    5. ajaran tidak membunuh di berikan kepada Nabi Musa oleh Allah di gunung Sinai

      Hapus
  8. Agama adalah Aturan, dan didalamnya ada tatacara tuntunan dalam beribadah kepada Tuhan DARI TUHAN bukan buatan manusia

    Ada 2 macam agama, ciptaan manusia dan agama yg diwahyukan Tuhan. Sesuai dg fitrahnya yg tidak sempurna, agama ciptaan manusia tidak dpt memberikan jalan keluar mengatasi persoalan kemanusiaan. Agama samawi, agama tuntunan Tuhan menjadi petunjuk manusia untuk mengatasi permasalahan tentang kehidupan & keselamatan mannusia dunia akherat. Dg demikian, tuntunan agama samawi sejalan dan mampu memberikan solusi untuk keadilan.
    Permasalahannya, jika muncul anggapan pakar agama tidak bisa sejalan dg keadilan, hal itu disebabkan karena TIDAK semua pakar agama "mengerti", tidak memiliki/menguasai ilmu hukum praktis terkait mencari keadilan.
    Bila dianalogikan penyakit yg ditangani dokter, tidak setiap dokter mengetahui karateristik bermacam2 penyakit. Begitu juga dg pakar agama (samawi).

    BalasHapus
  9. lalu apakah jihad itu dibenarkan menurut islam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa jahidu (dan berjihadlah) fi sabilillah (di jalan Allah), bi amwalikum (dengan hartamu, wa anfusikum (dan jiwamu).

      itu perintahnya. jadi jihad itu wajib.

      tapi jangan salah sangka. pelaksanaannya bisa anda simak sbb:

      contoh jihad fi sabilillah dengan harta: kita sisihkan kekayaan kita untuk membangun sekolah dan rumahsakit gratis. kalau terjadi penindasan atas muslim gaza oleh israel, kita sisihkan kekayaan untuk membantu obat dan senjata agar israel berhenti menyerang gaza.

      contoh jihad dengan jiwa: terjun langsung sebagai tenaga medis dan pengajar gratis utk rumahsakit dan sekolah gratis. kalau negri muslim di serang, kita datang ke sana ikut bertempur secara langsung menghadapi kaum kafir yang menyerang negeri muslim.

      itu contohnya. mudah mudahan jelas.

      Hapus
  10. masalah agama semuanya sudah keteraturan dari Yang Maha Kuasa

    BalasHapus
  11. Menurut saya, topik ini terlalu jauh, jangankan untuk mencari asal usul agama, mencari asal usul bangsa Indonesia saja masih burem,..... (capek dech).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
  12. copas:

    Jadi agama merupakan petunjuk Tuhan kepada manusia agar manusia tahu apa yang mesti dikerjakannya semasa di dunia, sehingga kelak bisa selamat kembali kepada Tuhannya. Ketika petunjuk yang diturunkan Tuhan itu disalin ke dalam tulisan, menjadi sebuah buku, maka buku itulah yang disebut Kitab Suci.

    ===================================

    Petunjuk dari Tuhan. Emang Tuhan siapa, Tuhan yang mana?

    Mungkin banyak diantara manusia (beragama) yg menganggap sosok Tuhan itu spt Raja (Penguasa) yg uduk di Singhasana. Cobalah sekali-kali berganti sudut pandang. Tuhan adalah sosok imajiner, tercipta karena keterbatasan mahluk yg bernama manusia (yg sok sempurna) :D

    Kalo di dlm kitab suci trdapat "ayat-ayat" ancaman, sya kok sangsi kalo itu rangkuman Hukum Tuhan yg berasal dari Tuhan. :D
    Tuhan Maha Baik, Maha Pemurah dsb, nggak mungkin ngancam ciptaanya sendiri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud tuhan dalam artikel di atas adalah yang menciptakan anda dari setitik sperma, kemudian menjadi segumpal darah, lalu menjadi bayi lalu anda dikasih kemampuan melihat mendengar dan berpikir.

      Allah yang mencipta anda dan semesta Allam memberikan trik kiat agar anda tau apa yang mestinya anda lakukan di dunia karena satu saat anda pasti mati sebagaimana orang yang lain sebelum anda.

      Allah memberitahu anda bahwa setelah mati anda akan dibangkitkan kembali bersama seluruh manusia yang pernah ada. Kemudaian semua orang ditanya mengenai apa yang pernah dia lakukan di dunia.

      orang orang yang menggunakan mata telinga dan hatinya untuk memahami dan amalkan ayat Allah yang disampaikan melalui para nabi (berupa kitab suci) maka dipastikan mereka dapatkan balasan yang baik dari Allah

      sebaliknya siapa saja yang enggan, menolak bahkan menghina ayat ayat Allah (padahal membacanya pun belum pernah), maka mereka akan dibiarkan oleh Allah,...tak akan ditolong oleh Allah dalam menghadapi kerasnya kehidupan di akhirat.

      darimana informasi semacam ini kita dapat?

      ya dari Allah, lewat kitab suci yang dibawa musa daud isa dan muhammad.

      Hapus
    2. Karena Tuhan Maha Penyayang, Dia memberi berita gembira berupa surga dan ancaman berupa neraka krn kalau hanya berita gembira saja yg diberikan maka kita tdk tau yg benar dan yg salah makanya Tuhan jg mengancam kalau kita berbuat salah akan masuk neraka biar kita menghindari perbuatan salah itu
      Dan akhirnya bisa masuk surga krn menjauhi perbuatan yg salah(yg dilarang) Tuhan

      Hapus
  13. mas bro knp semua agama menjanjikan surga dan neraka? soalnya hampir semua agama menjanjikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena klo agama menjajnjikan baso dan ayam goreng uyg lezat anda bisa beli pake uang atau minimal ngemis ke restoran....karena menjanjikan surga dan neraka maka anda harus mengemis kepada yg pnya surga dan neraka....jgn takabur"aku ciptakan manusia dari setitik air mani,tiba2 dia menjadi pembangkang yg nyata" yasin ayat 83

      Hapus
    2. agama buddha tidak ada syurga dan neraka

      Hapus
    3. agama buddha tidak ada syurga dan neraka

      Hapus
    4. surga itu yg enak, neraka yang gak enak
      gitu aja kok repot
      emang kamu semua udah pada lihat

      hahahahahah dasar goblok kemaren sore hahahahahasu

      Hapus
    5. Walaupun belum pernah melihat, tp sudah diberitahu oleh Allah di dalam Al-qur'an
      Baca terjemahan al-qur'an surat al-haqqah ayat 19-37

      Hapus
    6. yg jelas neraka bkn seperti komik2 pedagang asongan RP1500. neraka tu hukum karma perbuatan sndri. islam smkin lama smkin di kelabuhi komik2 pedagang asongan.

      Hapus
    7. Sepengetahuan dan sepemahaman saya..dalam ajaran agama budha ad yang namanya nirwana...juga ad neraka lapisan sampai ke 18. Yg bilang gak ad...mohon d koreksi, dan banyak2lah membaca sebelum anda berkomentar

      Hapus
  14. Tuhan tidak menciptakan Agama,melainkan Iman percaya Kepada Tuhan yang kita yakinilah yang membawa kita lbh dekat kepadaNYA, krn tidak ada ayat dlm kita suci ..Pada saat Tuhan menciptakan manusia pertama Tuhan mengatakan bahwa Adam agama Kristen atau Muslim....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
    2. DIH JIJIK SAMA ORANG SOK TAU !

      Hapus
  15. banyak penjelasan yg bagus di atas. tukar pikiran seperti ini yg baik adanya : )

    BalasHapus
  16. semua agama adalah hasil budaya. berpikir dan perenungan atau interaksi manuasia kepada sesuatu diluar manusi, itu menurut saya. kalou ada versi bahwa agama yg satu lebih benar dari agama yg lain, itu dogmatis. jadi konsep manusia beragama adalah karena kita butuh konteks selain konteks dengan manusia saja.

    BalasHapus
  17. semua agama adalah hasil budaya. berpikir dan perenungan atau interaksi manuasia kepada sesuatu diluar manusi, itu menurut saya. kalou ada versi bahwa agama yg satu lebih benar dari agama yg lain, itu dogmatis. jadi konsep manusia beragama adalah karena kita butuh konteks selain konteks dengan manusia saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @sepatu... :
      ...jelas anda belum mempelajari semua agama.

      Hapus
  18. semua agama adalah hasil budaya. berpikir dan perenungan atau interaksi manuasia kepada sesuatu diluar manusi, itu menurut saya. kalou ada versi bahwa agama yg satu lebih benar dari agama yg lain, itu dogmatis. jadi konsep manusia beragama adalah karena kita butuh konteks selain konteks dengan manusia saja.

    BalasHapus
  19. kalau agama secara etimologi, sosiologi dan teologi apa ??? saya adatugas nih ^_^

    BalasHapus
  20. Banyak orang sok tau & sok pinter.
    Orang yang benar2 pinter saja tak berani berkomentar tentang Tuhan.
    Contoh di Korea, sdg mereka pikirkan untuk membuat Samsung S5. Belum lagi di Jepang , Amrik.
    Kalau you banyak ngomong tak ada hasil yang bisa gue beli.
    Berkaryalah, kalian punya potensi, mungkin you setelah berhasil baru lebih mengenal Tuhanmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah betul betul betul kalo ipi bilang hahahahaha

      orang goblok semua diakalian sama yahudi vs arab kok ya mau hahahahaha


      arab itu justru antek yahudi hahahahaha

      amerika=yahudi=arab hahahahasu semua

      orang arab pemalas jago merkosa tkw hahahaa

      Hapus
    2. gede kontol aja tuh orang arab .
      wkwwk.
      otak gak make . pikiran ngentod , mulut kek taik . kumad" sendiri . gaya ngusir setan . tpi make ilmu hitam juga .
      wkwkk .
      kasian" ~

      Hapus
  21. Mohon maaf org ber-agama tp bego ada ndak? Semua pada pinter2 sih. Bukti dgn Percaya mana lebih me-Yakinkan? Siapa percaya toilet itu harum?.....Sejarah,...semua agama saling bantai? Siapa bilang agama baik? Agama itu perkedel campur telor di masak jadi apa?dendeng kali? Kalo perut tidak makan 3 hari Tuhan itu yg mana?nasi apa kitab2...mudah2an di masa akan dtg org2x bisa berak emas wkwkwkw ORGIL dilawa
    MASIH LEBIH GILA AGAMA KALI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yg alasan knp kita butuh manual book atau agama,petunjuk,arahan...., liat kan yg komen berikut ini?dia ngomong apa aja kita udh ga bs ngerti...
      tau2 ketawa..tau2 ada telor dadar ama nasi..

      Hapus
    2. hahahahhaha, modar!

      Hapus
  22. Allah tidak perna mencipkatan agama bacalah tapi manusialah yang mendirikan agama itu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
  23. Agama yg paling pertama adlah hindu buka islam, islam it tukang hasut agama yg lain nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
    2. Tidak ada paksaan memeluk agama islam
      Dalam al-qur'an surat al-baqarah ayat 256 bahwasanya Allah berfirman :
      "Tdk ada paksaan dlm (menganut) agama (islam), sesungguhnya telah jelas (prbedaan) antara jalan yg benar dgn jalan yg sesat. Barang siapa ingkar kpd tagut (seta dan apa saja yg disembah selain Allah swt) dan beriman kpd Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pd tali yg sangat kuat yg tdk akan putus. Allah Maha.Mendengar, Maha Mengetahui

      Hapus
    3. coba baca seluruh isi kitab suci agama kristen, tidak ada sedikit celah pun yang membenarkan pembunuhan itu benar, sedangkan kitab suci agama islam itu ada. saya mau nanya, pembenaran pembunuhan itu atas dasar perintah siapa? apakah allah menginginkan itu? jika ngaki untuk memperluas agama sendiri dan mempersempit agama orang lain bukan kah itu sangat mudah bagi allah? tidak mesti harus menyuruh umatnya untuk melakukannya karena allah maha bisa.. untuk diketahui saja

      Hapus
    4. dan kalau ada bangsa dari negara yang beragama tertentu, lalu menjajah dan menghisap bangsa lain, itu atas ajaran agama apa ?

      Hapus
  24. Mungkin kita tidak paham apa, mengapa dan untuk apa adanya Agama.
    Hal itu terbukti dengan banyaknya tulisan2 atau ucapan2 yg mencari, memberi dan menyatakan ttg agama dalam opini pribadi ataupun kelompok.

    saya pernah membaca dari salah satu dari ribuan tulisan di dunia maya, tulisan ini menjadi sesuatu buat saya.

    Tidak ada yang tahu dengan pasti bagaimana agama pertama kali ada.
    Pada waktu itu tulisan telah dikembangkan, banyak agama telah berada di tempatnya selama ribuan tahun dan detail asal-usul mereka sudah dilupakan.
    Namun, ada spekulasi bahwa agama-agama pertama adalah respon terhadap rasa takut manusia.
    Agama diciptakan untuk memberi orang rasa aman dalam dunia yang tidak aman, dan perasaan kontrol atas lingkungan di mana ada sedikit kontrol.

    Agama sendiri adalah pedang bermata dua:
    - Di satu sisi, mereka dibantu untuk hidup dalam dunia yang kejam dan tak terduga. Agama membantu setiap generasi manusia untuk membangun basis pengetahuan nenek moyang mereka.
    - Kemampuan mental yang meningkat menyebabkan pengetahuan mengerikan : kematian pribadi. Untuk pertama kalinya, individu di bumi menyadari bahwa hidup mereka adalah sementara; mereka akan mati di di masa depan mereka. Pengetahuan ini menghasilkan emosi tak tertahankan.

    Selama evolusi mereka dari proto-manusia ke manusia penuh, mereka mengembangkan pertanyaan tentang diri dan lingkungannya:
    1. Apa yang mengendalikan siklus musiman alam - gerak harian matahari; gerakan bintang-bintang, berlalunya musim, dll
    2. Apa atau siapa yang menyebabkan banjir, hujan, kekeringan, badai, dll?
    3. Apa yang mengontrol kesuburan - suku, hewan peliharaan, dan tanaman nya.
    4. Apa sistem moral yang diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan suku mereka?
    5. Dan yang terpenting: apa yang terjadi pada seseorang setelah mereka mati?

    Hidup dalam masyarakat pra-ilmiah, manusia tidak punya cara untuk menyelesaikan pertanyaan ini. Bahkan saat ini, dengan semua kemajuan ilmiah, kita masih berdebat tentang :
    1. Apa sistem moral yang diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan suku mereka?
    2. Dan yang terpenting: apa yang terjadi pada seseorang setelah mereka mati?
    kita masih tidak memiliki cara untuk mencapai konsensus yang terakhir.
    Tapi kebutuhan untuk jawaban (khususnya untuk pertanyaan terakhir) sangat penting bahwa beberapa respon yang diperlukan, bahkan jika itu hanya berdasarkan firasat.

    Beberapa orang jaman dahulu menemukan jawaban berdasarkan dugaan pribadi mereka. Dengan demikian dikembangkan:
    - Sistem kepercayaan agama yang pertama
    - Imamat yang pertama
    - Ritual untuk menenangkan Dewa
    - Ritual lain untuk mengendalikan kesuburan dan aspek lain dari lingkungan
    - Satu set kebenaran moral untuk mengatur perilaku manusia

    Ini membentuk tradisi lisan yang disebarluaskan di antara anggota suku dan diajarkan kepada setiap generasi baru.
    Setelah itu, saat tulisan tersebut disusun, keyakinan umumnya dicatat dalam bentuk tertulis (kitab suci).
    dan sebuah kerugian besar mulai dihasilkan.
    karena tradisi lisan dapat berkembang dari waktu ke waktu; sesuai perkembangan jaman.
    sedangkan dokumen tertulis (kitab suci) cenderung lebih permanen.

    Karena sistem kepercayaan didasarkan pada firasat, berbagai agama yang berkembang di berbagai wilayah dunia semuanya berbeda.
    Ajaran dan kepercayaan mereka bertentangan satu sama lain.
    Karena para pengikut agama-agama berkeyakinan mereka langsung mendapat wahyu dari Tuhan, mereka tidak dapat diubah dengan mudah.
    Sehingga kompromi antar-agama menjadi sulit atau tidak mungkin. Juga, karena teks-teks tertulis agama sering ambigu, maka manusia meletakkan dasar konflik antar-agama dan intra-agama selama ribuan tahun.

    sumber : www.religioustolerance.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
  25. Klo menurut sy,

    Anggeplah kita ini ciptaan seperti komputer yg diciptakan manusia,kita komputer itu..
    Terus pencipta komputer bikin manual book,supaya org bs gunain komputer itu dengan bener...

    Jadi mungkin gak,manual book itu yg buat komputer itu sendiri?
    Susah yah.. Malah ga masuk akal...
    Pasti lah manual book itu yg buat ya penciptanya...

    Perkara manual book mana yg bener,ya itu ga ush diperdebatkan,krn nnti berantem kita....yg penting selama manual book itu dijalankan,smua berjalan baik,ga ad kerusakan..

    Nah sebagai ciptaan tuhan,,anda memilih manual book apa untuk hidup anda...?

    Kalo ga ad manual book yg anda percaya,,saran sy ya hati2 aja,,takutnya nnti anda rusak,eror soalnya dipake asal2an..

    :)


    Salam damai..


    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialah Allah yang telah mengutus rasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkannya atas semua agama bikinan dan modifikasi dari manusia,..meskipun orang orang kafir benci

      Hapus
  26. Kalian semua TOLOL, agama itu cuma cara doang untuk mematuhi perintah Tuhan seperti menolong orang atau sebagainya, mana ada agama yg mengajarkan yg buruk. Agama itu sama aja tujuannya untuk apa cuman caranya aja yg beda. Jadi gk usah pada sok benar juga gakusah rasis. Dan intinya yg membuat agama itu ya manusia bukan Tuhan. Begooo. Bagi yg merasa agamanya sok benar sok hebat dan sok suci juga sok dewa hormati aja agama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesungguhnya bicara soal tuhan tida bisaa dengan logika manusia saja.di. yerusalem banyak agama.mereka bisah damai.kenapa kita gk.saling menghargai toleransi aja kenapa.toh urusan hidup.surga.nerka kita juga yang lainyai

      Hapus
  27. all@ menurut gw agama yang yang bener adalah agama yg tdk memandang agama lain salah..
    menurutku agama adalah sarana..dimana kita di bimbing untuk
    hidup sesui dgn ajaran tuhan..
    cuma caranya saja yg berbeda dan pd intinya sama
    yaitu menuju dia yang maha sempurna..

    zalam damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama yang benar adalah Agama yang memberi petunjuk agar manusia tahu mana yang salah mana yang benar. kalau tak memberi petunjuk maka dongenglah namanya

      Hapus
  28. apa kreteria yang membedakan itu agama langit dan agama bumi ? apa karena menerima wahyunya lewat proses seperti kesurupan ? atau karena ada dua dimensi yang berbeda yi penerima wahyu dan ada diluar penerima wahyu yg berfungsi pemberi wahyu mengaku sebagai tuhan . Orang yang menyukai sensasi dan keajaiban model seperti diatas sangat menarik. tapi ada tipe orang yang realis yi memilih kesadaran sebagai jalan menuju tuhan. kalau wahyu itu sabda tuhan kok bisa salah dengan mengatakan bintang sebagai pelontar syetan. agama samawi = dukun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menerima wahyu dari Tuhan melalui peratara malaikat jibril kpd nabi, lalu nabi memberitakan kpd manusia..
      Wahyu dr Tuhan berupa kitab suci inilah yg mnjadi pedoman manusia agar hidup bahagia di dunia dan akhirat kelak

      Hapus
  29. apa kreteria yang membedakan itu agama langit dan agama bumi ? apa karena menerima wahyunya lewat proses seperti kesurupan ? atau karena ada dua dimensi yang berbeda yi penerima wahyu dan ada diluar penerima wahyu yg berfungsi pemberi wahyu mengaku sebagai tuhan . Orang yang menyukai sensasi dan keajaiban model seperti diatas sangat menarik. tapi ada tipe orang yang realis yi memilih kesadaran sebagai jalan menuju tuhan. kalau wahyu itu sabda tuhan kok bisa salah dengan mengatakan bintang sebagai pelontar syetan. agama samawi = dukun

    BalasHapus
  30. Agama membawa kedamaian dan misi perdamaian.Manusia-lah yang menggunakannya untuk kepentingan masing2, sehingga terjadi peperangan.

    BalasHapus
  31. MEMBACA SEMUA TULISAN DI ATAS SAYA JADI BERPIKIR,DAN BERTANYA.
    DARI BELAHAN BUMI BAGIAN MANA AGAMA UNTUK PERTAMA KALINYA TERCIPTA.
    JIKA ADA JAWABANYA..APA ALASANNYA.
    MOHON JAWABAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari arab bro.. agama pertama tu ya islam, asalnya dari arab. bahasa pertama jg arab.. lalu setelah jaman Nuh, Tuhan membuat bahasa jadi banyak (Menara babel).
      Alasannya : Guru ngaji ane bilang gitu... :P

      Hapus
    2. Jaman Nuh blm ada agama Islam. Nabi Muhammad jg dsuruh nanya ahli kitab sblmnya pas buat Alquran. Kalo tau sejarah, awal itu taurat, lalu injil untuk menggenapi taurat, bukan menghilangkan atau menyempurnakan, lalu ada Al-quran yg katanya penyempurna.

      Hapus
  32. Apakah ada.yang tahu umur Bumi?????

    BalasHapus
  33. Saya suka kpd persoalan Anonim dan bagi saya dia bukan seorang yg menentang agama mana sekalipon, cuma dia hendak kita persoalkan kepercayaan yg kita anuti dan kita pegangi itu benar2 kita ketahui.komenya tidak menghina mana2 ugama cuma mempersoalkan minda yg meganuti. Dia sendiri hendaklah mencari disudut spiritual yg dalam atau lain perkataan batin maknusia itu sendiri.Didalam batin itu barulah kita mengetahui diri kita dan Alam maya ini bukan luaran yg kita angap begitu besar buat maknusia. Sebenarnya batin itulah yg akan memberi segala info yg logik untuk maknusia kerana diri batin maknusialah yg pernah mengenali akan Tuhanya. Alam batin jugalah yg tiada kesudahan luasnya. Dgn megamalkannya secara total dan pastikan benar2 kesucian dijaga secaea auto maknusia diciptakan akan dapat menembusi alam (tempat) tersebut. Selamat mencuba dan jgn sekali2 berputus asa mencari kebenaran sebab maknusia itu sendiri adalah benar2 kejadian yg ungul.

    BalasHapus
  34. Alam batin bermula dgn diri kita sendiri ia itu rohani kita. Nak ketahui alam batin mestilah dgn batin. Kerana batin lebih halus daripada zahir. Cuma orang tertentu saja yg dapat membatinkan zahirnya saperti para rasul, nabi dan orang suci. Alam batin pun banyak anasir2 yg tidak elok dan lebih merbahaya daripada alam zahir. Kalau tersilap pilih dan leka dgn nya kita akan dipesongkan sebab itulah kita kena tahu sebenar2 tahu pegangan kita dan jgn bercampur aduk. Suci hawa nafsu saperti anak yg baru lahir yg tidak ada nafsu yg tercela. Tahu arah tujuan yg disampaikan oleh orang terdahulu. Orang terdahulu bagi maknusia ada Adam. Adalah yg pernah berkomunikasi dgn tuhan. Selepas adam adalah para nabi yg membawa warisan adam tersebut. Kalau kita buat sesuatu tampa panduan kita akan terpesong dgn berbagai helah alam batin. Tahap kesucian yg mcm mana yg kita harus perolehi dan apa perkara yg tidak ada kompromi didalam pegangan kita.Barulah kita tidak tesalah sasaran dan selamat. Semua ugama baik dari segi luaran tetapi adakah ia didalam segi batinnya membawa jalan yg betul betul selamat. Apa pun kita mencari keselamatan untuk diri kita. Kita takut tersalah nanti buruk akibatnya kpd diri kita sendiri dan tidak dpt keluar lagi. Alam batin terlalu luas sebab ianya alam yg asal. Sama2lah kita mencari kebenaran untuk diri kita dan guna minda yg ada pada kita. Jgnlah melihat kehebatan maknusia sebagai panduan lihatlah kebenarannya,kejujuranya terhadap penyampaianya dan pernah melauinya. Kalau para nabi dan rasul dpt menembusi alam sana kenapa kita tidak dapat juga saperti mereka? Kan mereka itu contoh yg baik buat kita semua. Mereka dipilih untuk kita, kita terpilih setelah melaksanakannya.percayalah tuhan tidak zalim dan amat mengetahui keadaan hambanya. Kekalkan kejujuran kpd diri, maknusia seta alam ini. Tuhan tahu kita mencariNya takan dia nak menyesatkan kita. Contohnya kalau orang mencari rumah kita untuk bertemu kita apakah kita akan buat?. Tentulah menunjuki jalan yg betul untuk sampai kerumah kita. Lebih kurang begitulah contohnya.ugama tujuan asalnya sama tetapi berbeza zaman. Apabila disebut zaman maka perubahan cara baru dan lama. Contohnya sekarang ada alat GPS senang untuk kita tuju bukan spt dulu alatnya tak berapa canghih itu saja.Dan kalu lama banyaklah ditokok tambah drp nafsu maknusia itu sendir bukannya tuhan. Terima kasih.

    BalasHapus
  35. maccam dah manusia beragama x smua ne......jangan hanya koment tau.....sedangkan dalam keseharian .....ajaran agama itu NOL dalam kehidupan.....jangan menyombongkan agama masing".......ikutilah ajaran agama masing"...jangan sok paling benar!!

    BalasHapus
  36. Menurut aku sih agama yang berSal dari Tuhan hanyala agama yg mengajarkan kebaikan saja.
    Jika ada ajaran agama yg membenarkan pembunuhan dengan alasan apapun dan pengecualian apapun saya rasa itu adalah agama yg berasal dari manusia yg di kontaminasi oleh iblis yg licik.

    BalasHapus
  37. Bedain agama sama penganutnya..
    Agama itu ga salah... Agama yang mengatur relasi kita dg Sang Pencipta dan dg sesama manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nyawa lu udah nnyampe tenggorokan lu baru tahu apa itu Tuhan , tapi semua udah terlambat dan yg ada penyesalan yg tak kan pernah berakhir.....

      Hapus
  38. org2 bodoh mendadak jdi pintar,,,baru tau ilmunya kemaren sore udh berani mencela agama,,,ihihihhi

    BalasHapus
  39. Agama ada karena waktu itu tidak ada hukum atau aturan yang membibing manusia ke jalan yang benar ,aturan yang berlaku adalah hukum rimba

    BalasHapus
  40. Makasih ya gan , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  41. Klo anda islam berpedomanlah kepada alquran dan hadis.. Gak perlu percaya pada ahli kitab

    BalasHapus
  42. aku milih agama yg ada cuma syurga aja gak ada nerakanya

    BalasHapus
  43. ga ada yang bener >>>

    BalasHapus
  44. Hidup rukun, damai dan sejahtera lebih penting dari agama...

    BalasHapus
  45. jangan perna kmu membeda-bedakan antara agama satu dgn yang lainnya,,krna smua agama itu bnr di mata ALLAH...

    BalasHapus
  46. smua agama itu bnar...krna smua agama mengajarkan tentang kebaikan dan tdk ada agama yang mngajarkan kepada umatnya yang tdk baik,hal yang tercela..

    BalasHapus
  47. BUAT APA PNYA AGAMA KLO KITA SMUA MANUSIA MASIH SALING MEMBUNUH, SALING MENYAKITI, SALING MENYIKSA DAN SALING MENGHUJAT.

    BUAT APA ALKITAB, ALQURAN ATAU KITAB2 YANG ALIAN SEBUT ITU KITAB SUCI DITURUNKAN KLO CUMA UNTUK DIHAPAL DAN DI UCAPKAN SEDANGKAN PADA PRAKTEKNYA KALIAN MANUSIA MASIH SALING MENGHINA, SALING MEMBUNUH, SALING BERTENGKAR , SALING MENGHUJAT.

    SUDAH SUCIKAH ANDA DAN SUDAH BAIKKAH ANDA DI MATA TUHAN SEDANGKAN KITA SENDIRI BELUM PERNAH MELIHAT TUHAN DAN BELUM PERNAH KENERAKA DAN BELUM PERNAH KESURGA.


    APA ARTI AGAMA BILA SMUA YANG G SEBUTIN DI ATAS ITU MASIH TERJADI SAMPAI SEKARANG INI.

    APA KALIAN SUDAH MERASA SUCI DAN PERNAH MELIHAT TUHAN DENGAN MATA DAN KEPALA KALIAN SENDIRI SEHINGGA ADA AGAMA YANG MERASA AGAMA PALING HEBAT DAN PALING SUCI.

    SEMUA ITU HANYA DONGENG JIKA BELUM PERNAH DILIHAT DENGAN MATA & KEPALA SENDIRI.

    MASIH MENDING ORANG YANG TIDAK BERAGAMA TAPI HATINYA SELALU BERSIH DAN SIKAPNYAPUN DI DUNIA SELALU MENOLONG, MEMBANTU DAN TIDAK PERNAH MENYAKIT ORANG......

    BalasHapus
  48. yang komentar bodoh semua termasuk saya juga.wasalam

    BalasHapus
  49. @taufan mentang2 kamu agama islam kamu bilang paling benar,,, emangya siapa yg ngomong kalau agama islam turun dari langit???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untukmu agamamu dan untukku agamaku

      Hapus
    2. Betul betul. Haha

      Hapus
  50. semua agama dari ciptaan manusia,tiada agama dari langit

    BalasHapus
  51. Agama I...& Agama K...
    itu Sebenarnya sama.... Cuman Ada yang membuat kita jadi berbeda... kalok Mau lebih Jelas dan mengerti Semua Boleh Baca ini Artikel... Tapi Jangan satu, harus semuanya,,, Biar pada paham dan jangan saling sindir menyindir LAgi...http://www.answering-islam.org/indonesian/muhammad.html NB: harus dibaca semua.. jangan setengah setengah.

    BalasHapus
  52. Gan bukannya agama pertama didunia tuh yahudi yah, dan mulai adanya agamanya dari keturunan Nabi Nuh yaitu Nabi Musa yg ngebebasin bangsa Bani Israel dari tanah mesir , kalo agama Islam yang pertama di dunia apa dong yg dimaksud 1435 Hijrah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama pertama adalah agama yg berserah diri dan sujud kepada Allah taala saja.yaitu Islam.seperti nabi adam hanya bersujud kepada Allah taala saja berarti nabi adam ISLAM.

      Hapus
  53. Intinya kita tidak boleh menyalahkan orang-orang Ɣªⁿğ ‎ menganut ajaran islam,kristen dll karena mereka dilahirkan atas keturunannya.. sejak masih bayi kita sendiri tidak tahu apa itu agama...iyakan.. kalau kita punya ajaran agama masing2, seharusnya pelajarilah agama masing2 sampai tingkat Ɣªⁿğ ‎ paling tinggi..jgn setengah2..kalau setengah2 kesimpulannya juga akan simpang siur...semoga kalau sudah di pelajari sampai tingkat Ɣªⁿğ ‎ paling tinggi..insya allah disitu kita akan menemukan kebenaran...wassalam

    BalasHapus
  54. menurut saya semua agma itu sama cuman pemikiran manusia yg tidak sama tuh.
    semuanya kan utk kebaikan kita.

    BalasHapus
  55. Soal SD: Agama yang pertama di dunia:
    a. Islam
    B. Kristen
    C. Hindu
    D. Budha

    lho jawab apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam jawaban nya.karena satu satu nya agama didunia yg mengajarkan bersujud rukuk dan berserah diri kepada Allah taala .hanya agama ISLAM.seperti nabi Adam

      Hapus
  56. Indonesia ..
    Bahasa Indonesia paling gampang di pelajari ~
    sehingga orang nya songong" . mengatakan sesuatu tanpa berpikir dlu . merasa yg mereka punya itu yang paling benar ~
    SEMUA AGAMA ITU MENGAJARKAN KEBENARAN .
    MAU DI AKUI ATAU TIDAK . ITU PANDAI PANDAI KALIAN LAH MENILAI !
    HANYA ORANG BODOH YANG MENGAKUI AGAMANYA YANG PALING BENAR LALU MENJELEKKAN AGAMA ORANG LAIN !
    TOLOL LOL !

    JADI DALAM KITAB SUCI KALIAN ADA DI SURUH YAH BUAT MENJELEKKAN AGAMA ORANG LAIN ?
    BEGO SUMPAH !

    BAGUS KALIAN JADI ATEISH ATO KAFIR AJA DEH !
    AGAMA CUMA DI KTP AJA !
    MUNAFIK CUIHH !!!

    TOLONG LAH PRATEKKAN APA YANG DI AJARKAN SAMA PEMBUKA AGAMA KALIAN ITU !
    USTAD KEK , PENDETA KEK , BIKSU KEK , ATO APA KEK !
    WKWKKW

    MANUSIA KALAH SAMA BINATANG !
    ATO KALIAN BELAJAR SAMA BINATANG AJA SOAL KEHIDUPAN ATO KEPERCAYAAN ?

    INGAT !
    MANUSIA BODOH , TOLOL , IDIOT , KAFIR , ATHEIS , TAK BERTUHAN YANG SELALU MEMBEDAKAN AGAMA ORANG LAIN DAN MENGATAKAN AGAMA MEREKA YANG BENAR !
    BENAR BENAR BEGO NJING !

    BalasHapus
  57. Yang Pastinya, bahwa Adam Sebagai Manusia Pertama Bukan Pemeluk Agama Islam ataupun Kristen... Jadi Apa dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah menurunkan "agama tauhid" sebelum datangnya "islam" yg dibawa oleh nabi muhammad,, ajaran agama tauhid dgn islam ialah sama yaitu menyembah hanya kpd Allah ta'ala dan tidak boleh menyekutukanNya dgn apapun

      Hapus
  58. Mending berbuat baik aja

    BalasHapus
  59. allah agama nya apa?
    kitab2 suci yg ada siapa yg buat?
    darimana anda tahu?
    bisakah anda jelaskan dengan logika manusia?

    BalasHapus
  60. agama itu buatan manusia dengan tujuan memuliakan golongan tertentu dan menguntungkan golonganya.......tidak bisa dipungkiri lagi kalau agama itu seperti partai punya imam sendiri2.....
    logika manusia telah mati termakan bualan2 kuno.....yang memperjuangkan kitab2.

    BalasHapus
  61. agama adalah ciptaan tuhan...pada zmn skrg segala sejarah dipalsukn...jadi kita x bisa tahu apa2

    BalasHapus
  62. hemmmm sebanyak apapun kalian bicara... tetap ajah otak kalian gak nyampe,,,, otak manusia terbatas.................. awas ente pada jadi gila gara2 otaknya gak nyampe mkirin agama.
    apalagi si anonim.... hah nama sendiri ajah g berani diakuin huh.

    ROBBIGHFIRLI DZUNUBI WATUB'ALAYYA.

    BalasHapus
  63. semua agama mengajarkan yang baik,,, itu aja yang harus kalian pikirkannn ok frend"

    BalasHapus
  64. maka dari itu saya cinta agam sya,,ISLAM

    BalasHapus
  65. Apapun agamnya kita ttp indonesia.. .. merdeka. ...

    BalasHapus
  66. Berdebat masalah agama gk akan pernah habisnya..... saya hindu tp saya menghormati semua agama tdk ada ajaran yg jelek... klo kalian malah menjelekkan dan menghina agama lain apalah artinya kalian beragama... agama adalah acuan anda utk melakukan kebaikan atau sesuatu yg mengendalikan anda ke arah positif ... nah kalo kalian menjelekkan satu sama lain sama aja kalian artinya tk beragama.. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt gan kita harus selalu menghormati agama lain.:)

      Hapus
  67. iya bener bgt ga ada habisnya akan tetapi seru untuk diperdebatkan oleh kita semua hehehe, jangan lupa yah semuanya :) apaantuhdotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  68. Agama ada utk mengatur makhluk hidup termasuk manusia, namun keberadaan agama sudah menjadi bagian dlm kehidupan manusia, adanya agama demi mengatur, mendidik dan mengarahkan manusia kpd jln kebenaran, pencerahan dan lain sebagiannya, namun capaian tertinggi dari sebuah agama ketika agama dan penganutnya mengenal Sang Pencipta Sang Penata. Jika tdk maka tak ada gunanya sebuah agama. Dia-lah yg sebenarnya dicari semua agama, Dialah yg didamba oleh semua agama, dan Dia Sang Maha Aku, Sang Maha dari segala yg memiliki Maha, tdk mudah utk difahamkan, tdk mudah utk dicapai, oleh sebab itu disinilah perang agama-agama tersebut.
    Salam bagi kita semua yg masih memiliki agama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama adalah keyakinan akan sebuah keprcayaan atau sistem bagi yang mau percaya

      Hapus
  69. kalo terlalu fanatik,kalian hanya akan melihat dari satu sumber saja dan menolak sumber lain,dasar yang kalian pakai dari satu buku,tentu saja isinya allah yang menciptakan kitab suci,hahaha lucu anda islam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. fanatik itu boleh yang gak boleh itu salah dalam menerapkan kefanatikan. kalau gak fanatik nanti akibatnya fatal. Hari ini islam, besok budha esoknya mungkin kristen, besoknya lagi gak beragama

      Hapus
    2. @anonim; dluan mana agama atau laku
      hihi

      Hapus
  70. gue kafir dong yah selaku kristen. :)) RASIS penjelasan lo!! GOBLOK!!!

    BalasHapus
  71. Agama difahami dengan keyakinan, berdasarkan teks yang dipunyai masing2 agama itu. Tentunya konten teks itu dianggap sebagai suatu kebenaran oleh masing2 penganutnya, sehingga melahirkan suatu faham dan ajaran.

    Ada konten yang selaras dengan logika ilmiah ada juga yang tidak. Ada yang selaras dengan teks agama lain ada yang tidak. Alangkah disayangkan bila perbedaan ini dijadikan alasan oleh para penganut agama untuk saling mendiskreditkan agama lain.

    Bukankah masing-masing agama memuat ajaran bahwa Tuhanlah yang menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Masing-masing berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda pastinya juga akan membuat pola pemikiran yang berbeda pula. Bahkan masing2 individu akan mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap satu ajaran yang sama. Suatu kemustahilan bila manusia berusaha menyamakan pola pemikiran itu.

    Suatu hal yang mungkin harus ditanyakan, bila Tuhan menciptakan perbedaan mengapa manusia menuntut kesamaan? mengapa manusia ingin memaksakan pemahamannya kepada manusia lain? mengapa manusia menganggap bahwa Tuhanlah yang memerintahkan itu?

    Apakah Tuhan membutuhkan semua kesamaan itu ? Keyakinan saya mengatakan tidak. Ego manusialah yang membutuhkan itu, ego manusia yang mengatasnamakan Tuhan untuk memenuhi kepentingan diri sendiri dan golongannya, meluaskan kekuasaan, melampiaskan rasa bencinya kepada manusia lain yang berbeda. Bila manusia saling berdamai atau saling bermusuhan, manusia sendirilah yang merasakan akibatnya.

    Berfikir dalam kerangka doktrinasi, memudahkan penunggang gelap untuk menciptakan permusuhan yang masive selama ribuan tahun. Berfikirlah sejenak dalam kerangka kemanusiaan, tanamkan kepada keturunan kita, mudah2an anak cucu kita tidak lagi bersikap memusuhi orang yang berbeda dengan mereka.

    BalasHapus
  72. segala yang ada di alam ini ada definisinya dan batasannya. Baik atu ada pengertiaanya. baik dan benar menurut si A mungkin beda dengan benar yang lain. Jahat atau jelek menurut si A beda dengan jelek menurut yang lain. Siapa bilang semua agama sama. Kalau sama kenapa tuhan dari semua agama itu beda sebutan dan beda penjelasan. Siapa bilang agama itu tujuan dan caranya sama. Kalau sama kenapa orang islam marah dan tdak mau solat di gereja, Kenapa orang kristen gak gengsi ke masjid, kenapa orang sikh benci dengan Islam. Kebenaran itu itu hanya satu yaitu menurut TUHAN PENCIPTA, PEMELIHARA DAN PENGHANCUR ALAM ini. Siapa dia? Apakah Alloh, Isa, Trimurti dan Tuhan yang lain. Semua agama merasa dirinya baik namun sayang sekali beragama itu tidak hanya modal PERASAAN SAJA.

    BalasHapus
  73. Agama tidak pernah meminta untuk di debatkan, di bela bahkan di benarkan.

    BalasHapus
  74. Maha suci Allah, Engkou ciptakan langit dan bumi beserta ayat2 didalamnya.
    Namun Manusia pangkal kekhilafan, dmana mereka cendrung salah dg nafsunya berbuat tanpa arah(salah keyakinan).
    sebab akibat akibat dg izin Allah SWT pasti terjadi,, sekarang berbuat seterusnya pasti akibat tertuai...
    manusia d karuniai oleh Allah SWT hati nurani, pasti bisa memilah mana yg benar(aturan hidup baik yg mutlak ) tuntunan jalan yg benar ya pasti berksinambungan, dari berbagai aspek khidupan...''cat:JUJUR DULULAH PADA DIRI SENDIRI, ASALMUASAL LANGIT, BUMI BESERTA ISINYA TERMASUK KITA MANUSIA DARI MANA SIH, SIAPA PENCIPTANYA: JAWABAN YG KONKRIT HANYALAH AL-QUR'AN. Jika ada penjelasan lain yg mengguli al-qura'an

    $... SAINS= IBARAT SETETES TINTA DARI ILMU ALLAH
    cat: jika laut di pake tinta buat nyatat ilmu Allah saya yakin gk bakalan cukuptuh tintanya... kcuali logika iman dan taqwa yg d gunakan
    _amin ya Allah tuhan sgala Alam....

    Berfikirlah dan berbuatlah sebelum hari penyesalan datang...
    Ikiti nurani jangan biarkan hidup tanpa arah.. berfikir- berfikir- berfikir itu baru ok...

    BalasHapus
  75. KEHIDUPANLAH YANG KEKAL..Hidup d dunia hanya skali dengan aturanny... setelah mati tidak ada yg bisa d perbuat, kcuali pertanggung jawaban... atas sgala perbuatan d dunia,,, baik buruknya hanya dirisendiri yg menentukan.

    BalasHapus
  76. jadi agama yang pertama kali dikenal tu apa????

    BalasHapus
  77. ap bnar ada bidadari disediakan jk llaki2 bragam islam msuk surga trs kman istriny ng brsatu

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  79. tdk usah terlalu banyak memuji agamanya masing-masing,.dan saling mnyalahkan agama kepercayaan orang lain,.inti.nya di sini semua masih misteri,.saya tdk prcaya agama tapi saya meyakini tuhan yang maha esa itu ada,.bkn agama yang menylamatkan kita,.tapi bagaimana amal dan ibadah kita kepada sang maha kuasa diantara khalik langit dan bumi,...dan saya juga memprcayai keberadaan kita yg msih menjadi misteri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang labil...lakum dinukum waliadin aja ko repot...

      Hapus
  80. terimakasih untuk postingannya ;)

    boleh juga lihat web kami http://mobildatsunbandung.com/

    BalasHapus
  81. rek rek dengerin ya Pada dasarnya agama merupakan hal yang sangat sulit untuk di beri batasan tegas. Karena agama sesuatau yang seharusnya di hayati dan di amalkan. Bukan sesuatu yang harus di definisakan, apa lagi di perdebatkan. agama merupakan sesuatu hal yang melekat dalam diri manusia dan selama manusia ada, selama itu pula agama akan tetap ada. Agama bukan sekedar teori atau pun tulisan yang sekedar untuk di pelajari manusia tetapi agama merupakan keyakinan. “agama hendaknya di ucapkan dengan lisan, di lakukan dengan perbuatan dan di buktikan dengan tindakan”.

    BalasHapus
  82. Dalam dunia, agama adalah suatu sarana untuk beriman kepada Sang Pencipta melalui orang" terpilih yg di beri Sang Pencipta amanat yaitu nabi dan rasul, dalam islam agama yahudi, nasrani, adalah agama yg benar pada jamannya, tetapi ad orng" yg ingkar dan tidak menerima nabi dan rasul berikutnya, karena kekuasaannya di dunia, terutama golongan yahudi, golongan nasrani merupakan golongan beriman karena mengikuti Nabi Isa as, tetapi banyak yg salah pengartian dalam penyaliban Al Masih, padahal Sang Pencipta telah mengangkat Al Masih ke Langit, hingga terhindar lah ia dari perbuatan zalim orang yahudi dan romawi, dan Al Masih bukanlah Tuhan, , lalu munculah islam dengan nabi dan rasul terakhir di muka bumi yaitu Nabi Muhammad S.A.W, ada sebagian dr mereka yg mengingkari dan ada juga yg beriman mengikuti, coba sodara" lihat mengenai agama di youtube cari dr.zakir naik, ia adalah seorang yg hafal Al-Quran, dan Injil versi manusia, sudah terbukti bahwa islam adalah agama terakhir dan Al-Quran sebagai kitab firman langsung dari Tuhan, buktikanlah

    BalasHapus
  83. Sebelum diantara kalian blm dapat hidayah-NYa selama itu pula akan ada yang mencela Islam. (Dan sya berdoa untuk kalian yg blm dapat hidayah supaya lembut hatinya agar hidayah itu segera datang).

    Agama samawi emang ada. Mereka penganut agama samawi itulah yang disebut dengan ahlul kitab. Yakni yahudi, Kristen, Islam.

    Yg muncul pertama Kali adalah yahudi, kemudian disempurnakan oleh agama Kristen. Sama-sama diperintah untuk bertauhid kepada Allah.
    Kemudian diutus nabi akhir zaman dari keturunan Ismail yaitu Muhammad yg membawa agama Islam sebagai penyempurna agama Kristen.

    Semoga hidayah segera menghampiri kalian yg masih mencaci agama paling sempurna yaitu Islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika demikian pernyataan anda, bagaimana bisa ajaran agama islam melengkapi ajaran yahudi dan kristian? Bukankah secara garis besar semua sangatlah berbeda. Apakah itu dinamakan penyempurnaan atau sebaliknya?

      Hapus
  84. BRO SIS.. AYAH SAYA MUSLIM. IBU SAYA KATHOLIK.. AKUR2 AJA KOKK.. HIDUP BAHAGIA2 AJA.. SAMA2 BS SALING MENGHARGAI...

    YG PENTING SKRG KITA INDONESIA.. MAU AGAMA APA AJA BEBAS.. BHINEKA TUNGGAL IKA. DASAR NEGARA KITA PANCASILA KAN BUKAN KITAB SUCI.. KITAB SUCI DASAR PERBUATAN KITA. SEMUA AGAMA G ADA YG JELEK..

    MANUSIA CIPTAAN ALLAH. KITA SALING MENJELEKAN BERARTI MENJELEKKAN CIPTAAN ALLAH.. MAKANYA BROSIS KITA HARUS RAJIN BERSYUKURR...

    AGAMA LAYAKNYA JURUSAN DI KULIAH. TRSERAH KITA MAU AMBIL JURUSAN APA. G BS DPAKSAKAN. DAN TIDAK BOLEH MENJELEK2AN JURUSAN LAINNYA..

    INDONESIA BANGSA YG INTELEK DAN RAMAH2..

    HIDUPLAH INDONESIA RAYA..
    I LOVE CHRISTEN, I LOVE MOSLEM, I LOVE BUDHIST, I LOVE HINDU...

    BalasHapus
  85. Trus ceritanya dinosaurus gimana donk????
    Alien???
    UFO???
    coba pikiren

    BalasHapus
  86. Semuanya pada sekolahkan,,,,sebenarnya agama gak ada yang menyesatkan cuman manusia yang menyesatkan agama

    BalasHapus
  87. Meluruskan semua persepsi
    Ada 3 agama samawi atau agama langit atau agama yg diturunkan oleh Tuhan yaitu nasrani yahudi dan islam melalui para Nabi atau utusan tuhan dan ke3 agama samawi itu mempunyai kitab suci yg langsung diwahyukan oleh tuhan.
    Sedangkan seperti agama hindu budha dll itu adalah agama hasil pemikiran manusia, contohnya budha agama budha adalah hasil pemikiran dr sidharta gautama.

    Jadi untuk memeluk atau tidak memeluk agama sama sekali itu adalah hak dr masing2 individu.
    Seperti itu

    BalasHapus
  88. Yah menurut saya sih agama itu untuk mengontrol tingkal laku manusia di dunia.agar semua manusia bisa melakukan hal2 baik. Kalau Tuhan itu cuma satu. Kita nya aja yg beragam.

    Alangkah mirisnya juga kalau teman2 mengaku beragama tapi tidak mencerminkan agama itu sendiri. Tidak mengeluarkan tutur kata yg baik seperti yg di ajarkan di agama. Terus dimanakah letak agama di dalam diri sodara2. Hehehehe

    BalasHapus
  89. ya bagi yg fanatik sdh pasti agama yg di percayai paling benar,.apa bisa dibuktikan kalo agama kalian yg paling benar,.semua tergantung manusianya,.meskipun agamamu paling benar tapi loe sendiri yg ga benar ya sama saja,.meskipun beda2 agama tapi tujuan hanya satu "mengikuti ajaran tuhan"

    BalasHapus
  90. Belajar dari beberapa sudut pandang, belajar memang salah? Saya bertuhan mengacuhkan kepada sila pertama. Tuhan saya adalah Allah SWT dengan ajarannya Islam. Tujuan saya bertuhan agar saya menemukan surga nantinya tapi kalo kenyataanya kita beragama itu akan menjadi banyak perselisihan ajaran, peperangan dan propaganda. Peperangan itu tidak benar, pembantaian mengatas namakan agama itu salah besar. Manusia di berikan hak untuk memilih, jadi jangan anggap ajaran mu paling benar, faktanya apa? Dari tulisan? Buktikan sekarang kalo memang ajaran mu paling benar?!

    BalasHapus
  91. Jauuuuuuuuuuhhhhh penerawangan kalian semua...yg deket" za lah,berdiri depan cermin yg paliing gdeeee.

    BalasHapus
  92. kalau kitab kalian benar (alquran) yang brisikan kitab taurat ,sabur dan injil kok tulisan dan bahasa asli dari kitab taurat ,sabur dan injil dirubah jadi bahasa arab semua ,seharusnya taurat dan sabur dituliskan dalam bahasa ibrani sedangkan injil dgn bhasa ibrani ,aram dan yunani

    bisa jelaskan ngak ?!!!


    BalasHapus
  93. semua yg disini GOBLOK..kalian saat ini dalam rayuan/bujukan SETAN.. agar kalian saling caci/maki...udahlah kalo kalian punya agama dan yakin dengan agama kalian sendiri jangan sampe mencampuri atau menjelek2an agama yg lain,,lebih baek qita saling berbenah diri,,,?? jangan sok jadi pahlawan,,

    BalasHapus
  94. jika menurut anda baik maka lanjutkan, jika menurut anda buruk segera tinggalkan, tak usah saling mencela dan memaki. jangan pernah menyangkut2kan nama TUHAN ketika tujuan anda hanya untuk menyakiti satu sama lain.

    BalasHapus

Artikel Ini Bagus (Good) atau Jelek (Bad)? Please Comment here